Ulasan Bisnis

Investasi Reksadana Modal Kecil Mulai 100 Ribu di 8 Tempat Ini

Kadang kali kita terbebani dengan jumlah modal yang begitu besar apabila ingin menanam investasi di berbagai perusahaan. Gak cukup 1 atau 2 juta, namun harus memiliki puluhan juta rupiah untuk bisa investasi reksadana dan saham di suatu perusahaan. Namun sekarang anda bisa mendapatkan gelar sebagai investor tanpa harus memiliki banyak uang. Sekarang sudah ada berbagai tempat penanaman modal investasi reksadana modal kecil dengan minimal cuma 100 ribu.

Ya anda tidak salah baca. Hanya dengan memiliki uang sebesar 100 ribu rupiah saja. Anda bisa menanamkan modalnya untuk investasi reksadana. Investasi reksadana modal kecil ini bahkan sedang di gempor gemporkan oleh OJK Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan Indonesia. Jadi yang pastinya ini aman dan lebih baik untuk anda coba.

Mungkin anda adalah mahasiswa, ibu rumah tangga, petani, buruh, PNS dan sebagainya boleh menjalankan investasi reksadana ini. Nggak ada batasan yang penting udah sesuai dengan batas minimal umur yang diperbolehkan. Karena investasi reksadana ini akan lebih mudah diatur dan dipahami cara kerjanya dan pengelolaanya daripada investasi seperti saham.

Kalau investasi saham, forex dan sebagainya itu kan kita harus pandai pandai mengatur transaksi saham. Investasi saham harus selalu memandangi bursa saham, jadi apabila harga sedang naik maka kita jual, kalau harga sedang turun maka kita beli.

Apa itu reksadana?

Menurut informasi yang bersumber dari wikipedia, bahwa reksadana ialah suatu wadah serta pola pengelolaan modal bagi sejumlah investor untuk berinvestasi dalam suatu instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Masih belum paham apa itu reksadana?

Ya intinya reksadana atau yang disebut juga sebagai mutual fund merupakan salah satu sarana/wadah/tempat yang digunakan untuk mengumpulkan modal dari banyak orang. Lalu modal yang telah terkumpul banyak itu akan diinvestasikan ke dalam berbagai jenis portofolio efek. Misalnya diinvestasikan ke dalam bentuk saham, instrumen pasar uang, obligasi dan lain sebagainya. Yang mengatur modal dana tersebut adalah manajer investasi.

Jadi invesati reksadana modal kecil ini adalah jenis investasi yang bisa dibilang cukup mudah. Ya tentu, karena uang anda sudah ada yang mengelola, yaitu si manajer investasi (MI) yang sudah berpengalaman dalam mengatur keuangan dan mengatur investasinya. Jadi nanti jika terjadi suatu keuntungan maka anda akan diberi sekian % dari keuntungan yang terjadi. Hal ini bisa setiap minggu, bulan, 3 bulan, atau tergantung kesepakatan.

Jadi anda tidak begitu njlimet dan repot repot dalam melihat perkembangan dunia saham dan sebagainya. Anda juga tidak butuh pengetahuan tentang investasi lebih lanjut, jadi tidak diharuskan belajar terlebih dahulu. Yang penting paham cara kerja investasi reksadana ini.

Loading...

Apakah nanti si pihak manajer investasi ini bisa berbuat curang dan korupsi?

Tidak, karena segala bentuk keuntungan, defisit, kerugian dan sebagainya akan tecatat. Selain itu, uang hasil keuntungan dari investasi itu tidak akan dipegang oleh manajer investasi, melainkan disimpan dalam bank kustodian. Bank kustodian ini akan menyimpan semua uang yang dikumpulkan oleh masyarakat dan segala uang hasil administrasi. Bank ini tidak berafiliasi dengan manajer investasi. Sehingga uang yang disimpan benar benar aman dan tidak ada ulah dari manajer investasi.

Jenis jenis reksadana

Reksadana ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:

1. Reksadana saham

Reksadana saham merupakan salah satu jenis reksadana yang melakukan investasi minimal 80% ke dalam efek ekuitas atau dalam bentuk saham. Reksadana ini akan memberikan keuntungan yang paling besar dan paling cepat. Namun kalau terjadi kerugian yang nilainya juga paling besar. Jadi manajer investasi harus benar benar paham untuk menginvestasikan ke saham perusahaan yang benar benar bisa cepat mengalami kenaikan harganya.

2. Reksadana campuran

Reksadana ini menginvestasikan modal atau dana yang telah terkumpul ke dalam bentuk efek ekuitas dan juga efek hutang. Namun perbandingan antara efek ekuitas dan efek hutang ini tidak termasuk ke dalam jenis reksadana saham serta reksadana pendapatan tetap. Potensi keuntungan yang terjadi ini tingkatannya berada di bawah jenis reksadana saham, namun diatas dari reksadana pendapatan tetap. Jadi potensi keuntungannya dan kerugiannya tidak sebesar reksadana saham namun lebih besar dari pendapatan tetap.

3. Reksadana pendapatan tetap

Reksadana ini merupakan jenis reksadana yang menginvestasikan setidak 80% dari dana yang ada ke dalam investasi yang bersifat efek hutang. Resiko terjadinya kerugian dan juga terjadi keuntungan ini lebih kecil daripada keduan jenis reksadana diatas.

Jadi dapat kita ketahui, bahwa berbagai jenis investasi itu apabila risiko kerugian yang terjadi itu besar, maka keuntungan yang mungkin terjadi juga besar. Jadi tidak ada atau bahkan sangat jarang ada investasi yang sangat menguntungkan namun sangat minim risiko. Ya namanya dunia investasi ya begitulah, kita tidak tahu secara akurat dengan apa yang akan terjadi di kemudian hari.

4. Reksadana pasar uang

Ini adalah jenis reksadana yang memberikan dana untu diinvestasikan ke dalam efek hutang yang memiliki jangka waktu kurang dari 1 tahun. Jadi 100% modal yang ada, akan diinvestasikan ke pasar uang. Reksadana pasar uang ini akan memberikan pengembalian atau return yang kecil, demikian juga risiko terjadinya kerugian dan sebagainya juga sangat kecil.

5. Reksadana index dan ETF

Ini adalah jenis reksadana yang isinya berisi berbagai index tertentu, dan hal tersebut dikelola secara pasif. Jadi tidak terjadi jual beli didalamnya, kecuali dalam beberapa hal saja. Keuntungan dan kerugian yang terjadi didalamnya itu akan sejalan dengan index tersebut.

Sedangkan untuk reksadana ETF atau reksadana Exchange Trade Fund, ini adalah reksadana yang terjadi jual beli dari index yang ada. Jadi reksadana index yang diperjualbelikan melalui bursa di sebut ETF. Sebenarnya ETF ini hampir mirip dengan saham, karena harganya begitu fluktuatif, bahkan hampir tiap detik terjadi perbedaan harga.

Tempat Investasi Reksadana modal Kecil Cuma Mulai 100 Ribu

Ada berbagai jenis tempat yang bisa anda jadikan sebagai investasi reksadana modal kecil. Dan saya akan membahas 8 tempat yang bisa direkomendasikan untuk anda dibawah ini.

1.PT Danareksa investment management
2.PT Manulife Aset management indonesia
3.PT Panin asset management
4.PT Schroders Investment management indonesia
5.PT Syailendra Capital
6.PT Mandiri manajemen investasi
7.Commmonwealth bank
8.CIMB Niaga

Berikut pembahasan mengenai kedelapan tempat investasi reksadana modal kecil tersebut.

a) PT Danareksa investment management

PT Danareksan investment management ini merupakan salah satu jenis usaha milik negara atau BUMN, yang merupakan anak perusahaan dari PT Danareksa. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1992 dan sampai saat ini, PT Danareksa investment management sudah mengelola dan memiliki lebih dari 15 jenis produk reksadana yang berbeda.

Dan yang paling menggembirakan bagi kita semuanya adalah bahwa kita bisa menginvestasikan dana dengan minimal 100 ribu kedalam salah satu jenis produk dari ke 15 perusahaan ini. Jadi apakah anda merasa tertarik untu investasi reksadana modal kecil di perusahaan ini?

b) PT Manulife Aset management indonesia

PT ini juga sudah cukup berpengalaman untuk menginvestasikan modal yang anda miliki. Ya anda dapat melakukan investasi reksada modal kecil diperusahaan ini karena sudah beroperasi sejak tahun 1996. PT manulife aset management indonesia ini memiliki satu jenis produk yang bernama manulife syariah sektoral amanah. Jika kita lihat, dari namanya saja, sudah membuktikan bahwa perusahaan ini akan amanah dalam menjalankan investasi dari masyarakatnya.

Anda bisa menyetorkan uang senilai 100 ribu di PT manulife aset management ini dan anda pun sudah bisa dijuluki dengan sebutan nama sang investor. Namun untuk mendapatkan hasil yang besar, anda juga harus menginvestasikan modal yang lebih besar pula.

c) PT Panin asset management

Saya belum terlalu jelas apakah syarat untuk bisa menginvestasikan dana kita di perusahaan ini adalah harus menjadi nasabah bank panin ataukah tidak. Namun yang pasti, dengan anda menjadi nasabah bank panin, maka anda dapat menyetorkan uang minimal 100 ribu tiap bulan untuk melakukan investasi reksadana modal kecil.

Ada 10 produk yang dimiliki oleh PT Panin asset management ini. Namun tidak semuanya bisa tersedia untuk anda investasikan kedalamnya untuk membeli produknya. Salah satu produk yang bisa anda gunakan untuk melakukan investasi reksadana modal kecil adalah panin dana maksima. Ya di produk tersebut syarat penyetoran uang cuma minimal 100 ribu.

