Internet

Ingin Lengserkan Zoom, Google Pilih Gratiskan Layanan Meet

Pandemi COVID-19 telah membuat layanan panggilan audio dan video naik daun. Salah satu layanan yang mendapatkan keuntungan dari adanya pandemi COVID-19 adalah Zoom di mana layanan panggilan audio dan video tersebut telah mendapat lonjakan jumlah pengguna yang begitu besar.

Keberhasilan Zoom dalam menggaet jumlah pengguna yang begitu banyak dalam waktu singkat pun membuat para pesaingnya iri. Bahkan, perusahaan yang sebelumnya tidak membuat layanan panggilan audio dan video pun mulai meluncurkan layanan serupa guna menyaingi Zoom dan mendapatkan pengguna yang begitu banyak.

Baca juga: Google Ubah Nama Hangouts Meet Jadi Lebih Sederhana

Bahkan Google Pilih Gratiskan Meet Hingga September

Google adalah salah satu perusahaan yang ingin mengambil alih dominasi Zoom. Hasilnya, perusahaan pimpinan Sundar Pichai tersebut memilih untuk menggratiskan layanan telekonferensinya, yaitu Meet hingga September 2020.

Seperti yang sudah diketahui, Google juga memiliki layanan telekonferensi. Namun, layanan mereka itu menarik bayaran dari para penggunanya. Karena saat ini pihak Google tengah bersaing dengan banyak perusahaan yang juga menghadirkan layanan yang serupa, maka mereka pun memilih untuk menggratiskan Meet.

Berdasarkan pernyataan pihak perusahaan, Meet akan digratiskan hingga 30 September tanpa adanya batasan waktu. Dengan demikian, para pengguna bisa menggunakan Meet selama berjam-jam sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Peluang Meet untuk menggeser dominasi Zoom juga semakin besar. Pasalnya, Meet bisa menampung 100 peserta dalam satu rapat online. Selain itu, para pengguna juga semakin dimudahkan ketika mereka menggunakan Meet di mana syarat aksesnya hanya membutuhkan akun Gmail saja.

Sebelumnya, para pengguna yang ingin mengakses Meet harus menggunakan akun G Suite. Namun guna meningkatkan jumlah penggunanya secara signifikan, pihak perusahaan pun menurunkan syarat untuk mengakses Meet di mana para pengguna hanya perlu menggunakan akun Gmail saja.

Baca juga: Susul Hangouts Meet, Google Juga Ubah Nama Hangouts Chat

Dengan jumlah pengguna Gmail yang mencapai miliaran, maka Meet benar-benar berpeluang mengalahkan Zoom. Javier Soltero selaku Vice President Google mengungkapkan bahwasanya penggratisan Meet akan berakhir pada 30 September 2020. Setelah masa penggratisan berakhir, Meet akan kembali ke pengaturan awal di mana menit penggunaannya untuk rapat dibatasi hanya 60 menit saja.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close