Review Produk

Phablet Mi Note 2 Review Indonesia, “Spesifikasi, Harga & Fitur”

Setelah menghitung jumlah tabungan plus bonus gaji bulan ini, ternyata totalnya memungkinkan anda untuk membeli dan memiliki sebuah gadget baru. Selamat Ya. Untuk membantu kamu agar dapat menemukan gadget baru dengan mudah dan cepat. Berikut saya sajikan salah satu produk terbaru produk terbaru pilihan dari Xiamoi, yang dikenal sebagai phablet Mi Note 2.

Melalui postingan ini, anda akan mengetahui informasi perilisan phablet Xiamo Mi Note 2, ulasan spesifikasi, informasi harga Mi Note 2, serta fitur-fitur canggih yang dimiliki phablet Xiamoi terbaru ini. Tidak hanya itu, foto produk serta tabel spesifikasi lengkap Xiaomi Mi Note 2 juga akan disajikan, agar mempermudah anda mengetahui bagaimana kualitas dan performa gadget terbaru ini.

Namun, sebelum membaca review ekslusif phablet Mi Note 2. Terlebih dahulu saya akan mengajak anda untuk mengetahui apa itu Phable, apa perbedaan antara phablet dengan smartphone, dan tablet. Jadi pastikan anda tetap bersama saya di sini dalam posisi santai untuk membaca seluruh postingan ini hingga selesai.

Apa Phablet itu ?

Phablet Mi Note 2
Phabets via https://www.rjionline.org

Gadget terdiri dari berbagai jenis pilihan, salah satu pilihan yang bisa anda beli adalah phablet. Phablet merupakan singkatan dari kata phone dan tablet. Peminat phablet sendiri di seluruh dunia, termasuk di Indonesia cinderung mengalami peningkatan. Hingga sepanjang tahun 2016, berdasarkan laporan IHS, sudah lebih dari 146 juta phablet yang terjual di seluruh dunia.

Seperti yang bisa kita ketahui bersama, ada beberapa faktor utama yang menyebabkan banyaknya phablet yang tersedia untuk dibeli dipasar serta meningkatnya popularitas phablet. Faktor-faktor utama tersebut diantaranya adalah, peningkatan efisiensi tenaga layar, peningkatan daya baterai, dan perubahan nilai multimedia.

Lantas apa itu sebenarnya Phablet ?. Phablet adalah perangkat gadget canggih yang juga dapat berfungsi sebagai alat komunikasi dan untuk keperluan aktifitas internet seperti browsing, chatting, hingga downloading. Phablet diproduksi dengan ukuran layar standar yaitu 5.3 sampai dengan 6.99 inci (135–178 mm) baik dengan dukungan teknologi IPS, AMOLED, OLED, dan lainnya. Istilah phablet sendiri sering digunakan oleh beberapa media teknologi internasional maupun nasional.

Perbedaan Phablet dengan Smartphone

Bila disandingkan dengan smartphone, perbedaan yang mencolok diantara keduanya dapat dilihat dengan mudah berdasarkan ukuran layar. Smartphone pada umumnya diproduksi dengan layar berukuran kurang dari 5 inci.

Sementara phablet, berdasarkan ukuran layar yang sudah kita ketahu sebelumnya, dimensi layarnya memiliki ukuran lebih besar sekitar 2 inci bila dibandingkan dengan layar sebuah smartphone. Selain dimensi layar yang lebih luas, ukuran phablet secara keseluruhan lebih besar dari total ukuran body sebuah smartphone.

Loading...

Perbedaan Phablet dengan Tablet

Ketika kita bandingkan dengan tablet, meski memiliki ukuran lebih besar dari smartphone, faktanya ukuran phablet lebih kecil dan tipis daripada tablet. Phablet cukup nyaman digunakan dengan satu tangan atau bahkan dimasukan ke dalam saku.

Berbeda dengan phablet, tablet sering juga disebut sebagai gadget ‘raksasa’ karena memiliki dimensi layar yang lebih besar dari smartphone dan phablet, yaitu 7 inci keatas. Beberapa tablet juga dahulunya hanya diproduksi untuk keperluan hiburan, seperti pemutar video, mendengar musik, dan bermain game. Namun saat ini tablet juga sudah dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan menerima telepon, dan berkirim SMS.

Tanggal Rilis Xiaomi Mi Note 2

Phablet Mi Note 2

Setelah kita mengetahui apa sih sebenernya itu phablet serta perbedaannya bila dibandingkan dengan smartphone dan tablet. Sekarang kita kembali lagi ke topik awal postingan ini. Lantas kapan sebenernya Xiaomi merilis phablet Mi Note 2 terbaru ?

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh Klik Mania, phablet Xiaomi Mi Note 2, diluncurkan pertama kali oleh CEO Xiaomi Lei Jun di Peking University, Beijing, China, pada Selasa 25 Oktober lalu.

Dalam keterangan resminya, Lei Jun mengatakan, “Bila dibandingkan dengan berbagai ponsel flagship yang ada (iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7 -red), Mi Note 2 memiliki harga yang kompetitif.” “Ini ponsel yang bagus.” “Ada banyak fitur.” tambah Lei Jun.

Xiaomi Mi Note 2 di Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia ? Apakah Xiaomi juga akan memasarkan phablet terbaru Mi Note 2 untuk pecinta gadget di Indonesia ?

Berdasarkan informasi resmi yang Klik Mania dapatkan. Vice President International Xiaomi Hugo Barra menjelaskan, kini Xiaomi sedang berusaha mematuhi pemerintah Indonesia soal Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk perangkat 4G.

Sebab menurutnya, Indonesia adalah salah satu pasar penting bagi Xiaomi. “Kalau kami ingin membuat bisnis berskala besar di Indonesia, kami harus mematuhi peraturan pemerintah,” tegas Hugo.

Bahkan, Hugo memberi clue bahwa pihaknya kini sedang menyiapkan ‘kejutan’ bagi pecinta Xiaomi di Indonesia. “Kami sedang bersiap-siap dengan beberapa hal,” tuturnya. Hugo belum dapat memastikan, kapan Xiaomi akan benar-benar hadir di Indonesia.

Spesifikasi Phablet Mi Note 2

Phablet Mi Note 2
Phablet Mi Note 2 via http://tech.firstpost.com

Mengetahui informasi spesifikasi produk tentu adalah salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Agar dapat mengukur bagaimana kualitas dan performa gadget baru yang akan dibeli. Setiap pembeli berpengalaman biasanya mempertimbangkan beberapa hal berikut : desain, prosesor, kamera dan kapasitas baterai. Bagaimana dengan spesifikasi phablet Mi Note 2 ? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain Phablet Mi Note 2

Setelah melihat keseluruhan body dari phablet Mi Note 2, saya langsung teringat dengan Samsung Galaxy S7 Edge. Tampak depan Xiaomi Mi Note 2 menggunakan panel OLED yang melengkung hingga ke sisi terluar bingkai kanan dan kiri. Karena ini adalah phablet, Mi Note 2 memiliki body yang benar-benar lebih proporsional dan lebih tipis bila dibandingkan tablet. Phablet terbaru ini mengusung konsep desain unibody yang dibuat dari keramik, dengan bodi yang tipis dengan ketebalan kurang dari 8 mm.

Phablet Mi Note 2

Sementara di bagian belakang, Xiaomi menempatkan kamera sama pada posisi yang mengadopsi posisi tablet pada umumnya. Sebuah kamera diletakan di tengah bagian atas dan dilengkapi dengan LED Flash di sisi kiri. Tombol navigasi volume serta tombol ON OFF diletakan sisi kanan rangka bagian atas.

Dua grill speaker diletakan di bagian bawah mendampingi port charger USB Tipe C. Posisi speaker ini dipastikan mampu menghasilkan sound out yang berkualitas dan nyaring, tanpa mengharuskan anda membolak balik phablet ini. Sedangkan port jack audio 3,5mm, ditempatkan di sisi bagian atas.

Desain body proporsional ramping, layar luas elegan, membuat Mi Note 2 menjadi salah satu phablet terbaru yang dipastikan sangat ramah pengguna ketika digunakan untuk berkomunikasi, berselancar internet, dan benar-benar nyaman ketika berada di dalam genggaman pemiliknya. Mi Note 2 tampil dengan dua pilihan warna yaitu Piano Black dan Glacier Silver.

Prosesor Xiaomi Mi Note 2

Phablet Xiaomi Mi Note 2 ini didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 821 dengan clock speed 2.35 GHz yang menawarkan performa sangat kencang. Prosesor ini dipadukan dengan RAM LPDDR4 6 GB, dan tersedia juga dalam pilihan RAM 4 GB. Di bagian ROM, Xiaomi Mi Note 2 menggunakan teknologi UFS 2.0 yang dikenal memiliki kecepatan tinggi dengan kapasitas 128 GB.

Kamera Phablet Mi Note 2

Selain dipastikan dapat membuat penggunanya dapat dengan lancar tanpa kendala selama menggunakan phablet Mi Note 2. Xiaomi juga memastikan phablet terbaru buatan mereka juga handal saat digunakan untuk fotografi, selfie, rekam video dan video call.

Kamera Xiaomi Mi Note 2 juga merupakan salah satu hal yang premium selain prosesor. Phablet terbaru ini didukung dengan sensor Sony IMX318 Exmor RS berkualitas 22.56 megapixel, lengkap dengan Phase Detection Autofocus + contrast autofocus, serta aperture f/2.0.

Kamera phablet Mi Note 2 tersebut juga didukung EIS digital stabilization untuk keperluan merekam video hingga resolusi 4K dengan sempurna. Bahkan meski untuk digunakan memotret pada kondisi minim cahaya, Xiaomi mengklaim Mi Note 2 bisa menyajikan hasil foto yang sangat memuaskan.

Kualitas dan Kapasitas Baterai

Karena mengusung desain dengan konsep unibody, ini artinya phablet Mi Note 2 dibekali dengan baterai yang tidak dapat dibongkar pasang. Baterai phablet Mi Note 2 berkualitas Li-Ion, dengan kapasitas sangat besar mencapai 4070 mAh. Ini artinya Mi Note 2 dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama tanpa harus terhubung dengan power bank.

Salah satu hal yang menarik lainnya adalah, baterai Mi Note 2 ini sudah didukung dengan teknologi Quick Charge 3.0. Ini memungkinkan penggunanya dapat melakukan pengisian ulang baterai berkapasitas besar dengan waktu yang lebih cepat.

Harga Phablet Mi Note 2

Phablet Mi Note 2 yang sudah didukung dengan jaringan 4G LTE dengan NFC ini rencananya akan dijual dengan harga mulai dari US$415 atau sekitar 5,4 juta rupiah untuk versi RAM 4 GB memori internal 64 GB. Sementara versi RAM 6 GB dan memori internal 128 GB akan dibandrol dengan harga US$520 atau sekitar 6,7 juta rupiah.

Fitur Phablet Mi Note 2

Selain akan dipastikan mendapatkan sejumlah fitur dukungan dari sistem operasi yang digunakan. Xiaomi juga membekali phablet ini dengan fitur bawaan yang cukup banyak. Dua diantaranya yang menarik adalah fitur HD Audio dan fitur hybrid autofocus.

HD Audio

High Definition Audio, adalah salah satu fitur unggulan yang dipasang pada Mi Note 2. Fitur ini pada umumnya sering ditemukan pada perangkat komputer. High Definition Audio menyediakan 7.1 surround audio dengan 192 kHz sampling rate dan resolusi sampai dengan 32-bit. Ini artinya Mi Note 2 benar-benar akan menyajikan kualitas sound yang mengesankan ketika digunakan untuk video call, streaming video, memutar musik, atau bahkan bermain game.

Hybrid Autofocus

Fitur ini memungkinkan kamera utama phablet Mi Note 2 mampu fokus dalam 0,03 detik saat digunakan memotret dan 0,017 detik saat digunakan merekam video pada 60 fps.

Sistem Operasi Mi Note 2

Hampir sama dengan beberapa produk flagship Xiaomi lainnya yang sebagian besar sudah didukung dengan sistem operasi Android. Mi Note 2 pun demikian, phablet ini menggunakan Android Marshmallow 6.0 sebagai sistem operasi utamanya.

Foto Produk & Tabel Spesifikasi Xiaomi Mi Note 2

[Foto Produk Xiaomi Mi Note 2]
Detail SpesifikasiXiaomi Mi Note 2
ProsesorQuad Core 2.35 GHz, Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
RAM4 GB dan 6 GB
ROM64 dan 128 GB
Dimensi Layar5.7 inci, AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Total Ukuran156.2 x 77.3 x 7.6 mm
Bobot166 g
KameraDepan 8 MP, f/2.0, autofocus & Belakang 22.5 MP, f/2.0
BateraiNon-removable Li-Ion 4070 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Teknologi JaringanGSM / HSPA / LTE
Pilihan WarnaPiano Black dan Glacier Silver
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)

Rival Terdekat Mi Note 2

Siapakah rival terdekat Mi Note 2 ? jawabannya mungkin saja rekan satu brand nya yaitu Mi 5s. Masuk dalam kategori phablet, Xiaomi Mi 5s yang telah meluncur lebih dulu, memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

Phablet Xiaomi Mi 5s memiliki bentang layar seluas 5,15 inci dengan fitur Force Touch, hanya saja tidak melengkung khas seper Mi Note 2.

Dari segi prosesor, Mi 5s juga dibekali dengan prosesor kencang quad core berkecepatan 2.4 GHz dengan paduan chipset Snapdragon 821 SoC, dan GPU Adreno 530. Sementara RAM yang digunakan adalah RAM berkapasitas 3 dan 4 GB dengan kecepatan clock 1866 MHz dan ROM 64/128 GB.

Phablet Mi 5s dilengkapi baterai berkualtias Li – Ion berkapasitas 3.490 mAh dengan dukungan teknologi quick charge 3.0 Qualcomm. Mi 5s dibekali dengan kamera belakang 16 megapiksel yang didukung 4 axis optical image stabilization dan focus PDAF aperture (bukaan) of f/1.8.

Port usb yang digunakan juga sudah Type-C, menggantikan peran dari microUSB. Phablet Mi 5s memiliki body yang lebih bongsor dari Mi Note 2, dengan bodi setebal 8.3 mm dan bobot yang lebih ringan seberat 147 gram.

Tabel Perbandingan Spesifikasi Mi Note 2 vs Mi 5s

Detail SpesifikasiXiaomi Mi Note 2Xiaomi Mi 5s
ProsesorQuad Core 2.35 GHz, Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821Quad Core 2.35 GHz, Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
RAM4 GB dan 6 GB3 GB dan 4 GB
ROM64 dan 128 GB
Dimensi Layar5.7 inci, AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors5,15 inci, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Total Ukuran156.2 x 77.3 x 7.6 mm145.6 x 70.3 x 8.3 mm
Bobot166 g145 g
KameraDepan 8 MP, f/2.0, autofocus & Belakang 22.5 MP, f/2.0Depan 4 MP, f/2.0, autofocus & Belakang 12 MP, f/2.0
BateraiNon-removable Li-Ion 4070 mAhNon-removable Li-Ion 3200 mAh
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DPWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, A2DP
Teknologi JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTE
Pilihan WarnaPiano Black dan Glacier SilverSilver, Gray, Gold, Rose Gold
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
OSAndroid OS, v6.0 (Marshmallow)Android OS, v6.0 (Marshmallow)

Pro dan Kontra Mi Note 2

Pro

  • Desain elegan
  • Layar canggih dan eye catching
  • Kamera Berkualitas

Kontra

  • Tidak didukung sensor sidik jari
  • Belum anti air
  • Harga masih terbilang mahal

Penutup

Setelah membaca review phablet Mi Note 2, sekarang kita mengetahui bahwa gadget ini memang cukup layak dipertimbangkan untuk dibeli.

Dukungan spesifikasi handal, kamera premium, dan baterai besar tahan lama, dipastikan akan membuat pengguna Mi Note 2, dapat berlama-lama menggenggam phablet terbaru ini tanpa terkendala macet atau lag.

Phablet ini juga sangat  cocok digunakan oleh para fotgrafer profesional, yang ingin merasakan sensasi baru memotret melalui perangkat gadget.

Bila dibandingkan dengan rival terdekatnya yaitu Mi 5s, kita semua mengetahui bahwa Mi Note 2 memiliki keunggulan dibeberapa segi, mulai dari kapasitas baterai lebih besar, RAM juga lebih besar, clock speed prosesornya pun lebih kencang.

Tapi sekali lagi pilihan ada di tangan anda semua sebagai calon pembeli. Khusus calon pembeli di Indonesia sepertinya harus bersabar beberapa bulan kedepan untuk memiliki Mi Note 2 ini. Namun jika anda sudah tidak sabar, anda bisa memilih Mi 5s yang sudah lebih dulu diedarkan ke pasar oleh Xiaomi.

Terakhir, anda memiliki pertanyaan atau informasi tambahan menarik lainnya tentang Mi Note 2 ? silahkan sampaikan semua pertanyaan dan informasi tambahan tersebut melalu kolom komentar yang tersedia di bawah postingan ini.

Referensi lain : Resmi Diperbaharui, Apple Tambahkan Fitur Portrait Mode di iOS 10.1

Jangan lupa bantu juga yang lainnya yang ada di dunia ini yang mungkin memiliki rencana membeli gadget baru, untuk mengetahui review Mi Note 2 ini, dengan cara menekan tombol share yang ada di bawah postingan ini. Salam Teknologi.



Loading...

Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *