Review ProdukTekno

Apple iPhone X, Ponsel Dual Kamera Dan Tanpa Tombol Home

Apple iPhone X. Setelah lumayan lama tidak memperbaharui seri ponsel mereka, akhirnya tahun ini Apple kembali merilis smartphone terbaru mereka. Ponsel ini digadang – gadang sebagai flagship tertinggi dari Apple dan memiliki segudang fitur kelebihan.

Produk Apple yang satu ini memang sangat berbeda dengan produk Apple sebelumnya. Dimana setiap produk Apple selalu dilengkapi dengan sebuah tombol home. Namun untuk iPhone X ini, pihak Apple menghilangkan tombol tersebut. Layar ponsel ini mencapai 82.9% screen to body ratio.

Hal ini mungkin untuk menyaingi para rivalnya yang sudah duluan hadir. Sebut saja seperti Samsung Galaxy S8 series yang memiliki bezel sangat tipis. Untuk bisa bersaing dengan ponsel ber bezel tipis, pihak Apple pun harus membuat bezel setipis mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menghilangkan tombol home.

Melihat penamaannya saja sebagai iPhone X, tentu kita akan merasa heran. Selama ini pihak Apple selalu menggunakan angka untuk menamai ponsel iPhone-nya. Namun kali ini berbeda dan mencoba memberi embel – embel “X”. Ada apa gerangan maksud Apple dibalik penamaan tidak lazim ini?.

Desain Apple iPhone X

Melihat desain ponsel terbaru Apple ini, kita akan merasakan langsung perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya. Semua jelas benar – benar berbeda dan meloncat dari kebiasaan mereka pada umumnya.

Apple iPhone X
Desain depan via gadgets.ndtv.com

Demi meminimalisir bezel, mereka sampai mengikuti garis speaker telepon dan lensa kamera depan dengan layarnya. Layar ponsel ini kelihatan jadi sangat berbeda, meliuk – liuk mengikuti body depan ponsel. Pada bagian samping dan bawah kelihatan bezel yang sangat tipis, walaupun tidak setipis Samsung Galaxy S8 series.

Pada bagian depan terlihat bagian layar tidak dilengkapi dengan tombol apapun, berbeda dengan seri iPhone sebelumnya. Pada bagian atas layar, terdapat lensa kamera depan dengan beberapa sensor. Sedangkan pada bagian belakang, terdapat dual kamera dengan LED Flash dan logo Apple berwarna.

Pada bagian kanan ponsel, kita bisa menemukan sebuah tombol yang mereka sebut dengan side button, dan di bagian bawahnya terdapat SIM Tray yang hanya bisa diisi dengan sebuah Nano Sim. Sedangkan pada bagian kiri terdapat tombol volume up down yang ditemani dengan tombol on off suara.

Beralih ke bagian bawah, kita bisa menemukan lubang speaker yang ditemani dengan port pengisian daya.

Apple iPhone X
Desain belakang via scmp.com

Ponsel dengan bezel tipis memang semakin digandrungi belakangan ini. Maka, walaupun iPhone identik dengan sebuah tombol home di depan, kebiasaan itu harus dibuang sekarang. Semua itu demi menciptakan sebuah ponsel yang benar – benar bezelles.

Pada bagian samping kiri dan kanan, terdapat garis antena khas iPhone. Garis antena ini ada 4 buah, masing – masing 2 setiap sisinya.

Berbeda dengan bahan yang digunakan ponsel iPhone pada umunya, ponsel terbaru ini menggunakan material berbalut stainless steel yang kuat. Material ini tentu akan lebih kuat dibandingkan dengan bahan material aluminium pada seri sebelumnya.

Layar Apple iPhone X

Berbicara mengenai layar dari ponsel produk Apple, tentu kita sudah tahu kehebatan mereka. Layar yang sangat jernih dengan teknologi retina display sudah mereka perkenalkan sejak memperkenalkan iPhone 3 series terdahulu. Tentu hal tersebut masih dipertahankan oleh Apple sampai sekarang.

Apple iPhone X
Layar via people.com

Mengusung ponsel tipe bezeless, ponsel ini memiliki layar seluas 5.8 inchi dengan teknologi Super Retina Screen. Mereka mengklaim jika layar terbaru dari produk mereka ini akan aman dan enak digunakan berlama – lama di depan mata.

Layarnya memang kelihatan sangat unik, dan belum dimiliki oleh ponsel manapun sejauh ini. Pada bagian atas memang terdapat lensa kamera depan, speaker telepon, dan beberapa sensor. Namun, Apple tetap mengisi bagian sampingnya dengan layar, sehingga layarnya kelihatan melengkung.

Sayangnya setelah rivalnya menggunakan teknologi Edge Screen, Apple masih enggan untuk mengikuti. Terbukti ponsel ini hanya memiliki teknologi 2.5D screen di bagian pinggirnya. Jadi layar ponsel ini hanya melengkung di bagian ujungnya saja dan tidak mengikuti body.

Apple iPhone X
Layar via gizmodo.com.au

Layar yang digunakan juga sudah menggunakan teknologi OLED, dengan tingkat kecerahan yang sangat tinggi dan kaya akan warna. Bahkan mereka mengklaim jika rasio layar ini sampai 1.000.000 : 1. Sekedar informasi, layar teknologi OLED ini diproduksi oleh Samsung untuk kemudian dijual dan digunakan oleh Apple.

Demi keamanan layar, pihak Apple juga sudah menggunakan teknologi oleophobic coating. Dengan teknologi ini, pengguna tidak perlu khawatir layar ponsel nya akan tergores oleh benda tajam. Mereka mengklaim jika teknologi ini jauh lebih aman dibandingkan Corning Gorilla Glass yang sering digunakan oleh ponsel Android.

Mungkin banyak yang bertanya, lantas dimana letak sensor Touch ID jika ponsel ini tidak memiliki tombol home. Ternyata Apple sudah membuang fitur tersebut dan menggantinya dengan Face ID, yang lebih aman dan akurat. Pihak Apple mengklaim, jika Face ID miliknya lebih akurat dibandingkan dengan Face recognition milik Samsung.

Tampilan Antarmuka Apple iPhone X

Untuk tampilan antarmuka, Apple selalu setia menggunakan tampilan antarmuka khas iOS mereka. Ponsel ini sudah dibekali dengan iOS versi 11 yang masih tergolong baru, karena belum lama diperkenalkan ke publik. Kita tidak akan menemui tombol apapun pada bagian antarmuka nya.

Apple iPhone X
Tampilan Antarmuka via businessinsider.sg

Jika para rivalnya masih menggunakan tombol kapasitif di dalam layar, maka untuk ponsel ini benar – benar bersih dan kosong. Untuk membukan menu, pengguna bisa mengusap layar ke atas, dikarenakan tidak adanya tombol home drawer.

Software Apple iPhone X

Beralih ke sisi software dan hardware, tentu Apple tidak akan main – main. Dengan gebrakan besar pada bagian eksterior, sudah tentu diiringi dengan performa dapur pacu dari sang flagship. Untuk dapur pacu nya sendiri ponsel ini sudah menggunakan chipset buatan mereka sendiri.

Apple iPhone X
Spesifikasi via trustedreviews.com

Sekedar informasi, Apple memang selalu menggunaan chipset buatan mereka sendiri dan hanya dipakai oleh mereka sendiri. Chipset ini sudah terbukti tangguh dalam melahap multitasking dan menjalankan aplikasi. Chipset dengan spesifikasi 2 kali lipat lebih tinggi milik Android, masih bisa diimbangi oleh chipset dari Apple.

Apple sendiri sudah menggunakan chipset A11 Bionic Chip 64-bit architecture. Chipset yang digunakan ini sudah merupakan chipset Hexa-Core, yakni memiliki 6 inti prosesor. Chipset ini adalah chipset tertinggi yang pernah dipakai oleh Apple sejauh ini.

Untuk sistem operasi nya sendiri, Apple sudah menanamkan iOS versi 11. Versi ini merupakan versi terbaru dari iOS  Apple dan belum lama ini diperkenalkan ke publik. Versi ini memiliki segudang peningkatan dibandingkan dengan iOS versi sebelumnya.

Untuk urusan konektivitas, ponsel ini sudah menggunakan jaringan 4G LTE Cat16 Advanced. Versi LTE Cat16 adalah versi tertinggi jaringan LTE untuk sekrang ini. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir jika harus mendownload aplikasi berukuran besar atau mengupload dokumen – dokumen ke iCloud masing – masing.

Hardware Apple iPhone X

Sedangkan untuk urusan membuka aplikasi dan multitasking, Apple mempercayakan RAM Sebesar 3GB. Walaupun tergolong kecil dibandingkan dengan produk Android, namun hal tersebut tentu tidak akan menjadi masalah berarti.

Produk Apple adalah produk yang bisa meminimalisir penggunaan RAM, sehingga tidak akan kalah dari produk Android, walaupun memiliki kapasitas RAM yang lebih tinggi.

Apple iPhone X
iPhone X via dailystar.co.uk

Untuk menunjang memory penyimpanan, Apple sudah menyediakan 2 varian, yakni 64GB dan 256GB. Apple memang tidak pernah menyediakan slot Micro SD dalam produk mereka. Kebiasaan itu mengharuskan mereka membekali produknya dengan memory pentimpanan internal yang tinggi.

Ponsel ini juga sudah mengantongi sertifikat ip67 dust and water resistant. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir jika harus menggunakan ponsel ini berendam di kolam renang untuk sekedar mengambil foto selfie. Hal ini tentu akan sangat memanjakan pecinta foto selfie, karena sekarang ini selfie sudah menjadi kebiasaan banyak orang dimanapun berada.

Fitur ini menjadikan Apple mampu diajak berenang dengan kedalam 1 meter selama 30 menit. Bukan hanya itu, ponsel ini juga seharusnya aman dari debu dan lumpur, sebagaimana kemampuan dari ponsel dengan ip67.

Fitur Unggulan Appel iPhone X

Satu hal yang paling diunggulkan oleh ponsel ini adalah FaceID. Konsumen pun tentu bertanya – tanya, seberapa akurat FaceID milik Apple?, mengingat mereka baru pertama kali ini menggunakan fitur tersebut. Itupun dikarenakan ketiadaan tombol home dan tidak bisa memasang TouchID.

Apple iPhone X
FaceID via theverge.com

Pihak Apple mengklaim jika FaceID mereka bisa menangkap wajah seakurat mungkin dan dengan waktu yang sangat cepat. FaceID ini mampu mengenali wajah pengguna dengan baik dan terus menerus mempelajari wajah pengguna.

Bahkan, walaupun pengguna berganti – ganti gaya rambut, memakai kacamata, dan memakai topi, FaceID ini akan teap mampu mengenali wajah sang pemiliknya. Fitur keamanan ini tidak hanya merekam wajah pemilik saat didaftarkan saja, melainkan akan tetap mempelajarinya seiring dengan seringnya pengguna memakai fitur ini.

Fitur ini sangat sulit untuk diakali dan ditipu. Bahkan, FaceID Apple ini bisa membedakan foto pemilik dengan wajah asli yang sebenarnya. Jadi, walaupun ada yang berniat jahat hendak membuka kunci ponsel dengan menggunakan foto pemilik. Hal tersebut tidak akan berhasil

Apple meyebutkan jika FaceID jauh lebih aman dibandingkan dengan fitur TouchID atau sensor fingerprint. Mereka juga menambahkan, perbedaan sisik jari manusia 1 : 50.000. Sedangkan perbedaan pola wajah 1 : 1.000.000, yang tentunya sangat unik dan sangat langka.

Apple iPhone X
Fitur Animoji via gadgets.ndtv.com

Selain itu, Apple juga menyediakan berbagai emoji untuk kamera depannya. Apple menyadari jika eksistensi emoji belakangan ini semakin disukai oleh pengguna smartphone. Tidak ingin ketinggalan, Apple pun akhirnya menggunakanya dan memberi nama “animoji” untuk fitur tersebut.

Fitur ini akan mengikuti gerakan dan mimik wajah dari sang pengguna untuk kemudian mengubahnya dalam bentuk emoji. Fitur ini memang benar – benar berbeda dibandingkan kamera lain kebanyakan yang hanya mampu menambahkan stiker pada foto yang diambil.

Baterai Apple iPhone X

Berbicara mengenai baterai, pihak Apple memang tidak pernah membekali smartphone nya dengan baterai berkapasitas besar. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat beratnya kinerja prosesor untuk membuka beberapa aplikasi dan melakukan multitasking.

Apple iPhone X
Fitur wireless charging via techcrunch.com

Kendati demikian, Apple mengklaim jika ponsel ini mampu bertahan 2 jam lebih lama dibandingkan dengan iPhone 7 terdahulu. Walau selalu ingin tampil beda dengan produk Android kebanyakan, namun belakangan ini pihak Apple sudah mulai mengikuti perkembangan dari Android.

Salah satunya adalah pemakaian fitur fast charging. Fitur ini sebelumnya tidak pernah digunakan oleh pihak Apple pada produk – produk mereka. Namun, kali ini mereka menggunakanya pada Apple iPhone X. Hal ini tentu akan sangat menggembirakan buat para pecinta produk Apple. Mereka mengklaim dalam waktu 30 menit saja bisa mengisi baterai sampai dengan 50%.

Satu lagi yang mereka contoh dari produk sebelah adalah penggunaan teknologi wireless charging. Fitur ini pertama kali digunakan oleh Samsung, diikuti oleh beberapa vendor lain yang berbasiskan ponsel Android. Apple pun akhirnya menggunakan teknologi tersebut pada ponsel ini.

Kamera Dan Video Apple iPhone X

Kamera dan kemampuan merekam video iPhone memang tidak usah diragukan lagi. Walaupun memiliki resolusi kamera yang tergolong kecil dibandingkan kamera Android, namun lensa kmaera iSight selalu mampu memberikan lebih.

Apple iPhone X
Kamera belakang via dpreview.com

Untuk kamera belakang, produk terbaru Apple  ini sudah menggunakan lensa dengan resolusi 12MP pada dual camera nya. Satu lensa untuk fitur wide angle, dan satunya lagi untuk fitur telephoto. Kamera ponsel ini juga sanggup melakukan optical zoom dan digital zoom sampai 10 kali.

Kehadiran LED Flash juga tidak absen dari ponsel Apple iPhone X ini. Walaupun hanya menggunakan 1 buah LED Flash saja, namun flash ini mampu memberikan pencahayaan lebih dari dual LED Flash milik Android kebanyakan. LED Flash milik Apple memiliki lebih banyak warna cahaya, sehingga dapat memaksimalkan detail foto.

Pengguna tentu tidak perlu khawatir lagi jika harus memotret momen – momen tertentu pada kondisi cahaya kurang terang. Detail gambar akan kelihatan jelas berkat ditanamkanya LED Flash tersebut.

Sedangkan pada sektor perekaman video, dual kamera ponsel ini mampu merekam kamera hingga resolusi [email protected] Pengguna juga bisa memilih resolusi lain, yakni [email protected] dan 60fps, serta [email protected] Hebatnya lagi, pengguna bisa memotret foto dengan ukuran 8MP ketika sedang melakukan perekaman video.

Apple iPhone X
Kamera depan dan belakang via timesdelhi.com

Selama ini Apple selalu enggan menonjolkan dan mengunggulkan kamera selfie dari produk mereka. Namun, sekali lagi mereka sudah berubah banyak. Untuk resolusi kamera depan sendiri, mereka sudah menggunakan lensa dengan resolusi 7MP.

Relosusi tinggi ini akan semakin menarik lagi berkat penggunaan fitur portrait mode dari Apple. Walau tidak memiliki LED Flash untuk kamera selfie-nya, namun Apple sudah menyematkan fitur Retina Flash untuk mempertajam detail gambar.

Kamera selfie ponsel ini mampu menangkap objek dengan angle yang lebar disertai fitur auto image stabilization. Bukan hanya pada kamera belakang, kamera depan ini juga mampu merekam video hingga resolusi 1.080 HD.

Harga dan Kesimpulan

Produk terbaru Apple ini dibanderol dengan harga sekitar Rp.13.1 Jutaan. Harga tersebut tentu bukanlah harga yang murah untuk sebuah ponsel. Namun, bukan Apple namanya jika menjual ponsel dengan harga yang murah, apalagi setara dengan ponsel Androi kebanyakan.

Mungkin akan banyak orang yang berpikir jika membeli ponsel ini sama saja membeli merek, bukan fitur dan kualitas. Hal tersebut sedikit banyaknya memang benar, karena sekarang ini ponsel Android sudah banyak yang dibanderol dengan harga murah, namun memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni.

Namun berbeda dengan para pecinta produk Apple yang sejati. Sebagai pecinta dari produk tertentu, harga bukanlah halangan. Selama bisa membeli dan memiliki produk pilihan, maka harga tidak akan menjadi masalah. Melainkan akan menjadi kebanggaan bisa memiliki produk dari brand impian.

Baca Juga :


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait

2 Comments

    1. haha,
      namanya juga persaingan,
      melihat perkembangan android yang semakin maju, iPhone pun lama2 meninggalkan banyak ciri khasnya dan mengikuti model android. contohnya samsung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close