in

Cara paling Mudah Melacak dan Menemukan Ponsel Hilang atau Dicuri

Melacak dan Menemukan Ponsel Hilang

Melacak dan Menemukan Ponsel Hilang – Ponsel merupakan salah satu kebutuhan yang saat ini tidak bisa lepas dari setiap aktivitas seseorang. Begitu banyak aktivitas yang menyertai ponsel untuk dapat mempermudah penyelesaian pekerjaan kita.

Ponsel terkadang menjadi media penyimpanan data-data penting dikarenakan lebih mudah untuk digunakan jika saat kita membutuhkan data tersebut. Namun, bagaimana jika ponsel yang sangat penting tersebut hilang?

Pastinya kita akan kebingungan dan sebisa mungkin mencari dan menemukan ponsel hilang tersebut. Disamping karena harga ponsel yang dimiliki lumayan mahal, data penting pada ponsel menjadikan kita begitu frustasi ketika kehilangan ponsel.

Tetapi, saat ini terdapat aplikasi yang dapat membantu kamu melacak dan menemukan ponsel hilang, sehingga keberadaan ponsel kamu bisa diketahui.

Find My Device

Menemukan ponsel hilang
Aplikasi Find My Device – Sumber : techlomedia.in

Find My Device adalah aplikasi besutan Google, merupakan aplikasi pelacak keberaan ponsel yang sangat direkomendasikan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang mempermudah pemilik untuk menemukan ponsel hilang dari jarak jauh (remote).

Aplikasi yang dulunya bernama Android Device Manager ini, memiliki desain tampilan yang responsive. Kamu dapat melihat perangkat yang terhubung pada akun e-mail kamu. Dengan memilih perangkat atau ponsel yang hilang pada menu drop down aplikasi, kamu bisa melacak keberadaan ponsel kamu saat ini.

Aplikasi ini juga mendukung untuk melihat persentase baterai, bahkan nama jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung pada perangkat. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa menggunakan Laptop melalui situs resmi Find My Device, atau menggunakan ponsel orang lain melalui aplikasi Find My Device yang bisa diunduh pada playstore.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengkuti instruksi berikut ini :

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat menggunakan aplikasi Find My Device  adalah dengan memeriksa lokasi perangkat Anda. Lokasi ini akan ditampilkan secara otomatis pada laptop atau ponsel kamu yang lain dan kamu akan melihat posisi ponsel kamu pada peta.

Namun, lokasi akan terdeteksi saat ponsel menyala saja, jika ponsel dalam keadaan non-aktif aplikasi ini tidak terlalu bermanfaat. Jadi, kamu harus sering-sering mengecek.

Jika kamu telah menemukan ponsel hilang pada peta yang ditunjukkan di aplikasi, segeralah mengajak teman mu atau melaporkan ke polisi untuk dapat segera datang ke lokasi yang ditunjukkan pada peta.

BacaMelacak dan Menemukan Ponsel Android Hilang atau Dicuri Dengan Bantuan Google

Untuk mengantisipasi kesalahan, kamu bisa menggunakan fitur “Play Sound” pada aplikasi “Find My Device”. Ponsel kamu akan berdering keras saat fitur tersebut digunakan sehingga kamu bisa memastikan ponsel tersebut adalah milikmu.

Family Locator

Menemukan ponsel hilang
Family Locator – Sumber : sygic.com

Family Locator merupakan salah satu aplikasi yang banyak sekali digunakan oleh pengguna ponsel pintar. Hal ini dikarenakan fitur pelacak lokasi pada aplikasi ini sering digunakan oleh pasangan kekasih untuk mengetahui lokasi pasangannya.

Namun, aplikasi ini juga digunakan oleh keluarga untuk memantau aktivitas anggota keluarganya untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak diingankan.

Aplikasi yang telah didownload lebih dari 500 ribu pengguna ini, memiliki fitur yang lengkap. Selain sebagai aplikasi pelacak untuk menemukan ponsel hilang, aplikasi ini memiliki fitur chat yang memungkinkan kamu untuk meminta orang yang menemukan ponsel kamu ketika terjatuh untuk mengembalikannya kembali. Aplikasi ini juga tidak memakan banyak daya baterai.

Selain itu, Family Locator juga memiliki fitur yang dapat mengetahui riwayat kunjungan pemegang ponsel selama 7 hari terakhir. Kamu akan mendapatkan beberapa tempat rekomendasi terdekat. Aplikasi ini memiliki fitur yang mudah digunakan, sehingga siapapun bisa menjalankannya.

Cerberus

Menemukan ponsel hilang
Cerberus – Sumber : generaciongamer.es

Cerberus adalah salah satu mitologi Yunani yang digambarkan dengan anjing berkepala tiga. Icon anjing ini seolah untuk menegaskan bahwa ponsel kamu dilengkapi oleh anjing penjaga sehingga ponsel kamu tidak akan disentuh orang lain selain majikannya sendiri.

Cerberus memungkinkan kamu untuk mencari lokasi dan menemukan ponsel hilang. Bahkan untuk beberapa perangkat, fitur pelacak masih dapat digunakan pada ponsel yang dinonaktifkan. Hal ini disebabkan fitur aplikasi Cerberus mampu menerima sinyal ponsel melalui kode yang tertanam pada aplikasi cerberus.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pengirim pesan pada si pemegang ponsel. Si pemegang ponsel akan menerima pesan singkat, dan pada saat yang bersamaan, fitur kamera akan aktif dan memotret wajah si pemegang.

Aplikasi ini pernah mengalami sedikit penolakan oleh sebagian orang. Hal ini disebabkan karena aplikasi ini tidak mampu di hapus dengan cara yang biasa.

Cerberus ditengarai sebagai aplikasi mata-mata ini, harus dihapus melalui aplikasi “Find My Device” yang dikembangkan oleh Google. Pada aplikasi Find My Device, kamu bisa menghapus dan mencabut hak penggunaan Cerberus pada ponsel.

Manufacturer Apps (Aplikasi Setelan Pabrik)

Menemukan ponsel hilang
Setelan Pabrikan

Pada beberapa merek ponsel pintar seperti HTC dan Samsung, aplikasi pencari lokasi ponsel sebenarnya telah ditanamkan sejak awal. Kamu bisa menemukannya pada pengaturan ponsel dan mengaktifkannya dengan menggunakan akun yang terhubung langsung pada provider.

Biasanya kamu akan diminta untuk membuat akun saat baru memiliki ponsel. Seperti samsung yang akan meminta kamu membuat Akun Samsung yang berguna saat menemukan ponsel hilang.

Masih banyak aplikasi yang berfungsi sebagai pelacak lokasi ponsel kamu yang hilang. Untuk itu, kamu bisa mencari rekomendasi yang lain jika aplikasi yang dijelaskan diatas belum cukup memenuhi keinginan kamu.

Namun perlu diketahui, setiap aplikasi pelacak untuk menemukan ponsel hilang memiliki kemampuan untuk memantau aktivitas pribadi kamu. Untuk sebagian orang, aplikasi pelacak ini sedikit mengganggu privasi karena pemilik ponsel merasa dimata-matai.

Dan untuk informasi singkat, kabarnya Komisi Pemberantasan Korupsi bekerja sama dengan pengembang untuk mencari lokasi para koruptor di Indonesia. Benar atau tidak, kita wajib mendukung pemberantasan korupsi.

Author etrosinaga

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter.
Butuh bantuan? Visit Us

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0