Tutorial Simple Menggunakan situs social media facebook di tahun 2016

Pada saat ini situs social media facebook sudah berkembang dan maju sangat pesat. Sejak berdirinya facebook pada tahun 2004 hingga tahun 2014 saja facebook sudah memiliki 1,32 Miliar pengguna aktif. Pengguna social media facebook pada saat ini bisa di bayangkan sudah mencapai mungkin triliunan hee.

Untuk pemilik sekaligus pendiri social media facebook Mark Zuckerberg pantas bersyukur, dan kira-kira mau di kemanakan ya kekayaan dari social media facebook ini. Jangan membahas itu lah gan kita disini akan membahas tentang tutorial simple menggunakan social media facebook.

Ok banyak sekali cara dan langkah-langkah mungkin yang anda sudah pada ketahui sebelumnya. Ini khusus untuk penggunan baru social media facebook yang mungkin membutuhkan pencerahan untuk menggunakan situs atau aplikasi facebook. Menurut saya menggunakan facebook melaui situs webnya langsung yang bisa anda akses dari www.facebook.com, m.facebook.com atau dari free.facebook.com.

Anda juga dapat menggunakan dari aplikasi mobile android, aplikasi java, aplikasi Ios. dan masih banyak aplikasi lainnya yang bertujuan untuk mengakses facebook. Untuk pengguna facebook pada dasarnya sama. Yang menjadi pembeda adalah mungkin dari carany ada yang lebih suka dengan software atau atau lebih mudah dan lengkap dari websitenya langsung.

social-network

Mengetahui sedikit tentang social media facebook

Sebelum masuk di tutorial simple facebook Untuk anda yang baru mengenal social media facebook saya akan menjelaskan sedikit mengenai situs facebook ini. Situs facebook merupakan salah satu situs media social yang didirikan oleh MarkZuckerberg, yang di luncurkan pada bulan februari 2004.

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Facebook memiliki anak perusahan sepert PrivateCore, Oculus VR, WhatsApp Inc., dan Instagram. Untuk pendiri lengkap facebook adalah ada Mark Zuckerberg, Dustin Moskovit, Eduardo averin, Andrew McCollum, dan Chris Hughes.

Layanan Gratis dari social media facebook

Layanan social media facebook terbilang gratis dimana anda bisa mendapatkan layanan gratis didalamnya secara lengkap. Seperti chating, kirim pesan, kirim foto, telepon gratis dll. Itu semua bisa anda lakukan ke teman anda dengan mudah hanya menggunakan akses internet dan tentunya perangkat pendukung lainnya. Seperti , hanphone yang bisa akses internet, ponsel pintar, laptop dan terakhir desktop komputer.

Untuk anda yang baru menggunakan facebook sebaik nya gunakanlah dengan positf dan tidak melanggar aturan facebook. Jika anda melanggar atuan facebook sudah pasti anda tidak bisa menggunakan facebook lagi. Untuk pengguna yang di blokir biasanya mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu. Itu karena anda bisanya melakukan pelanggaran facebook.

Pelanggaran facebook sangatlah banyak seperti halnya mengirim spam, menggunakan auto post dsb. itu semua salah satu pelanggaran facebook anda dapat di kena tuguran oleh admin facebook. Berupa tidak bisa menggunakan kiriman promo, atau sepenuhnya tidak bisa mengakses semua grup. Itu semua berlaku jika anda melakukan pelanggaran menggunakan Auto post tadi. Jadi gunakan lah dengan bijak agar anda tidak ditegur Mark hee.

Tutorial Simple menggunakan situs Social media facebook

Ok kita masuk di pembahasan inti tutorial simple menggunakan facebook di tahun 2016 ini.  Yang saya akan bahas sangat simple mungkin kebanyakan sudah pada tahu pastinya. Mulai dari daftar akun, membuat grup, membuat halaman fans page, menghapus fans page, membuat tayangan iklan di facebook dan terakhir membuat halaman fans page untuk blog.

Untuk membuat akun facebook anda bisa mendapatkan dengan mudah yang perlu anda siapkan mulai dari nomor handphone aktif atau email aktif. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan konfirmasi atau aktifasi akun yang nanti anda buat. Untuk pembuatan grup anda tentukan nama grup yang nanti di buat misal kumpulan blogger dengan nama “Blogger Indonesia”.

Jadi untuk membuat grup anda tentukan terlebih dahulu mulai dari nama, dan juga tujuannya. Membuat fans page menurut saya jika anda ingin membuat fans page pastikan harus memiliki blog, Agar tentunya lebih memudahkan dalam pembuatannya.

Tutorial simple membuat akun di situs social media facebook

Social Media Facebook

Untuk membuat akun facebook pertama masuk terlebih dahulu di situs resminya klik disini selanjutnya isi semua kolom kosong di halaman pendaftaran.
Anda isi mulai dari kolom nama, nomor telepon atau email, kata sandi, tempat tanggal lahir, terakhir anda pilih gender. Jika anda sudah mengisi semua kolom selanjutnya anda klik Daftar untuk melakukan pendaftaran.

Setelah anda mengisi semua form pendaftaran selanjutnya anda lakukan aktifasi email atau nomor handphone. Disini anda harus mengisi nomor atau email yang aktif agar anda dengan mudah melakukan verifikasi. Untuk melakukan verifikasi anda masuk lagi ke situs facebook dan terakhir anda login dengan nomor handphone atau email yang telah anda daftarkan tadi. itu lah sedikit tentang tutorial simple membuat akun facebook.

Tutorial simple membuat grup di situs social media facebook

Social Media Facebook

Untuk membuat grup facebook anda bisa melihat di bagian kiri halaman utama facebook di situ banyak pilihan anda tinggal klik Buat Grup. Selanjutnya anda buat grup baru anda kemudian anda isi nama dan siapa saja yang anda masukan sebagai anggota dari grup yang anda baru buat tadi.

Lalu anda pilih privasi anda mulai dari publik, tertutup dan terakhir rahasia. Langkah terakhir klik buat untuk membuat grup yang baru anda buat tadi. Untuk melihat grup anda yang baru anda buat tinggal cek di halaman grup anda.

Tutorial simple membuat Fans Page di situs social media facebook

social media facebook

Selanjutnya untuk membuat fanspage di facebook sangatlah mudah sama halnya membuat grup di social media facebook. Pertama anda masuk di situs facebook selanjutnya pilih Buat Halaman di sebelah kiri halaman utama situs social media facebook.

Lalu isikan mulai dari kategori fanspage, nama, almat, kota, kode pos dan terakhir nomor handphone aktif anda. Klik memulai untuk membuat halaman fans page di situs media social facebook.

Tutorial simple menghapus Fans Page di situs social media facebook

Social Media Facebook

Untuk menghapus fanspage di situs social media facebook selanjutnya anda msuk terlebih dahulu ke halaman yang akan di hapus. Setelah itu klik seting di atas halaman fanspage yang akan anda hapus. setelah itu anda akan dibawa ke halaman pengaturan halaman pilih yang terbawah ada tulisan hapus halaman.

Sampai disini anda sudah paham terakhir anda klik sunting dan klik hapus fans page anda. Begitu mudah bukan silahkan mencoba karena munurut saya sangat mudah dan simple.

Tutorial memasang iklan di situs social media facebook

Untuk membuat iklan di facebook sama halnya membuat grup dan fanspage tinggal klik dihalaman utma facebook disebelah kiri dan klik buat iklan. Untuk membuat kampanye iklan di alat pembuatan iklan Facebook, buka www.facebook.com/ads/create atau klik Buat Iklan di kanan atas Pengelola Iklan. simak di bawah ini turial membuat iklan di situs media social facebook.

Membuat kampanye

Memilih tujuan Anda

Untuk memilih tujuan untuk iklan Anda, buka pembuatan iklan dan pilih tujuan dari daftar.

Social media facebook

Menamai kampanye Anda

Di samping Nama Kampanye, tambahkan sebuah nama iklan untuk kampanye atau gunakan nama default yang muncul.

Social media facebook

Membuat set iklan

Memilih pemirsa

Di bagian penargetan iklan, isi perincian pemirsa Anda. Anda dapat memilih karakteristik pemirsa seperti usia, jenis kelamin, minat, dan banyak lagi. Pelajari selengkapnya tentang opsi penargetan yang tersedia dan kiat tentang memilih pemirsa untuk iklan Anda.

Social media facebook

Mengatur anggaran dan jadwal iklan

Di bagian anggaran dan penjadwalan, Anda dapat memilih anggaran dan menetapkan jadwal iklan Anda tayang.

  • Tetapkan anggaran dan jadwal
Social media facebook
Social media facebook

Pelajari tentang anggaran harian minimal dan bagaimana pembelanjaan uang pada iklan bekerja.

Mengatur tawaran Anda

Jika Anda memilih, Anda dapat menetapkan penawaran manual dengan cara memperbarui bagian Optimalkan untuk dan Penetapan Harga dengan preferensi Anda.

  • Tetapkan penawaran iklan Anda
Social media facebook

Pelajari selengkapnya tentang memilih penawaran iklan Anda.

Memberi nama set iklan Anda

Di samping Nama Set Iklan, tambahkan nama untuk set iklan Anda atau gunakan nama default yang muncul.

Social media facebook

Membuat iklan Anda

Memilih gambar Anda

  • Pelajari selengkapnya tentang memilih gambar untuk iklan Anda
  • Lihat kiat desain untuk iklan Facebook
  • Pelajari cara iklan yang berhasil dalam kebijakan Facebook

Menambahkan teks/tautan dan memilih penempatan iklan Anda

Setelah memilih gambar, Anda dapat menambahkan teks dan tautan ke iklan Anda. Batas karakter akan muncul saat Anda menyunting teks untuk memastikan pemirsa Anda akan dapat melihat seluruh pesan Anda. Dapatkan kiat tentang penulisan konten untuk iklan Anda.

Social media facebook

Anda juga dapat memilih penempatan iklan Anda, atau lokasi iklan Anda akan muncul di Facebook. Di bagian Pratinjau dan Penempatan Iklan, pilih penempatan iklan yang diinginkan untuk memunculkan iklan Anda. Semua penempatan iklan akan dipilih secara otomatis, namun Anda dapat klik Hapus jika ada penempatan yang tidak Anda inginkan.

Catatan: Jika Anda menjalankan iklan yang tidak dikaitkan dengan Halaman Facebook, Anda akan dapat menjalankan iklan di kolom kanan Facebook.

Melakukan pesanan  dan memilih cara pembayaran iklan Anda

Klik Lakukan Pemesanan di bagian bawah pembuatan iklan untuk memesan iklan Facebook Anda. Pertama kali melakukan pesanan, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi pembayaran Anda. Untuk opsi pembayaran bisa disesuaikan oleh anda sendiri tambahan yaitu isi pembayaran minimal Rp.50.000-100.000. Untuk menjaga ke setabilan iklan anda yang tayang di media social facebook.

Tutorial simple membuat fans page tayang di blog

Social media facebook

Untuk membuat fans page tayang di blog anda siap kan link fanspage yang telah anda buat dan masuk klik disini: Facebook Developers. Lalu anda isi di kolom link Url halaman facebook yang telah anda buat sebelumnya. Langkah terakhir klik dapatkan kode untuk memulai mebuat dan mendapatkan kode fans page yang nanti akan anda pasang di blog.

Selanjutnya anda copy dan paste code di step atau langkah tiga lalu anda masuk ke akun blog anda. Setelah itu tambahkan HTML/Javascript untuk menampilkan fans page di blog anda. Setelah itu kasih nama dan inputkan kode fans page yang telah tadi anda buat.

klik ok untuk menampilkan sekarang lihat hasilnya reload blog anda terlebih dahulu untuk melihat hasil fans page yang baru di pasang tadi. Fungsi fans page ini adalah untuk memperbanyak pengunjung anda di blog dan juga untuk memperbanyak jumlah like fans page facebook.

Kesimpulan

Tutorial simple situs media social facebook sebenarnya sangat mudah di gunakan dan bertujuan hanya untuk mengingatkan saja. bagi anda yang baru mengenal situs jejaring social facebook mudah-mudahan bisa membantu agar lebih paham dalam penggunaan layanan gratis dari facebook.

Semua layanan gratis hanya penyiaran fans age dan pembuatan iklan yang harus membayar karena itu untuk kepentingan kita meningkatkan produk atau barang yang akan kita iklankan. atau Blog yang akan kita publikasikan jadi untuk anda pengguna baru facebook alangkah lebih baiknya gunakan situs media social facebook sebaik mungkin. Karena dibalik positifnya facebook bahkan kita harus mengetahui dampak negatifnya.

Jadi untuk agan-agan gunakan lah dengan bijak pemanfaatan dunia internet ini dengan baik dan berhati-hatilah dalam menggunakannya. Karena banyak orang yang memanfaatkan situs social media ini dengan salah dan dapat membahayakan diri kita pula.

Bagikan

Related Posts

About The Author

Add Comment

shares