Spesifikasi Meizu 16 Render

Meizu 16 Usung Snapdragon 845 Dan Teknologi Vapor Chamber Cooling System!

Harga dan Spesifikasi Meizu 16 – Tak henti-hentinya para pembuat Smartphone meluncurkan Smartphone terbaru mereka setiap tahunnya.

Di mulai dari kelas Low end sampai Entry Level, Namun yang paling sering menjadi pusat perhatian adalah seri High End atau Kelas Flagship mereka.

Pada bulan April yang lalu Meizu baru saja meluncurkan Smartphone Flagship mereka yaitu Meizu 15.
Meizu 15 sendiri memiliki 3 varian yaitu Meizu 15, Meizu 15 Plus dan Lite version yang tentunya masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda.

Seri yang tertinggi yaitu Meizu 15 Plus dipersenjatai dengan Chipset/SoC dari Exynos yaitu Exynos 8895 Octa. Exynos 8895 memiliki Octa-core (4×2.5 GHz Mongoose M2 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) yang dikolaborasikan dengan Mali-G71 MP20.

Namun untuk Smartphone Flagship terbaru Meizu kali ini akan langsung menggunakan SoC kelas tertinggi yang sudah tidak asing lagi yaitu Qualcomm Snapdragon 845.

Qualcomm Snapdragon 845 adalah SoC yang memiliki fitur lengkap serta performa yang bukan main. Semenjak SoC tersebut diluncurkan hampir semua Smartphone kelas Flagship pasti menggunakan Snapdragon 845.
Hal itu wajar saja karena memang SoC tersebut adalah SoC tertinggi tahun ini dan performanya pun sudah tidak perlu diragukan lagi.

Seperti tradisi Meizu sebelumnya, Meizu 16 pun akan memiliki 2 varian yaitu Meizu 16 dan Meizu 16 Plus.
Keduanya mempunyai Spesifikasi yang berbeda dengan Meizu 16 Plus yang kabarnya akan menggunakan teknologi Vapor Chamber Cooling System.

Penasaran seperti apa detailnya?

Loading...

Detail Meizu 16 Dan Meizu 16 Plus

Meizu 16 Dan Meizu 16 Plus
Source: Qualcomm

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Meizu 16 akan mempunyai dua varian yang masing-masing mempunyai Spesifikasi yang berbeda.

Meizu 16 adik dari Meizu 16 Plus kabarnya akan menggunakan SoC irit daya namun memiliki performa yang cukup tinggi yaitu Qualcomm Snapdragon 710.

Snapdragon 710 adalah SoC Octa Core yang menggunakan 8x Qualcomm® Kryo™ 360 CPU berkecepatan Up to 2.2GHz dan Qualcomm Adreno 616 GPU serta memiliki fitur lainya seperti Qualcomm Spectra™ 250 ISP dan Quick Charge 4.0

Pasti kamu sudah mengira dan kamu memang benar, Meizu 16 Plus lah yang akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 845.

Meizu 16 dan Plus version akan memiliki ukuran layar yang selebar 84% to body ratio dengan 18:9 aspect ratio. Sangat aneh mengingat trend bezelless Smartphone yang sedang marak sekarang ini.

Namun tidak semua individual menyuai konsep Bezelless Screen. Meskipun begitu Smartphone tersebut tidak akan memiliki Notch seperti gambar di bawah ini.

Meizu 16
Source: Gsmarena

Kamera Selfie terletak di bagian atas kanan sedangkan kamera utama akan terletak di bagian belakang sebelah tengah bukan di pojok kanan karena terjadi perubahan desain. Sayangnya belum ada info mengenai ukuran sensor dan megapixel yang digunakan untuk kameranya.

Dari gambar tersebut tampak bahwa Meizu 16 sepertinya tidak akan memiliki Fingerprint Scanner namun jangan salah sangka dulu.

Meizu mengimplementasikan teknologi Inscreen Fingerprint Scanner, Jadi Fingerprint Scanner tertanam di bagian dalam layar.

Source: Gsmarena

Berbicara tentang layar, Sampai sekarang juga masih belum ada kabar mengenai jenis dan ukuran layar tersebut. Namun karena Smartphone ini adalah kelas Flagship kamu bisa expect bahwa Meizu 16 kemungkinan akan menggunakan Super Amoled atau LTPS Screen.

Meizu 16 juga memiliki Mback button di bagian belakang yang bisa kamu gunakan untuk berbagai fungsi.

Source:Meizu

Ok karena belum adanya kabar juga mengenai spesifikasi yang lain seperti RAM dan Storage maka lebih baik kita membahas yang sudah jelas saja yaitu Vapor Chamber.

Apa itu Vapor Chamber?

Source: Cooler Master

Berbeda dengan Meizu 16 yang menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 710 yang irit daya. Meizu 16 Plus menggunakan Snapdragon 845 yang juga termasuk irit daya namun memiliki perfoma yang jauh lebih tinggi dari Snapdragon 710.

Hukum dalam Ilmu Elektronika itu adalah komponen yang mempunyai performa tinggi pasti lebih cenderung membutuhkan daya yang lebih banyak. Oleh karena itu thermal atau panas yang dihasilkan pasti akan cenderung lebih tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini Meizu memutuskan untuk menggunakan teknologi Vapor Chamber Cooling System. Namun apa sih sebenarnya Vapor Chamber itu?

Cooling System umumnya membutuhkan penghantar panas (Konduktor) dan yang paling efektif adalah Copper/tembaga. Namun karena tembaga itu sangat baik dalam menghantarkan panas, Mereka cenderung untuk lebih cepat mencapai suhu maksimal/lebih cepat panas.

Maka dari itu lahirlah Liquid Cooling, Senyawa seperti Air membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu maksimal namun sangat baik dalam menghantarkan thermal/energi/panas.

Sebagai contoh jika kedua Elemen tersebut dipanaskan dengan suhu 80 derajat Celcius maka Tembaga akan lebih cepat panas dibandingkan air.

Namun air saja tidak cukup, Semenjak Liquid Cooling di temukan para ilmuan mulai menciptakan alternatif lain yaitu sejenis Liquid Coolant yang lebih efektif daripada Air.

Namun untuk mengimplementasikan teknologi Liquid Cooling pada komponen kecil seperti komputer atau smartphone sangat amat tidak mungkin pada waktu itu.

Oleh karena itu muncul solusi lain yang menggabungkan Liquid Cooling dengan Cooper Heatpipes dan lahirlah solusi baru yang disebut dengan Vapor Chamber.

Cara Kerja Vapor Chamber

Vapor Chamber menggabungkan kedua teknologi tersebut dengan mengisi Heatpipes dengan Cairan Cooling khusus.

Source: Celsiainc

Cara kerjanya adalah Liquid/cairan tersebut akan berubah menjadi gas saat dipanaskan dan gas tersebut akan menyebar sampai ke titik tertentu (Condenser) dan akan kembali menjadi cairan begitu juga seterusnya. Hal tersebut menjadikan potensi pendinginan menjadi lebih efektif dan efisien.

Hasilnya suhu komponen yang menggunakan Vapor Chamber akan jauh lebih dingin dibandingkan yang masih menggunakan Traditional Heatpipes.

Vapor Chamber sudah banyak di implementasikan untuk berbagai produk seperti Pendingin Processor, Kartu Grafis dan lain-lain

Dengan Vapor Chamber pada Meizu 16 Plus tentunya kamu tidak perlu khawatir terhadap suhu panas Smartphone tersebut nantinya. Karena Vapor Chamber akan menjaga temperature Smartphone tersebut dengan sangat baik, Tidak ada lagi Smartphone hangat hehe.

Namun seperti pada umumnya Vapor Chamber tentunya memiliki Kekurangan dan Kelebihan.
Kelebihanya Vapor Chamber lebih ringan dari pada Heatpipes biasa dan komponen yang didinginkan akan jauh lebih optimal.

Namun Vapor Chamber lebih mahal untuk diproduksi dikarenakan prosesnya yang lebih rumit dibandingkan Heatpipes biasa.
Tapi anehnya Meizu 16 dan Meizu 16 Plus dibandrol dengan harga yang cukup murah.

Varian dan Harga Meizu 16/Plus

Meskipun belum ada kabar resmi mengenai harga dan varian Smartphone tersebut, Beberapa situs seperti GSMARENA telah memberikan estimasi harga nya.

Kabarnya Smartphone tersebut akan dibandrol dengan harga $617 atau sekitar 8.6 Juta Rupiah. Namun itu hanya estimasi untuk salah satu Smartphone tersebut. Karena memiliki dua varian mereka belum mengetahui varian mana yang akan dibandrol dengan harga $617.

Namun mereka telah mengumpulkan informasi bahwa $617 adalah harga untuk varian Top Tier. Jadi jika memang benar maka Meizu 16 Plus akan menjadi Smartphone dengan harga yang sangat kompetitif.

Smartphone Meizu sudah banyak yang masuk ke Indonesia jadi kita tunggu saja kabar selanjutnya.



Loading...

Bagikan

Penulis

Averyzalia
Averyzalia
Penulis artikel bertema Tech, Personal Computer dan PC Gaming mulai dari level dasar hingga mendalam.
I am here to EDUCATE you.
Averyzalia

Penulis

Penulis artikel bertema Tech, Personal Computer dan PC Gaming mulai dari level dasar hingga mendalam. I am here to EDUCATE you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *