Bisnis Online

Begini Cara Mudah Memilih dan Membuat Kartu Kredit Perdana Anda

Setidaknya ada beberapa tahap atau langkah yang perlu diperhatikan dan dilakukan, agar anda dapat mengetahui bagaimana cara memilih dan membuat kartu kredit dengan baik dan benar.

Apalagi, jika ini adalah kali pertama anda dalam memiliki kartu hutang berbahan plastik populer ini. Nah, agar caranya lebih mudah, dan bank menyetujui, dan mau menerbitkan kartu kredit baru perdana anda, silahkan baca postingan ini hingga selesai.

Melalui postingan ini, anda diharapkan dapat mengetahui seperti apa membuat kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Anda juga dapat menentukan pilihan, apakah akan menerbitkan kartu kredit konvensional, atau kartu kredit syariah.

Tidak hanya itu, informasi persyaratan penerbitan kartu kredit baik untuk pegawai dan non pegawai, juga disajikan secara lengkap untuk anda. Beberapa tips rahasia dalam postingan ini, juga bisa anda jadikan panduan dalam memilih dan membuat kartu kredit pertama Anda.

Anda juga dapat mengetahui lebih dari 2 pilihan metode atau cara membuat credit card baik online maupun offline, secara gratis melalui postingan ini. Semua cara tersebut, nantinya akan membantu anda dapat memilih cara yang mana yang menurut anda paling mudah dan cepat untuk menerbitkan kartu hutang baru anda.

Referensi lain : Kartu Kredit Indonesia “Pengertian, Pilihan, & Mekanisme Pengajuan”

Pahami Diri Anda dan Kebutuhan Anda

Membuat Kartu Kredit

Dengan memahami diri anda, seperti apa dan seberapa besar kebutuhan anda, maka ini akan membuat anda nantinya mampu dan dapat menggunakan kartu kredit dengan tepat dan bijak.

Loading...

Anda akan terhindar dari permasalahan kartu kredit yang pelik, seperti terhindar dari mengalami tunggakan bunga-berbunga. Anda dapat melunasi tagihan kartu kredit selalu tepat waktu. Bahkan, BI Cheking anda meningkat.

Bank menyediakan kartu kredit dalam berbagai pilihan. Kadang beberapa nasabah pemula akan mengalami kebingungan karena banyaknya pilihan. Tapi sebenarhnya banyaknya pilihan kartu kredit tersebut, sebenarnya untuk mempermudah bank dan anda dalam menentukan kartu kredit yang mana yang benar-benar mewakili diri anda.

Traveler

Misalnya jika anda adalah seorang yang hobi traveling. Bank menyediakan kartu kredit khusus yang benar-benar dapat membantu anda memenuhi segala kebutuhan selama traveling dengan mudah. Kartu kredit untuk para traveling biasanya diterbitkan oleh bank yang memiliki jaringan yang luas baik di dalam maupun luar negeri.

Pemilik dan Pengelola UKM

Khusus pendiri dan pengelola UKM, saat ini ada banyak bank yang memungkinkan setiap pendiri dan pengelola UKM untuk dapat membuat kartu kredit khusus UKM.

Ibu Rumah Tangga

Berkat kerjasama dengan beberapa perusahaan yang dilakukan bank, kini ibu rumah tangga pun tetap bisa menerbitkan kartu kredit. Kartu kredit khusus ibu rumah tangga dapat digunakan oleh para ibu rumah tangga dalam memenuhi semua kebutuhan rumah tangga mereka.

Mahasiswa

Mahasiswa ? sebenarnya pihak bank hanya menyediakan kartu kredit bagi mereka yang benar-benar memiliki penghasilan bulanan yang tetap dengan batas yang sudah ditentukan.

Namun sekarang Mahasiswa juga banyak yang sudah memiliki pekerjaan sampingan, dan hasilnya lumayan.

Meski membuat kartu kredit khusus mahasiswa bukalah hal yang mudah, bukan berarti mereka tidak bisa memilikinya. Anda sebagai mahasiswa, dapat membuat kartu kredit dengan mengikuti program member get member.

Nah dengan memahami diri anda dengan baik, ini akan mempermudah anda menentukan berapa limit kartu kredit yang tepat yang paling anda butuhkan. Usahakan jangan meminta kartu dengan limit yang tidak sesuai dengan diri anda dan kebutuhan anda.

Meski mungkin saja diterbitkan oleh pihak bank, namun limit yang tinggi, biasanya cinderung membuat anda terlena, dan lebih konsumtif.

Referensi lain : Tips Memilih Kartu Kredit Yang Pas Sesuai Kebutuhan

Kartu Kredit Konvensional & Syariah

Seperti yang kita ketahui di Indonesia sendiri ada dua jenis bank, yaitu bank konvensional dan bank syari’ah. Kadua bank tersebut sama-sama dapat menerbitkan kartu kredit untuk semua nasabahnya, atau konsumen non nasabah.

Meski sama-sama dapat menerbitkan kartu kredit, namun faktanya kartu kredit dari dua jenis bank tersebut berebeda. Baik dari prosedur penerbitan, prosedur penagihan, dan masih banyak lagi perbedaannya. Anda dapat memiliki kebebasan apakah akan membuat kartu kredit konvensional atau kartu kredit berbasis syari’ah.

Kartu kredit konvensional :

  • Ada bunga
  • Bunga penarikan tunai melalui atm lebih tinggi dari bunga kartu kredit anda
  • Bunga berbunga
  • Promo
  • Diskon
  • Cashback
  • Point reward

Kartu kredit syariah :

  • Tidak ada bunga
  • Biaya administrasi dari merchant partner lebih murah
  • Juga bisa dipakai di seluruh dunia
  • Biaya denda dialihkan ke sektor sosial
  • Halal

Mengetahui Persyaratan Utama Pembuatan Kartu kredit

Banyak beberapa diantara mereka yang mengalami kesulitan ketika mengajukan permohonan kartu kredit pertama kali. Bahkan, sudah antri lama, namun akhirnya permohonan kartu kredit mereka tidak disetujui oleh pihak bank.

Bank menyediakan kartu kredit tidak untuk semua nasabah, tapi semua nasabah yang sesuai dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh bank bisa membuat kartu kredit.

Jika ini adalah pengalaman atau rencana pertama yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Maka sangat penting bagi anda mengetahui bagaimana persyaratan yang dibutuhkan pihak bank, yang harus anda penuhi, agar kartu hutang pertama anda dapat diterbitkan.

Formulir Permohonan Aplikasi

Mengisi formulir pengajuan atau permohonan aplikasi kartu kredit anda. Anda bisa mendapatkannya melalui bank penerbit yang sudah anda pilih, atau mengunduhnya melalui situs resmi bank penerbit yang anda pilih.

Identitas Diri

Ini adalah persyaratan utama yang perlu anda lengkapi ketika ingin mengajukan penerbitan kartu kredit. Pastikan anda membawa fotocopy identitas diri asli. Bisa menggunakan KTP, SIM atau bahkan paspor.

Copy Slip Gaji

Copy slip gaji adalah persyaratan kedua yang dibutuhkan oleh pihak bank. Untuk dapat mengajukan kartu kredit minimal gaji anda perbulan sudah mencapai 3 juta rupiah, atau sekitar 36 juta pertahun.

NPWP

Copy NPWP juga perlu diserahkan kepada bank, untuk mempermudah persetujuan penerbitan kartu kredit anda.

Copy Buku Tabungan 3 Bulan Terakhir

Ini adalah salah satu dokumen pengganti dari slip gaji. Persyaratan ini diperuntukan bagi para wiraswasta ataupun profesional.

Copy SIUP/TDP/Akta Pendirian

Berkas fotokopi SIUP / TDP / Akta pendirian, juga dibutuhkan oleh pihak bank, jika ternyata si pemohon merupakan wiraswasta atau wirausaha.

Minimal Sudah Berumur 21 Tahun

Khusus untuk pembuatan kartu kredit pertama maka batas minimal usia pemohon adalah 21 tahun dan batas maksimal usia adalah 65 tahun. Sementara untuk permohonan kartu tambahan maka batas usia minimal adalah 17 tahun.

PersyaratanKaryawanWirausahaProfesional
Formulir PermohonanVVV
USIAmin21 th maks 65 thmin21 th maks 65 thmin21 th maks 65 th
KTP/SIM/PASPORVVV
Copy Surat Izin ProfesiV
Copy Slip GajiV
NPWPVVV
Akte Pendirian, SIUP / TDPV
Copy Rekening TabunganVV
Minimal Penghasilan3juta/bulan3juta/bulan3juta/bulan

Menemukan Pilihan Penerbit Kartu Kredit Terbaik

Ambil waktu cukup lama di bagian atau tahap ini. Karena ini adalah tahap seleksi, dan anda jurinya. Ketika anda sudah mengetahui limit yang tepat untuk anda, sudah memastikan bahwa anda dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan oleh bank. Maka, anda dapat memiliki kelulasaan dalam menentukan pilihan bank penerbit.

