BloggingOptimasi Blog

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Banyak Blog yang Jadi Pertimbangan

Pilih satu blog atau banyak blog? Ini yang kadang dipikirkan oleh mereka yang baru saja terjun ke dunia perbloggeran, mereka masih bimbang dengan berbagai pemikiran yang muncul dibenaknya setelah membaca berbagai tips sukses dari para pendahulunya. Maka dari itu, pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan memiliki banyak blog.

Memiliki satu blog otoritas atau memiliki banyak blog merupakan suatu cara yang berbeda untuk bisa mendapatkan uang secara online. Namun bagi mereka yang hanya menjadikan blog sebagai hobi saja, maka memilih satu blog saja adalah pilihan yang tepat, karena dengan ini menjadi terkenal lebih cepat.

Nah dari sinilah anda harus bisa memilih mana saja yang bisa anda buat dan menilai sendiri kemampuan anda dimana, apakah memang bisa membuat banyak blog lalu mengelolanya dengan baik. Jadi kalau merasa tidak mampu mengelola banyak blog, maka satu blog saja sudah cukup. Ini justru lebih baik untuk kalian rawat.

Kelebihan dan kekurangan memiliki banyak blog

Dibawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan memiliki banyak blog, hal itu bisa dilihat dari segi banyak hal, mulai dari pengelolaan hingga earning yang didapat. Jadi silakan simak saja pembahasannya dibawah ini.

kelebihan dan kekurangan memiliki banyak blog
Image from https://pixabay.com

Kelebihan memiliki banyak blog

1. Banyak blog banyak uang

Mungkin banyak yang jawab seperti itu kalo ditanya tentang mending mana satu blog atau banyak blog. Ini bisa saja adalah hal yang benar, karena bagaimanapun juga kita akan menjadi memiliki banyak masukan pendapatan. Karena ada suatu pepatah yang berhubungan yaitu semakin banyak anak maka semakin banyak rezeki kita.

Karena dengan memiliki banyak blog yang sudah terarah dengan baik, maka itu bisa jadi alat yang bisa mendatangkan banyak uang ke kita. Banyak orang yang sudah lama mengenal dunia IM atau blogging, mereka berani menginvestasikan banyak uang. Dengan membuat blog dari awal hingga ratusan bahkan ada juga yang sampai ribuan blog, tentunya ini bukanlalah pekerjaan yang main main.

Mereka tahu hal itu karena sudah mengetahui cara mengelolanya serta prosek yang didapatkan, karena paling tidak blog nya tersebut baru bisa menghasilkan dengan kisaran waktu antara 3 bulan, 6 bulan hingga satu tahun. Tergantung persaingannya juga, semakin banyak persaingannya maka butuh waktu yang lebih lama pula.

Dari sini dapat diketahui, apabila satu blog bisa menghasilkan 1 dollar, 100 blog maka seratus dollar perhari. Jika ada yang tidak menghasilkan juga satunya bisa menutupi yang lainnya, jadi pendapatan bisa naik terus. Tapi kalau memang sudah lama tidak menghasilkan, anda bisa menjualnya ke orang. 1 blog satu juta sudah harga yang pas, namun blog juga setidaknya sudah harus bisa menghasilkan trafik. Paling tidak umurnya juga sudah 6 bulan atau satu tahun.

Loading...

Misalnya untuk biaya pembuatan satu blog harganya adalah 300 ribu untuk domain hosting dan untuk artikel 200 ribu. Kita bisa mendiamkan dahulu selama 1 tahun lalu nanti bisa dijual kembali seharga 3 sampai 5 kali lipat. Ya bisa dibilang ini adalah bentuk sebuah investasi yang besar, jangan meremehkan untuk mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan blog yang bisa kalian contoh dari orang yang sudah berpengalaman.

2. Potensi blog yang banyak

Selain itu, kelebihan memiliki banyak blog selanjutnya adalah bisa mendatangkan banyak potensi. Misalnya anda punya 10 blog dengan berbagai tema yang berbeda-beda. Nah ini bisa dimanfaatkan guna untuk keperluan lainnya, seperti promosi yang tertarget.

Jadi blog yang memiliki niche tersendiri itu punya banyak keuntungan, apalagi bagi mereka yang sudah punya banyak trafik. Nah disini anda bisa membuat suatu penawaran saat ada orang yang ingin beriklan di blog. Sebagai contoh mereka juga diajak untuk beriklan di blog lain yang kalian miliki.

Selain itu potensi blog lainnya adalah sebagai media promosi yang tertarget. Jadi kalau anda punya suatu produk yang ingin didagangkan, maka jika memiliki beberapa blog bisa digunakan sebagai penunjang promosi secara gratis, jadi nggak perlu beriklan bukan?

Apalagi antara satu blog dengan blog lain bisa saling melengkapi, maka ini akan lebih baik lagi kedepannya.

3. Lebih menjangkau banyak orang

Ini sudah tentu, apabila satu blog mampu menjangkau seribu orang, kalau punya sepuluh blog maka setidaknya itu bisa menjangkau 10 ribu orang. Ini bisa jadi keuntungan tersendiri sebagai media untuk menyampaikan aspirasi atau untuk sekedar mengenalkan suatu produk yang diinginkan. Dari sinilah bisa menjadi suatu keuntungan tersendiri untuk anda.

Kekurangan memiliki banyak blog

1. Biaya banyak

Semua pastinya ada kelebihan dan kekurangan memiliki banyak blog, karena semakin banyak yang dibuat maka biaya untuk buat juga semakin banyak. Jadi ini sering dilakukan oleh mereka yang suka akan investasi dan punya banyak uang. Daripada membelanjakan untuk berbagai hal yang kurang penting, maka untuk berinvestasi adalah pilihan terbaik yang mereka putuskan.

Misalnya untuk satu blog butuh biaya 300 dollar yang mana terdiri dari 100 dollar untuk biaya domain dan hosting dan sisanya untuk biaya perawatan dan pembuatan artikel yang berkualitas. Jadi kalau setidaknya kita buat 10 blog, maka uang yang kita gelontorkan mencapai 3000 dollar.

Ya walaupun mungkin tidak sebanyak itu, namun setidaknya itu bisa jadi acuan dasar saat ingin membangun blog tanpa kita perlu menulis sendiri. Jadi intinya kita bisa membuatnya dengan menggunakan jasa penulis artikel. Semuanya menggunakan penulis, tentu akan lebih berkurang biayanya apabila anda mau menulis sendiri.

Namun bagi yang baru memulai dalam dunia blogging, maka alangkah baiknya kalau hal ini dipertimbangkan dengan sangat, karena sangat berisiko dalam mencapai hasilnya. Bisa saja karena perawatan terhadap blog yang tidak profesional, maka bukan hasil berupa keuntungan yang didapatkan, namun kerugian pada akhirnya.

2. Kesulitan dalam pengelolaan

Ini juga menjadi kendala yang berarti, karena semakin banyak blog maka semakin kesulitan dalam pengelolaan. Banyak orang yang memiliki satu blog saja sudah kesulitan, maka kalau buat banyak blog juga tentunnya akan lebih lebih kesulitan juga.

Kalau anda tidak memiliki hati dan pendirian yang mantap, maka baru jalan berapa hari saja sudah kewalahan dan akhirnya nyerah. Modal yang sudah banyak dikeluarkan akhirnya sia sia dan tak menghasilkan apapun.

Setidaknya anda harus sudah punya blog dengan trafik yang banyak dahulu sebelum mulai membangun blog yang lain. Jadi kalau satu blog yang anda buat sudah bisa menghasilkan uang yang bisa dibilang lumayan, maka selanjutnya baru bisa buat blog yang lainnya lagi. Ini agar bisa tahu dan merasakan terlebih dahulu mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan blog.

3. Lebih banyak masalah yang harus dihadapi

Ada berbagai masalah yang dapat kalian temui saat memiliki banyak blog, terutama hosting. Ini sering kali bermasalah entah karena dari pihak hosting sendiri atau dari kesalahan kita. Selain itu pengaturan themes atau template blog juga semakin sulit, apalagi kalau ada yang sudah tidak work. Maka kita juga harus memperbaiki satu satu.

Selain itu kalau ada masalah pada konten yang ada di blog, itu bisa menjadi masalah tersendiri. Misalnya kalau terkena hak cipta, itu bisa jadi masalah yang serius. Atau ada pengunjung yang berkomentar, mengkritik dan sebagainya, maka ini menjadi masalah umum yang harus kalian layani dengan baik. Walau punya banyak blog, tapi jangan sampai kalau anda menjadikan pengalaman yang kurang baik bagi pelanggan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan memiliki banyak blog yang bisa menjadi sedikit informasi bagi anda semuanya. Jadi dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan memiliki banyak blog ini, maka anda sendiri yang tinggal memilih mana yang sekiranya bagus buat anda. Karena yang menentukan itu diri sendiri, dan seberapa jauh kerja keras kita, kalau hanya bermalas malasan, maka punya satu blog atau banyak blog itu sama saja tidak akan bisa menghasilkan uang.

Referensi lain : Tips Menjadi Blog Traveller yang Perlu Anda Tahu dan Segala Persiapannya

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kita semuanya. Terima kasih telah menyempatkan untuk membaca artikel ini, jangan lupa bagikan jika bermanfaat ya… dan selalu kunjungi blog ini setiap hari ya, karena banyak info yang bisa didapatkan.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *