Takut Investasi Bodong? Cermati Beberapa Tips ini Agar Terhindar dari Investasi Bodong

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah seperti investasi bodong. Istilah ini memang sering beredar di masyarakat, apalagi di media pemberitaan.

Masyarakat sering mengalami penipuan dengan kedok “investasi menguntungkan”, investasi inilah yang disebut sebagai investasi bodong.

Sebenarnya, kata investasi merupakan bentuk penamaan modal di sebuah perusahaan atau protek yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi, dalam kenyataannya banyak bentuk investasi yang ditawarkan ke konsumen tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Apalagi yang menyangkut dengan keuntungan di awal penanaman, alih-alih justru dana anda dan nasabah lainnya ikut lenyap dan tidak bisa ditemukan keberadaannya.

Tips Menghindari Investasi Bodong

Agar dapat menghindari korban menjadi semakin bertambah banyak, perlu sosialisasi khusus untuk masyarakat yang ingin berinvestasi dengan aman. Berikut kiat-kiat untuk menghindari investasi bodong.

Jangan mudah tergiur keuntungan besar

Pada dasarnya tidak semua tawaran investasi yang memberikan keuntungan menarik dapat disebut sebagai investasi bodong, tetapi lebih baik Anda berhati-hati jika memperoleh tawaran demikian.

Lakukan perhitungan matematika sederhana untuk memperkirakan apakah tawaran tersebut cukup masuk akal, apalagi bisa memberikan keuntungan dalam jangka pendek.

Lakukan pemeriksaan dokumen

Tiap lembaga yang mengeluarkan produk keuangan apalagi sampai menghimpun dana masyarakat, harus memiliki izin resmi .

Anda boleh pertanyaan izin yang berasal dari instansi terkait untuk mengurus masalah tersebut, seperti Bapepam-LK atau Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan.

Teliti cara dan bentuk pemasaran produk

Di berbagai macam produk investasi resmi, mekanisme cara kerja hingga menyangkut pembagian keuntungan telah diatur dengan jelas, bahkan ada yang memiliki standar operasi baku dalam menjalankan produk.

Namun perusahaan yang menjalankan investasi bodong biasanya tidak memiliki standar baku untuk menjalankan produk tersebut.

Memang, tak semua produk investasi yang ditawarkan adalah investasi bodong, karena terdapat produk investasi yang memberi keuntungan pada nasabah.

Namun biasanya besarnya keuntungan tidak terlalu besar, apalagi dalam jangka pendek. Karena investasi dasarnya memiliki prinsip memberi keuntungan dalam jangka panjang.

BacaInvestasi Reksadana Modal Kecil Mulai 100 Ribu di 8 Tempat Ini

Maka dari itu , sebelum anda berinvestasi, sebaiknya teliti dahulu sebelum berinvestasi . Orang berbohong bukan karena dia tidak tahu, melainkan adanya kesempatan . Maka dari itu , waspadalah waspadalah.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares