Webmaster

Pengertian Domain Authority dan Page Authority Pada Blog

Pengertian domain authority dan page authority atau biasa di sebut DA dan PA menjadi acuan tingkat kualitas sebuah blog semenjak kabar yang beredar bahwa google tidak lagi mengupdate PageRank.

Google pagerank yang terkenal itu seolah sudah mati, atau google sendiri sudah tidak lagi mengandalkan pagerank sebagai penentu kualitas website atau blog. Google pagerank  memberi angka 10 sebagai pagerank yang paling tinggi, Untuk mendapatkan pagerank dari google hanya pihak dari google yang menentukan.

Setelah google PageRank tak terdengar kabar update terbarunya, kini domain authority dan page authority menjadi alternative pengganti google PR.

Sebuah web atau blog mempunyai nilai kualitas yang bagus jika DA atau PA mempunyai niai yang tinggi, untuk nilai DA dan PA sendiri mematok angka 100 sebagai angka paling tertinggi. Berbeda dengan Google PR yang hanya sampai angka 10 saja.

cek Domain authority

Domain authority dan page authority bisa kita lihat perkembanganya setiap bulan, berbeda dengan Google pagerank yang tidak jelas kapan waktu updatenya, kita bahkan bisa melihat peningkatan DA dan PA setiap saat, masalah cepat atau lambatnya laju peningkatan DA ataupun PA tergantung dengan kita sendiri. Bisa di simak untuk keterangan dan penjelasan lengkapnya di kelanjutan artikel ini.

Pengertian domain authority

Domain Authority biasa di sebut dengan Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain di mata sebuah mesin pencarian (google,bing,yahoo,dll). Domain Athority bisa di dasarkan atas 3 faktor yaitu umur domain, Popularitas, dan Ukuran. Dengan memiliki 3 faktor tersebut web/blog akan mudah mendapatkan peringkat yang tinggi pada hasil pencarian..

1. Umur domain
Umur atau usia lamanya sebuah domain menjadi penentu dalam Tinggi atau rendah nya nilai DA, semakin lama domain itu aktif dan bertahan, maka akan semakin tinggi pula nilai DA nya. Hal ini menunjukan bahwa pemilik domain tersebut sangat konsiten dengan domain yang di kelolanya.

2. Popularitas sebuah domain di nilai dari jumlah link yang masuk (Inbound link) dari situs yang berkualitas,  Inbound link dapat di artikan memberi rekomendasi terhadap situs anda sendiri (backlink) cara ini bisa di peroleh dengan ikut berkomentar pada blog lain (blogwalking), ataupun aktif dalam sebuah forum.  Hal ini terbukti ampuh untuk mendongkrak trafik pengunjung dan menguatkan SERP pada hasil pencarian (Search engine).

3. Ukuran sebuah domain di ukur dengan jumlah halaman posting yang ada pada suatu blog itu sendiri,semakin banyak jumlah posting atau artikel yang berkualitas, akan memperbanyak jumlah inbound link terhadap web/blog. Berbeda dengan blog baru yang masih miskin dengan konten atau artikel.

Baca : Jangan berharap lebih jika blog anda masih miskin dengan konten

Pengertian Page authority

Page Authority atau sering di sebut Otoritas Halaman menggambarkan popularitas halaman tertentu dari situs/blog yang ditemukan di mesin pencari. Page Authority yang lebih tinggi menggambarkan kemungkinan besar halaman situs/blog muncul di search engine.

Perhatikan bahwa otoritas halaman terkait dengan halaman dalam situs, bukan situs itu sendiri. Situs/blog yang memiliki PA dengan nilai tinggi akan lebih bagus dibandingkan dengan situs yang memiliki PA kecil dan memenangkan persaingan dalam hasil pencarian.

Itulah mengapa Page authority tergantung pada diri kita sendiri, semakin konsisten kita terhadap blog, maka akan semakin meningkat pula nilai PA dari blog kita.

Cara Meningkatkan Page Authority

Google selalu menuntut hal yang original, konten yang berkualitas di mata google adalah sebuah artikel asli, fresh dan baru serta relevan. Anda bisa rutin meng -update artikel, membuat posting yang berkualitas, serta membuat artikel pilar untuk blog anda. Pentingnya sebuah artikel pilar membuat kedudukan blog anda semakin kuat di mata search engine.

Baca referensi artikel di bawah ini :
Artikel Berkualitas Adalah Cara Optimasi SEO Era Baru

Domain authority dan page authority ditetapkan pada hitungan 0 – 100,semakin tinggi nilai DA dan PA, maka akan semakin berkualitas sebuah situs tersebut.

Cara cek Domain authority dan page authority

DA dan PA ditetapkan pada hitungan 0 – 100,semakin tinggi nilai DA dan PA, maka akan semakin berkualitas sebuah situs tersebut. Anda bisa gunakan salah satu alamat situs di bawah ini untuk mengetahui seberapa tinggi nilai DA dan PA blog anda.

Cukup masukkan URL blog anda untuk mengeceknya.

  • http://moz.com/researchtools/ose
  • http://websiteseochecker.com/domain-authority-checker
  • http://moonsy.com/domain_authority
  • http://moonsy.com/page_authority
  • http://smallseotools.com/domain-authority-checker
  • http://smallseotools.com/page-authority-checker
  • http://99webtools.com/page-authority-domain-authority-checker.php
Atau bisa menggunakan Moz bar untuk Google Chrome dan Mozilla.
https://moz.com/tools/seo-toolbar

Tambahan : Jika anda menggunakan blogspot, maka  Domain authority memiliki nilai tinggi (rata rata 90) karena menggunakan subdomain yang sudah populer.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

113 Comments

  1. Terima kasih penjelasan di atas, jujur saja sekian lama ngeblog saya jarang memperhatikan PA dan DA. Selain kurang paham juga tak ngerti untungnya apa. Namun, sekilas penjelasan di atas sudah sedikit paham.

  2. Info yang menarik untuk blogger pemula kayak saya yang belum paham DA dan PA setelah di cek DA dan PA masih kecil ternyata

  3. Kak mau nanya kalau Domain Authority:25 dan Page Authority: 43 itu artinya sudah baguskag blognya?

  4. Saya pernah menemukan website dengan DA PA rendah namun bisa masik page one google dengan kata kunci yang cukup lumayan, sementara itu blog dengan da pa tinggi malah berada di bawahnya , apakah itu suatu kebetulan atau memang ada teknik tertentu? Terimakasih

  5. Min, ane rencana pengen beli backlink yang da pa nya itu gede. Tapi ane masih ada kendala nih. Emang sih DA PA nya gede sampe 50 32, tapi pas di cek backlink nya di statshow, com nggak ada pengunjung nya.

    Tolong bantu min, sebab jangan sampai ane salah beli. Makasih.

  6. Informasi yang sangat membantu di dukung dengan pembawaan tulisan yang enak dibaca sehingga mudah di pahami oleh pemula seperti saya.
    Web yg keren abis Mas Gani (Y)

  7. saya mau bertanya gan, terkadang ada site yang berada di posisi 1 dengan keyword tertentu tapi DA PAnya rendah dibandingkan dengan lain, apakah ini semacam seo offpage yak?

  8. Halo gan,
    Bagaimana dengan kasus web/blog dengan pa dan da tinggi tapi di hasil pencarian tidak berada di halaman 1 sedangkan ada blog dengan pa dan da yang dibawahnya bisa di page one.

  9. Jujur ini sangat menarik dan ada satu bahasa yang saya sangat suka dari konten ini “Artikel Berkualitas Adalah Cara Optimasi SEO Era Baru” top dah…

  10. Kalo kita rajin bikin konten, tapi malas BW. Cuma mengandalkan pengunjung dari mesin pencari dan share dari berbagai Medsos ngaruh g min

  11. pertengahan tahun kemarin saya custom TLD, dan sampai hari ini baru dapat DA 7,xx . PA, jika yang di cek home page angkanya sekitar 22,xx, tapi jika di cek per postingan, kadang ada yang cuma satu gan,,, gimana itu gan

  12. Saya juga sedang mencoba naikkan DA dan PA , ternyata dengan cara sering post dan submit URL di google bisa mempercepat naikkan PA dan GA blog ku. Salam hangat untuk mas Gani ya..

  13. Jadi tau arti DA dan PA, matur suwun Mas Gani. Mau aku cek deh DA, PA blog saya walaupun masih baru

  14. terimakasih atas informasi dari atikel ini. saya sangat buta mengenai DA dan PA. ini sangat membantu…

  15. klu sekarang ini berapa DA dan PA Klikmania mas ? Maklum saya lagi males cek sendiri, heheh….. 🙂

      1. mas, kok saya masih belum ngerti yah 🙁 bisa dijelasin sedikit dikomentar ga?

  16. Bagaimana dengan blog zombie yang punya domain authority yang tinggi? bahkan saya pernah menemukan blog zombie dengan DA poinnya 90 dan PA 28, sementara backlinknya hanya 1.

