Dasar dasar Blog

Pengaruh Backlink Untuk SEO : Apakah Masih Penting? (Hati-hati)

Dulu..waktu pertama sekali mengenal dunia blog perburuan backlink sedang gencar gencarnya, bahkan banyak orang yang tidak mau repot untuk mencari backlink, karena ada penyedia jasa backlink yang bisa dibeli. Dalam waktu sekejab ratusan hingga ribuan backlink bisa di peroleh. Pengaruh backlink pada saat itu sangat diperhitungkan untuk mencapai posisi terbaik dalam search engine.

Tetapi SEO sekarang tidak lagi berpedoman kepada backlink, lantas apakah backlink sudah tidak lagi berpengaruh? Baiklah, mari kita coba ulas pengaruh backlink untuk SEO yang banyak menjadi perdebatan para webmaster, sehingga kita terkadang salah mengartikan tentang keberadaan backlink itu sendiri. Ini ibarat buah “simalakama”, yaitu suatu situasi kondisi yang serba salah, di terapkan salah..tidak diterapkan juga salah.

Ini menarik sekali, karena pada waktu yang hampir bersamaan pihak google mengumumkan untuk tidak mengupdate Pagerank (PR). Lantas apa huhungannya dengan pengaruh backlink? Karena backlink banyak di perjual belikan dan backlink yang mahal berasal dari situs yang mempunyai pagerank tinggi. Banyak situs yang terlalu mengandalkan backlink dan sama sekali tidak memperdulikan konten.

Maka google menyetop update pagerank, agar hal ini tidak dijadikan sebagai pedoman dan lalu lintas jual beli backlink bisa dicegah. Solusi google ternyata membuahkan hasil, akhirnya google mengganti algortima dan backlink bukan lagi sebagai prioritas.

pengaruh backlink
Gambar dokumentasi pribadi

Apakah backlink sudah tidak di gunakan lagi?

Lantas backlink apa di anggap sudah mati? Pengaruh backlink untuk SEO sudah tidak di perhitungkan lagi? Coba kita simak salah satu uraian JohnMu dari Webmaster Central Help Forum.

Yes, Back links do play an important role in SEO. But now a days, the things are bit different. It helps to generate referral traffic and also helps in increasing the Domain Authority(DA) of the website. Try to get links from the websites which have high DA and PA.

Yang artinya kurang lebih adalah begini Ya..backlink masih memainkan peran penting dalam SEO, tetapi sekarang sedikit berbeda. Ini (backlink) membantu untuk mendapatkan lalu lintas rujukan dan juga membantu dalam meningkatkan Domain Authority ( DA ) dari website . Cobalah untuk mendapatkan link dari situs yang memiliki DA tinggi dan PA “.

Loading...

Ternyata pengaruh backlink masih ada untuk SEO, tetapi dengan pengertian yang berbeda. Backlink bukan lagi sebagai penentu suatu website untuk menduduki halaman di mesin pencari, melainkan hanya rujukan untuk mendapatkan sumber trafik dan membantu meningkatkan Domain authority dan page authority sebagai pengganti Pagerank yang sudah tidak di update lagi olegh pihak google.

Baca :  Pengertian Domain Authority dan Page Authority pada blog

Dengan kata lain backlink yang bagus dan berkualitas adalah backlink yang berasal dari situs yang mempunyai DA dan PA yang tinggi, itu yang nantinya akan berpengaruh kepada DA dan PA pada blog kita dan membantu untuk meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) pada artikel dalam hasil pencarian di search engine terutama google. Jadi kita di tekankan untuk mencari backlink dari situs yang berkualitas.

Meningkatkan DA dan PA untuk blog

Selain pengaruh backlink yang berkualitas untuk SEO, nilai DA dan PA bisa kita tingkatkan melalui kualitas konten pada blog kita masing masing, menulis artikel yang original yang relevan. Dengan menyajikan artikel yang berkualitas akan lebih meningkatkan pengalaman bagi pengguna dan sesuai dengan standar mutu webmaster. Maka google akan memperhitungkan hal itu. Karena saat ini konten adalah raja, dan backlink bukan lagi sebagai prioritas yang utama.

Mencari backlink sewajarnya

Dalam mencari backlink sesuaikan dengan usia blog, jangan mencari backlink jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat, karena google akan menganggap hal ini sebagai SPAM. Jadi harap “berhati hati ” demi kelangsungan blog, sebaiknya cari backlink yang berkualitas dalam rentang waktu yang sesuai dengan usia blog.

Nah, itulah pengertian dan pengaruh backlink buat SEO untuk saat ini, kesimpulannya |“konten akan tetap menjadi yang paling utama dan backlink adalah sebagai pendukung saja”| Untuk membangun sebuah blog memang diperlukan kesabaran tingkat tinggi, google akan lebih memprioritaskan konten dan konten adalah barang yang paling berharga di mata google”, Jadi buatlah konten yang berkualitas, agar dilirik google. Semoga artikel ini bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

65 Comments

  1. Mas, saya masih kebingungan… pengaruh backlink itu berapa hari yah? padahal sudah backlink banyak.. “bingung ….. “

  2. intinya Backlink masih berpengaruh. Namun yang paling penting Konten dan usia blog lebih dominan.

  3. kalau blog masih umur 3 hari, kira” masih butuh waktu berapa lama gan untuk menempati page 1??

  4. Dulu saya hoby beli backlink memang ada pengaruhnya di serp tp anehnya salah satu blog saya yang tidak di backlink kok malah itu yang nongol terus di penelusuran. mulai sejak itu mulai berhenti berburu backlink

  5. Saya pemula yang baru memasuki bulan ke-3 dalam belajar blogging. Kebetulan di awal belajar saya sudah menemukan artikel yang menyebutkan bahwa backlink bukan lagi prioritas. Karena itulah sejak awal saya fokus pada kualitas konten dan belajar SEO on-page.

  6. Sangat bermanfaat, ..
    Saya pernah di sibukkan mencari backlink, dan cukup membuat saya lelah.
    Dari artikel di atas, saya bisa ambil kesimpulannya, adalah kualitas konten yang mempengaruhi blog akan lebih baik..
    Terima kasih atas informasinya.

  7. Kira2 untuk blog yg berumur 7 bln pantas kah mempunyai bnyak backlink?
    Kira2 bahaya ga gan buat klangsungan blog yg baru brumur 7 bln tadi dg bnyk backlink

  8. oh gitu jadi intinya bikin konten yang berkualitas dulu aja yaa.. Beberapa Postingan blog saya ada yang dihalaman pertama google bahkan diposisi pertama, Tapi ditolak adsense terus, saya kira karena gk punya backlink,, mungkin karena ada artikel yang gak berkualitas atau blog saya banyak kurangnya kali ya mas?? saya awalanya ngeblog cuma asal share doang jadinya blog gado-gado. minta nasehatnya mas.