Optimasi Blog

Tips Link Building di Era Penguin 4.0 yang Perlu Diwaspadai

Tips link building – Pada tanggal 23 September 2016 yang lalu google telah mengupdate algoritmanya yaitu penguin ke versi 4.0. . Penguin ini adalah algoritma google yang ditugaskan untuk mengatasi blog yang melakukan spam dengan cara link building yang tidak wajar.

Dari pertanyaan resmi google sendiri, penguin versi 4.0 ini adalah algoritma penguin yang terakhir. Jadi kedepannya tidak akan di update lagi. Karena cara kerja dari penguin ini adalah secara real time. Jadi selalu bekerja sepanjang waktu untuk melihat dan mengetahui web mana yang spam dan mana yang natural.

Selain itu, penguin bekerja lebih spesifik lagi terhadap laman perlaman. Ya walau sebelumnya sudah menerapkan sistem ini, namun hal ini lebih ditingkatkan lagi. Sehingga hal ini akan lebih menangani web berdasarkan artikel per artikel.

Jadi misalnya artikel anda yang spam tentang artikel A maka hanya artikel A yang mendapatkan reputasi buruk. Sedangkan artikel yang lainnya tidak akan terkena dampaknya.

Lalu bagaimana dampak terhadap blog beberapa minggu ini dari update penguin 4.0?

Berdasarkan pernyataan banyak orang, termasuk beberapa diskusi sesama webmasters di berbagai forum luar negeri dan dalam negeri seperti ads id, bahwa update ini tidak terlalu berpengaruh. Malahan banyak yang bilang trafiknya naik, padahal mereka menggunakan berbagai tools backlink.

Mereka mendapatkan dampak ini sudah pada tanggal 2 september dengan penurunan trafik. Lalu pada tanggal 12 september merasakan penurunan lagi. Nah pada tanggal 23 september sesuai pengumuman resmi dari google tentang peluncuran penguin terbaru ini justru trafik kebanyakan naik. Lalu bagaimana trafik blog anda?

Tips Link Building di Era Penguin 4.0

Nah dibawah ini saya akan memberikan sedikit informasi kepada anda semua mengenai tips link building. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat buat kita semua.

Loading...

Dengan adanya penguin versi terbaru ini apakah link is dead?

Memang, beberapa kali mat cuts sebagai head of webspam google menyatakan bahwa backlink sudah mati, backlink hanya sebagai tanda kalau blog kita itu punya reputasi. Ia mengatakan “your online reputation” dalam perbincangannya di youtube.

Sebenarnya hal ini bertujuan untuk menghindari bisnis jual beli backlink serta mengatasi manipulasi yang diakibatkan oleh backlink. Namun para webmasters dari berbagai penjuru dunia mengatakan bahwa backlink itu masih memiliki peran penting dalam ranking blog di search engine.

Pada update penguin versi ini memang tidak memberi dampak lebih jauh dalam perankingan blog. Pasalnya google sendiri punya lebih dari 200 faktor, nah backlink ini hanyalah 1 dari 200 lebih faktor tersebut.

Jadi link building masih perlukah?

Menurut saya pribadi, ini masih memberikan dampak yang besar bagi blog kita. Namun harus didukung konten yang berbobot juga. Karena saya beberapa hari ini melakukan riset mengenai beberapa blog yang meraih posisi nomor 1 di google terhadap kata kunci yang banyak sekali penariannya.

Saya chek backlink mereka dan hasilnya masih sangat sedikit. Nah blog yang memiliki banyak backlink malahan berada di posisi dibawahnya.

Hal ini bisa menjadi perhatian bagi anda semua mengenai link building. Anda harus bisa mengetahui tips link building yang baik dan benar.

Penguin menjadi bagian dari core algoritma. Sebelum versi terbaru, penguin tidak bergabung dengan algoritma utama, terpisah dan tidak bekerja secara bersamaan. Namun sekarang ini tergabung dalam core algoritma, sehingga bekerja lebih baik lagi dan bisa terhubung dengan algoritma lain seperti panda dan hummingbird.

Selain itu, dengan bekerja secara realtime, maka akan membuat blog yang tadinya dianggap buruk oleh penguin bisa menjadi dianggap baik, dan sebaliknya. Jadi kalau ada yang melakukan spam, maka saat itu juga penguin langsung bekerja. Tidak seperti sebelumnya yang harus direfresh setiap beberapa waktu sekali.

Jadi anda harus lebih hati-hati dalam melakukan link building. Jangan sampai melakukan spam kesana kemari, karena itu akan langsung ditangani dan terkena dampaknya secara langsung.

Untuk link building jangan lebih menargetkan backlink ke artikel daripada ke situs utama. Misalnya di blog membahas mengenai android dan anda ingin menaikan posisi salah satu artikel. Jadi jangan saat mencari backlinknya berupa example.com saja, namun example.com/tips-android. Ya itu sebagai contoh saja.

Karena google menjawab saat diberi pertanyaan seperti ini “No, it means, it affects finer granularity than sites. It does not mean it only affects pages”. Jadi kalau salah satu artikel kita yang terkena spam, maka tidak akan terjadi deindex pada seluruh blog, namun hanya khusus pada artikel itu saja.

Inilah beberapa tips link building di era update google penguin 4.0

link building

1. Hindari backlink dari web yang tidak berkualitas

Backlink yang tidak berkualitas bisa jadi web yang tidak pernah di update, isinya hanya backlink dari orang lain, web yang menampilkan konten buruk, web spam dan sebagainya.

Hindarilah untuk menanam backlink dari web seperti itu. Tips link builiding yang bisa anda coba adalah dengan mencarinya di web yang terkenal, memiliki reputasi yang bagus dan selalu update.

2. Hindari backlink berlebihan dengan tools

Dengan tools seperti GSA, scrape box dan sebagainya mungkin bisa mendatangkan puluhan ribu backlink dalam waktu sekejap. Namun dengan ini, backlink kita akan memiliki grafik seperti gunung dan jurang. Jadi naik dalam sekejap lalu turun dalam sekejap.

Penguin akan mencurigai hal ini, dan bisa berdampak terhadap posisi artikel anda di search engine. Jadi gunakanlah selalu tips link buiding yang aman. Anda bisa membaca di blog resminya google yaitu webmasters.googleblog.com

Silakan anda pelajari berbagai informasi tentang backlink. Agar anda lebih paham lagi mengenai seperti apa itu teknik dan tips link building dimata google.

Referensi lainnya buat anda: Teknik Mendapatkan Backlink Super SEO Untuk Blog Anda

3. Tingkatkan relevansi blog  yang memiliki niche sama

Semakin relevan linknya pada artikel yang membahas topi sama maka itu menandakan bahwa artikel tersebut itu berkualitas. Jadi kalau anda mau menggunakan mencari backlink bisa dengan menghubungi pemilik blog lalu tanya apakah bisa menjadi guest blogger di blognya.

Kalau memang bisa, maka anda bisa menyisipkan link ke blog pada artikel yang dititipkan ke blog mereka. Jadi akan leblih mudah backlinknya dan sangat relevan. Namun yang perlu diperhatikan juga, jangan sampai me-link antara artikel satu dengan artikel yang lainnya. Karena ini bisa berikibat kurang baik.

4. Buat seimbang antara backlink dofollow dan backlink nofollow

Memang dengan dofollow, maka backlink itu akan dianggap oleh mesin pencari. Berbeda dengan backlink nofollow yang tidak ikut dirayapi oleh mesin pencari. Namun jika backlink dofollow lebih mendominasi, maka menjadi masalah tersendiri buat blog. Jadi tips link building ini bisa dilakukan dengan menggunakan keduanya. Karena hal itu lebih aman.

Apabila kebanyakan backlink dofollow hingga lebih dari 85% ini mungkin akan dianggap spam oleh penguin. Jadi pilihlah yang aman saja dengan mencampur keduanya.

5. Gunakan kontekstual backlink

Bisa dibilang bahwa konstektual backlink adalah link terbaik. Konstektual backlink berada di dalam artikel dan menyatu dengan artikel, dan bukan naked url. Jadi bentuknya hampir sama dengan internal link atau link artikel terkait.

Karena dengan ini maka blog kita akan dianggap lebih baik oleh penguin. Karena jarang ada blog yang nyepam dengan cara seperti ini. Dan biasanya ini bisa didapat dari menjadi guest blogger atau membeli link.

6. Gunakan anchor teks yang berbeda-beda

Maksudnya adalah dengan menggunakan kata yang beragam, ada yang naked url, kontekstual, dan sebagainya. Selain itu backlink antara yang satu dengan yang lainnya usahakan agar tidak sama kata katanya. Hal ini juga agar tidak dianggap nyepam oleh algoritma google terbaru ini.

Soal peletekannya, usahakan jangan dilakukan secara beragam. Jangan di footer, sidebar, komen, karena itu lebih jelas terlihat kalau itu backlink spam. Jadi seperti yang saya ucapkan dalam nomor 5 tadi, bahwa backlink yang terletak didalam artikel itu adalah backlink yang terbaik.

7. Jangan gunakan sitewide link

Sitewide link adalah link yang berada pada sidebar, header atau footer. Ini memang tidak berbahaya, namun penguin mungkin akan menganggap bahwa itu adalah iklan, jadi tidak akan dinilai. Ya tentu, banner pada blog juga termasuk backlink kan? Jadi buat apa menilai link pada iklan bukan?

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tips link building di era penguin 4.0 ini. Jadi jika anda mendapatkan penurunan trafik atau kenaikan pada akhir akhir ini, bisa saja disebabkan oleh update ini.

Dengan mengikuti beberapa tips link building diatas, semoga saja anda tidak terkena dampak buruk. Yang penting jangan sekali-kali spam, karena ini berbahaya.

Semoga pembahasan mengenai tips link building kali ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share artikel ini ya. Sampai jumpa…



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

2 Comments

  1. waoow ngerii yaa..makanya web ane kemaren2 sempat naik turun,tapi alhamdulilah skarang dah stabil lagi..thank inpoh nya mas

  2. nice share, menambah wawasan
    penggunaan anchortextnya ini yang lebih diperhatikan,
    mending pake anchor Brand/naked URL. daripada anchor targeted keyword semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *