Tekno

Qualcomm Merilis Snapdragon 735, Hadirkan Dukungan 5G untuk Smartphone Kelas Menengah

Kehadiran teknologi jaringan 5G yang diyakini bakal mulai dikembangkan di banyak negara membuat Qualcomm pun juga turut bergegas. Pada Desember nanti, Qualcomm dikabarkan akan merilis chipset Snapdragon 735.

Rumor mengenai kehadiran chipset yang diberi nomor kode SM7250 ini menurut kabar akan diproduksi oleh Samsung, dengan menggunakan proses fabrikasi 7nm.

Selain itu, proses produksi juga dilakukan dengan teknologi EUV (Extreme Ultraviolet) dari Samsung dan LLP (Low Power Plus).

Sekadar informasi, semakin rendah angka proses, maka jumlah transistor yang tersemat dalam sirkuit terintegrasi akan semakin tinggi. Dengan jumlah transistor yang bertambah, chip akan menjadi lebih bertenaga, namun konsumsi energi lebih efisien.

Pada tahun 2020 mendatang, rencananya Samsung dan TSMC akan mulai mengembangkan proses produksi chipset dengan proses 5nm.

Kehadiran EUV pada chipset ini juga bakal membuat transistor bakal tersemat dengan lebih akurat. Dengan demikian, transistor yang tertanam dalam chip juga akan lebih banyak.

Qualcomm Merilis Snapdragon 735

Sumber: phonearena.com

Snapdragon 735 tampaknya bakal hadir dengan delapan inti (Octa-core) yang terbagi menjadi tiga klaster. Dua inti yang masing-masing hadir dengan Cortex-A76, yang satu memiliki kecepatan 2,36GHz dan satu inti lain kecepatannya 3,32GHz.

Sedangkan enam inti lain bakal hadir dengan Cortex-A55 yang kecepatannya 1,73GHz. Sementara itu, Snapdragon 735 juga tampaknya bakal ditemani dengan kartu grafis Adreno 620 dan dapat mendukung RAM hingga 128GB dan perekaman video 4K.

Snapdragon 735 kabarnya juga akan dibekali dengan dukungan optimal terhadap konektivitas jaringan 5G yang diprediksi akan banyak dikembangkan pada ponsel-ponsel terbaru secara masif di banyak negara.

Secara resmi, belum ada pengumuman dari Qualcomm terkait chipset terbaru ini. Qualcomm sendiri merilis Snapdragon 735 untuk menggantikan Snapdragon 730 yang masih diproduksi dengan proses 8nm dan menggunakan GPU Adreno 618.

Beberapa fitur terbaru yang dikembangkan untuk chipset ini antara lain, dukungan terhadap standar Wi-Fi 6 terbaru dan Qualcomm AI Engine multi-core.

Chipset kelas menengah terbaru ini rencanaya akan secara resmi diluncurkan pada Desember 2019 nanti dalam acara Qualcomm yang bertempat di Hawaii.

Beberapa waktu lalu, Qualcomm memang sempat diberitakan akan mmenghadirkan dukungan teknologi 5G untuk sejumlah chipset dari kelas menengah, yaitu dari seri 600 dan seri 700.

Baca juga: Qualcomm Hadirkan Dukungan 5G untuk Snapdragon Seri 6 dan 7 Tahun Depan

Hal ini sebelum mereka meluncurkan chipset flagship unggulan generasi terbaru, yakni Snapdragon 865 pada tahun 2020 mendatang.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close