Internet

Tak Diminati Para Pengguna, Instagram Pilih Hapus Tombol IGTV

Juni 2018 lalu, pihak Instagram telah meluncurkan fitur baru bernama IGTV. IGTV sendiri bukan hanya sebuah fitur yang disematkan di platform Instagram, namun IGTV juga hadir secara terpisah karena pihak Instagram sudah menjadikan IGTV sebagai aplikasi mandiri.

Ketika resmi diluncurkan, sebagian kalangan percaya jika IGTV akan mampu berbicara banyak, bahkan sebagiannya percaya jika IGTV mampu menggoyang dominasi YouTube yang sampai saat ini masih menjadi platform berbagi video yang paling diminati.

Baca juga: Baru Saja Meluncur, Bisakah IGTV Menyaingi YouTube?

IGTV Tidak Terlalu Diminati

Sudah hampir setahun lebih mengudara, perjalanan IGTV ternyata tidak sesuai yang diharapkan oleh perusahaan induk, Facebook. Aplikasi yang digadang-gadang akan menjadi platform baru untuk para kreator konten berkarya itu justru sepi peminat.

Padahal, pihak Instagram juga sudah menambahkan fitur baru yang memungkinkan para pengguna untuk membuat video IGTV berbentuk horizontal sehingga para pengguna tidak harus selalu membuat video yang berbentuk secara vertikal di platform IGTV.

Namun, upaya yang dilakukan oleh media sosial pimpinan Adam Mosseri itu tetap tidak mampu menarik minat para pengguna. Dalam 18 bulan, unduhan aplikasi IGTV hanya 7 juta saja. Padahal, pengguna Instagram jumlahnya hampir mencapai 1 miliar.

Meskipun begitu, Facebook tetap mempertahankan IGTV yang berdiri secara mandiri atau terpisah. Artinya, Facebook belum atau tidak ingin menyuntik mati IGTV terlebih dahulu meskipun aplikasi yang mereka keluarkan itu tidak begitu laku.

Baca juga: Cara Menggunakan Efek Slowmo Cs di Boomerang Instagram Stories

Tombol IGTV Dihapus di Platform Instagram

Berbeda dengan aplikasi, pihak Instagram memilih untuk menyuntik mati tombol IGTV di platformnya. Dulu, ketika Anda membuka beranda Instagram, tombol IGTV akan terlihat di pojok kanan atas di samping kiri ikon direct message.

Namun kini, tombol tersebut sudah resmi dihilangkan oleh pihak Facebook karena tidak banyak yang mengkliknya. Sekarang, apabila Anda ingin melihat video IGTV, maka Anda bisa mengetuk tab Explore, kemudian silakan pilih IGTV.

“Karena kami terus berupaya mempermudah orang untuk membuat dan menemukan konten IGTV, kami telah belajar bahwa sebagian besar orang menemukan konten IGTV melalui pratinjau di Feed, saluran IGTV di Explore, profil pembuat, dan aplikasi mandiri. Sangat sedikit yang mengklik ikon IGTV di sudut kanan atas layar utama di aplikasi Instagram,” ucap Juru Bicara Facebook seperti yang dikutip dari TechCrunch.

Baca juga: Instagram Rilis Fitur Baru untuk Kurangi Penyebaran Konten Hoaks

Selain alasan sedikitnya pengguna yang mengklik tombol IGTV, proses penyederhanaan platform juga menjadi alasan mengapa tombol untuk IGTV dihilangkan. “Kami selalu berusaha menjaga Instagram sesederhana mungkin, jadi kami menghapus ikon ini berdasarkan pembelajaran dan umpan balik dari komunitas kami.”

Untuk saat ini, baru tombol IGTV yang dihilangkan oleh pihak Facebook. Ke depannya, aplikasi IGTV bisa saja dihilangkan oleh Facebook sebagaimana yang terjadi pada aplikasi Direct. Peluang aplikasi IGTV untuk dihilangkan sendiri juga cukup besar mengingat platform tersebut belum bisa menghasilkan uang bagi para penggunanya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close