Kalau ingin investasi secara konsisten baik tiap hari, tiap minggu, tiap bulan, tiap setelah bulan, tiap 2 bulan sekali dan pokoknya konsisten, maka anda bisa menginvestasikan uang minimal 100 ribu dengan menggunakan layanan bank panin yaitu auotdebet yang diambil dari rekening bank anda. Jadi nanti uang yang ada di rekening bank anda akan otomatis terpotong sesuai yang telah anda atur.

d) PT Schroders Investment management indonesia

Ini merupakan salah satu tempat investasi reksadana yang begitu solid. Selain data data yang terangkum secara lengkap, ada keterbukaan terhadap investor. Jadi akan lebih mudah diakses oleh mereka yang telah melakukan investasi di perusahaan ini. Ya ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki perusahaan schrodeers investment management dibandingkan dengan hal lainnya.

Produk yang dimilikinya yaitu schroder syariah balanced fund. Anda dapat melakukan investasi reksadana modal kecil disana. Dan hasilnya pun akan dinikmati dalam beberapa bulan kedepan. Ini tempat yang bisa anda coba untuk anda yang ingin belajar cara investasi dan merupakan pemula dalam hal ini.

e) PT Syailendra Capital

PT syailendara capita ini menjadi salah satu tempat bagi anda untuk menanamkan investasi reksada modal kecil mulai dengan 100 ribu. Bahkan pt syailendra ini pernah mendapatkan penghargaan dengan produk yang dimilikinya yaitu syailendra balanceed opportunity fund. Jadi ini merupakan tempat yang bisa anda jadikan tempat untuk investasi reksadana modal kecil yang dijadikan pilihan utama.

f) PT Mandiri manajemen investasi

PT mandiri manajemen investasi ini memang masih berhubungan dengan PT bank mandiri. Jadi apabila menginvestasikan modal anda minimal 100 ribu di perusahaan ini, bisa dipastikan aman dan bisa memberikan profit dalam jangka waktu ke depannya.

Baca juga: Investasi reksadana, modal sedikit keuntungan selangit

g) Commmonwealth bank

Commontwealth bank ini merupakan salah satu bank dari australia. Namun perusahaan ini juga melakukan kerja sama dalam hal investasi reksadana dengan banyak investasi manajer. Syarat untuk bisa berinvestasi di commontwealth bank ini juga mudah. Anda tinggal buka rekening dan menjadi nasabah bank tersebut. Untuk membuka rekening pun cukup menyetorkan uang minimal 100 ribu.

Dan apabila anda ingin melakukan investasi maka nanti akan dilakukan dengan auto debet dari rekening bank anda. Jadi misal tiap bulan anda ingin menginvestasikan uang senilai 100 ribu, maka uang dalam rekening anda akan dipotong otomatis tiap bulan senilai jumlah tersebut. Apabila anda ingin melakukan lebih banyak uang untuk investasi, anda juga akan dipotong tiap bulan dengan jumlah lebih banyak.

h) CIMB Niaga

Untuk bisa berinvestasi di CIMB niaga yang merupakan bank ini, maka anda harus membuka akun bank terlebih dahulu disana. Anda bisa belajar investasi reksadana di sini, karena produk layanan dari CIMB niaga yang bernama Crisp plus ini membolehkan siapapun untuk bisa melakukan investasi reksadana modal kecil cuma 100 ribu.

Dan yang paling menyenangkan saat melakukan investasi di CIMB Niaga ini adalah anda akan mendapatkan layanan asuransi. Jadi buruan kalau lagi ada uang lebih, investasikan saja uang anda di bank ini.

Penutup

Demikianlah beberapa tempat investasi reksadana modal kecil cuma 100 ribu. Ya sekarang kalau anda punya sedikit modal dan juga ingin belajar, maka anda bisa menginvestasikan uang anda disana. Namun anda harus mengetahui dulu apa itu investasi dan seperti apa cara kerja didalamnya.

Jadi jangan marah kalau uang yang telah anda investasikan itu tidak kembali. Karena dalam dunia investasi ini ada yang namanya return dan ada juga kerugian.

Investasi sama dengan anda mendirikan toko untuk menjual pakain. Kita butuh modal yang besar untuk membeli tanah, mendirikan toko, membeli pakaiannya, mempromosikan toko dan sebagainya. Kalau keberuntungan sedang berpihak kepada kita, maka kita bisa mendapatkan untung besar. Namun sebaliknya, kita bisa rugi puluhan juta dan gak bisa balik modal karena suatu hal.

Jadi anda harus siap untuk rugi saat ingin melakukan investasi. Jangan hanya mengarapkan keuntungannya saja.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat pilihan untuk melakukan investasi denga modal kecil. Namun kedelapan tersebut yang kami rekomendasikan untuk anda semuanya. Jangan lupa untuk melakukan chek terlebih dahulu di situs bapepam terkait tempat investasi reksadana, apakah sudah terdaftar atau belum.

Pilihlah tempat yang aman, dan lakukanlah investasi segera. Apalagi sekarang investasi reksadana ini sedang di dorong oleh OJK. Jadi sangat direkomendasikan untuk dicoba oleh anda sendiri.

Semoga pembahasan mengenai 8 tempat investasi reksadana modal kecil kali ini bermanfaat buat kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog klikmania ini. Dan jika artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke teman teman anda ya.. terima kasih



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *