BloggingDasar dasar Blog

Kenapa Banyak Blog Yang Mati Secara Perlahan Bahkan Sebelum Tumbuh Dan Berkembang

Sahabat, Apa motivasi terbesar kalian membuat blog?

Jujur….

pasti untuk mendapatkan uang kan?

Itulah juga yang menjadi motivasi kebanyakan para blogger baru di awal membuat blog, umumnya tujuannya adalah karena ingin bisa mendapatkan penghasilan dari internet melalui blognya.

Sehingga mulailah mereka membangun sebuah blog dengan harapan tujuannya tersebut akan tercapai, dan mereka bisa mecari uang lewat internet seperti para blogger lain yang sudah lebih dulu terjun di internet.

Tapi apa yang terjadi?

Setelah mereka berusaha sekuat tenaga menulis artikel-artikel original di blog mereka.

Ternyata hasil yang mereka impi-impikan tak kunjung terealisasi, sehingga perlahan-lahan semangatnyapun memudar dan akhirnya blognya mati bahkan sebelum sempat berkembang.

Loading...

Inilah realita yang banyak terjadi di kalangan para blogger pemula.

Yang pada kesempatan ini akan kita coba kupas di sini, kira-kira apa sebenarnya yang menyebabkan banyak blog baru mati perlahan-lahan sebelum berkembang.

Namun sebelumnya silahkan sobat baca juga  : Kesalahan mendasar dalam ngeblog karena artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tersebut.

Jika sudah, yuk kita lanjut pembahasan kita kali ini.

1. Menganggap pengunjung blog akan datang dengan sendirinya

Ini adalah salah satu penyebab kenapa banyak banget blog baru yang berguguran.

Karena banyak blogger baru yang menyangka bahwa cukup dengan mengupdate artike original secara rutin, maka suatu saat pengunjung akan datang dengan sendirinya.

Padahal, bersamaan dengan mereka mempublikasikan artikel, ada ratusan bahkan mungkin jutaan artikel yang sama di publikasikan di internet.

Jadi, kalau kita hanya mengandalkan update artikel saja, apakah mungkin masih ada peluang kita untuk mendapatkan pengunjung?

Tidak tentunya…

Karena di luar sana banyak sekali artikel-artikel yang kualitasnya jauh di atas artikel yang baru kita buat.

Jadi tidak cukup dengan mengandalkan update artikel saja secara rutin saja untuk bisa mendatangkan banyak pengunjung  ke blog kita.

Lalu apa yang harus di lakukan?

blogging

Jawabnya adalah.

Promosi, promosi dan promosi.

Tidak ada cara lain, jika kita ingin mendapatkan limpahan pengunjung, maka kita harus mempromosikan blog maupun artikel yang kita buat.

Tidak harus dengan cara berbayar, karena promosi dengan cara gratispun masih ampuh jika kita lakukan dengan konsisten, seperti :

  • Promo Di Group Facebook

Ada banyak sekali group di facebook yang masih berhubungan dengan topik blog yang sedang kita bahas, kita bisa mencarinya langsung di pencarian facebook dengan mengetikkan topik group yang masih berhubungan dengan topik blog kita.

groupfb

Sobat perhatikan gambar di atas merupakan salah satu group dengan kata kunci bisnis online.

Ada banyak kan?

Di situ kita bisa manfaatkan untuk mempromosikan artikel kita. namun tentunya dengan aturan yang sesuai dengan yang di tetapkan oleh pihak pengelola group tersebut, agar kita tidak di anggap melakukan spamming.

  • Promo Di Komunitas Google+

Selain di facebook, di google+ juga ada banyak sekali komunitas-komunitas yang bisa gunakan untuk sarana promosi blog kita.

Bahkan di google+ memiliki nilai lebih di bandingkan social media lain, karena domain utamanya adalam google.com.

Jadi traffik yang kita dapat dari komunitas di google+ juga masih di hitung traffik dari google.

  • Promo di forum-forum besar

Hampir semua website besar indonesia seperti kompas.com, viva.co.id . okezone.com kaskus.co.id memilik forum tersendiri untuk membernya.

Nah tentunya ini juga bisa kita manfaatkan untuk saran promosi.

Yang terpenting harus selalu kita jaga etika kita dalam berpomosi dan jangan melakukan tindakan yang berlebihan, karena itu akan merusak reputasi kita sendiri.

  • Promo dengan cara menjadi penulis tamu

Cara yang ke empat ini sangat saya rekomendasikan, karena selain kita mendapatkan traffik, kita juga akan mendapatkan backlink berkualitas.

Karena hampir semua pemilik blog yang menerima penulis tamu mengizinkan untuk menaruh link ke blog kita, selama link tersebut masih relevan dengan artikel yang kita buat dan kita kirimkan ke blog mereka.

Seperti menjadi penulis tamu di blog klikmania ini.

2. Menganggap SEO Itu Segala – Galanya

Sahabat, SEO itu penting.

Tapi SEO bukanlah segala-galanya untuk menjadikan blog kita populer.

Kenapa?

Karena kita mau jadi blogger, bukannya mau jadi ahli SEO.

Tidak semua ilmu SEO kita perlukan untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung di blog, yang kita perlukan hanyalah bagaimana cara penulisan artikel yang bisa di senangi oleh search engine.

Udah itu aja koq.

Selebihnya, tidak perlu kita buang-buang waktu untuk mempelajari SEO, karena sekali lagi saya tegaskan kita bukan mau jadi ahli SEO melainkan menjadi blogger.

Ia kan?

Justru yang lebih penting adalah bagaimana cara kita membuat tulisan yang bisa memikat pengunjung dan menarik perhatian pembaca.

Karena saat ini alogaritma SEO sudah lebih modern, dimana kepuasan pengunjung akan artikel yang kita buat menjadi tolak ukur bekualitas atu tidaknya suatu artikel tersebut.

Simplenya : Kepuasan pembaca = Peringkat bagus di search engine

Untuk panduan menulis artike sobat bisa baca : Cara Menjadi Penulis Hebat Yang Mampu Menulis Di Berbagai Bidang.

3. Malas Membaca

Membaca dan menulis adalah dua hal yang tak terpisahkan.

Kalau kita mau menjadi penulis yang hebat, maka mau tidak mau kita harus rajin membaca sebagai sumber pengetahuan dan inspirasi kita.

Dengan membaca juga secara tidak langsung otak kita akan merekam kosa kata yang kita baca, sehingga lambat laun kemampauan menulis kita akan makin terasah dengan senidrinya.

Untuk itu jangan pernah malas membaca, terutama yang berhubungan dengan topik blog yang akan kita bahas.

Karena jika kita malas membaca, itu berarti kita tidak mau menjadi orang sukes di dunia blogging.

Karena hanya dengan membacalah, kita bisa menyerap ilmu dan pengalaman dari para blogger-blogger yang sudah sukses dan membuktikan diri bahwa menghasilkan uang dari blog itu bukanlah hal yang mustahil.

4. Tidak Tekun Dan Sabar

Tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini.

Semua butuh proses.

Seperti layaknya anak sekolah di mulai dari Tk, SD, SMP barulah kemudian SMA.

Tidak mungkinkan setelah lulus dari Tk, mereka langsung masuk SMA, apa yang bakal terjadi coba?

Begitu juga di dalam dunia blogging, tidak mungkin kita bisa meraih kesuksesan dalam waktu yang cepat, apalagi jika kita memulainya dari NOL besar.

Tentu butuh kesabaran dan ketekunan yang tinggi.

Bahakan blogger-blogger populer seperti Mas Sugeng dan Eka Lesmana saja butuh waktu hingga 3 tahun sebelum akhirnya mereka bisa sukses making money from blogging.

Jadi dari awal kita ngeblog, harus kita tanamkan pada diri kita bahwa ngeblog itu perlu kesabara dan ketekunan.

Sehingga, jika nanti kita mengalami sedikit masalah di tengah jalan, kita tidak akan mudah menyerah pada keadaan dan mau belajar untuk mencari solusinya.

Demikianlah beberapa sebab kenapa banyak blog yang mati perlahan bahkan sebelum blog tersebut berkembang, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.



Loading...

Baca selengkapnya

Seorang yang suka belajar hal-hal baru terutama tentang blogging dan internet marketing

Artikel terkait

8 Comments

  1. wah!! sangat menginspirasi sekali, artikel ini secara tidak sengaja membangun kembali semangat saya untuk terus fokus ngeblok lagi…

  2. siip, sedikit demi sedikit membaca, memahami kemudian di praktekkan. membaca kemudian menulis…

  3. Sangat membantu mas artikelnya, semoga jaya terus blog nya..
    saya lagi belajar mas, pengen bisa seperti master master blog, he….
    kl ada waktu luang bisa mampir mas, perlu koreksi banyak ini..

    ()

  4. Wah mantap sekali tulisan nya mas Tresna. Cukup mencerahkan saya sebagai blogger pemula yang ingin sukses dari seni tulis menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *