Internet

Saingi Zoom, Messenger Rooms Akan Terintegrasi dengan WhatsApp

Facebook ikut terjun ke persaingan layanan telekonferensi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu tidak ingin kehilangan pangsa pasar yang begitu besar setelah publik dunia melakukan WFH dan juga SFH.

Keikutsertaan Facebook dalam persaingan layanan telekonferensi terlihat jelas dari tindakan mereka yang memperbarui panggilan WhatsApp menjadi 8 partisipan, serta diluncurkannya platform Messenger Rooms, yang secara khusus memang diperuntukkan terjun ke persaingan layanan telekonferensi dengan menantang Zoom, Meet, dan juga Microsoft Teams.

Baca juga: Latah Saingi Zoom, Facebook Luncurkan Messenger Rooms

Messenger Rooms Diintegrasikan ke WhatsApp

Messenger Rooms baru saja diluncurkan oleh pihak Facebook pada bulan April lalu. Namun, pihak perusahaan sudah mengembangkan platformnya tersebut lebih jauh dengan mengintegrasikannya ke platform WhatsApp.

Berdasarkan laporan WABetaInfo, Facebook telah mengintegrasikan Messenger Rooms ke WhatsApp untuk Android dengan pembaruan beta 2.20.163. Pembaruan tersebut akan membawa Rooms ke menu bagikan di dalam obrolan WhatsApp, yang akan mengarahkan para pengguna ke Messenger Rooms untuk membuat ruang panggilan video grup yang mencapai hingga 50 orang.

rooms whatsapp

Selain menyematkan Rooms di menu bagikan pada obrolan WhatsApp, Rooms juga akan disematkan oleh pihak perusahaan di tab panggilan. Dengan demikian, akan ada dua opsi yang bisa dipilih oleh para pengguna untuk memulai panggilannya.

Saat ini, uji coba pengintegrasian Messenger Rooms ke platform WhatsApp masih dilakukan dalam skala kecil. Artinya, hanya para pengguna tertentu saja yang akan mendapati shortcut Messenger Rooms di aplikasi WhatsApp. Berdasarkan laporan, uji coba sementara ini masih dilakukan di AS saja.

Namun dalam waktu dekat, Facebook diyakini akan segera meluncurkannya secara global mengingat persaingan layanan telekonferensi di tengah pandemi COVID-19 masih terus berlangsung. Sebagai informasi saja, Rooms memungkinkan para penggunanya untuk membuat 50 panggilan, sehingga ketika mereka diintegrasikan ke WhatsApp, maka WhatsApp pun juga akan memiliki kemampuan untuk membuat 50 panggilan.

Baca juga: Cara Undang 8 Partisipan di Panggilan Audio Video WhatsApp

Terobosan yang dilakukan oleh Facebook ini patut di waspadai oleh Zoom selaku layanan telekonferensi terpopuler untuk saat ini. Zoom sendiri memang mendapatkan banyak tekanan dari para pesaingnya, di mana para pesaing seperti Facebook dan Google terus berupaya mengambil alih dominasi mereka.

Bahkan dalam upayanya bersaing dengan Zoom, pihak Google juga melakukan banyak uji coba fitur di platform Duo. Selain menguji coba banyak fitur di Duo, pihak Google juga sudah menggratiskan Meet sebagai upaya mereka untuk menarik para pengguna Zoom untuk beralih ke Meet.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close