Tekno

Terlalu Mengecewakan, Andy Rubin Pilih Tutup Essential

Pada akhir 2019 lalu, nama bapak Android, Andy Rubin, kembali menjadi perbincangan publik dunia setelah membuat gebrakan baru dengan menggarap smartphone unik nan lucu yang dinamai dengan Project GEM.

Project GEM adalah smartphone yang berbeda dari smartphone yang biasa kita kenal karena tampilannya yang anti-mainstream. Jika pada umumnya smartphone berbentuk kotak melebar dan besar, maka smartphone buatan Andy Rubin justru dibuat kotak memanjang.

Baca juga: Project GEM, Smartphone Langsing Buatan Bapak Android

Andy Rubin Tutup Essential

Project GEM adalah proyek ambisius yang dibuat oleh Andy Rubin. Meski sudah menyeruak sejak Oktober 2019 lalu, Project GEM sampai saat ini masih belum diluncurkan. Dan tepat kemarin, kelanjutan Project GEM akhirnya mendapatkan titik temu.

Ya, smartphone unik buatan bapak Android itu tidak akan diluncurkan. Alasannya, Andy Rubin telah menutup perusahaannya, Essential, sehingga proyek pembuatan smartphone unik nan lucu dari dirinya pun tidak akan berlanjut.

“Pada bulan Oktober, kami memperkenalkan Project GEM, pengalaman seluler baru yang telah dibangun dan diuji oleh tim perangkat keras, perangkat lunak, dan cloud kami selama beberapa tahun terakhir. Visi kami adalah untuk menciptakan paradigma komputasi seluler yang lebih terintegrasi dengan kebutuhan gaya hidup masyarakat.”

“Terlepas dari upaya terbaik kami, kami sekarang telah mengambil Permata sejauh yang kami bisa dan sayangnya tidak memiliki jalur yang jelas untuk mengirimkannya kepada pelanggan. Mengingat hal ini, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan operasi dan mematikan Essential.”

Dengan ditutupnya Essential, maka sudah bisa dipastikan Project GEM tidak akan diteruskan pengerjaannya. Seperti yang sudah disebutkan oleh pihak Essential, mereka bingung ingin menjual ke mana Project GEM ketika perangkat buatan mereka itu diluncurkan.

Bagaimana Nasib Essential PH-1?

Essential PH-1 adalah smartphone pertama yang diluncurkan oleh Essential. Bukan sebagai smartphone pertama saja, namun Essential PH-1 merupakan smartphone satu-satunya yang pernah dirilis oleh perusahaan Andy Rubin tersebut.

Terkait nasib para pengguna Essential PH-1 ini, pihak perusahaan telah menjelaskannya secara gamblang di mana mereka mengatakan jika para pengguna tak akan mendapatkan pembaruan keamanan. Pembaruan keamanan yang terakhir untuk PH-1 telah dilakukan pada 3 Februari 2020.

Baca juga: Kisah Sukses Andy Rubin Si Penemu Android Sampai Smartphone Essential

“PH-1 Anda akan terus berfungsi, tetapi kami tidak akan memberikan pembaruan tambahan atau dukungan pelanggan. Pengguna Newton Mail saat ini akan memiliki akses ke layanan hingga 30 April 2020,” ucap pihak perusahaan seperti yang dikutip dari laman WCCFTECH (14/02/20).


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close