Memperbaiki Kesalahan Saat Menggunakan Fetch AS Google

Terjadi kesalahan / error saat melakukan Fetch as google. Agar artikel cepat terindex di halaman google, biasanya kita menggunakan fasilitas Fetch as google (Ambil sebagai google) setelah selesai melakukan posting di halaman webmaster, dan biasanya hanya memerlukan hitungan detik saja, maka artikel sudah langsung terindeks. Tetapi kejadian kemarin sempat membuat bingung , karena fungsi fetch as google gagal membawa artikel ke halaman index google. Mungkin hal ini jarang terjadi, bukan masalah Succes atau partial dalam hal index, tetapi artikel sama sekali tidak terindex, bahkan setelah di tunggu selama hampir 2 jam tetap tidak membuahkan hasil.

Mengapa fungsi fetch as google tidak berhasil mengindex artikel secara langsung? Padahal artikel sudah terlanjur di publish. Saya sendiri sempat di buat bingung akan hal ini, kira kira terjadi kesalahan apa sehingga artikel tidak mau terindex secara langsung, padahal biasanya tidak demikian. Justru yang keluar adalah kalimat “suggestion” yang tampil di halaman pencarian setelah melakukan test index dengan cara menuliskan

Site: (URL postingan), kalimat suggestion tersebut adalah
–  Make sure that all words are spelled correctly
–  Try different keywords
–  Try more general keywords
Memperbaiki Kesalahan Saat Menggunakan Fetch AS Google

Seperti yang tampak pada gambar, jika di artikan adalah “Pastikan bahwa semua kata dieja dengan benar, dan coba pemakaian keyword ( kata kunci) yang berbeda atau lebih umum. padahal saya sudah melakukan penulisan posting secara benar, dan melakukan review terlebih dahulu.


Penyebab  Kesalahan Saat Menggunakan Fetch AS Google
Ketika mengetahui sugestion (saran) yang tercantum, saya coba cek artikel terdahulu. Ternyata terdapat 3 artikel dengan judul dan kata kunci yang sama, walupun sebenarnya isi artikelnya agak berbeda, 3 artikel itu adalah

–  Rahasia Meningkatkan Trafik Blog Akhirnya Terungkap
–  Cara Meningkatkan Trafik Blog Dengan Trik Sederhana
–  11 penyebab Trafik Blog Menurun Drastis

Semua artikel di atas membahas dan menguatkan kata kunci “Trafik blog”, Dan pada saat Fetch as google tidak mau bekerja sebagaimana mestinya ketika saya membuat sebuagh artikel yang berjudul “Apakah pengguna blog gratis akan dapat trafik blog yang melimpah?”

Ternyata sistem google sudah tidak menerima lagi artikel yang terakhir, mungkin ini di sebabkan kata kunci yang sama dalam judul yang di terapkan, serta deskripsi penelusuran yang di isi dengan kata kunci yang sama pula. Ketika artikel di publish ( di terbitkan) tidak mengalami masalah sedikitpun, tetapi ketika melakukan Fetch as google di halaman google webmaster (Google Search Console – sekarang) ternyata artikel tidak bisa terindex.

Karena penasaran, saya masih menunggu sampai 2 jam, ketika saya coba cek lagi menggunakan site: (URL artikel), ternyata masih belum terindex, dan saya biarkan selama 2 hari, masih saja artikel itu tetap tidak terindex di penelusuran google. 

Mengganti Judul Artikel

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti judul artikel tersebut, dengan sedikit membuat perubahan pada artikel dan menyesuaikan dengan tema judul utama, dan ini yang saya rubah :

Apakah pengguna blog gratis akan dapat trafik blog yang melimpah? Menjadi
Perbedaan Blog Gratis dan Premium dari Segi Pengunjung
Dan ketika saya melakukan fetch as Google, ternyata sudah bekerja sebagaimana mestinya, dalam hitungan detik artikel sudah langsung bisa terindex di pencarian.

Kesimpulan
Ternyata sistem google tidak bisa di kelabuhi dengan mengexploitasi artikel yang menggunakan kata kunci yang sama, walupun judul di rubah dan di variasi, akan tetapi isi dan materi posting hampir sama, dalam contoh di sini menggunakan kata kunci “Trafik blog”, mungkin google beranggapan bahwa hal ini merupakan suatu bentuk/upaya “spam”, yaitu mengupayakan kata kunci yang di maksud, agar mampu bersaing dalam hasil pencarian dengan variasi kata kunci yang sama.

Bagi saya, hanya berbagi pengalaman saja, bahwa melakukan upaya atau tindakan spammer dengan memaksimalkan atau memberdayakan kata kunci , walupun artikel yang di tulis berbeda, tetapi artikel tidak akan bisa terindex, mumgkin batas maksimalnya adalah 3 artikel saja (kata kunci yang sama), semoga artikel Memperbaiki Kesalahan Saat Menggunakan Fetch AS Google ini ada manfaatnya.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Intan A

    ( - 06:53)

    punyaku kok kalau fetch saja keterangannya complete. tapi kalau fetch and render keterangannya partial terus ya.. sampai berhari hari… gimana mas?

    Avatar

    Safitri

    ( - 23:11)

    wah.. mungkin ini masalah yang aku hadapin .. baru ngerti.. makasih kak. jadi ada sedikit gambaran kenapa gak bisa2 terindeks.

    Avatar

    Rsi Lucky

    ( - 07:30)

    Kalo masalah “Temporarily unreachable” saat fetch as google cara mengatasinya gimana bang?

    Avatar

    Dhani

    ( - 04:02)

    pernah mengalami masalah seperti ini, sudah di fetch as google tapi tidak terindex. bingung juga

    Avatar

    Lancar Jaya

    ( - 06:18)

    masalah saya ketika fetch artikel atau pos disitu ada tulisan redirect
    bagaimana untuk merubahnya ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:35)

      Resubmit sitemapnya terlebih dahulu mas, apabila sudah terindex lagi bisa lakukan fetch As google.

        Avatar

        Nawirlubis

        ( - 06:11)

        jadi mas kalau redirectec semua di Fetch as Google as google nya harus di remove semua,
        terus di Fetch as Google ulang kembali
        trimakasih sebelum nya

    Avatar

    0895365747192

    ( - 06:17)

    masalah saya ketika fetch artikel atau pos disitu ada tulisan redirect
    bagaimana untuk merubahnya ?

    Avatar

    hendri

    ( - 04:55)

    berati secara keseluruhan bermasalah dong ya kalo semua artikelnya redirected pak ?

    Avatar

    gang6blokr

    ( - 09:44)

    terima kasih mas atas share ilmu nya.. walau saya coba belum berhasil juga..

    Avatar

    gudanglirik

    ( - 07:14)

    Terimakasih sudah berbagi ilmunya 😀

    Avatar

    Rina

    ( - 20:20)

    thanks gan, sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *