Mengenal Google Doodle

Mengenal Google Doodle, Modifikasi Logo ala Google yang Sangat Fenomenal

Pengguna internet di seluruh dunia, pasti mengenal Google Doodle, karena logo modifikasi ala Google tersebut selalu muncul di hari-hari tertentu.

Google Doodle, memang sangat menarik dan fenomenal. Namun, usut punya usut, ternyata umur Google Doodle ini lebih tua dari Google itu sendiri.

Mengenal Google Doodle

Google Doodle ada sebelum perusahaan Google itu muncul beberapa hari, sebelum akhirnya Sergey Brin dan Larry Page menambahkan logo festival Burning Man ke beranda Google.

Lihat:

mengenal google doodle
Burning Man Festival, 1998

Logo festival Burning Man sendiri, akhirnya dicatat sebagai logo Google Doodle pertama. Dan setelah itu, mulailah Google berkreativitas dengan logo-logo lain melalui seri Google Doodle.

Dan seri pertama dari Google Doodle yang berhasil dibuat oleh Google adalah Google Aliens, di mana Doodle tersebut dibuat hingga lima desain.

Lihat:

Google doodle
Google Aliens, 2000

Secara hukum Google, harusnya Doodle terikat dengan hari-hari tertentu. Namun uniknya, Google Aliens yang dibuat pada tahun 2000 itu, hanya dibuat untuk hiburan semata saja.

Loading...

Bisa dikatakan, Google Aliens mendapatkan keistimewaan, karena Google Doodle yang harusnya terikat dengan hari tertentu atau memperingati hari tertentu, justru dibuat untuk hiburan semata.

Seri Selanjutnya

Usai membuat Doodle Aliens, Google diketahui juga membuat Doodle lain pada tahun 2000, yaitu Doodle Bastille Day dan Doodle Halloween.

Berdasarkan keterangan dari Google, Doodle Bastille Day merupakan Doodle internasional pertama yang berhasil mereka buat.

Lihat:

Adapun untuk Doodle Halloween, Google mengatakan, bahwa Doodle tersebut merupakan Doodle pertama mereka yang berbentuk animasi.

Lihat:

Setelah kedua Doodle tersebut diluncurkan, akhirnya Doodle yang dibuat oleh Google mulai berevolusi menjadi lebih baik.

Bahkan, Google mengatakan, Doodle yang mereka buat pasca tahun 2000 jauh lebih maju secara teknologi.

Berikut ini, nama-nama Doodle pasca tahun 2000:

Permainan interaktif pertamaPeringatan 30 tahun PAC-MAN, 2010
Live action pertamaUlang tahun ke-122 Charlie Chaplin, 2011
Organik pertamaHari bumi, 2012
Slide show pertamaHUT ke-200 dongeng Grimm, 2012
Virtual reality pertamaMengenang Georges Melies, 2018

Tentu masih ada banyak desain Doodle yang dibuat oleh Google, karena perusahaan yang didirikan Sergey Brin dan Larry Page itu selalu memperingati hari-hari penting yang ada di seluruh dunia.

Untuk  mengenal Google Doodle, sekaligus melihat banyaknya desain Doodle yang sudah dibuat oleh Google, Anda bisa mengunjungi situs Arsip Doodles.

Pernah Menjadi Kontroversi

Google doodle

Gambar di atas adalah desain Google Doodle yang dibuat untuk memperingati HUT RI ke-68 yang jatuh pada 17 Agustus 2013.

Sayangnya, desain tersebut memunculkan kontroversi, karena desain burung yang tertera digambar bukanlah burung Garuda yang dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya.

Hasilnya, sebagian masyarakat Indonesia ada yang mengecam dan langsung mengirimkan surat keberatan kepada pihak Google.

Bagaimana bisa terjadi?

Kemungkinan besar, tim kreatif Google tidak mengetahui makna atau arti dari lambang suatu negara.

Alhasil, mereka membuat desain berdasarkan apa yang mereka pikirkan, yaitu desain yang menarik, unik, dan tentunya enak dilihat.

Kesimpulan

Secara harfiah, Google Doodle bisa diartikan sebagai kegiatan corat-coret atau menggambar yang dibuat tanpa tujuan.

Meski dibuat tanpa tujuan, kenyataannya Google Doodle lebih dari itu, di mana tiap desain yang dibuat selalu memiliki arti tersendiri atau terikat pada momen-momen tertentu.

Baca: Mengungkap Sejarah Logo Google yang Sangat Fenomenal

Terlepas dari beberapa kesalahan yang terjadi di Google Doodle, kreativitas ala Google itu sangat menarik untuk diikuti, karena desain yang dibuat selalu baru dari waktu ke waktu.



Loading...


Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Leo Setiawan

    Leo Setiawan

    ( - 12:32)

    Ilham

    ( - 05:21)

    Hebat google mah kreatif banget, dan terima kasih artikelnya sangat bermanfaat saya jadi tahu kenapa suka ada desain logo google yang berbeda beda di hari hari tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *