Blogging

Jadi Blogger Cuma Cari Uang ? Ini 7 Kenikmatan Lain Yang Agan Tidak Sadari

Mencari uang dari blog bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak lika-liku yang harus agan alami. Blogger sejati pasti tahu itu !

Untuk menyeimbangkan semangat agan dalam ngeblog, tidak baik hanya terpaku pada uang, karena motivasi yang berasaskan pada materi belaka, akan menjadikan kegiatan blogging sebagai beban. Dan ketika hasil yang diproyeksikan tak sebanyak yang diharapkan, niscaya agan akan menemukan alasan untuk tidak ngeblog lagi, karena ”  uang nyata ”  yang diharapkan tidak kunjung datang.

Tidak salah memang berharap mendapat uang dari monetisasi blog , karena banyak orang yang sudah mengkonversi blognya menjadi uang , dan uang tersebut adalah “ Uang nyata “ , yakni uang yang benar-benar uang , bukan voucher, bukan kupon, melainkan alat tukar resmi yang dipakai di seluruh dunia.

Apalagi beberapa program monetisasi periklanan besar, sebut saja Google Adsense dan Revenue Hits yang menggunakan mata uang dollar Amerika Serikat,  yang nilai U$ 1 nya tentu tidak main-main, apalagi bila dipecah ke dalam bentuk Rupiah, nilainya akan sangat besar ( *2016 U$ = Rp. 13.000 ) .

Manfaat Lain

Namun percayalah, ketika tangan mengetik di atas keyboard, mata menatap ke layar, dan logika aktual mulai menuangkan inspirasi nya, inspirasi yang dimatangkan oleh skill menulis menjadi sebuah karya tulis yang matang,  dan kelak agan publikasikan di blog milik agan , maka tak hanya uang , ada hal lain yang menunggu agan.

Apalagi , bila blogging diadakan secara produktif dan konsisten memberi nilai guna bagi pembaca, pastilah ada nikmat yang blogger dapatkan, hanya saja,  banyak blogger tidak menyadarinya.

Lalu apa saja nikmat tersebut ? Berikut 7 kenikmatan yang akan blogger terima selain uang :

Loading...

1.  Gengsi Naik Di Mata Kawan

Penulis yakin di Indonesia banyak blogger pemalu . Blogger yang bekerja di bawah meja , artinya kegiatan yang ia lakukan tidak diketahui banyak orang. Bahkan mungkin orang tuanya sendiri.  Alasannya beragam . Bisa jadi karena malu , takut diejek dan sebagainya.

Atau bisa saja blogger tersebut ingin membuat sebuah project anonim yang diharapkan mampu mengejutkan orang tua dan orang-orang di sekitarnya kelak dengan earning yang ia dapatkan.

Contohnya saja Mashable. Dibuat oleh Pete Cashmore, blog yang membahas mengenai teknologi, sosial media, dan perkembangan dunia  IT ini  , dikerjakannya sendiri, ia menulis lebih dari 20 konten dalam sehari , bekerja belasan jam, konsisten menulis dan mempromosikan blognya sendiri, bekerja secara indivual.

Mashable

Di umur yang masih 19 tahun ia sudah menjadi blogger produktif , dan menyembunyikan kegiatan tersebut dari orang tua dan teman-temannya. Fokusnya tidak seperti anak seusianya, terlihat aneh memang saat itu menjadi blogger , Cashmore bisa saja disebut “ Geek “ oleh orang-orang sekitarnya bila mereka mengetahui apa yang dilakukan Cashmore sehari-hari.

Namun siapa sangka, blog tersebut semakin populer setiap harinya, hingga akhirnya media nasional meliput nya , dan mewawancarinya langsung ke dalam rumahnya. Sungguh kejutan yang luar biasa bagi orang tua Cashmore, menyadari anak nya adalah penulis blog Mashable.

Dan tahukah anda ? Nilai Blog tersebut pada tahun 2012 bahkan  pernah ditawar oleh CNN Media Holding sebesar U$120 juta  , atau Rp. 1, 5 Triliun. Wow ! Sungguh buah konsistensi yang sangat manis.

Di Indonesia juga ada si  “Cashmore yang pemalu “ . Percayalah banyak orang tua yang tidak tahu anaknya menjadi seorang blogger, bahkan sampai anaknya mencairkan earning berkali-kali.

Karena di era digital saat ini, seorang anak kecil pun bisa menghasilkan uang dari internet. Tua, muda semua punya potensi yang sama , asal memiliki niat, ketekunan, dan konsistensi, mereka pasti mampu .

Dan jangan pernah meremehkan mereka ( anak muda ) , bisa saja mereka menjadi blogger yang besar nantinya, karena anak muda pada umumnya punya energi juang yang lebih besar dibanding yang berkepala dua ( sudah beristri ) .

Namun bila memang agan membuat sebuah blog dengan konten yang keren, menyajikan informasi yang bermanfaat, mengapa harus malu ?

Malah dengan memberitahu bahwa diri agan  seorang blogger, itu akan membuat gengsi agan naik di seputaran teman sepermainan.

Penulis percaya yang menjadi blogger di Indonesia, kuantitasnya sangat sedikit. Bahkan lebih banyak jurnalis media massa konvensional atau pun driver ojek online dibanding blogger . Memang, yang punya blog itu jutaan banyak nya , namun yang benar-benar blogger ? Yang benar-benar serius dan konsisten di bidang ini  ? Sedikit.

Karena profesi ini susah , dan ketika agan sudah melewati fase susah itu, ketika sudah bergiat blogging dalam waktu yang lama, agan bisa merasakan kemudahan itu. Jangan malu untuk mengakui agan seorang blogger. Karena nilai gengsi blogger itu tinggi, gan di Indonesia !

Kelak agan akan dikenal sebagai penulis, karena memang blogger tugasnya adalah menulis.  dan ini jadi nilai lebih di mata teman sepermainan agan, apalagi bila agan berasal dari lingkungan yang tidak mengenal internet, kaum yang skeptis pada kedigdayaan internet, atau komunitas yang latar belakang nya jauh dari internet, maka agan bisa menjadi sumber inspirasi mereka. Bukankah itu keren ?

Sebut saja seorang Herman Yudhoyono, ia berasal dari lingkungan profesi yang jauh dari internet, yakni pegawai pertambangan Nikel di Sorowako , Sulawesi Selatan. Gajinya sudah sangat tinggi, menyentuh angka belasan juta, namun pada Oktober 2012, ketika internet belum seramai sekarang, ia memutuskan hengkang dari pekerjaannya dan menjadi full time blogger. S

Satu contoh seorang blogger yang berani dan tidak malu mengakui identitas dirinya yang baru. Bahkan,  di blognya secara rutin ia membuat catatan progress , pencapaian apa yang ia peroleh , dan tak ragu memberi tips bagi pemula yang ingin mengikuti jejaknya.

Selain Kang Herman, ada juga catatan dari seorang blogger bernama Imam Munandar, ia adalah blogger yang juga konsisten, dan ketika ia melamar kerja ke sebuah perusahaan internasional,  ia  percaya diri mengisi kolom portofolio nya sebagai publisher google adsense ( blog ) .

Lalu apa yang terjadi ? Perusahaan tersebut kagum padanya, karena mereka tahu bahwa menjadi blogger produktif itu susah , apalagi diterima Google Adsense, itu lebih susah lagi. Sehingga perusahaan itu menaruh minat besar pada CV yang diberikan Imam Munandar.

Bayangkan , Gan ! Dengan portofolio sebagai pubsliher Google Adsense ( blog ) , ia bisa diterima kerja.

Maka dari itu, jangan malu mengakui profesi blogger, apalagi bila agan sudah diapprove Adsense ( blog  ) ,  itu sudah sebuah prestasi, karena perusahaan luar negeri sana  menaruh rasa segan yang besar pada blogger.

Apalagi di era sekarang, banyak perusahaan yang mencari bukan sekedar “ Ijazah “  karena variasi pekerjaan yang sekarang berbeda dengan tahun 90an. Banyak perusahaan multinasional , ataupun internasional yang datang ke Indonesia membangun startup berbasis teknologi, app,  atau media online dan membutuhkan seorang marketer. Dan apa yang mereka cari ?

“ Yang Berpengalaman ! “

Bukan cuma ijazah, namun yang sudah terjun langsung di bidang online marketer ini . Mereka mencari blogger, ya blogger seperti anda ini !

Bukan cuma pekerjaan sebagai marketer online, kini banyak perusahaan besar, yang mencari portofolio calon pegawainya di internet. Karena pernah penulis mengikuti sebuah seminar yang pematerinya adalah pegawai Trans Media , dan ia menyarankan kepada calon pegawai yang ingin cepat diterima , harus memiliki portofolio di internet.

Sebab, pihak HRD  biasanya akan mencari tahu pencapaian agan, karya tangan agan dengan cara mengetik nama agan di Google.

Maka, sangat diuntungkan bila agan adalah seorang blogger, apalagi bila blog yang agan buat meenyajikan konten yang berkualitas dan menarik . Bukankah akan menjadi nilai tambah ?

Jadi, jangan malu mengakui jati diri agan sebagai seorang blogger. Karena dengan percaya diri , percayalah  , ada nikmat yang akan agan dapatkan.  Salah satunya ya ini, gengsi / nilai jual agan meningkat !

2. Kepuasan Pribadi

Bicara kepuasan pribadi, itu adalah perspektif masing-masing orang. Apa yang menurut saya mendamaikan hati, belum tentu bagi agan sama. Ada hal yang unik dalam diri tiap manusia yang membedakan rasa puas dirinya .

Penulis  sendiri merasa berpuas diri ketika ngeblog, tidak perlu pengunjungnya ramai, tidak perlu jumlah fans sekejab langsung jutaan , namun ketika menyentuh tombol “ Publish” di blog, entah mengapa, rasanya seperti mengirim makanan ke lebih dari seribu orang yang kelaparan.

Sensasinya itu menyenangkan.

Memang terlihat berlebihan , namun bagi penulis mempublikasikan satu artikel saja di blog sudah merupakan kebanggaan. Eskalasi jumlah pembaca, siapa yang akan mengshare, memberi komentar, dan sebagainya, tidak terlalu penulis pikirkan, karena penulis yakin kalau kualitas pasti menemukan tempatnya sendiri.

Bagaimana dengan agan ? Apa yang membuat agan berpuas diri ? Earning yang besar ? Trafik melimpah ? Sama. Itu juga yang membuat penulis merasa puas, namun bukan berarti kalau hal di atas tidak dicapai , maka penulis merasa jenuh dan akhirnya gantung keyboard , karena jujur penulis pakai laptop bukan PC , jadi keyboardnya gak bisa digantung . Hehe…

Penulis tidak merasa jenuh sama sekali . Tetap ngeblog dengan hati, karena ngeblog itu panggilan hati ( ehem ) .

Sensasi menjadi blogger itu akan datang ketika agan melakukannya langsung dan larut di dalamnya. Kalau hanya dibayangkan, direka-reka, maka sensasi itu tidak akan datang.

Percayalah, menjadi blogger itu menyenangkan, menjadi kepuasan diri bila niatnya tepat.

3. Mengasah Keterampilan Menulis

Agan  sadari atau tidak, ketika agan menulis di blog setiap harinya, setiap hari pula agan belajar menulis, menemukan karakter tulisan yang asli milik agan sendiri, belajar menulis efektif, belajar menemukan istilah baru , wawasan baru karena seorang blogger itu harus terus membaca, banyk mencari refrensi untuk tiap karya tulisnya kelak.

Karena kedua unsur ini sangat lekat, penulis pasti banyak membaca !

Lagipula, menjadi blogger produktif berarti menulis artikel berkualitas setiap hari, agar tidak mengecewakan pembaca yang datang untuk mencari informasi di blog agan. Di samping itu,  ada sistem SEO yang memungkinkan karya terbaik sajalah yang dapat naik ke permukaan.

blogging

Dan tentu agan akan malu menggunakan nama author yang memang nama agan, contohnya saya : Andre Zalukhu , namun karya yang ditulis adalah karya yang setengah-setengah, abal-abal , dan terkesan menjelekkan nama agan sendiri sebagai penulisnya .

Maka, menulislah  dengan baik. Karena ada nasehat yang pernah penulis baca,

“ Menulislah secara kuantitas, maka kualitas akan mengikutinya “

Arti kalimat di atas bukanlah menulis artikel asal jadi sebanyak mungkin, melainkan menulis secara terus menerus, menulis banyak artikel dalam sehari, pasti kualitas agan akan ditempah, karena semakin banyak kita menulis, niscaya keterampilan menulis itu akan terwujud.

Agan tidak perlu kuliah di jurusan Sastra Indonesia , ikut sekolah menulis , kursus online, atau seminar menulis kalau yang agan cari adalah menjadi terampil menulis. Cukup dengan menulis minimal 10 artikel tuntas setiap harinya, maka keterampilan dengan praktik langsung itu akan membuahkan hasil. Percayalah, karena saya sudah membuktikannya.

4. Kenal Lebih Banyak Orang

Dengan menulis artikel di blog, apalagi blog tersebut ramai pengunjung, bukan tidak mungkin banyak yang ingin berkenalan dengan agan. Apalagi bila yang agan tulis banyak dicari orang, dan mereka yang merasa terbantu dengan turorial yang agan berikan, mencari tahu tentang diri agan, dan syukur kalau mereka mau jadi fans, atau pembaca setia tulisan agan.

Blogger adalah artis, kalau musisi adalah artis musik, maka blogger adalah artis literal, yakni yang menulis untuk berkarya. Dan seorang artis perlu teman-teman yang mendukungnya .

Tidak ada blogger yang bisa berkegiatan secara individual. Seorang blogger haruslah punya banyak teman, kalau bukan di offline, ya pasti di online.

blogging

Mengapa demikian ? Karena unsur pendukung ngeblog seperti blogwalking dan berkomunitas , memaksa agan untuk kenal lebih banyak orang.

Belum lagi  agan masuk di dalam komunitas blogger, entah itu regional, atau pun online. Bukannya menyenangkan . masuk dalam komunitas  dengan minat yang sama ?

Bertemu banyak orang, dari latar belakang , penghasilan yang berbeda-beda, dan punya bekal ilmu yang berbeda pula , tentu akan seru kalau bertemu orang yang satu minat dengan kita, bisa berbagi ilmu dan berbagi pengalaman.  Percayalah, blogger pasti banyak temannya, karena seorang blogger tidak bisa bergerak sendiri.

Penulis dulu tidak kenal namanya Gani Sebastian ( pemilik blog ini ) , namun karena aktif blogwalking, dan aktif mencari informasi, rajin membaca ulasan sesama komunitas blogger, penulis jadi kenal  sama Mastah Gani ini , bukan hanya beliau, juga banyak blogger keren lainnya

Tak hanya kenal, namun mendapat informasi dan motivasi yang sangat bermanfaat.

Belum lagi agan mendapati pembaca yang datang ke blog agan adalah blogger yang punya ilmu yang tidak agan miliki namun agan minati. Ini bisa jadi proses mutualisme pembelajaran.

Intinya di poin ini, pastilah seorang blogger produktif punya teman dan kenalan yang semakin banyak setiap hari, dan inilah salah satu manfaat yang agan peroleh ketika konsisten menulis di blog.

5. Kepakaran Meningkat

Dengan menjadi blogger, agan bisa menuliskan apapun yang agan mau. Dan untuk menjadi blogger yang bermutu, maka tulislah sesuai dengan kepakaran yang agan miliki.

Entah agan mengulas mengenai internet marketing seperti Mas Darmawan , mengenai blogging seperti Mastah Gani Sebastian, mengenai kicau burung seperti Om Kicau, mengenai kisah skripsinya yang tak kelar-kelar seperti Shitlicious, mengenai motivasi seperti Iphin Cow, dan blogger keren lainnya yang menunjukkan kepakarannya.

Setiap hari, kualitas tulisan agan dituntut untuk lebih baik dari hari kemarin, dan tentu agan sebagai orang yang tidak ingin mengecewakan pembaca pastilah meningkatkan kualitas tulisan tersebut. Caranya ? Dengan terus belajar.  Karena mereka yang ahli pun akan terus belajar.

ideas

Tanpa mengasah ilmunya setiap hari , pasti ia akan tenggelam dalam kompetitor yang baru . Karena bukan hanya agan, yang memiliki kepakaran yang sama dengan agan itu banyak , sehingga agan harus bersaing dengan mereka, dan persaingan akan dimenangkan oleh yang mau terus belajar dan meningkatkan kualitas kontennya .

Dan untungnya menjadi seorang pakar, agan bisa menjadi agen informasi dari setiap blogger baru dengan niche yang sama. Itu  banyak dipakai oleh blogger senior dengan tingkat kepopuleran yang tinggi sebagai trik untuk mengurangi kompetitor , dan upaya menghidupkan blog nya terus menerus. Apa triknya ? Mereka menerima karya penulis pemula. Bisa dicontoh dari Juragancipir, yang sudah sangat terkenal dalam dunia blogging. Hampir semua blogger pemula mengenalnya, dan menganggapnya pakar.

Juragan Cipir bagi mereka bukan cuma PAKAR. Melainkan adalah pemersatu para blogger. JuraganCipir adalah medium bagi blogger baru untuk belajar, dan mereka akan berbagi secara gratis artikel karya tangan mereka di blog tersebut, tanpa diminta karena memang ingin belajar dari sana dan berbagi dengan teman seperjuangannya .

Enaknya , jadi blogger senior. Dengan cara itu  blog si pakar pasti tidak pernah kosong , karena banyak yang ingin numpang tenar di blog tersebut.

Terkadang, blogger baru  membawa ilmu yang tidak diketahui oleh sang blogger senior, dan mereka dengan senang hati ikut membantu wawasan blogger senior tersebut .  Jadi  ketika agan menjadi blogger  “ pakar “  yang mempublish riset pemula di bidang agan , bukan hanya trafik, agan juga mendapat ilmu dari sana. Ilmu lebih mahal dari uang bukan ?

6. Memberi Manfaat

Blogger adalah profesi yang mulia bila pada tempatnya, yakni memberi manfaat buat banyak orang melalui tulisan.

Kalau poin ini sepertinya tidak perlu diulas terlalu panjang. Karena umumnya blogger sudah pada tahu.

Lalu bagaimana ciri blogger yang bermanfaat ?

Blogger yang menulis informasi  unik, informasi yang original, entah itu berupa tutorial, tips, atau wawasan tertentu, ditambah tulisan tersebut ditulis dengan kepakaran yang blogger miliki, maka penulis yakin, blogger tersebut telah menulis  blog yang bermanfaat bagi pembaca .

Apalagi bila menurut keinginan Google Adsense, yang sangat antusias bermitra dengan blog yang memiliki niche unik. Dan unik nya tak sembarang unik, melainkan yang memberikan nilai guna bagi pembaca.

Kalau blogger yang berkutat di niche download, apalagi ia memberikan plagiat atas karya-karya orang, memang ia memberi manfaat bagi orang lain untuk mendapatkan lagu gratis , namun caranya itu adalah cara kotor, cara yang merugikan industri musik dan orang-orang di dalamnya.

Maka , penulis rasa itu tidak memberi manfaat secara utuh.

Seorang blogger haruslah memberi manfaat kepada pembaca secara utuh, yakni manfaat yang tidak merugikan satu pihak pun. Karenanya, blogger yang bermain di zona abu-abu , zona merah, atau apapun istilahnya , segeralah bertobat.  Karena uang tidak halal itu merugikan.

Berilah manfaat buat orang banyak, karena ketika banyak orang terbantu, Tuhan pun akan memberikan upah, bukan cuma lewat uang, bisa jadi kesehatan, nikmat berkumpul dengan keluarga, dan nikmat lainnya sebagai balasan atas konsistensi agan dalam menulis sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca.

Nikmat yang melegakan, bukan ?

7. Membuatmu Lebih Sabar Dan Bersyukur

Menjadi blogger mengajari seseorang untuk tidak membuang uang. Percaya ?

Penulis percaya. Kalau mencari uang lewat blogger itu sangat susah . Apalagi bagi seorang blogger , uang recehan ( Rp.100 – Rp.900 ) adalah nominal yang sangat berharga, itu mengapa banyak istilah populer “ mencari recehan adsense “ karena memang Google Adsense membayar publishernya  per klik dalam bentuk recehan.

Itu kalau Adsense, bagaimana dengan publisher iklan lokal yang lain, yang kadang membayar lebih rendah dari itu ?

Bayangkan saja , selain Google Adsense, ada program PPC lain membayar hanya Rp.30 ,- s./d Rp.100 ,- per kliknya. Itu berarti untuk mendapatkan uang Rp.3000,- saja , nominal yang biasa penulis gunakan untuk pergi ke warung internet satu kali , satu jam , di dekat rumah, maka penulis membutuhkan sekitar 30 s/d 100 klik dalam sehari.

Itu baru mencari uang Rp.3000,- bagaimana mau cari uang Rp.50.000,- , yang memang nominal ini memadai untuk biaya kehidupan tunggal sehari-hari. Perlu ribuan klik dalam sehari, dan mendapat ribuan klik berarti perlu ribuan pengunjung.

Itulah susahnya mencari uang dari blog , apalagi bila mengandalkan pemasukan hanya dari program PPC.

Karena itu sebelum penulis mengenal blog dan monetisasinya , banyak uang yang bisa dihabiskan dan tangan ini begitu ringan membelanjakannya untuk keperluan yang tidak perlu, karena kala itu memang uang berasal dari orang tua.

Namun ketika penulis mengenal blog dan bertekad mencari uang dari sumber ini, barulah penulis diingatkan oleh kejamnya alam persaingan di internet, bahwa mencari uang halal itu susah. Yang haram saja susah, apalagi yang halal, begitulah lawakan jenaka Kasino ( Warkop DKI ) di salah satu film yang pernah penulis tonton.

Ada benarnya juga. Sudah halal , sudah capek-capek menulis artikel, eh, akhirnya dicopas blogger yang tidak bertanggun jawab. Ia pikir bisa gampang dapat uang dengan comot sana-sini artikel orang lain tanpa izin. Sama seperti supir angkot yang kejar setoran, seorang blogger  harus sabar menekuni profesinya.

Belum lagi kalau penghasilan sudah banyak, tiba-tiba ada blogger yang dengki dan iseng, maka ia melakukan bom klik di iklan adsense yang kita miliki. Dan itu menghambat rezeki si empunya akun adsense. Sekali lagi, sabar….

Bahkan mencari Rp.1000,- saja dari internet  harus susah payah buat beberapa artikel. Ini jelas mengajari setiap blogger untuk menghargai recehan , karena recehan itu bila dikumpulkan perlahan-lahan akan membuahkan hasil yang besar.

Sabar dan syukur, adalah dua nikmat pembelajaran moral yang pasti dialami setiap blogger produktif.  Dan penulis yakin, pembelajaran ini lebih mahal dari uang.

Penutup

Nah, itulah 7 kenikmatan dari kegiatan blogging selain uang yang tanpa disadari, menemani blogger di dalam tiap aktivitasnya .

Menjadi blogger kaya bukanlah visi yang salah. Penulis, anda, dan semua blogger di seluruh dunia pasti mengharapkan hal tersebut.

Karena menjadi blogger  “ milyarder “  bukanlah impian kosong, dan cerita-cerita sukses itu memang nyata adanya di sekitar agan.  Bertahun-tahun lamanya , impian itu sudah digantungkan banyak orang.

Impian itu pernah diisi oleh beberapa orang pemberani , mereka  dihina, direndahkan, diremehkan, bahkan tidak diakui karena impian itu , namun mereka berhasil membuktikannya, kini menjadi seorang blogger berpenghasilan fantastis !

Mereka bisa membangun rumah, membiayai pernikahan, membiayai anak, membeli mobil , dan mengkonversi rezeki nya untuk keperluan yang tepat. Penulis tidak perlu menjelaskan panjang lebar siapa saja blogger inspiratif tersebut, cerita mereka banyak sekali di internet.

Dan impian yang sama , impian yang dulu disebut “ kosong” itu  tidak pernah menutup dirinya sampai hari ini, semua orang bisa mengisinya, tenggelam di dalamnya, dan membuktikannya sama seperti mereka  yang sebelumnya berhasil.

Hanya saja banyak blogger amatir yang salah menangkap maksudnya, mereka mengira semua kisah sukses itu, semua kisah ribuan dollar dalam sebulan itu, kisah blogger yang uangnya milyaran itu,  dicapai dengan mudah, dicapai dengan satu tapak saja.

Padahal , bila mereka benar-benar menangkap maknanya, mereka akan menemukan keringat, rasa frustasi, tulang yang berubah bentuk, insomnia, dan hal-hal menyakitkan lainnya. Karena blogger sejati tahu jalannya tidak selalu naik , pasti ada terjal , dan liku nya banyak , namun ketika semua dilewati , ada pelangi yang menanti untuk dinikmati.

Jadilah , blogger yang sehat secara konten dan moral, maka semua nikmat di atas akan ditambahkan kepadamu.

Mencari uang dari blog

 

 

Semoga agan semua berhasil !



Loading...

Tags
Baca selengkapnya