Internet

Tahunan di Google, Eric Schmidt Pilih Hengkang dari Perusahaan

Google adalah perusahaan yang dibangun oleh Sergey Brin dan juga Larry Page. Meski dibangun oleh dua orang tersebut, nama-nama lain juga memiliki andil yang cukup besar dalam perjalanan Google hingga bisa menjadi salah satu raksasa teknologi dunia yang paling disegani.

Salah satu nama yang memiliki andil besar dalam perjalanan bisnis Google adalah Eric Schmidt. Eric Schmidt bukanlah orang biasa di Google, karena ia merupakan CEO di perusahaan tersebut pada periode 2001 hingga 2011.

Baca juga: Larry Page dan Sergey Brin Undur Diri dari Alphabet

Eric Schmidt Hengkang dari Google

Isu kepergian Schmidt santer terdengar. Ada banyak desas-desus apakah mantan CEO Google itu benar-benar pergi meninggalkan perusahaan yang membesarkan namanya selama bertahun-tahun. Dan kabar hengkangnya Schmidt dipastikan kebenarannya berdasarkan sumber terpercaya yang enggan menyebutkan namanya.

Bahkan, Schmidt dikabarkan telah hengkang sejak Februari 2020 lalu. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai technical advisor di Google dan Alphabet itu memilih hengkang untuk bergabung dengan proyek pemerintahan AS sebagaimana yang dilaporkan oleh CNet.

Berdasarkan laporan CNet, di proyek pemerintah, Schmidt akan menduduki posisi di dewan inovasi pertahanan AS, yang tugasnya memberikan masukan terkait teknologi. Selain itu, Schmidt juga menjabat sebagai Chairman di National Security Commission (NSC) untuk kecerdasan buatan.

Meski meninggalkan Google dan Alphabet, Schmidt optimis dengan kemajuan perusahaan yang ia tinggalkan itu. Menurutnya, saat ini Google dan Alphabet telah memiliki pucuk pimpinan yang bisa diandalkan. “Larry, Sergey, Sundar, dan saya yakin bahwa transisi ini di waktu yang tepat bagi evolusi Alphabet,” ungkap Eric Schmidt.

Baca juga: Pichai Jadi CEO, Alphabet Nilai Pasarnya Capai USD 1 Triliun

Schmidt sendiri bergabung dengan Google setelah menyelesaikan tugasnya di Novell, sebuah perusahaan pembuat perangkat lunak sebagai CEO. Di Google, Schmidt memiliki banyak andil di antaranya adalah membantu Google untuk memiliki Android dan juga YouTube. Selain itu, Schmidt juga membantu Google untuk melantai di bursa saham dengan dana sebesar USD5,3 miliar.

Mengingat posisinya yang saat ini sudah berada di pemerintahan, Schmidt akan berjuang membantu negaranya untuk menangani pandemi COVID-19. Gubernur New York, Adrew Cuomo, mengatakan jika Eric Schmidt akan bergabung dalam komisi yang menangani infrastruktur dan praktik COVID-19.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close