Internet

Pichai Jadi CEO, Alphabet Nilai Pasarnya Capai USD 1 Triliun

Alphabet adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 2015 silam. Alphabet kemudian menjadi perusahaan induk Google yang berwenang untuk mengawasi berbagai macam proyek yang sedang dikerjakan oleh Google.

Tahun lalu, Alphabet juga baru saja mengganti pucuk pimpinannya. Alphabet yang semula dipimpin oleh Larry Page selaku CEO dan Sergey Brin selaku Presiden telah resmi mengundurkan diri. Kedua pentolan Google itu menunjuk Sundar Pichai yang saat ini menjadi CEO Google untuk memimpin Alphabet.

Dengan ditunjuknya Pichai sebagai CEO, maka pria asal India itu merangkap dua jabatan, yaitu sebagai CEO Google dan juga CEO Alphabet. Adapun untuk posisi Presiden Alphabet sendiri sudah dihilangkan. Dengan demikian, Pichai menjadi orang nomor satu di Google dan juga Alphabet.

Baca juga: Larry Page dan Sergey Brin Undur Diri dari Alphabet

Nilai Pasar Alphabet Capai USD 1 Triliun

Belum genap setahun memimpin Alphabet, perusahaan induk yang dipimpin Pichai sudah mendatangkan kabar gembira. Kabar gembira yang datang dari Alphabet adalah nilai perusahaan tersebut sudah mencapai 1 triliun dolar AS.

Dengan raihan tersebut, maka Alphabet resmi menyusul tiga perusahaan AS lainnya yang sudah mencapai USD 1 triliun terlebih dahulu, yaitu Apple, Amazon, dan juga Microsoft. Dengan raihan tersebut pula, Alphabet menjadi perusahaan keenam dunia yang nilai valuasinya sudah mencapai USD 1 triliun.

Pencapaian yang berhasil dilakukan oleh Alphabet ini sendiri terjadi satu bulan setelah Larry Page dan Sergey Brin mengundurkan diri dari tampuk kepemimpinan. Dengan capaian tersebut, Alphabet diharapkan mampu meraup keuntungan hingga 46,9 miliar dolar AS di tahun 2020.

Baca juga: Tak Terbendung, Jumlah Unicorn China Lampaui AS

Perusahaan Lain yang Sebelumnya Raih USD 1 Triliun

Sebelumnya sudah disebutkan jika Apple, Amazon, dan juga Microsoft adalah perusahaan yang sudah meraih USD 1 triliun terlebih dahulu. Namun sebelum Apple, Amazon, dan Microsoft juga sudah ada perusahaan lain yang mencapai raihan tersebut terlebih dahulu.

Perusahaan yang berhasil meraih USD 1 triliun terlebih dahulu, bahkan untuk pertama kalinya adalah PetroChina. PetroChina berhasil meraih USD 1 triliunnya pada tahun 2007 silam. Setelah PetroChina, kemudian Apple yang berhasil meraihnya di tahun 2018.

Selang satu bulan, Amazon juga berhasil meraih USD 1 triliunnya. Pencapaian Amazon kemudian diikuti oleh Microsoft, Saudi Aramco, dan kali ini adalah Alphabet. Dalam waktu dekat ini, AS juga akan mengirimkan satu perusahaannya lagi.

Baca juga: Nilai Pasar Capai 7 Triliun, Alibaba Jadi Startup Paling Berharga di Asia

Satu perusahaan AS yang akan segera menyusul Apple, Amazon, Microsoft, dan juga Alphabet adalah Facebook. Facebook yang merupakan perusahaan induk Instagram dan juga WhatsApp dikabarkan memiliki nilai valuasi sebesar 632 miliar dolar AS untuk saat ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close