Internet

Inilah Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Lewat Call Forwarding

Berita penipuan lewat call forwarding kini tengah menjadi berita hangat para masyarakat, karena sudah ada korbannya yaitu artis terkenal Maia Estianty. Kasus penipuan dengan modus Call Forwarding ini telah merampas saldo Go-Pay Maia Estianty.

Zaman sekarang ini alat komunikasi merupakan kebutuhan primer, menerima atau melakukan panggilan hampir setiap hari kita lakukan. Sehingga hal ini dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab, dengan melakukan penipuan dengan berbagai macam modus.

Baca jugaWaspada Penipuan Online! Kenali Modus yang Sering Dilakukan

Seperti yang sedang viral, yaitu penipuan call forwarding yang bisa merampas saldo di rekening, juga saldo yang ada di dompet online seperti Go-Pay, Dana, OVO

, dll.

Call forwarding merupakan fitur pengalihan panggilan telepon ke nomor telepon lainnya. Misalnya apablia kita sedang tidak bisa menerima panggilan, kita bisa dengan mudah mengalihkan panggilan ke nomor tujuan yang kita inginkan.

Modus Yang Dilakukan Oknum Penipu
Modus Yang Dilakukan Oknum Penipu

Mungkin tak hanya Maia Estianty yang mengalami penipuan lewat call forwarding, sehingga kita harus lebih waspada untuk menanggapi hal-hal seperti ini.

Modusnya seperti ini, awalnya pihak penipu ini meminta Maia Estianty agar melakukan panggilan telepon dengan menggunakan kode #21# pada awal nomor tujuan.

Jika memasukan kode #21# di awal nomor tujuan panggilan, maka seluruh panggilan telepon akan dialihkan ke nomor tersebut.

Sehingga oknum tak bertanggung jawab tadi, dapat menerima semua panggilan yang ditujukan ke nomor ponsel Maia. Setelah itu dimanfaatkan untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.

Tindakan kejahatan yang bisa dilakukan dari hal tersebut adalah menerima kode verifikasi, karena dompet online saat ini mengandalkan kode verifikasi.

Dengan kode verifikasi ini, oknum tersebut bisa masuk ke semua akun dan merampas semua saldo yang ada di dompet online seperti Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja.

Berikut adalah kode-kode Call Forwarding yang terdapat di operator-operator Indonesia :

  1. Three, Flexi, Fren: *71+Nomor Tujuan
  2. Smartreen: *72+Nomor Tujuan
  3. Starone: *92+Nomor Tujuan
  4. Esia: *12+Nomor Tujuan
  5. XL, Axis, iM3, Simpati: *21*Nomor Tujuan#

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Lewat Call Forwarding
Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Lewat Call Forwarding

Apabila kamu menerima panggilan dari orang yang tidak dikenal terapkan beberapa tips dibawah ini :

1. Jangan biarkan penelpon bicara terlalu lama

Hal ini terjadi apabila orang tersebut penipu, maka akan bicara panjang lebar agar bisa mengelabuhi korban. Jadi sebaiknya minta inti dari pembicaraan, jika si penelpon berbicara berbelit-belit sebaiknya kamu putuskan panggilan.

2. Cepat tanggap

Kamu juga harus sedikit cerdas apabila tidak ingin jadi korban, misalnya ada penelpon yang menawari sesuatu, memberi informasi sesuatu, atau meminta sesuatu jangan langsung percaya.

Kebanyakan ada yang minta tolong isikan pulsa, atau transfer sejumlah uang dengan mengaku kalau saudara jauh. Ada juga yang meminta kode OTP untuk pencairan hadiah uang tunai, sebaiknya jangan mudah percaya apabila ada kejadian seperti itu.

3. Rekam Panggilan

Hal ini bisa kamu lakukan apabila ada penelpon yang tidak dikenal dan mencurigakan, kamu bisa mengatakan pada penelpon bahwa kamu sedang merekam panggilan tersebut.

Apabila orang itu memang penipu, maka akan langsung di putuskan panggilannya.


Loading...
Baca selengkapnya

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close