Internet

Presiden Jokowi: Kerja, Belajar, dan Ibadah dari Rumah Saja

Per hari ini, Senin (16/3/2020), korban Corona yang ada di RI sudah menembus 100-an lebih. Hal yang demikian itu, tentu menjadi alarm bagi pemerintah untuk segera mengeluarkan kebijakan agar penyebaran Corona bisa diminimalisir.

Kabar baiknya, di beberapa wilayah sudah dikeluarkan beberapa kebijakan, di antaranya adalah dengan meliburkan sekolah dan menutup area-area publik seperti tempat wisata guna menghindari perkumpulan massa yang bisa menjadi penyebab penyebaran Corona.

Baca juga: Kian Meluas, Corona Ditetapkan WHO Sebagai Pandemi

Jokowi Imbau Semuanya Dilakukan di Rumah

Dilansir dari Telset, (16/3/2020), Presiden Jokowi telah mengimbau masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Imbauan tersebut sendiri disampaikan agar COVID-19 tidak semakin menyebar di RI.

“Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Kita ingin ini jadi sebuah gerakan masyarakat agar masalah COVID-19 ini bisa teratasi dengan maksimal,” ucap Jokowi saat acara konferensi pers pada hari Minggu.

Selain meminta masyarakat untuk melakukan segala aktivitasnya di rumah, Presiden ketujuh RI tersebut juga meminta masyarakat untuk tenang atau tidak panik dalam menghadapi wabah virus Corona, serta meminta masyarakat untuk tetap produktif.

“Kepada seluruh rakyat Indonesia saya minta tetap tenang, tidak panik, tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran virus Corona bisa kita hambat dan kita stop. Pemerintah terus berkomunikasi dengan WHO dan menggunakan protokol kesehatan WHO serta berkonsultasi dengan para ahli kesehatan dalam menangani penyebaran COVID-19.

Jokowi kemudian menambahkan jika wabah Corona ini bisa dijadikan momentum bagi masyarakat Indonesia untuk saling gotong royong, bahu-membahu untuk menghentikan penyebaran virus Corona di Indonesia.

“Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong-menolong dan bersatu padu. Gotong royong, kita ingin ini jadi gerakan masyarakat agar masalah COVID-19 bisa ditangani maksimal,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Penyebar Hoaks Corona Terancam Pidana 6 Tahun dan Denda 1 Miliar

Imbauan Presiden Jokowi yang meminta masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah memang sudah tepat. Para pemimpin di negara-negara lain pun juga sudah mengimbau warganya untuk melakukan segala sesuatunya di rumah seperti yang dilakukan oleh Jokowi.

Namun karena tidak semua pekerjaan itu bisa dilakukan di rumah, maka untuk masyarakat yang harus bekerja dengan keluar rumah, tentu mereka harus benar-benar melindungi dirinya seperti dengan menggunakan masker, menghindari kontak fisik yang berlebihan, serta membersihkan diri dan perangkat yang digunakan sesering mungkin.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close