Dunia Internet

Tips Belanja Produk Aman dan Nyaman Secara Online

Tips belanja online secara aman dan nyaman – Hello sobat pengunjung setia website Klik Mania semua. Masih bersama saya akan selalu hadir dengan berbagai artikel seputar teknologi terkini. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai “Jangan takut untuk mencoba Belanja Online”.

Aktivitas belanja sudah terjadi diseluruh dunia sejak hadirnya mata uang. Dan seiring perkembangan zaman pada saat ini sudah lama berkembang teknologi jual beli online. Berbeda dengan berbelanja offline yang harus dilakukan secara langsung, belanja online dapat anda lakukan dimana dan kapan saja. Tentunya belanja produk online sudah menjadi bagian kebiasaan masyarakat dunia dizaman serba teknologi saat ini.

Namun, tidak sedikit juga orang masih enggan dan takut untuk mencoba jual beli secara online.Tentu saja hal tersebut dikarenakan banyak faktor yang salah satunya adalah faktor keamanan dan kenyamanan. Tercatat sejak tahun 2013 sudah banyak terjadi kasus penipuan dalam sektor jual beli online yang merugikan banyak konsumen dunia.

Hal tersebutlah yang menjadikan masyarakat dunia dan bahkan masyarakat Indonesia sendiri masih ragu untuk mencoba jual beli secara online. Bahkan banyak juga orang yang ingin mencoba jual beli online tetapi terbatas oleh beberapa faktor. Misalnya keterbatasan fasilitas akses internet sehingga mereka sangat sulit untuk mengakses website online shop.

Berbelanja secara online terbukti lebih praktis dibandingkan melakukan jual beli secara offline alias face to face. Bahkan hanya dengan satu sentuhan di gadget, maka anda sudah bisa memperoleh barang yang anda inginkan. Selain bisa membeli barang yang anda inginkan, anda juga bisa ikut berjualan secara online. Sektor jual beli online sudah mulai disorot masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun belakangan.

Baiklah pada uraian berikut saya akan menjelaskan beberapa hal mengenai aktivitas jual beli secara online.

Tips aman untuk belanja online untuk segala kebutuhan anda

Memilih berbelanja secara online dibandingkan belanja secara langsung sudah mulai banyak diminati masyarakat Indonesia. Menurut survei beberapa website yang mengamati lalu lintas dunia maya Indonesia, Netizen Indonesia sudah mulai banyak mencoba jual beli online sejak tahun 2013. Hal ini menjadi umpan besar bagi kebanyakan pihak yang ingin mengembangkan sayap usaha mereka secara langsung.

Nah, bagi anda yang membaca artikel ini berarti belum pernah sama sekali mencoba belanja produk secara online bukan ?. Tenang, saya akan mengulas secara tuntas mengapa sebaiknya anda jangan takut untuk berbelanja secara online.

  1. Menargetkan barang yang ingin anda beli secara online

    tips belanja online
    via selularid

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memiliki target barang yang anda inginkan sesuai kebutuhan anda. Saya garis bawahi pada artikel kali ini adalah “mencoba berbelanja online” dan meskipun hanya sebatas mencoba setidaknya belilah barang yang berguna.

Anda dapat mentargetkan barang – barang yang dapat anda peroleh melalui jual beli secara online seperti gadget elektronik, pakaian, kosmetik, dan kebutuhan lainnnya. Jika anda masih bingung memilih barang yang akan anda beli. Anda dapat mencari rekomendasi barang yang mungkin anda inginkan atau butuhkan pada website online shop tersebut.

Salah satu kelebihan berbelanja secara online adalah anda dapat menemukan barang yang sulit anda temukan di toko offline secara tepat. Sebagai sebuah contoh anda mencari sebuah pakaian jaket berlogo “You Tube Indonesia” yang sulit ditemukan di toko offline. Maka anda hanya harus mencari jaket tersebut di beberapa toko online atau online shop dengan menuliskan keyword tersebut.

Sebagai contoh lain adalah jika anda mencari sebuah sepatu branded yang ukuran kaki anda sulit ditemukan dipasaran. Sama seperti langkah sebelumnya, anda bisa mendapatkannya dengan mudah di jual beli online.

Karena tidak semua barang yang kita butuhkan tersedia dipasaran toko offline disekitar kita. Oleh karena itulah, salah satu pelopor hadirnya pasaran toko online adalah untuk menyediakan produk yang anda butuhkan dengan cara yang sangat mudah.

  1. Memilih website online untuk belanja online

Berbelanja secara online tidak terlepas dari yang namanya website online shopping. Meskipun aktifitas berbelanja secara online tidak hanya dapat dilakukan website online shop seperti halnya bisa anda temui pada sosial media. Akan tetapi, berjualan melalui media website online lebih efektif untuk mencakup konsumen dari berbagai daerah. Dan di Indonesia sendiri sudah mulai berjamuran website yang menyediakan jasa jual beli secara online.

Tidak jarang juga beberapa dari website online tersebut adalah sebuah website palsu yang menjebak para korban untuk tindakan kriminal mereka. Tindakan kriminal yang banyak dilakukan oleh para hacker dalam sektor website palsu adalah membuat korban mengakses jebakan mereka. Pada umumnya dunia komputer menyebut jebakan pada sebuah website tersebut adalah sebuah web phising.

Cara kerja dari web phising tersebut adalah disaat sang korban mengakses website tersebut atau bahkan melakukan pengoperasian pada beberapa opsi. Dengan demikian, website phising tersebut sudah dapat melancarkan aksi seperti peretasan, pemerasan dan spying secara otomatis.

Dengan demikian kita sebagai seorang netizen harus lebih selektif dan waspada dalam memilih sebuah website online. Nah, saya akan membagikan sepuluh daftar website penyedia jasa jual beli secara online yang tentunya aman dan terpercaya.

Pada urutan pertama ialah Lazada yang merupakan situs belanja online yang menyuguhkan berbagai macam jenis produk. Salah satu situs belanja online di Indonesia tersebut menyediakan barang elektronik, buku, mainan anak, perlengkapan bayi, alat kesehatan, produk kecantikan, peralatan rumah tangga dan olahraga.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2012 silam tersebut merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA Asia Tenggara. Sementara itu, perusahaan LAZADA Asia Tenggara tersebut merupakan bagian anak perusahaan internet Jerman yaitu Rocket Internet. Jadi sudah tidak perlu diragukan lagi keamanan dan komitmen dari salah satu website situs belanja online terbaik di Indonesia tersebut.

Bahkan website Lazada sudah memiliki banyak penjual terpercaya dari lokal maupun distributor resmi lainnya. Tidak jarang juga situs belanja online tersebut memberikan promo belanja produk murah setiap bulannya.

Pada urutan kedua ialah Tokopedia. Perusahaan penyedia jasa jual beli online tersebut di dirikan sejak 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya. Sedangkan Tokopedia.com baru resmi diperkenalkan kepada publik pada 17 Agustus 2009. Berada pada urutan kedua dalam daftar situs belanja online, bukan berarti menjadikannya kurang aman dibandingkan Lazada.

Situs belanja online besutan PT Tokopedia tersebut merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Hampir sama seperti situs belanja online Lazada, akan tetapi Tokopedia.com memberikan banyak fitur yang memang ditujukan untuk para pelapak (penjual).

Pada situs belanja Tokopedia anda juga akan menemukan berbagai produk seperti Lazada seperti barang elektronik, mainan anak, perlengkapan bayi, perlatan olahraga, peralatan rumah tangga, dekorasi dan lainnya. Selain itu, situs belanja online Tokopedia juga memberiakan kupon promo setiap minggunya secara gratis.

Bahkan sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2009, situs Tokopedia masih menyediakan layanan dasar Tokopedia yang bisa digunakan secara gratis oleh semua orang.

Matahari Mall sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Pada akhir tahun 2010 silam berbagai plaza dan bahkan mall yang dipelopori oleh Matahari sudah mulai berjamuran di Indonesia. Konsep yang diberikan oleh perusahaan yang bernama Matahari tersebut adalah penjualan kebutuhan harian seperti pakaian dan lainnya.

Sementara itu, website belanja online MatahariMall.com yang diperkenalkan secara publik pada tanggal 9 September 2015 silam. Situs belanja online tersebut tampaknya masih mirip dengan beberapa plaza dan toko Matahari offline. MatahariMall.com tersebut memberikan jasa jual beli produk seperti pakaian, tas, sepatu, kosmetik, tiket bioskop, barang elektronik dan lainnya.

Seperti pernyataan kebanyakan netizen yaitu “MatahariMall.com nggak cuman jual baju dan sepatu aja”. Bahkan anda dapat membeli sebuah baju yang sama dengan toko Matahari offline dengan potongan harga hingga 70%. Digadang – gadang bahwa MatahariMall.com bakal menjadi salah satu situs terbesar di Indonesia.

Kaskus.co.id pada awalnya hanyalah sebuah forum online yang dirintis oleh Andrew Darwis. Pada situs forum online tersebut anda dapat bergabung dengan ribuan orang dari seluruh Indonesia dengan topik yang membahas segala hal yang terjadi didunia. Akan tetapi, forum online yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia tersebut berkembang menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia.

Pada Kaskus.co.id anda dapat menemukan berbagai jenis barang yang anda buuthkan mulai dari pakaian, kosmetik, perhiasan, barang elektronik, hiasan, mainan dan bahkan akun game online.

Dengan kata lain sang pengguna dapat membuat artikel didalam platform Kaskus dan juga melakukan jual beli barnag disana. Hal ini tentu menjadikan forum online terbesar di Indonesia tersebut semakin dipandang dan menjadi ladang mengais rezeki netizen Indonesia.

Dapat anda bayangkan saja, ketika anda mengirim artikel mengenai barang yang anda jual di Kaskus, maka lapak anda dapat dilihat oleh ribuan orang sekaligus. Hal inilah yang menjadikan Kaskus mulai dilirik oleh pelapak lokal maupun distributor resmi yang menjual produk mereka di Kaskus.

Situs OLX.co.id pada dasarnya memiliki fungsi sebagai wadah untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli. Dan situs OLX yang mempopulerkan ungkapan COD (Cash On Delivery). Situs OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitass seperti produk elektronik, otomotif, rumah, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan lowongan kerja.

Pada sebelumnya situs OLX.co.id membawa nama Tokobagus.com dengan konsep dan desain yang sama. Karena beberapa faktor yang terjadi menjadikan situs tersebut berubah nama brand mereka menjadi OLX.

Pada tanggal 14 November 2014 silam OLX Indoensia mengumumkan bahwa berniaga.com akan merger dengan OLX. Proses merger tersebut telah selelsai pada bulan Februari 2015.

Situs Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia yang dimiliki oleh Achmad Zaky dan dikembangkan oleh PT. Bukalapak. Hampir sama seperti situs Tokopedia.com yang menyediakan layanan jual beli dengan konsep bisnis consumer to consumer (C2C). Dengan kata lain, Bukalapak menyediakan saranan penjualan dari konsumen kepada konsumen diseluruh Indonesia.

Sama seperti beberapa situs belanja online lainnya yang tetap komitmen menyediakan wadah untuk berjualan secara online. Siapa saja dapat membuka toko online yang kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan maupun jumlah banyak.

Produk yang ditawarkan juga terbilang banyak seperti barang elektronik, keperluan rumah tangga, pakaian, aksesoris komputer dan lainnya.

Elevenia merupakan situs belanja online yang masuk kedalam urutan ketujuh. Situs Elevenia menerapkan konsep open marketplace nomor satu di indonesia yang memberikan kenyamanan dan keamananan berbelanja. Situs tersebut menyediakan berbagai macam produk untuk pecinta berbelanja secara online yang tentunya dengan potongan harga yang menggiurkan.

Tercatat oleh survey bahwa situs elevenia menawarkan lebih dari 2 juta produk dari 17.000 seller yang terbagi dalam delapan kategori (fashion, beauty/health, baby/kids, home/garden, gadget/komputer, hobby/sports, service, dan elektronik). Dan pada bulan Februari silam, Elevenia telah berhasil menambah seller tetap mereka hingga lebih dari 23.000 dan live listing 2 juta produk.

Zalora Indonesia adalah situs belanja online yang menyediakan kebutuhan pakaian yang terdiri dari berbagai brand lokal maupun brand internasional. Zalora Indonesia didirikan pada tahun 2012 oelh Catherine Sutjahyo yang merupakan bagian dari Zalora Group di Asia.

Zalora merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Situs raksasa tersebut merupakan proyek dari Rocket Internet. Pada Indonesia Zalora berada dibawah naungan dan pengelolaan PT Fashion Eservices Indonesia.

Blibli.com termasuk salah satu E – commerce di Indonesia dengan konsep belanja online ala mall. Blibli merupakan produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum dibidang digital yang didirikan pada tahun 2010 silam.

Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan yang hampir mencapai Rp 100 miliar. Anda dapat menemukan gadget keren, kamera, aksesoris laptop, dan pakaian di Blibli.com.

Situs Bhinneka merupakan situs e-Commerce angkatan pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan tumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di Indonesia. Dan masih dengan tagline “Indonesia #1 Webstore” yang didirikan oleh Hendrik Tio.

  • Blanja.com

    Tips belanja online

Blanja merupakan toko online yang menawarkan berbagai pilihan produk yang sangat beragam, mulai dari perlengkapan rumah tangga sampai aksesoris gadget keren lainnya. Bahkan untuk masalah keamanan dan kenyamanan yang diberikan oleh Blanja.com tidak dapat dipandang sebelah mata dengan sistem yang ketat.

  • Qoo10.co.id

    Tips belanja online

Qoo10 merupakan gabungan dari martketplace asal Korea Gmarket dan eBay yang sekarang aktif pada enam negara (Singapura, Jepang, Indonesia, Malaysia, China dan Hong Kong).

Berdasarkan survey yang kami dapatkan, Qoo10 mempunya kinerja yang sangat baik di Indonesia dengan lebih dari 450.000 anggota terdaftar dengan 15.000 Penjual aktif.

  1. Melakukan pemesanan dan pembayaran

    Tips belanja online

Setelah anda mendapatkan sebuah produk dan website untuk situs belanja produk anda secara online. Maka anda hanya perlu melakukan pemesanan dan melanjutkan pembayaran. Pada umumnya pemesanan barang secara online akan datang kelokasi anda dalam lima hari waktu pemesanan. Dan sangat jarang sekali waktu pemesanan tidak tepat pada estimasi waktu dari situs belanja online tersebut.

Anda dapat melakukan pembayaran secara online via bank, pulsa, minimartket (alfamart, indomaret, alfamidi dan lainnya), dan cod (Cash on Delivery). Dan yang sangat saya sarankan adalah memilih opsi pembayaran via cod. Karena pembayaran via cod dilakukan ketika kurir telah mengantarkan paket pesanan produk anda. Hal ini bermanfaat untuk menghindari tindak kriminal secara online.


Loading...
Baca selengkapnya

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close