    Apakah blog ini berkualitas atau tidak?

  17. Mas makasih infonya,baru kemarin” saya penasaran sama DA Dan PA,awalnya saya kita angka lebih kecil maka reputasi blog lebih dikenal dimata google ternyata salah,,makasih banget emang saya harus banyak belajar lagi kapan-kapan bila ada waktu kunjungi blog saya ya mas salam sukses dan silaturahmi buat mas Gani

  18. Baru mengerti saya sekarang. Sebelumnya cuma sepintas soal DA PA.
    Jadi mana yang lebih bagus pak? DA yg lebih tinggi atau PA yang lebih tinggi?

  19. makasih info nya gan. saya juga makin semangat ini untuk menulis artikel lagi.
    website saya ini baru 1 bulan gan, tapi DA PA nya gak naik2. Sampai sekarang cuma 1 DA dan 1 PA

  20. Ilmu banget ini, mas..
    Haturnuhun.

    Jadi gimana-gimananya DA PA memang berasal dari kosistensi nge blog yaa, mas?

    Ada efeknya gak…kalo kita konsisten posting di hari yang sama tiap minggunya?

  21. Om, minimal DA 2 ya agar bagus, punya saya baru 14. Okay jadi semangan nulis artikel lagi!

  22. Waahh.. akhirnya nemu juga! Barusan saya kira yang nilainya lebih kecil, itu adalah nilai lebih tinggi, untung saya lihat artikel ini dulu! makasih banyak ya mas.. hehehehee.. *blogger baru nih mas [baru 5 hari], minta sarannya dong!!

  23. 90 itu default ya Bang. Entah apa isinya, minim 90 score nya. lalu pengaruhnya bagaimana.

    tq

  24. Wah lengkap banget ini penjelasannya, saya jadi tahu bagaimana nilai DA dan PA blog saya yang masih baru itu. Terimaksih infonya

  25. Wah wah detil banget nih infonya, dan ternyata kuncinya harus rajin BW ya hikshik jadi tahu nih berapa DA blog saya, masih mini banget. Thx sharingnya mas

    1. DA dan PA naik sesuai dengan usia blog dan jumlah postingan mas, bisa dikatakan bagus dengan nilai minimal 20 an.

  26. Makasih postingannya mas. Mau tanya kompetitor saya PA nya cuma bernilai 1 tapi SERP dia bagus hampir semuanya di halaman satu Google. Itu knp ya?

    1. besar kemungkinan artikelnya lebih lengkap dengan pembahasan yang mendetail, ini akan berpeluang menjadikan halaman pertama.

  27. Terima kasih mas, info yang sangat bermanfaat sekali,,,, salam kenal, saya dari Blogger Pontianak (Kalimantan Barat) 😀

  28. baru tau kalw ada DA dan PA, sebelumnya hanya tau alexa rank aja.. oke dehh terima aksih bnyak atas info berbaginya salam sukses selalu buat mas. aq baru buat blog baru, masih blog anakan..hehehe

  29. Thanks sekali Mas Gani, sekarang saya jadi tahu perkembangan mengenai situs saya. dan alhamdulilah jadi motivasi serta samangat baru berkat membaca artikel tersebut.

  30. terima kasih mas artikelnya sangat membantu, saya baru tau ada istilah DA PA. Kebetulan ada pembahasan DA PA dan tips tipsnya di blognya mas Ganisebastian hehe

  31. Info yang bermanfaat.saya yang memiliki blog TDL tapi DA PA Nya masih sedikit.
    Mohon bantuannya untuk meningkatkan.
    Saya benar benar masih awam.selama ini saya hanya menulis saja tanpa bermain trik atau yang lain.
    Terima kasih atas bantuannya sebelumnga.

  32. Halo pak GaniSebastian,
    Saya sampai diblog ini, jadi ingat 2 tahun lalu, web saya yang masih nongkrong di rank depan google sudah saya jual hik hik. Baru tahu umur situs berarti untuk SEO, sekarng berjuang lagi dengan web baru. Terima kasih informasinya.

  33. saya dah pakai blogspot lumayan dan ada pengunjungnya, kemarin beli domain xyz, DAnya 0, jadi ragu pakainya takut pengunjungnya 0 lagi hehehe

  34. Makasihbnyak nih mas, kebetulan ini lg cari info utk memperbesar da pa blog saya yg masih baru.
    ulasannya lengkap, jadi tmbah paham.
    salam sukses ya

  35. kalo cara menaikkan DA dan PA web onlineshop gimana ya om? apakah sama dengan cara cara diatas?

