LG X Power review

LG X Power Review Desain, Performa, dan Kualitas Kameranya

LG X Power Review – Ada rencana ganti atau beli smartphone baru bulan depan ?. Sambil nunggu gaji turun, gak ada salahnya sekarang kamu mulai cari informasi tentang smartphone branded terbaru.

Untuk membantu kamu mendapatkan informasi tersebut. Kali ini Klik Mania akan menyajikan review produk smartphone terbaru dari LG.

Jika kamu menyelesaikan membaca seluruh postingan ini hingga selesai, kamu akan mengetahui bagaimana bentuk desain, performa, dan kualitas kamera dari LG X Power.

Tidak hanya itu, kamu juga akan kami ajak mengetahui beberapa pilihan smartphone LG X series lainnya, lengkap dengan foto produk serta tabel spesifikasinya. Jadi pastikan kamu dalam posisi santai dan silahkan lanjutkan membaca.

Rumor Peluncuran Smartphone LG X Power di Indonesia

Ponsel pintar produksi vendor asal Korea Selatan LG X Power, sudah tersedia lebih dulu untuk gadget holic di Amerika Serikat. LG, memasarkan LG X Power di Amerika serikat dengan menggandeng salah satu operator yang bernama Boost Mobile, dan memasarkan produk ini dengan harga USD 150 atau sekitar Rp2 Juta.

Sementara rumor peluncuran LG X Power untuk pasar Indonesia sudah terdengar santer sejak Selasa (27/09/2016). Berdasarkan beberapa informasi yang berhasil dihimpun oleh Klik Mania, LG X Power rencananya secara resmi akan diluncurkan ke Indonesia bulan depan, tepatnya pada bulan Oktober 2016.

Dalam keterangan resmi yang diterima Klik Mania, Selasa (27/9/2016), Head of LG Mobile Communications untuk Indonesia, Hee Gyun mengatakan, “Baterai besar dengan kemampuan pengisian ulang cepat (fast charging).”

“LG X Power dapat jadi pilihan bagi mereka yang sering mengalami rasa khawatir kehabisan baterai di tengah aktivitasnya,” tambah Hee.

Loading...

Lantas seberapa besar kapasitas baterai LG X Power, bagaimana desain dan performanya, dan seperti apa kualitas kameranya ? Berapa harganya ?

Hee menjelaskan “informasi mengenai spesifikasi LG X Power dan berapa tingkat harga untuk pasar Indonesia, akan diumumkan saat peluncurannya nanti.”

Namun menurut informasi yang ada, LG X Power sepertinya akan didukung dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan versi yang sudah dipasarkan di beberapa negera lain lebih dulu. Silahkan baca secara lengkap LG X Power Review Indonesia di bawah ini.

LG X Power Review Indonesia

Review Desain LG X Power

LG X Power dirancang dengan konsep desain yang tidak jauh berbeda dengan smartphone-smartpone lainnya. LG menggunakan konsep disain yang lebih mengutamakan kekuatan fungsional.

Di bagian belakang, LG X menggunakan non removable cover (tidak dapat dilepas) berbahan plastik bertekstur, lensa kamera segi empat, serta sepeaker double slit. Entah sengaja atau tidak disengaja, desain body belakang LG X Power ini, mengingatkan saya pada Galaxy S i9000. Tekstur atau pattern cover LG X Power, juga mengusung konsep yang sejalan dengan Samsung Z2 Tizen.

Meski tidak ada yang spesial. Namun secara fungsi, tekstur ini terbukti dapat membuat smartphone LG X Power begitu nyaman dalam genggaman. Meski menggunakan satu tangan sekalipun. Anti slip, tidak lincin, sehingga tidak mudah terlepas, tergelincir, kemudian jatuh dari genggaman kamu.

Di bagian depan, LG X Power sangat mirip dengan LG G5, G3 dan G4. Bentang layar seluas 5,3 inci, membuat LG X Power tetap nyaman untuk dioperasikan atau diakses dengan satu tangan, sama seperti pendahulunya.

Tidak jauh berbeda dengan sebagian besar smartphone saat ini, kamu dapat melihat lubang suara di bagian atas, dan Logo LG yang cukup besar di layar depan bagian bawah.

Tombol navigasi menu, home, dan back menyatu pada layar. Metode ini dimanfaatkan oleh LG untuk membuat ponsel pintar LG X Power dapat menggunakan baterai berkapasitas lebih besar.

Sementara tombol fisik yang berfungsi sebagai pengatur volume diletakan di sisi kiri di atas slot simcard, tombol ON/OFF diletakan di sisi kanan body. Di sisi bagian atas kamu dapat menemukan port headset, sementara port usb ditempatkan di sisi bagian bawah body.

Review Performa LG X Power

Berdasarkan rumor yang beredar, LG X Power untuk pasar Indonesia akan ditenagai dengan prosesor quad-core berkecepatan 1,3 GHz dengan paduan RAM 2 GB. OS Android terbaru Marshmallow, serta baterai berkapastias 4100 mAh.

Spesifikasi ini tidak jauh berbeda dengan LG X Power yang sudah lebih dulu diluncurkan ke pasar di beberapa negara.

Untuk model yang diluncurkan di Pasar Internasional, LG X Power dibekali dengan prosesor MediaTek’s MT6735 dengan empat core Cortex A53.

Sementara khusus untuk pasar Amerika bagian Utara, LG X Power dibekali dengan prosesor Qualcomm’s Snapdragon 212 dengan empat core Cortex A7.

Meski berbeda seri chipset, namun dari segi clock speed kedua prosesor ini sama yaitu 1,3 GHz.

Berdasarkan uji coba langsung menggunakan beberapa alat tes benchmark yang sudah dilakukan oleh Anandtech, salah satunya adalah menggunakan PCmark. LG X Power yang dijual untuk pasar Amerika bagian utara, hasilnya cukup mengejutkan.

Meski tidak menjadi yang terendah saat di uji pada bagian kinerja pemutaran video, pengeditan foto, dan writing. Namun berdasarkan hasil benchmark PCmark, kinerja LG X Power yang diluncurkan di pasar Amerika Utara, lebih lambat dibandingkan ke-tujuh kompetitornya.

Berikut hasil benchmark LG X Power menggunakan PCmark :

pcmark-webrowsing-lg-x-power

pcmark-video-playback-lg-x-power

pcmark-writing-lg-x-power

pcmark-photo-editing-lg-x-power

pcmark-work-performanc-overall-lg-x-power

Sementara untuk uji kinerja web yang dilakukan dengan menggunakan 3 alat web benchmark berbeda, hasilnya pun cukup mengejutkan.

Berikut hasil tes LG X Power berdasarkan 3 alat web benchmark berbeda :

kraken-1-1

webxprt-2015

jetstream-1-1

Dari hasil di atas dapat diketahui bahwa, kinerja web browser pada LG X Power untuk pasar Amerika Utara tidak mendapatkan skor yang cukup dalam menandingi 9 smartphone yang menjadi kompetitor nya.

Bagaimana dengan daya tahan baterai LG X Power ?

Sebelumnya kamu sudah mengetahui bahwa LG X Power dipastikan akan didukung dengan baterai berkapasitas besar.

Baterai LG X Power menggunakan jenis baterai non removable Li-ion berpakpasitas 4100 mAh.

Berdasarkan hasil uji tes baterai yang dikaitkan juga dengan tes performa menggunakan PCMark, LG Power X memiliki daya tahan lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya.

Baterai LG Power X memiliki daya tahan selama 13 jam 57 detik. Sementara saat digunakan sembari melakukan browsing menggunakan jaringan WiFi, LG X Power juga tetap dapat bertahan lebih lama dibandingkan smartphone lainnya. Lihat gambar :

tes-baterai-lg-x-power-pcmark

uji-daya-tahan-baterai-lg-x-power-menggunakan-pcmark

Review Kamera LG X Power

Smartphone LG X Power dibekali dengan dual kamera. Untuk kebutuhan selfie ataupun video call, LG X Power dibekali dengan kamera berkualitas dengan resolusi 5 MP.

Sementara kamera utama LG X Power berkualitas 13 MP. Kamera utama LG X Power, dipastikan tidak hanya mampu digunakan untuk membidik dengan hasil gambar yang berkualitas, tapi juga dapat merekam momen terbaik menjadi sebuah video yang mengesankan.

Berikut salah salah dua foto hasil bidikan kamera LG X Power yang sudah lebih dulu dipasarkan di Amerika Serikat :

Hasil foto luar ruangan kamera belakang LG X Power di siang hari :

LG X Power review
Foto : AnandTech

Hasil foto luar ruangan kamera belakang LG X Power di malam hari :

hasil-foto-kamera-lg-x-power-malam-hari
Foto : AnandTech

Sumber via [AnandTech]

Review Pilihan Warna LG X Power

Belum dapat dipastikan apakah konsumen Indonesia akan mendapatkan lebih banyak pilihan warna LG X Power. Untuk pasar internasional sendiri LG hanya menyediakan LG X Power dalam 3 pilihan warna saja yaitu :

  1. LG X Power Hitam
  2. LG X Power Putih
  3. LG X Power Gold

Foto Produk dan Tabel Spesifikasi LG X Power

Foto : LikeAgain via Googleimage
Foto : LikeAgain via Googleimage
Detail SpesifikasiLG X Power
ProsesorMediaTek MT6735, 4x 1.3GHz Cortex A53 + Mali-T720 (internasional), Snapdragon 212, 4x 1.3GHz Cortex A7 + Adreno 304 (Amerika Utara)
Dimensi148.9 x 74.9 x 7.9mm
Bobot139g
Layar5.3″ 1280×720 IPS LCD
OSAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)
RAM2GB LPDDR3 & 1.5GB LPDDR3
ROM16 GB + MicroSD
BateraiNon Removable Li-ion 4100 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
ProsesorQuad-core 1.5 GHz Cortex-A7
WarnaPuti, Hitam
SIMDual SIM (Nano SIM) & Single SIM (Nano SIM)
Kamera13 MP, f/2.2, 5 MP, f/2.4, 1080p (Amerika Utara kamera depan 8MP)
Harga$159 USD di Cricket Wireless

LG X CAM dan LG X Screen Review

Sementara seperti dilansir Republika.co.id pada Sabtu (23/07/2016), Duo LX series sudah diperkenalkan lebih dulu ke konsumen Indonesia. Kedua seri X tersebut adalah LG X Cam dan LG X screen.

LG X Cam disajikan dengan warna perak, sementara LG X screen datang dengan warna hitam. LG X Cam memiliki kamera utama beresolusi 13 MP dibagian belakang.

Menariknya, kamera utama LG X Cam diklaim memiliki kemampuan menangkap gambar dan video dalam bentang tangkap 120 derajat. Mirip dengan pandangan mata manusia pada umumnya yang juga memiliki bentang tangkap 120 sampai 124 derajat.

Kamera LG X Cam dapat dengan mudah digunakan untuk keperluan mengambil foto lankskap, atau latar belakang dengan gedung tinggi, maupun foto bersama dalam grup besar.  Di bagian depan LG X Cam dilengkapi dengan kamera berkualitas dengan resolusi 8 MP, untuk keperluan selfie ataupun video call.

Sementara LG X Screen menawarkan hal yang berbeda dari LG X Cam. LG X Screen ini memiliki dua layar yang disusun secara berlapis.

Layar utama LG X Screen seluas 4,93 inci High Definition. Sementara layar sekunder kedua yang diletakan di atas layar utama LG X Screen memiliki bentang seluas 1,76 inci.

Layar sekunder bekerja sebagai layar kedua yang dapat menghemat pemakaian baterai. Ketika layar utama tidak aktif, layar sekunter tetap akan menyala untuk dapat menampilkan ragam informasi seperti pengaktifan WiFi, menerima notifikasi, melakukan perubahan profil, atau bahkan memutar musik.

Dan ini membuat anda dapat menggunakan layar utama untuk keperluan yang lebih seru. Misalnya untuk bermain game. Anda tidak akan terganggu oleh notifikasi yang akan menutupi layar. Karena, notifikasi hanya akan ditampilkan di layar sekunder.

Tabel Perbandingan Spesifikasi LG X Power dengan LG X cam

Foto : Stuff via Googleimage
Foto : Stuff via Googleimage
Detail SpesifikasiLG X PowerLG X Cam
ProsesorQuad-core 1.3 GHz Cortex-A53Octa-core 1.14 GHz Cortex-A53
Dimensi148.9 x 74.9 x 7.9mm147.5 x 73.6 x 6.9 mm
Bobot139g118g
Dimensi Layar5.3″ 1280×720 IPS LCD5.2″ 1080×1920 IPS LCD
OSAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
RAM2GB2GB
ROM16 GB + MicroSD16 GB + MicroSD
BateraiNon Removable Li-ion 4100 mAhNon Removable Li-ion 2500 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DPWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Pilihan WarnaPutih, Hitam, GoldTitan Silver, Putih, Gold, Pink Gold
SIMDual SIM (Nano SIM) & Single SIM (Nano SIM)Dual SIM (Nano SIM) & Single SIM (Nano SIM)
Kamera13 MP, f/2.2, 5 MP, f/2.4, 1080p (Amerika Utara kamera depan 8MP)13 MP, f/2.2, & 8 MP, f/2.4, 1080p

Tabel Perbandingan LG X Power dengan LG X Screen

Foto : LG
Foto : LG
Detail SpesifikasiLG X PowerLG X Screen
ProsesorQuad-core 1.3 GHz Cortex-A53Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Dimensi148.9 x 74.9 x 7.9mm142.6 x 71.8 x 7.1 mm
Bobot139g120 g
Dimensi Layar5.3″ 1280×720 IPS LCD4.93″ 1080×1920 IPS LCD
OSAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
RAM2GB2GB
ROM16 GB + MicroSD16 GB + MicroSD
BateraiNon Removable Li-ion 4100 mAhNon-removable Li-Po 2300 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DPWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Pilihan WarnaPutih, Hitam, GoldHitam, Putih, Pink Gold
SIMDual SIM (Nano SIM) & Single SIM (Nano SIM)Dual SIM (Nano SIM) & Single SIM (Nano SIM)
Kamera13 MP, f/2.2, 5 MP, f/2.4, 1080p (Amerika Utara kamera depan 8MP)13 MP, f/2.2, & 8 MP, f/2.4, 1080p

 Pro LG X Power

  • Desain simple fungsional
  • Baterai tahan lama
  • ROM cukup luas
  • Quick charging

Kontra LG X Power

  • Belum dilengkapi dengan fitur anti air
  • Rumor harga masih terlalu mahal untuk menjajal segmen menengah
  • Belum dilengkapi dengan sensor sidik jari
  • Tidak didukung dengan NFC

Penutup

LG memang merupakan salah satu brand cukup ternama untuk beberapa perangkat elektronik di Indonesia. Namun dalam segmen pemasaran smartphone, berdasarkan review pada LG X Power yang telah dipasarkan lebih dulu di pasar Internasional, khususnya Amerika Serikat. Sepertinya LG akan mengalami sedikit tantangan cukup ketat untuk bersaing dalam penjualan ponsel pintar kelas menengah di pasar Indonesia.

Namun jika pada Oktober mendatang, LG menyajikan LG X Power dengan spesifikasi yang berbeda dengan yang sudah dipasarkan sebelumnya, dan melengkapi beberapa fitur tambahan seperti : fitur finger print, fitur anti air, serta fitur-fitur fotografi tambahan pada dua kamera utamanya, maka bukan tidak mungkin LG akan lebih mudah untuk mendapatkan perhatian para gadget hollic segmen middle end, yang ada di tanah air.

Nah, bagi kamu yang berencana membeli sebuah smartphone baru branded setelah gaji anda turun bulan depan, saya berharap informasi mengenai review LG X Power beserta dua LG X series ini bisa dijadikan sebagai referensi tambahan.

Setidaknya kamu saat ini dapat memperkirakan bagaimana, sekilas mengenai salah satu smartphone baru branded yang sudah diproduksi LG lebih dulu yang dipasarkan di pasar internasional, khususnya di Amerika Serikat.

Dan ketika LG benar-benar melepas LG X Pro di pasar Indonesia bulan depan, maka kamu sudah memiliki referensi yang bisa digunakan sebagai pembanding. Sehingga ini akan memudahkan kamu dalam mengambil keputusan membeli yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Referensi lain :

Terakhir, jika setelah membaca artikel ini kamu merasa mendapatkan informasi penting, jangan lupa juga bantu yang lainnya yang ada di dunia ini, untuk mengetahui LG X Power review, desain, performa dan kualtias kameranya, dengan cara menekan tombol share yang ada di bawah postingan ini.

Sementara untuk pertanyaan mengenai LG X Power review, kamu bisa menyampaikannya langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini. Salam teknologi.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *