Meningkatkan Produktivitas

Cara Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Teknik Pomodoro!

Meningkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro – Di dalam hidup, waktu merupakan salah satu hal yang sangat penting. Begitupun dengan aktivitas yang kita lakukan setiap harinya, semua itu tentu membutuhkan waktu untuk kita habiskan.

Agar kehidupan Anda semakin tertata, Anda tentu perlu untuk memanajemi waktu. Apalagi jika berbicara mengenai dunia kerja, Anda benar-benar harus melakukannya.

Jika tidak, maka bisa saja kinerja Anda tidak bisa maksimal. Pekerjaan yang seharusnya selesai selama 1 jam, bisa saja selesai dalam waktu 3 jam bahkan berhari-hari.

Ini tentu membuat pekerjaan Anda tidak selesai-selesai, hidup Anda juga akan semakin semrawut dan tidak efisien.

Oleh karena itu, Anda harus membuat suatu gebrakan yang bisa mengubah kebiasaan buruk dengan meningkatkan produktivitas kerja Anda, supaya tugas-tugas dapat diselesaikan dengan cepat.

Jika Anda seorang pebisnis online, yang berhubungan dengan laptop, gadget dan internet, fokus pekerjaan Anda akan sangat mudah kabur entah kemana.

Misalnya saat Anda sedang lelah dan jenuh, Anda biasanya akan membuka sosmed untuk mengusir hawa jenuh tersebut. Mungkin juga Anda bermain-main dengan laptop atau gadget Anda.

Aktivitas itu sebenarnya baik karena bisa membuat tubuh menjadi fresh kembali. Akan tetapi, bisa saja membuat produktivitas kerja Anda menjadi menurun. Jika Anda lalai, maka fokus Anda akan teralihkan dan akhirnya pekerjaan tidak bisa selesai tepat waktu.

Loading...

Nah, pada artikel ini penulis akan membahas sebuah topik yang bisa membuat Anda menjadi lebih produktif. Teknik ini sebenarnya sederhana, namun sangat powerfull dampaknya.

Teknik yang satu ini sering dikenal dengan Teknik Pomodoro. Apabila Anda penasaran, mari kita bahas lebih dalam lagi.

Cara Meningkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro

Apa Sih Teknik Pomodoro itu ?

Meningkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro

Pada awal tahun 90-an, teknik ini diciptakan oleh seorang pengusaha, developer sekaligus penulis yang bernama Francesco Cirillo. Ia menamakan teknik iniPomodoro dikarenakan timernya berbentuk seperti tomat.

Ia menggunakannya untuk membagi waktu kerjanya menjadi beberapa periode waktu saat ia masih menjadi mahasiswa.

Teknik ini berbeda dengan metode time management lainnya. Inilah yang membuatnya begitu unik dan keren. Berdampingan dengan Waktu, Bukan Melawannya

Bagi sebagian orang, waktu bisa dianggap sebagai musuh. Mereka biasanya merampungkan tugasnya dengan tergopoh-gopoh dalam tenggang waktu tertentu.

Meskipun sudah menerapkan beberapa cara untuk produktif, namun mungkin hasilnya belum bisa maksimal karena mereka berpacu dengan waktu.

Berbeda dengan itu, teknik pomodoro mengajarkan kita untuk bekerja bersama waktu, bukan berjuang untuk melawannya.

Dengan teknik ini, kita bisa lebih bersahabat dengan waktu. Metode manajemen waktu yang cukup revolusioner, sekaligus mudah dan sederhana untuk meningkatkan produktivitas.

Menghilangkan Kepanikan

Teknik ini bisa membuat pekerjaan lebih cepat selesai dan terasa lebih mudah. Selain itu, istirahat bisa menjadi lebih terjadwal dan bisa menghilangkan rasa panik ketika Anda mempunyai banyak sekali deadline yang harus diselesaikan.

Jika Anda menggunakan teknik ini, Anda tidak akan mungkin bekerja terlalu keras dan overwork. Hal ini juga dapat meminimalisir ijin masuk kerja karena sakit.

Mengelola Gangguan

Gangguan itu bermacam-macam, misalnya menerima panggilan telepon, chat media social atau tiba-tiba ingat hal lain yang bisa mengganggu pikiran Anda.

Fatalnya, gangguan tersebut hadir ketika Anda sedang bekerja. Nah, teknik pomodoro bisa menjawab permasalahan ini. Teknik ini bisa membuat tingkatan prioritas, mana dulu yang harus dikerjakan.

Keseimbangan Kerja dan Kehidupan yang Lebih Baik

Apabila hidup Anda suka menunda-nunda pekerjaan, mungkin saja hidup Anda banyak dipenuhi dengan penyesalan. Anda tidak bisa menikmati waktu santai atau pun waktu bersama keluarga Anda.

Namun tenang saja, masalah itu bisa diatasi dengan Pomodoro. Jika Anda menerapkannya, Anda bisa menghasilkan jadwal yang efektif, tentunya bisa memungkinkan Anda untuk menikmati waktu santai Anda di luar jam kerja.

Selain itu, Pomodoro juga bisa melatih otak untuk lebih fokus dalam jangka pendek. Anda juga dimudahkan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai deadline.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan waktu secara teratur guna meningkatkan motivasi dan kreativitas Anda.

Lalu, Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Teknik Pomodoro?

Meningkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro

Perlu Anda tahu, teknik Pomodoro ini mungkin menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja yang paling simpel untuk dilakukan. Anda hanya memerlukan timer, selain itu tidak membutuhkan alat lainnya.

Jika Anda ingin mencobanya sekarang juga, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  1. Pilih pekerjaan atau proyek yang hendak dikerjakan.
  2. Setelah itu, aturlah Pomodoro tiap 25 menit, dimana Pomodoro itu menjadi timer).
  3. Bekerjalah hingga Pomodoro berbunyi, lalu tulis tugas yang sudah diselesaikan pada selembar kertas.
  4. Jika sudah 25 menit, maka beristirahatlah sejenak selama 5 menit.
  5. Setiap 2 Pomodoro, istirahtlah selama 10 menit. Dan setiap 4 Pomodoro Anda bisa beistirahat lebih lama, mungkin bisa 10-15 menit.
  6. Untuk setiap 4 Pomodoro, Anda bisa istirahat sekitar 15-30 menit. Apapun yang diperlukan untuk membuat Anda merasa siap untuk memulai sesi kerja 25 menit lagi.
  7. Ulangi kembali langkah di atas selama beberapa kali dalam satu hari. Jika ternyata Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih baik, maka lakanlah proses tersebut di hari berikutnya.
  8. Saat istirahat pendek tersebut, Anda bisa mengambil isirahat seperti meminum atau melemaskan badan yang sudah tegang.

Sangat penting untuk dicatat bahwa Pomodoro adalah hal yang terpisahkan dari unit kerja Anda. Yang berarti jika Anda terganggu ditengah jalan oleh rekan kerja, rapat, atau hal yang darurat (urgent).

Anda juga harus mengakhiri Pomodoro (menyimpan pekerjaan Anda dan selanjutnya memulai yang baru), atau Anda harus menunda untuk merespon gangguan sampai Pomodoro selesai.

Akan tetapi, Anda perlu menyesuaikan dengan unit kerja Anda. Jangan sampai Pomodoro malah merugikan banyak pihak, Anda harus lihat situasi dan kondisi.

Apabila Anda tiba-tiba terganggu ditengah jalan karena ada meeting, rapat atau hal yang darurat lainnya, maka sudahilah Pomodoro Anda. Simpanlah pekerjaan Anda itu, lalu mulai kembali dengan Pomodoro baru jika urusan sudah selesai.

Namun apabila ternyata gangguan itu kurang mendesak, Anda bisa menunda untuk merespon gangguan hingga Pomodoro Anda benar-benar selesai. Anda bisa menginformasikan, menghubungi kembali atau bernegosiasi dengan mereka.

Lakukanlah cara ini jika Pomodoro Anda tinggal beberapa menit lagi (nanggung) atau jika gangguan tersebut kurang begitu penting dan tidak mendesak.

Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut:
  • Beri tahu pihak lain yang mengganggu Anda bahwa sekarang Anda sedang mengerjakan tugas.
  • Bernegosiasi tentang waktu saat Anda bisa kembali kepada mereka.
  • Menjadwalkan pertemuan segera dengan mereka.
  • Menghubungi kembali pihak lain ketika Pomodoro Anda selesai dan Anda siap untuk mengatasi masalah mereka.

Pastinya, tidak semua gangguan dapat diatasi semudah itu. Mungkin ada beberapa hal yang membutuhkan perhatian segera, akan tetapi tidak semua gangguan.

Kadang-kadang tidak menjadi masalah untuk memberitahu rekan kerja Anda “Saya sedang mengerjakan sesuatu sekarang, bagaimana kalo kita berbicara sekitar sepuluh menit lagi?”

Melakukan hal tersebut tidak hanya membuat Anda tetap dalam alur pekerjaan, tapi juga memberi Anda control pada hari kerja Anda.

Bagaimana Memulai Teknik Pomodoro?

Meningkatkan Produktivitas dengan teknik pomodoro
Tools Pomodoro – Mariana Timer

Satu hal yang terpenting dalam Pomodoro adalah timer. Dalam pelaksanaannya, Anda bisa menggunakan stopwatch atau aplikasi timer pada handphone Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi dan tools untuk membantu Pomodoro Anda. Fiturnya pun lebih dari sekedar timer biasa, Anda bisa menggunakannya baik secara online atau offline.

Berikut ini adalah aplikasi dan tools tersebut:

Tomighty (Win / Mac / Linux)

Adalah aplikasi pomodoro berbentuk cross-platform desktop timer. Aplikasi ini memberlakukan aturan Pomodoro tradisonal atau yang sesungguhnya.

Anda dapat menyesuaikan waktu pekerjaan dan istirahat dalam periode tertentu. Jujur saja, saya hanya menggunakan aplikasi ini untuk melakukan Pomodoro, hasilnya juga sangat memuaskan..

untuk menggunakannya sangat mudah , aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja dan pada laptop/komputer berbasis Windows, Mac dan Linux. Namun sebelumnya, Anda harus menginstall Java terlebih dahulu agar aplikasi ini berjalan optimal.

Pomodorable (OS X)

Merupakan aplikasi yang menggabungkan teknik Pomodoro dengan aplikasi to-do-list. Aplikasi ini memberikan tanda yang lebih visual saat pekerjaan Anda telah selesai dan pekerjaan selanjutnya.

Selain itu, keberadaan aplikasi ini juga terintegrasi dengan baik bersama reminder OS X. Anda juga bisa mengira-ngira, seberapa banyak Pomodoro yang diperlukan untuk merampungkan sebuah tugas.

Jika Anda sudah terbiasa menggunakannya, Anda mungkin dapat melihat sebuah kemajuan pada diri Anda.

Marinara Timer (Web)

Adalah tool online yang bisa membuat Anda melakukan Pomodoro tanpa aplikasi. Anda hanya perlu membuka tab yang disematkan/pinned lalu memilih timer alert Anda sehingga bisa mengetahui kapan bekerja dan kapan istirahat.

Dengan begitu, Anda dapat mengatur ulang kerja dan waktu rehat sesuai keinginan Anda. Karena tersemat di dalam browser, tool ini tentu lebih fleksibel karena Anda tidak perlu menginstallnya.

Simple Pomodoro (Android)

Merupakan software gratis yang bisa di dapatkan di playstore secara gratis. Aplikasi ini termasuk aplikasi timer terbaik untuk Anda gunakan secara mobile.

Anda hanya perlu menekan timer, lalu mulai selesaikan tugas Anda, dan ambil istirahat Anda saat bel berbunyi. Anda bisa mendapat pemberitahuan lebih detail, kapan harus istirahat dan kapan harus bekerja kembali.

Selain itu, Anda bisa melihat banyaknya Pomodoro yang sudah dilakukan setiap harinya. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan Google Tasks untuk semakin mengoptimalkan kinerja Anda.

 Fokus Timer (iOS)

Merupakan aplikasi untuk pengguna iPad dan iPhone yang disebut dengan Pomodoro Pro. Anda bisa menyesuaikan pekerjaan Anda dan waktu istirahatnya. Anda juga bisa mengevaluasi pekerjaan Anda dengan melihat bagaimana fokus Anda bekerja.

Anda bisa melihat waktu yang tersisa dalam periode kerja Anda. Fokus Timer bahkan memiliki sistem rating dengan bintang agar Anda semakin termotivasi. Ini bisa diibaratkan juga sebagai reward atas pencapaian Anda.

Bahkan, Anda bisa menyesuaikan suara dan mendengarkan waktu berdetik saat Anda mengunci Smarphone Anda. Hal ini bisa menjaga Anda tetap fokus untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Nah, itu dia beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan teknik Pomodoro ini. Jangan pernah ragu untuk mencoba dengan orang lai.

Ingat juga bahwa fokus dari teknik Pomodoro adalah pada pekerjaan bukan timer yang digunakan. Harapannya, tools ini bisa meningkatkan produktivitas kerja Anda berkali-kali lipat.

Pekerjaan Apa yang Bisa Efektif Menggunakan Teknik Pomodoro?

Meningkatkan Produktivitas dengan Teknik Pomodoro

Sebenarnya teknik Pomodoro ini bisa digunakan oleh siapa pun dan profesi apa pun. Kebanyakan yang menggunakan teknik ini adalah para pengembang (developer software/programmer), desainer dan orang-orang yang perlu menciptakan karya kreatif.

Hal ini juga bisa dilakukan oleh para pebisnis online, internet marketer atau siapa pun itu yang ingin meningkatkan produktivitas dan mencobanya.

Umumnya, manusia yang berhasil menciptakan sesuatu perlu ditinjau oleh orang lain. Akan tetapi, teknik ini mudah sekali untuk beradaptasi dengan berbagai bidang pekerjaan.

Anda juga perlu memahami lebih dalam bahwa Pomodoro merupakan sistem produktivitas, bukan malah untuk menghalangi Anda.

Seandainya ada kemajuan jadwal dan timer ternyata belum berbunyi, tidak apa-apa untuk menghentikan timer saat itu juga. Anda juga bisa istirahat lebih cepat dan istirahat kembali.

Tujuan utama dari teknik ini adalah membantu Anda tetap fokus dan mengingatkan Anda untuk beristirahat. Istirahat yang pendek bisa memberikan energi untuk menyelesaikan banyak tugas, entah tugas itu ringan atau berat sekalipun.

Jika Anda tidak cocok dengan metode ini, maka Anda bisa menggunakan metode lain. Ini merupakan teknik yang fleksibel dan simpel, namun jangan pernah untuk memaksa diri Anda untuk melakukannya.

Perlu Anda tahu, produktivitas bukanlah ‘everything’, itu hanya metode untuk mencapai tujuan dan menghabiskan waktu dengan efektif dan efisien.

Bila metode ini cukup membantu Anda, maka lanjutkan saja. Bila tidak, jangan paksakan diri Anda.

Menggabungkan Pomodoro dengan Metode Lain untuk Meningkatkan Produktivitas

Meningkatkan Produktivitas dengan teknik pomodoro

Teknik Pomodoro merupakan metode yang mengarah pada bagaimana seseorang melakukan pekerjaan, bukan mengatur sebuah pekerjaan. Jika ingin dapat hasil maksimal dari teknik ini, maka Anda bisa gabungkan dengan metode produktivitas lainnya.

Contoh saja, apabila Anda suka metode GTD (Getting Things Done), maka Anda bisa dengan mudah memakai GTD untuk memprioritaskan pekerjaan. Setelah perencanaan itu dibuat, maka kerjakan tugas tersebut dengan teknik Pomodoro agar produktivitas Anda menjadi berkali lipat.

Sekali lagi, Anda perlu mengingat bahwa Pomodoro merupakan teknik untuk membuat diri seseorang tetap fokus dan bisa menyelesaikan sesuatu dengan mudah, tanpa panik apalagi stress.

Jangan dibikin pusing, teknik ini benar-benar amat simpel. Keunikan utama Pomodoro adalah kesederhanaannya, bukan yang lain.

Penutup…

Teknik Pomodoro bisa disimpulkan sangat personal, karena hanya diri sendirilah yang benar-benar bisa merasakan dampaknya. Anda mungkin bisa mengusulkan metode ini kepada orang lain, namun tetap saja Anda tidak boleh memaksanya.

Cobalah teknik ini untuk diri Anda terlebih dahulu dan lakukan selama 3-7 hari. Jika ternyata cocok dan bisa membawa perubahan pada kinerja Anda, lakukanlah hal ini setiap harinya secara rutin. Ini bisa meminimalisir kepanikan atau stress dikarenakan tugas dan deadline yang menumpuk.

Baca juga: 10 Hal ini Bisa Menunjang Produktivitas Seorang Blogger!

Anda juga tidak perlu menyelesaikan semua Pomodoro dalam satu hari.

Sebagian orang menyukai teknik ini dan akan mencatat bahwa bisa mendapat 1 atau 2 Pomodoro sebelum terganggu oleh gangguan yang tidak bisa dihindari. Hasilnya, Anda bisa semakin produktif setiap harinya.

Selamat mencoba!


Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *