Internet

Kabar Gembira, Pelajaran Coding Akan Diajarkan di Sekolah

Di era teknologi seperti sekarang ini, coding adalah keahlian yang diidam-idamkan oleh semua orang. Alasannya, coding saat ini jauh lebih berguna ketika perkembangan teknologi kian hari kian canggihnya.

Namun, belajar coding itu tidak bisa dilakukan oleh semua orang karena biaya yang dibutuhkan masih cukup tinggi. Selain itu, di beberapa daerah Indonesia tidak semuanya terdapat tempat pelatihan untuk belajar coding.

Hasilnya, ketika seseorang ingin belajar coding, maka mereka pun harus menunggu beberapa tahun ke depan agar bisa mengambil jurusan di perguruan tinggi yang tentunya masa belajar harus memakan waktu yang cukup lama dan menelan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: Aplikasi Grasshopper, Aplikasi Belajar Coding untuk Pemula

Pelajaran Coding Akan Masuk ke Sekolah

Demi mendapatkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, pemerintah Indonesia telah memikirkan strategi jangka panjang. Strategi yang dicanangkan pemerintah adalah memasukkan pelajaran coding ke sekolah-sekolah.

Strategi atau rencana pemerintah ini sendiri disampaikan oleh Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Bambang menyampaikan jika untuk merealisasikan rencana pemerintah tersebut, dirinya akan membahas dengan Mendikbud.

“Mungkin, saya akan kerja sama dengan Mendikbud agar yang namanya kemampuan coding bisa disebarluaskan tidak hanya terbatas kepada mahasiswa jurusan ilmu komputer,” kata Bambang dalam pidatonya di Indonesia Innovation Forum seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia.

Jika pelajaran coding dimasukkan ke sekolah-sekolah yang ada di Indonesia, maka itu adalah sesuatu yang positif. Jika kebanyakan penduduk Indonesia mengetahui yang namanya coding

, maka Indonesia tidak akan tertinggal atau kalah dalam persaingan di Revolusi Industri 4.0.

Baca juga: Situs Belajar Bahasa Pemrograman Terbaik yang Akan Bantu Anda Belajar Coding

Terinspirasi dari Finlandia

Rencana pemerintah yang ingin memasukkan coding sebagai pelajaran di sekolah-sekolah tidak datang begitu saja, karena sumber inspirasi dari pemerintah adalah negara Finlandia. Menurut Bambang Brodjonegoro, pemerintah Finlandia telah memberikan kursus coding secara gratis kepada warganya.

Yang paling mengagumkan adalah pemerintah Finlandia memberikannya secara gratis tanpa melihat latar belakang pendidikan dari warganya. Hasilnya, kini warga Finlandia sudah memiliki kemampuan coding yang hampir merata dalam waktu yang sangat singkat.

“Finlandia memberikan kursus coding gratis kepada setiap warga negara. Enggak peduli mengerti komputer atau programming. Enggak ditanya latar belakang pendidikannya, enggak usah melihat umur,” ucap Bambang.

“Yang penting semua orang yang ingin belajar coding, silakan belajar gratis. Harapannya apa? Untuk bisa menambah kemampuan SDM di bidang coding dalam waktu cepat dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan harus menunggu tahapan pendidikan yang panjang,” ucap Bambang seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia.

Baca juga: Gunakan Aplikasi Ini untuk Belajar Coding Sampai Mahir!

Belajar coding di era saat ini memang sangat penting. Alasannya, semua negara sudah berlomba-lomba untuk menerapkan Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Jika sebuah negara tidak bersiap-siap, maka mereka akan menjadi negara yang kalah dalam persaingan teknologi dengan negara lain.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close