Tekno

Inilah 5 Penyebab Hp Error yang Sering Diabaikan Pengguna

Adakalanya, smartphone yang kita gunakan error atau nge-lag karena berbagai hal. Hal tersebut bahkan bisa membuat pengguna jadi kesal dibuatnya. Padahal, penyebab hp error tersebut biasanya adalah perkara kecil yang sering disepelekan sendiri oleh pengguna.

Kejadian ponsel error seperti itu biasanya sering terjadi pada smartphone dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi, namun terlalu dipaksa untuk mengerjakan banyak hal sekaligus oleh pengguna.

Baca juga: 7 Masalah Smartphone Android yang Umum Terjadi dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Hp Error yang Sering Diabaikan Pengguna

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan, pengguna diharapkan untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan ponsel milik mereka. Untuk itu, berikut ini 5 penyebab hp error yang harus diperhatikan.

1. Tidak menghapus cache atau sampah

Penyebab Hp ErrorJika tidak dilakukan pembersihan secara berkala, cache atau sampah dapat membuat memori menjadi penuh. Semakin menumpuknya cache yang ada di dalam ponsel akan membuatnya menjadi mudah error dan terasa berat ketika digunakan.

Untuk itu, pengguna harus mengahapus cache yang biasanya berasal dari berbagai aplikasi tersebut secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar memberikan ruang pada smartphone sehingga dapat bekerja seperti biasanya dan terhindar dari error pada saat digunakan.

2. Membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan

Penyebab Hp ErrorAdakalanya pengguna terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan tanpa melihat bagaimana kemampuan smartphone milik mereka. Padahal hal tersebut dapat membuatnya menjadi error, karena ponsel dipaksa untuk bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Hal tersebut biasanya terjadi ketika ponsel yang digunakan memiliki RAM yang kecil. Dengan kemampuannya yang terbatas, hp malah dipaksa bekerja lebih keras dan melampaui batas kemampuannya.

Untuk itu, bagi kamu yang memiliki smartphone dengan RAM yang kecil, lebih baik untuk tidak membuka banyak aplkikasi secara bersamaan kalau tak ingin nantinya hp jadi error atau nge-lag.

Baca juga: Jangan Salah !! Kapasitas RAM di Smartphone Lebih Besar, Bukan Jaminan Jadi Lebih Cepat

3. Tidak menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan

Penyebab Hp ErrorTidak menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan juga dapat membuat smartphone menjadi error. Seringkali aplikasi tersebut dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, sehingga aplikasi tersebut masih terus berjalan.

Meski tampak sepele, namun jika dibiarkan terlalu lama, hal tersebut bisa membuat smartphone menjadi error dan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Apalagi ponsel kamu hanya dibekali dengan memori dan RAM yang kapasitasnya kecil.

4. Terlalu banyak foto

Masih berkaitan dengan penggunaan memori yang ada pada ponsel, penyebab hp error yang lain adalah terlalu banyaknya foto yang tersimpan di dalam memori.

Biasanya, ini terjadi pada mereka yang memiliki kebiasaan memotret apa saja dan di mana saja tanpa memerhatikan kapasitas memori smartphone.

Jika kamu memiliki banyak foto namun enggan untuk menghapusnya, kamu bisa memindahkannya ke laptop, atau bisa menaruhnya di flashdisk yang dapat kamu sambungkan dengan hp menggunakan kabel OTG.

5. Menurunnya kualitas baterai

Penyebab Hp ErrorSelain berbagai permasalahan yang berkaitan dengan memori, masalah lain yang sering terjadi pada smartphone juga terjadi akibat baterai yang kulaitasnya sudah menurun. Apalagi baterari tersebut memang memiliki kapasitas yang kecil.

Biasanya, performa baterai akan menurun setelah dua atau tiga tahun. Untuk menjaga kualitas baterai, sebaiknya kamu tidak mengoperasikan hp pada saat pengisian ulang baterai.

Namun jika sudah terindikasi bahwa kualitas baterai menurun, kamu bisa segera menggantinya dengan baterai baru yang original.

Baca juga: Inilah 10 Faktor yang Membuat Baterai Menjadi Boros dan Cepat Habis

Itulah beberapa penyebab hp error yang seringkali dianggap sepele dan tidak diperhatikan oleh pengguna. So, masih anggap hal-hal di atas permasalahan yang sepele?


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close