Selain meminta rekomendasi keluarga atau rekan kerja, sebaiknya luangkan waktu anda untuk menggali informasi lebih lengkap melalui berbagai sumber. Misalnya melalui internet.

Nah berdasarkan mereka yang lebih dulu dan berpengalaman dalam menggunakan kartu kredit. Ada beberapa barometer yang bisa dijadikan acuan agar dapat memiliki kartu kredit terbaik. Diantaranya adalah :

Costumer Service

Penyedia atau penerbit kartu kredit terbaik selalu memiliki customer support yang berpengalaman dan selalu nice dalam menghandle semua permasalahan client atau nasabahnya.

Penyedia atau penerbit kartu kredit terbaik juga selalu membuka layanan suport, 24/7 dalam satu minggu. Ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan informasi atau bantuan dukungan kapan saja, dan dimana saja. Bahkan beberapa layanan dapat dihubungi dengan layanan bebas pulsa.

Jaringan

Penerbit kartu kredit dengan jaringan atau jangkauan yang luas memudahkan anda untuk melakukan transaksi dimanapun. Baik di dalam ataupun luar negeri. Bank yang memiliki jaringan yang luas, memungkinkan untuk menerbitkan kartu yang dapat diterima di seluruh dunia.

Penawaran bunga

Kartu kredit dengan bunga tinggi sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin menggunakan kartu kredit untuk belanja bulanan dan membayar berbagai tagihan bulanan seperti listrik, telepon, dan air yang nilainya relatif tetap dan pasti akan anda bayar lunas setiap bulannya, maka kartu kredit ini cocok bagi Anda, dengan catatan anda harus memastikan terlebih dahulu kepada pihak bank penerbit kartu kredit bahwa perhitungan bunga dilakukan setelah jatuh tempo pembayaran tagihan dan bukan sejak tanggal transaksi.

Kartu kredit bunga rendah sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin membayar tagihan kartu kredit dengan cara mencicil atau membayar jumlah minimum.

Jika anda dalam golongan kedua, maka selama melakukan seleksi usahakan pilih penerbit kartu yang menawarkan suku bunga di bawah 2,95 persen,yaitu sebesar 2,75 persen dan 2,85 persen. Lalu perhatikan juga apakah penerbit kartu kredit ini juga sudah bekerjsama dengan berbagai merchant yang memberi cicilan sampai 0 persen.

Besaran biaya iuran tahunan

Pihak bank penerbit, biasanya akan mengenakan biaya iuran wajib tahunan (annual fee) kepada setiap pemegang kartu kredit.

Setiap pengguna kartu kredit berpengalaman, selalu melakukan perbandingan besarnya biaya iuran yang dikenakan oleh masing-masing bank penerbit.

Ini dilakukan untuk mendapatkan memudahkan mereka mendapatkan kartu kredit dengan biaya iuran tahunan yang sesuai kemampuan mereka.

Bahkan jika menurut anda biaya iuran yang biasanya digunakan untuk perawatan, seharusnya ditanggung oleh pihak bank.

Maka sebaiknya anda memilih penerbit kartu kredit yang membebaskan anda dari kewajiban membayar biaya iuran tahunan seumur hidup.

Promo, Point Reward, Hingga Cash Back

Ini pertimbangan terakhir yang jangan sampai anda lewatkan ketika ingin menerbitkan kartu kredit pertama anda.

Ketahui dengan lengkap apakah bank penerbit kartu kredit yang akan anda pilih sudah bekerja sama dengan merchant-merchant favorit anda, yang sering manawarkan barang-barang yang anda butuhkan dengan harga diskon.

Jika ternyata bank penerbit sudah bekerja sama dengan merchant yang sering anda kunjungi, pastikan berapa banyak jumlahnya, semakin banyak semakin baik.

Pertimbangkan juga promo apa saja yang ditawarkan oleh pihak bank penerbit. Misalnya apakah ada promo fasilitas tambahan seperti credit shield, atau mendapatkan cash back sekian persen setiap melakukan pengisian bahan bakar, atau apakah anda akan selalu mendapatkan point reward setiap kali melakukan transaksi. Pertimbangkanlah semua hal penting tersebut.

Tingkat Keamanan

Untuk menghidari penyalahgunaan kartu kredit anda dari pihak yang tidak bertanggung jawab atau tangan-tangan usil. Sebaiknya anda memilih bank penerbit yang memberikan layanan keamanan yang lebih bagi anda.

Mulai dari proteksi yang berkaitan dengan panyalahgunaan data kartu kredit, hingga proteksi khusus berupa asuransi bagi pemilik kartu.

Cara Membuat Kartu Kredit

Dengan Cara Langsung Datang ke Bank

Ini adalah cara pertama yang bisa anda pilih untuk menerbitkan kartu perdana anda. Untuk mengajukan permohonan aplikasi kartu kredit dengan cara langsung datang ke bank penerbit yang anda pilih, anda akan melalui beberapa tahap diantaranya :

  1. Mengunjungi bank penerbit yang anda pilih dengan membawa seluruh dokumen persyaratan
  2. Mengisi form formulir permohonan aplikasi kartu kredit
  3.  Melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak bank
  4. Memberikan atau menyerahkan formulir permohonan yang sudah di isi ke bank penerbit yang sudah anda pilih
  5. Melewati tahapan verifikasi
  6. Menunggu keputusan
  7. Jika diterima atau disetujui, bank akan mengirimkan kartu kredit melalui jasa kurir yang telah ditentukan, dan anda bisa melanjutkan proses aktifasi kartu dan pembuatan pin baru untuk kartu kredit baru anda.
  8. Jika ditolak, anda dapat mengajukan permohonan aplikasi kembali pada bank penerbit yang sama, 6 bulan kemudian.

Lamanya proses pengajuan, mulai dari penyerahan form, verifikasi, proses cetak kartu, lalu proses pengiriman kartu, akan memakan waktu paling cepat 3 minggu, dan paling lambat sekitar 6 minggu 6 hari.

Sebagai catatan, pastikan anda mengisi form pengajuan dengan teliti dan benar. Lalu jangan lupa buat salinan copy untuk saudara yang tidak serumah.

Karena selama proses verifikasi, setelah pihak bank pusat memverifikasi anda kembali melalui saluran telepon, selanjutnya pihak bank akan memverfikasi saudara yang tidak serumah yang sudah anda cantumkan dalam form pengajuan tersebut.
Salinan copy tersebut membantu saudara tidak serumah dapat menjawab pertanyaan pihak analis.

Dengan Cara Melalui Internet (Online)

Ini adalah salah satu alternatif terbaik, praktis, cepat, dan hemat menurut pandangan saya. Ada dua cara yang bisa anda pilih untuk mengajukan permohonan aplikasi kartu kredit pertama anda.

1. Melalui website resmi bank penerbit kartu
2. Melalui website pihak kedua yang kredibel dan terpercaya
Jika anda kurang yakin, anda bisa langsung mengajukan permohonan aplikasi kredit secara langsung melalui website resmi bank penerbit. Caranya, kunjungi situs resmi bank penerbit, lalu pilih menu kartu kredit, lalu isi form formulir dan lengkapi berkas persyratan, lalu ajukan permohonan.

Berikut Contoh Panduan Membuat Kartu Kredit ANZ melalui situs resminya :

Kunjungi situs resmi bank penerbit ANZ :

membuat kartu kredit

Lalu pilih menu personal, lalu klik menu Kartu Kredit, Lihat Gambar :

pilih-menu-buat-kartu-kredit-anz

Lalu Klik Apply Now

klik-apply-now

Membaca semua persyaratan

membaca-seluruh-persyaratan-kartu-kredit-anz

Silahkan masukan informasi pribadi, seperti nama lengkap, jumlah penghasilan, alamat email, dan memilih kartu kredit yang anda inginkan. Lalu klik lanjutkan. Lihat gambar :

form-terisi

Lanjutkan proses pembuatan kartu kredit dengan memasukan data tambahan yang dibutuhkan bank penerbit ANZ, seperti nomor telepon rumah, telepon kantor, tanggal lahir, alamat rumah, nomor ID KTP. Lalu klik lanjutkan. Lihat gambar :

data-terisi

Proses permohonan untuk pembuatan kartu kredit ANZ anda telah selesai, pihak bank penerbit akan segera memproses dan menghubungi anda kembali selama 3 hari kerja. Lihat gambar :

permohonan-pembuatan-kartu-kredit-anz-telah-selesai

Nah jika anda lebih memilih cara kedua, yaitu memulai proses pengajuan kartu kredit melalui website pihak ke dua. Caranya juga cukup mudah dan cepat.

Saat ini ada banyak website finansial yang sangat kredibel dan terpercaya. Menariknya melalui website tersebut anda dapat mengetahui berbagai macam pilihan kartu kredit dari banyak bank penerbit. Selain itu, sebelum anda mengajukan permohonan kartu kredit pada website tersebut. Anda bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan mudah.

Cara membuat kartu kredit melalui situs resmi pilih kartu

Meski lebih banyak tahapan atau langkah-langkahnya bila dibandingkan pendaftaran melalui situs resmi. Tapi ini bisa jadi alternatif, jika kemungkinan permohonan kartu kredit ANZ anda tidak disetujui.

Berikut tahap atau langkah-langkahnya :

1. Kunjungi situs resmi pilih kartu
2. Manfaatkan fitur pembanding terlebih dahulu untuk menemukan kartu kredit terbaik
3. Jika sudah menemukan kartu kredit terbaik, selanjutnya klik ajukan kartu kredit
4. Menyiapkan berkas, lalu melakukan registrasi kartu kredit online
5. Setelah registrasi selesai dan berkas sudah dipenuhi, silahkan kirim dokumen baik melalui email atau via pos
6. Menunggu proses verifikasi approval dari pihak bank melalui handphone atau pun sms
7. Menerima notifikasi keputusan terhadap proses permohonan aplikasi kartu kredit online anda melalui sms

Silahkan lihat gambar di bawah ini :

membuat-kartu-kredit-online-via-website-finansial-kredibel-2
Infographic via Pilih Kartu

Dengan Cara Menggunakan Jaminan Rekening dan Deposito

Ini adalah cara terakhir yang bisa anda pilih. Jika anda tidak memiliki penghasilan tetap, anda tetap bisa membuat kartu kredit dengan mudah. Atau dalam bahasa umumnya pembuatan credit card tanpa slip gaji.

Ada beberapa pilihan bank yang mau menyetujui penerbitan kartu kredit dengan cara ini. Diantaranya yaitu Bank BCA dan Bank Danamon.

Agar permohonan anda disetujui, sebaiknya ajukan permohonan aplikasi kredit tersebut di kantor cabang dimana anda membuka rekening. Ini menjadi nilai tambah sebagai jaminan oleh bank.

Biasanya nilai limit kartu kredit anda berbanding lurus dengan jaminan yang anda miliki. Misal saldo rekening anda berjumlah Rp.5.000.000 maka limit kartu kredit anda juga akan sebesar saldo rekening anda.

Sama halnya juga dengan deposito. jika anda memiliki deposito sebesar Rp. 10.000.000 di Bank Danamon, maka anda bisa mengajukan kartu dengan limit sebesar deposito yang anda milik.

Rekomendasi Bank Penerbit Kartu Kredit untuk Pemula

Maybank (BII)

Maybank cukup terbuka untuk para pekerja yang baru akan membuat kartu kredit perdana mereka. Usia minimal 21 tahun dan berpenghasilan tetap tiga juta perbulan, maka Maybank tidak akan mempersulit permohonan aplikasi kartu kredit anda. Kartu kredit maybank menawarkan fasiltias cashback setiap transaksi yang dilakukan di beberapa supermarket dan SPBU partner maybank.

Bank Sinarmas

Dengan sudah memenuhi persyaratan penghasilan minimal 36 juta setiap tahunnya, anda akan sangat mudah mengajukan permohonan membuat kartu kredit Bank Sinarmas. Namun, usia anda tentu harus telah memenuhi ketentuan pihak bank, yakni minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun . Jika Anda sudah bisa memenuhi persyaratannya, kartu kredit dengan keuntungan cashback sebesar 5 persen pun bisa segera anda genggam.

Bank Mega

Jika Anda ingin memakai kartu kredit untuk menunjang pembelian kebutuhan sehari-hari, atau pun barang-barang yang terdapat di supermarket seperti Carrefour, maka kartu kredit Bank Mega adalah pilihan paling tepat.

Merupakan bagian dari Trans Corp, Bank Mega kini telah memiliki kerja sama dengan Carrefour sehingga Anda akan mendapat potongan ekstra 10 persen untuk tiap harga barang yang dibeli. Menarik, bukan?

Persyaratan pengajuan kartu kredit pertama di Bank Mega juga tidak sulit karena bank ini tidak pernah ragu memberikan kartu kredit kepada masyarakat, bahkan kepada yang tidak pernah memiliki kartu kredit sebelumnya.

CIMB Niaga

Kartu kredit CIMB Niaga membebaskan kewajiban membayar iuran tahunan selama dua tahun pertama bagi setiap pemohonnya. Ini akan mempermudah anda untuk berkonsentrasi membayar utang dan bunga saja. Kartu Kredit CIMB Niaga sangat terbuka dan ramah pada orang-orang yang baru hendak membuat kartu kredit pertamanya. Syaratnya cukup berusia 21-65 tahun, serta memiliki slip gaji atau pun surat bukti penghasilan beserta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Syariah Mandiri

Bank Mandiri Syariah, adalah salah satu pilihan tepat bagi anda yang ingin memiliki Kartu Kredit Syariah pertama. Persyaratan pembukaan kartu kredit ini juga sangat mudah, persyaratan usia dan minimal penghasilan hampir sama dengan bank konvensional.

Tapi seperti yang anda sudah ketahui sebelumnya, pemilik kartu kredit syariah dipastikan terbebas dari bunga, dan biaya administrasi merchent partner juga murah.

Selain dapat digunakan juga secara luas untuk keperluan transaksi retail non tunai. Kartu kredit syariah mandiri juga memungkinkan anda untuk membeli paket umroh.

Dengan kartu kredit syariah mandiri, anda dapat membayar tagihan paket umroh dengan cicilan 0 % selama 12 bulan.

BNI Syariah

BNI Syariah juga memberikan layanan kartu kredit syariah yang akan melengkapi kebutuhan nasabah pemula dan konsumen di luar nasabah. Bank BNI Syariah menyediakan jenis kartu kredit diantaranya yaitu : Hasanah Card Platinum, Hasanah Card Gold, Card Classic

Ketiga kartu kredit BNI Syariah dapat diterbitkan setelah pemohon menjalani 3 akad, yakni: Akad Kafalah, Qardh, dan juga Ijarah.

BNI Syariah bahkan memberikan layanan kartu kredit syariah untuk semua jenis kartu sekaligus, sehingga nasabah bisa menyesuaikan jenis kartu dan juga kebutuhan mereka akan limit (plafon) kredit tertentu.

Penutup

Setelah membaca semua postingan di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa cara membuat kartu kredit yang baik dan benar yang dapat benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget anda seharusnya diawali dengan, memahami diri sendiri dan kebutuhan kita.

Lalu mempertimbangkan apakah kita akan memilih menggunakan kartu kredit yang diterbitkan oleh pihak bank konvensional, atau oleh pihak bank syariah.

Selanjutnya mengetahui cara mengisi formulir permohonan yang benar, dan mengetahui persyartan umum dan persyartan berkas yang dibutuhkan oleh pihak bank penerbit kartu kredit.

Selalu menggunakan pertimbangan-pertimbangan penting ketika melakukan seleksi atau memilih kartu kredit pertama yang akan kita buat.

Barulah memulai proses pembuatan kartu baik secara offline, online, atau menggunakan jaminan rekening buku tabungan atau deposito.

Terakhir, jika anda menerapkan semua tahapan di atas dengan baik dan benar, maka kemungkinan besar permohonan kartu kredit pertama anda untuk disetujui oleh pihak bank sangat tinggi.

Tahapan atau langkah-langkah yang dimulai dengan cara terukur, baik, dan benar, akan membantu anda memiliki kartu kredit terbaik. Yang benar-benar dapat menjadi solusi bagi kehidupan finansial anda.

Harapan saya setelah anda berhasil membuat dan memiliki kartu kredit pertama, pastikan anda menggunakannya secara bijak dan tepat.

Karena perlu kita ketahui bersama, kartu kredit merupakan kartu hutang bukan merupakan dana tambahan atau cadangan.

Ini artinya anda akan memiliki kewajiban untuk melakukan pelunasan tagihan, terhadap setiap transaksi yang sudah anda lakukan sebelumnya.



Loading...