  36. Hahaha…. saya udah seneng2 aja DA PA tinggi semua eh.. ternyata gara2 masih numpang blogspot ..

  37. kalau page authority domain apa harus sudah terindex lama sama SEO om?
    sekalian tanya om domain klikmania umurnya udah berapa lama ya?

    1. Betul, selain usia domain pengaruh yang penting adalah halaman yang sudah terindex google dengan baik.

      Klik Mania baru 1 tahun mas 😀

  38. Saya sudah cek DA=91/100 dan PA=71 apakah PA dan DA pada blog saya termasuk besar?mengapa saya selalu kalah dalam persaingan artikel dengan blog yang lebih tua umurnya?dan saya juga selalu membuat artikel sepanjang mungkin maksimal 2500 kata tapi tetap kalah bersaing walaupun pada awalanya ranking nomer 1 tapi lama-lama turun jadi peringkat 5 apanya yang salah?

    1. kalau DA dan PA bawaan dari blogspot memang nilainya besar mas Idris :D, Usia domain juga ikut mempengaruhi. sedikit bersabar, nanti artikel juga akan menempati SERP yang lebih bagus jika di optamasi dengan penggunaan internal link.

  39. saya dah pakai blogspot lumayan dan ada pengunjungnya, kemarin beli domain xyz, DAnya 0, jadi ragu pakainya takut pengunjungnya 0 lagi hehehe

    1. Ya kalau domain baru jelas nilai DA nya Nol mas Winn..Nanti akan bertambah seiring waktu dengan bertambahnya jumlah posting.

  40. Sebelumnya sih emang udah pernah denger, tapi enggak begitu memperdulikan dan lebih milih cek peringkat di alexa. padahal alexa kecil enggak menjamin apa-apa. Hehe.
    Baru-baru ini cari tahu lagi soal PA dan DA setelah ada yg mau nawarin job review dengan syarat blognya memiliki PA dan DA 25 ke atas. Huhu. Akhirnya cari tahu, ternyata gini to. Oke, mas. Thanks infonya. Benar-benar bermanfaat buat blogger pemula kayak saya 😀
    Semoga makin sukses ngeblognya.

    1. Ini yang termasuk dalam penilaian peringkat website, kalau dulu biasa disebut Pagerank..Nilai alexa juga bisa menjadi patokan mas Razieb 😀

    1. Artikel yang lengkap dan relevan, Biasanya mempunyai jumlah kata di atas 1500 atau bahkan lebih. Mempunyai penjelasan secara detail.

  41. Mas gani, sejak awal ngeblog saya kurang paham tentang DA dan PA ini. Bahkan, untuk mempelajarinya saja tidak minat. Secara gak sengaja main2 kemari, toh page one berhasil diamankan oleh blog mas gani ini. Mantap.

    Saya cek blog saya di CheckMozdotCOM
    DA 90.98
    PA 29.2
    Moz Rank 3.08
    Back Link 4

    Gimana penjelasan DA dan PA ini? Bantuin mas 😀

    1. Coba mas cek kembali setelah clear browsernya.
      Karena saya lihat domain mas @algazali adalah domain baru.

      Jika DA dan PA setinggi itu biasanya yang menggunakan blogspot, karena ikut subdomainnya dari blogger, jadi nginduk pada subdomain.

      Jika menggunakan domain TLD akan terlihat murni dari 0 dan akan bertambah seiring waktu.

      Seperti keteraangan di atas mas, bahwa yang mentukan DA dan PA bisa di pengaruhi oleh faktor usia domain, dan popularitas domain tersebut.

      Jika rata rata artikel banyak yang masuk 10 besar, kemungkinan popularitasnya akan naik, karena akan semakin banyak peluang untuk di buka, dan ini yang mempengaruhi pada peringkat page authority.

      Untuk backlink yang tercatat biasanya yang di hasilkan melalui outbound pada halaman tertentu atau juga bisa homepage yang mendapatkan backlink dari website lain.

      Jika ingin sukses meningkatkan page authority (PA), sebaiknya jangan banyak menautkan link yang menuju keluar..biasa di akali dengan mematikan link tersebut, jangan pakai modek aktif link 😀 😀

  42. infonya cukup membantu, sebelumnya saya tidak ngerti tentang DA dan PA tapi sekarang sudah ngerti tentang dua hal tersebut setelah membaca artikel ini…terima kasih min…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close