Tekno

Mengenal 6 Mode Kunci Layar Smartphone, Manakah yang Lebih Aman ?

Seperti yang kita ketahui, penggunaan mode kunci layar smartphone ini merupakan suatu bentuk pengamanan yang paling dini pada sebuah smartphone.

Untuk penerapannya sendiri, sudah banyak pengguna smartphone yang mengandalkan fitur yang satu ini guna mengamankan smartphone dari “tangan-tangan jahil” yang ada.

Di smartphone masa kini, terdapat cukup banyak pilihan mode dalam melakukan kunci layar ini yang bisa kalian pilih sesuai keinginan.

Bahkan setiap tahunnya, pilihan mode kunci layar ini pastinya selalu bertambah seiring dengan bertambahnya tuntutan keamanan pada penggunaan smartphone zaman sekarang.

Berbicara soal pilihan mode kunci layar smartphone, kali ini saya mau kasih tahu beberapa mode kunci layar yang ada pada smartphone masa kini.

Penasaran apa saja mode-mode tersebut dan manakah yang paling aman ? Langsung saja kita lihat ulasan di bawah ini.

5 Mode Kunci Layar Smartphone

1. Mode Geser

Mode Kunci Layar Smartphone

Mode kunci layar yang pertama yaitu mode geser. Mode yang satu ini merupakan mode kunci layar yang paling basic pada suatu smartphone.

Loading...

Untuk segi keamanannya sendiri, mode yang satu ini tentu sangat tidak aman untuk digunakan.

Selain rentan dibajak oleh “tangan-tangan jahil”, penggunaan mode kunci layar ini juga bisa menimbulkan malfungsi pada fitur suatu smartphone seperti tersentuh secara tidak sengaja misalnya .

Oleh karena itu, bagi pengguna smartphone sangat disarankan banget untuk tidak memakai mode kunci layar yang satu ini.

2. Mode Pola

Mode Kunci Layar Smartphone

Mode kunci layar yang berikutnya yaitu mode pola. Mode kunci layar yang satu ini merupakan mode kunci layar yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone.

Hal tersebut tentunya wajar karena penggunaanya yang cukup simpel dan tidak memakan banyak waktu juga tentunya. Kenapa tidak memakan banyak waktu ?

Coba saja bandingkan dengan penggunaan PIN atau password sebagai kunci layar.

Untuk menggunakan mode pola ini, kita diharuskan untuk menggambar pola yang mudah kita ingat. Biasanya, pola yang kita masukkan harus menjangkau minimal 4 titik.

Untuk segi keamanannya sendiri, mode pola ini cukup aman kok buat digunakan sebagai mode kunci layar smartphone kesayangan kalian.

Sebagai saran saja jika kalian menggunakan mode pola ini, kalian harus mematikan garis pada pola tersebut. Ya, penggunaan garis pada pola ini sebenarnya ada risiko rentan dibajak juga.

3. Mode PIN

Mode Kunci Layar Smartphone

Mode kunci layar smartphone selanjutnya yaitu mode PIN. Untuk menggunakan mode ini, kita diharuskan untuk mendaftarkan 4 sampai 16 digit angka terlebih dahulu.

Dari segi keamanannya sendiri, kunci PIN ini sebenarnya sangat aman untuk digunakan.

Namun terkadang, penggunaan kunci PIN ini biasanya selalu memakan waktu lebih lama alias tidak efisien.

Bayangkan saja jika kalian mengandalkan kunci PIN buat unlock smartphone dan kebetulan lagi asyik-asyiknya memainkan smartphone terus tiba-tiba layarnya mati, tentu bakal makan waktu lebih lama kan buat membukanya ? 😀

4. Mode Password

Mode Kunci Layar Smartphone

Mode kunci layar selanjutnya yaitu mode password. Untuk menggunakan mode yang satu ini, kita harus mendaftarkan 4-16 karakter yang bisa berupa huruf/angka/kombinasi dari keduanya.

Untuk segi keamanannya sendiri, mode yang satu ini sebenarnya malah jauh lebih aman jika dibandingkan dengan ketiga mode sebelumnya.

Namun segi keamanan yang mumpuni tersebut berbanding terbalik dengan efisiensi penggunaannya.

Seperti halnya mode PIN, penggunaan mode password ini tentunya bisa memakan waktu lebih lama untuk membukanya, bahkan bisa lebih lama dari mode PIN sekalipun.

5. Mode Fingerprint

Mode Kunci Layar Smartphone

Mode kunci layar berikutnya yaitu mode pemindai sidik jari (fingerprint). Mode yang satu ini merupakan mode paling mutakhir dan mungkin paling banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone saat ini.

Hal tersebut tentunya wajar karena penggunaan fingerprint ini terbilang simpel banget dan tingkat efisiensi penggunaannya pun sangat baik.

Hal yang paling penting dalam penggunaan mode kunci layar ini tentunya harus ada sensor fingerprint pada smartphone kalian.

Untuk menggunakan fitur yang satu ini, yang pertama dilakukan tentunya harus mendaftarkan sidik jari kalian terlebih dahulu.

Setelah itu, kita juga harus memilih kunci layar alternatif jika suatu saat kita gagal membuka kunci layar memakai sensor fingerprint seperti pola, PIN atau password.

Sejauh ini, fitur keamanan yang satu ini masih menjadi yang paling aman untuk saat ini. Selain aman, tentunya penggunaan fingerprint ini juga tidak banyak makan waktu.

6. Mode Pemindai Wajah

Mode Kunci Layar Smartphone

Mode yang berikutnya tentu ada mode pemindai wajah. Mode kunci layar yang satu ini merupakan mode yang baru saja dikembangkan pada tahun 2017 kemarin dan perlahan mulai dikomersialkan.

Beberapa smartphone sudah ada yang menerapkan fitur ini guna menjaga keamanan smartphone-nya seperti Apple iPhone X salah satunya.

Kedepannya, mode detektor wajah ini diharapkan bisa menjadi penyempurna dari mode-mode sebelumnya. Karena pemindai wajah ini diklaim lebih aman digunakan dan tentunya bakal lebih efisien dari segi penggunaan. Selain itu, pemindai wajah ini juga termasuk ke dalam teknologi smartphone yang bakal booming di tahun ini.

Jadi, Manakah yang Lebih Aman ?

Untuk saat ini tentu mode fingerprint merupakan mode kunci layar smartphone yang paling aman saat ini.

Alasannya cukup simpel, sidik jari orang kan pastinya berbeda antara satu sama lain (meskipun keluarga sendiri sekalipun). Kalaupun diduplikat ? Memangnya bisa ? Ya pasti tidak bisa.

Meskipun begitu, anda juga harus tetap menjaga privasi dari kunci layar alternatif yang anda pilih, hitung-hitung menjaga proteksi tambahan kan.

Selain aman, penggunaan fingerprint sebagai kunci layar pada smartphone juga cukup efisien untuk digunakan. Tinggal tap pemindainya, langsung deh kunci layar pun terbuka dengan cepat.

Penutup

Nah, mungkin cukup sekian pembahasan mengenai keenam mode kunci layar smartphone kali ini. So, kira-kira kalian menggunakan mode kunci layar yang mana nih ? 😀



Loading...

Baca selengkapnya

ekkyerdiansyah

Seseorang yang suka akan hal-hal yang berkaitan dengan ponsel, smartphone, gadget dan game. Jika kalian pengen lihat konten bermanfaat lainnya yang berkaitan dengan smartphone dan gadget, kalian bisa mampir ke channel YouTube saya di http://bit.ly/2nJQPc7. OK cukup sekian dan terima kasih.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *