Internet

Inilah 8 Produk Terbaik Apple yang Didesain Oleh Jony Ive

Produk Populer Apple Karya Terbaik Jony Ive

Beberapa waktu lalu, ada kabar mengejutkan yang datang dari Apple. Perusahaan teknologi asal AS baru saja ditinggalkan oleh kepala bagian desain mereka, Jony Ive. Pria asal Inggris tersebut mundur setelah bergabung dengan Apple sejak tahun 1992. Selama 27 tahun, ada banyak sekali produk terbaik Apple yang didesain oleh Jony Ive.

Ada banyak spekulasi di media yang mengenai alasan hengkangnya Ive. Ada yang mengatakan bahwa ia tidak cocok dengan Tim Cook, CEO Apple saat ini. Ada pula yang memberitakan kalau ia ingin mendirikan perusahaan sendiri.

8 Produk Terbaik Apple yang Didesain Oleh Jony Ive

Dengan ciri khas yang minimalis namun elegan, desain-desain dari Ive sangat sesuai dengan filosofi dari mendiang Steve Jobs. Dari sekian banyak produk yang didesain olehnya, berikut ini 8 produk terbaik Apple hasil karyanya.

1. iMac G3 (1998)

https://www.klikmania.net/iphone-akan-gunawan-kamera-3d-canggih-dari-sony/Berbentuk kotak dengan warna abu-abu adalah ciri khas komputer pada tahun 1990-an. Namun kemudian, Apple menggebrak model PC pasa masa itu dengan meluncurkan desain komputer yang bentuknya lebih indah.

Diberi nama iMac G3, PC tersebut adalah hasil desain dari Sir Jonathan Paul ‘Jony’ Ive. Berbeda dengan kebanyakan bentuk komputer lain di zamannya, iMac G3 hadir dengan desain keren berwarna Bondi Blue yang tampak segar.

Setelah kemunculan pertamanya, iMac G3 kemudian juga hadir dengan warna Lime hingga Strawberry yang tak kalah keren. Selain itu, ada pula komputer dengan desain semi transparan yang memungkinkan kita untuk melihat isi di dalam komputer.

2. iBook G3 (1999)

Selain membuat perubahan total pada desain komputer dari Apple, kolaborasi Jony Ive dengan Steve Jobs juga merombak desain pada laptop produksi mereka. Satu yang paling fenomenal adalah iBook G3 yang dirilis pada tahun 1999.

Laptop tersebut memiliki konsep desain berbentuk menyerupai cangkang yang unik. iBook G3 dibuat dengan material karet dan plastik dan memiliki layar berukuran 12,1 inci.

Loading...

Salah satu keunggulan dari desain yang dimilikinya adalah adanya handle yang membuatnya mudah untuk dibawa ke mana-mana.

3. iPod (2001)

produk terbaik Apple yang didesain oleh Jony IveBarangkali, iPod merupakan produk yang paling membuat Apple selamat dari kebangkrutannya pada awal tahun 2000-an. Meski bukan perangkat pemutar MP3 pertama yang ada, namun kehadiran iPod menjadi titik awal revolusi industri musik pada kala itu.

Perangkat ini memiliki desain menarik dengan dilengkapi scrool wheel yang membuat penggunanya dapat memilih lagu yang ingin diputar secara cepat.

Mampu diisi hingga 1.000 lagu sekaligus, iPod juga memiliki antarmuka yang simple sehingga memudahkan penggunanya.

Setelah itu, iPod kemudian hadir dengan beberapa varian mulai dari iPod Shuffle, iPod Touch, hingga iPod Mini. Kepopuleran perangkat pemutar musik ini secara perlahan menurun ketika hadirnya tren smartphone dan dirilisnya iPhone pertama kali pada tahun 2007.

4. iMac G4 (2001)

Setelah desain dari iMac G3 menggebrak desain komputer pada eranya, pada tahun 2001 Apple kemudian merilis generasi penerusnya yang tak kalah keren, yaitu iMac G4. Komputer all-in-one ini memiliki desain menarik yang anti mainstream.

Pada awal kemunculannya tersebut, komputer ini terlihat seperti benda yang datang dari masa depan. iMac G4 memiliki desain dengan layar datar tipis yang dilengkapi dengan penyangga yang bisa digerakkan.

iMac G4 juga pernah muncul sebagai cover majalah Time bersama sang CEO kala itu, Steve Jobs.

5. iPhone (2007)

produk terbaik Apple yang didesain oleh Jony IveDirilis pertama kali pada tahun 2007, iPhone merupakan produk terbaik dan terpopuler Apple yang masih terus eksis hingga saat ini. Perangkat ini adalah bentuk inovasi dari Apple yang kala itu mulai melebarkan sayapnya dengan memproduksi ponsel pintar.

iPhone juga bisa dibilang sebagai pelopor dari ponsel dengan fitur layar sentuh saat itu. Produk tersebut merupakan gabungan dari telepon, iPhone, serta perangkat yang terhubung ke internet.

Pada edisi awal perilisannya, iPhone hadir dengan layar berukuran 3,5 inci. Dan pada edisi terakhir iPhone X, layarnya sudah 6,5 inci. Hingga kini, iPhone masih menjadi salah satu sumber pendapatan utama Apple.

6. MacBook Air (2008)

Setelah merilis iBook G3 yang memiliki bentuk unik, Apple kemudian juga sempat meluncurkan berbagai laptop-laptop lain dari seri iBook, PowerBook, hingga Macbook. Namun, kebanyakan desain dari laptop-laptop tersebut terkesan monoton dan kurang terlalu menarik.

Hingga pada tahun 2008, Apple kemudian merilis laptop paling tipis di dunia saat itu yang diberi nama MacBook Air. Saking tipisnya, laptop ini bahkan dapat dimasukkan ke dalam amplop cokelat.

Selain itu, MacBook Air juga memiliki tampilan desain yang indah dengan layar berukuran lebar serta keyboard full size. Keindahan desain tersebut tentu tak bisa lepas dari peran Jony Ive selaku kepala desain produksi Apple.

7. iPad (2010)

produk terbaik Apple yang didesain oleh Jony IvePada awal kemunculannya di publik, banyak orang yang menganggap iPad hanyalah iPhone versi layar lebih besar. Namun kemudian, Apple mematahkan anggapan tersebut dan meraih kesuksesan di pasaran.

iPad memang memiliki desain menarik dan keren yang merupakan gabungan antara ponsel pintar dengan komputer jinjing.

Kesuksesan iPad bahkan membuat produsen elektonik lain seperti Samsung dan Microsoft kemudian juga memproduksi perangkat tablet serupa.

Namun, kesuksesan penjualan iPad masih belum mampu ditandingi oleh tablet dari produsen-produsen lainnya.

8. Apple Watch (2014)

Dirilis pada tahun 2014, Apple Watch merupakan salah satu produk terakhir yang didesain Jony Ive selama berada di Apple. Meski sempat diragukan pada awal kemunculannya, Apple Watch nyatanya masih dianggap worth it untuk dibeli, terlebih lagi bagi para pengguna iPhone.

Meski bukan merupakan smartwatch pertama yang hadir di pasaran, namun Apple Watch cukup mampu membungkam skeptis yang meragukan keberhasilan jam tangan pintar ini mampu mengalahkan kedudukan jam tangan konvensional.

Selain perangkat-perangkat tersebut, Ive juga memiliki andil dalam desain markas Apple saat ini, yaitu Apple Park, yang diarsiteki oleh Normas Foster. Mundurnya Ive tentu bisa merugikan Apple yang dianggap mulai kehilangan jati dirinya sejak wafatnya Steve Jobs pada tahun 2011.

Itulah, 8 produk terbaik Apple yang didesain oleh Jony Ive selama 27 tahun ia berada di sana. Mana nih yang menurutmu memiliki desain paling keren?



Loading...

Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *