backlink berkualitas

Mencari Backlink Berkualitas Atau Indikasi Para blogger Buat Nyepam?

Halo sabat pembaca setia yang lagi mencari artikel. Pembahasan mengenai cara mencari backlink berkualitas sudah marak, saya hanya menyampaikan beberapa hal penting saja, karena terkadang tehnik mendapatkan backlink ini ibarat buah simalakama.

Mengapa demikian? Karena backlink ada yang memberi pengaruh baik untuk blog, akan tetapi sebagian backlink justru akan sangat membahayakan kelangsungan blog itu sendiri. Separah itukah?

Untuk mencari backlink berkualitas itu ada tehniknya, jangan asal ugal ugalan untuk memperoleh backlink. Salah satunya adalah melakukan spaming dalam bentuk komentar di blog yang dalam rentan waktu yang singkat. Hal ini justru akan memicu pinalty dari google, karena di anggap spam activity. Apalagi usia blog anda masih masih dalam kategori “blog baru”.

Efek yang sangat luar biasa akan terjadi jika kita melakukan link buildink dengan cara yang salah, imbasnya adalah penurunan trafik secara tajam dan yang lebih parah lagi adalah deindex. Mengerikan…Blog yang sudah kita rawat mulai dari awal akan berakhir secara tragis dan terbuang dari mesin pencarian.

Backlink atau spamming?

Perlu tindakan berhati hati untuk mencari backlink berkualitas, jangan sekali kali melakukan spamming yang menyebabkan kredibilitas blog justru menurun. Salah satu cara memperoleh backlink yang kita kenal adalah menempatkan link kita pada komentar atau bisa juga melalui signature dalam forum. Hal ini sah-sah saja, asalkan kita mampu mengatur durasi yang tepat antara menempatkan link atau mengobral link secara membabi buta.

Berikut ini kutipan dari Matt Cutts terkait hal ini, yang di terjemahkan bebas dari blog nya panduanIM.

Apabila strategi utama dari link building anda adalah menulis komentar di banyak website sampai-sampai sebagian besar link yang anda punya hanya berupa komentar, dan tidak ada orang lain yang betul-betul memberikan link untuk anda, maka suatu saat ini bisa dikategorikan sebagai strategi yang licik.

Loading...

Dalam tingkat tinggi kami berhak untuk mengambil tindakan terhadap tindakan manipulasi atau strategi link licik yang kami rasa mengacaukan rangking.

Nah, serba salah kan? Niatnya mencari backlink berkualitas, tapi malahan di anggap sebagai spam bahkan merupakan strategi yang licik. Coba baca kembali artikel saya terkait pentingnya strategi backlink secara benar.

Baca : Pengaruh Backlink Untuk SEO : Apakah Masih Penting?

Lantas bagaimana cara mencari backlink berkualitas secara benar?

Konsepnya sederhana, tetapi tidak sederhana yang kita bayangkan. Kita harus berkerja keras untuk mewujudkan konsep tersebut. Hal ini mengacu kepada backlink natural yang sangat di sukai oleh google, sehingga perlahan lahan dapat meningkatkan peringkat blog. Dan inilah konsep yang di maksud :

  • Membuat dan menyediakan konten yang berkualitas
  • Mengutamakan dan meningkatkan pengalaman bagi pengguna
  • Sesuai standar mutu webmaster

Konten berkualitas

Sudah menjadi hukum wajib untuk membuat artikel unik dan berkualitas sebagai pondasi yang kuat untuk sebuah blog. Kita bisa membuat artikel sesuai dengan kategori blog masing masing, dengan lebih mengutamakan relevansi artikel di sertai penjelasan secara terperinci. Biasanya jenis artikel ini mempunyai panjang 750 kata dan terstruktur dengan baik.

Mengutamakan pengalaman bagi pengguna

Apa yang kita sajikan berupa artikel adalah murni untuk melayani kebutuhan pembaca, bermanfaat dan dapat memberikan solusi atau pemecahan masalah yang sedang di cari oleh pembaca, dan bukan merupakan artikel mengekploitasi kata kunci saja, tetapi materi dan artikel isinya jauh dari yang di harapkan, alias naglor ngidul.

Sesuai standar mutu webmaster

Artikel yang di kemas dengan tata bahasa yang baik dan merupakan bahasa yang mudah di mengerti tanpa banyak istilah yang bukan merupakan kata “tidak umum”. Memberikan internal link yang sewajarnya dalam artikel dan tidak membingungkan mesin pencari. Nah, itulah standar mutu webmaster dalam gambaran yang sederhana.

Lha terus backlink nya dari mana mas bray?

Ini konsep sederhana dan natural tetapi cara ini paling sulit untuk di jalankan, karena hanya mengacu kepada backlink alami agar blogger lain memberikan backlink secara sukarela, yaitu merekomendasikan artikel anda melalui website nya. Dengan catatan web atau blog itu juga bereputasi baik di mata google.

Bukankah ini pekerjaan yang sulit?

Tidaklah sulit, jika artikel anda benar benar berbobot dan banyak memberikan banyak manfaat khususnya bagi pengguna (pengunjung), bukan bagi mesin pencari. Ingat lho…artikel anda hanya ada faedahnya di mata pengguna dan bukan bagi mesin pencari, yang artinya tidak menipu atau membuat akal licik bagi search engine.

Nah, itulah arti backlink berkualitas yang sebenarnya, secara alami dan natural. Dan backlink jenis inilah yang di sukai oleh google sehingga memberikan peringkat bagi situs anda.

Lantas backlink dari situs terkenal atau web yang sudah populer (DA dan PA tinggi) perhitungannya bagaimana?

Backlink dengan cara itu masih tetap menjadi idola para blogger, tetapi hanya sebatas backlink dofollow biasa. Nilainya jauh di bandingkan dengan backlink natural yang merupakan backlink berkualitas yang sah di mata google.

Demikian pengertian cara mencari backlink berkualitas yang sesungguhnya, sekarang anda bisa membedakan dan menganalisa, betapa kita harus bekerja keras untuk mendapatkan backlink berkualitas tersebut. Itu juga tergantung loyalitas pengguna website yang akan merekomendasikan web atau blog kita. Semoga artikel ini memberi manfaat.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Pena Info

    ( - 02:44)

    Halo mas gani, bagaimana caranya kita tau kalo kita sudah mendapatkan backlink dari blog yang kita tuju? Saya pernah cek backlinknya tidak bertambah sedikitpun.
    Trims.

    Avatar

    sapi ngepot

    ( - 17:08)

    klo saya komentar disini dan mencantumkan blog saya di kolom website, apakah ini termasuk nyepam ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:55)

      Oh, tidak mas,,tetapi apabila menaruh link dalam komentar akan dianggap spam , terutama bagi pemilik blog 😀

    Avatar

    Muzaku

    ( - 15:12)

    susah ya cari backlink yang bekualitas untuk blog!

    Avatar

    Wawan

    ( - 07:01)

    terima kasih gan tutorialnya sangat berguna sekali

    Avatar

    Syamsu

    ( - 04:42)

    Setuju banget mas, memang backlink itu seyogyanya tidak usah dicari, namun jika artikel kita berkualitas dan memberi manfaat kepada para pengunjung, secara otomatis backlink akan datang sendiri

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 07:50)

      Seperti mendapatkan backlink dari google yang susahnya minta ampun.

        Avatar

        Terimakasih atas artikel nya , tapi saya penasaran dengan jawaban mas tentang mendapatkan backlink dari Google contoh nya seperti apa ?
        Terimakasih

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 18:11)

          Backlink permanen dari google yang menentukan adalah pihak google gan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *