InternetTekno

Resmi !!, Jaringan 5G Siap Meluncur Tahun Ini, Indonesia Kapan Ya?

Beberapa waktu yang lalu, spekulasi soal peluncuran teknologi 5G semakin banyak bermunculan. Sebelumnya, operator asal AS, AT&T merencanakan jaringan 5G untuk kebutuhan mobile pada akhir tahun 2018 ini. Jaringan internet mobile generasi ke lima ini nantinya juga akan tersedia untuk pelanggan AT&T di 12 kota AS.

AT&T sendiri belum mengungkapkan nama – nama kota yang akan menggunakan internet dengan tinggi tersebut. Sebab masih harus menunggu standar spesifikasi industri baru.

Seperti yang pernah dilakukan uji coba 5G oleh Verizon beberapa waktu lalu. Sebenarnya AT&T sendiri bukan satu-satunya operator di AS yang siap untuk meluncurkan jaringan 5G.

Operator lain, seperti Sprint disebut telah sepakat untuk peluncuran jaringan 5G pada awal 2019. Sedangkan T-Mobile pada tahun 2020.

Peluncuran jaringan 5G akan dipercepat

Dilansir dari liputan6.com (1/3/2018) CEO Nokia Rajeev Suri mengatakan para operator telekomunikasi besar telah mempersiapkan jaringan 5G setahun lebih cepat dari jadwal yang ditentukan sebelumnya, yaitu tahun 2018 ini.

Nokia sendiri mengungkapkan telah memiliki kesepakatan kerja sama dengan Chine Mobile terkait pengembangan jaringan 5G baru untuk keperluan industri di Tiongkok. Perlu diketahui, China Mobile adalah operator mobile terbesar di dunia asal Tiongkok.

Nokia juga akan mengumumkan sejumlah kerja sama dengan Vodafone. Vodavone sendiri  merupakan operator seluler asal Inggris yang memiliki saham mayoritas di sejumlah operator dunia.

Setahun yang lalu, operator terkemuka tersebut mengatakan peluncuran jaringan 5G baru akan maksimal pada akhir 2019. Banyak perusahaan telekomunikasi yang mempertanyakan kemungkinan adanya justifikasi bisnis untuk melakukan upgrade ke jaringan 5G.

Loading...

Kehadiran teknologi 5G tentu saja akan menjadi peluang bagus untuk pertumbuhan bisnis mereka. Upaya operator mempercepat teknologi 5G juga akan berdampak baik pada pertumbuhan bisnis Nokia pada tahun ini.

Indonesia Butuh Banyak Tenaga Ahli untuk menyambut teknologi 5G

Peluncuran jaringan 5G tahun ini, kemungkinan besar akan berbeda di tiap negara, termasuk Indonesia. Susie Armstrong selaku Senior Vice President Government Affairs Qualcomm menyarankan Indonesia mulai bersiap menyongsong kehadiran teknologi 5G ini.

Sebab, teknologi 5G ini akan menjadi salah satu faktor pendukung untuk penerapan Internet of Things (IoT).

Menurut Armstrong, Indonesia masih membutuhkan banyak tenaga ahli untuk mengembangkan teknologi 5G ini. Sebenarnya masalah ini tidak hanya untuk negara Indonesia saja, negara – negara lain bahkan Amerika Serikat saja mengalami hal yang serupa.

Baca jugaSingapura Jadi Negara dengan Internet 4G Tercepat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Minimnya tenaga ahli untuk teknologi jaringan 5G ini tak lepas dari para pelajar yang lebih memilih jurusan lain daripada jurususan teknik.

Mereka lebih tertarik pada profesi yang dapat mereka lihat langsung, seperti pebisnis, dokter, pegawai, atau profesi yang lain yang sedang ngetrend saat ini, seperti bisnis online.

Kita tunggu saja kehadiran teknologi 5G ini di Indonesia. Seperti yang kita lihat, faktanya untuk jaringan 4G LTE saja belum bisa dinikmati secara merata di sebagian kota – kota di Indonesia.



Loading...

Baca selengkapnya

Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button