Bisnis OnlineUlasan Bisnis

7 Tips Memilih Produk Online Shop yang Tepat Agar Cepat Laku

Memilih Produk Online Shop – Perkembangan e-commerce di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Hal ini bisa dilihat tingginya angka transaksi online di Indonesia. Semua orang mulai tertarik untuk terjun ke bisnis online karena dianggap lebih mudah, praktis dan tidak memerlukan modal yang banyak.

Namun, untuk sukses terjun ke bisnis online sebenarnya tidaklah segampang yang dibayangkan. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis online, entah itu dengan membuat toko online sendiri, menjadi seorang reseller atau dropshiper.

Langkah pertama yang tentunya harus dilakukan kalau mau menjual suatu produk adalah menentukan produk apa yang akan dijual.

Yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah semua barang akan laris dijual secara online?

Pada dasarnya, semua produk dapat dijual secara online. Tapi apakah dari begitu banyaknya barang yang bisa ditawarkan lewat internet tersebut semua laku dan dicari banyak orang. Itu yang menjadi masalah.

Jangan sampai Anda menjual barang yang ternyata tidak diminati orang, pada akhirnya hanya akan membuang waktu dan tenaga Anda.

Untuk itu penting sekali mengetahui jenis produk yang paling laris dijual secara online, agar keuntungan yang kita dapat bisa maksimal.

Namun tentu saja, ada gula ada semut, semakin legit produk tersebut semakin banyak pesaing yang juga menjual produk serupa.

Oke, sebenarnya apa saja barang yang paling laris dijual secara online?

7 Produk Online Shop yang Paling Laris, Silahkan Anda Pilih

Memilih Produk Online Shop

1. Fashion

Sampai saat ini produk fashion masih mendominasi penjualan di beberapa marketplace. kalau Anda melihat ke marketplace yang ada, mungkin sekitar 50% adalah menjual produk fashion dan sisanya dibagi produk-produk lain.

Sebenarnya ini bukanlah hal yang aneh, karena fashion termasuk produk yang memiliki banyak variasi dan jenis.

Tidak jarang dalam satu varian bisa terdiri dari aneka model, misalnya jenis gamis saja bisa lebih dari puluhan jenis.

Di samping itu produk fashion juga cepat berganti model sehingga para produsen juga terus melakukan update barang dengan cepat.

Satu hal lagi, budaya masyarakat Indonesia yang cenderung konsumerisme dan senang dengan sesuatu yang baru (up to date) juga turut memberi andil larisnya produk fashion ini.

Banyak orang membeli produk pakaian dari internet untuk menghemat waktu. Kebanyakan konsumen online lebih suka menghemat waktu daripada menghemat uang.

Konsumen online untuk produk-produk pakaian ini tidak hanya didominasi kaum wanita saja, tetapi pria pun juga banyak yang gemar berbelanja produk fashion online.

Beberapa produk fashion paling diminati oleh pria ialah t-shirt, jaket, jam tangan, dan sepatu. Kalau Anda punya passion dalam dunia fashion dan suka mengikuti tren mode Anda bisa memilih produk fashio untuk bisnis online Anda.

2. Gadget

Produk kedua yang cukup laku dijual secara online adalah gadget, dengan smartphone masih menjadi penyumbang terbanyak transaksi.

Hampir sama dengan produk fashion, gadget juga memiliki jenis produk yang banyak dan perputaran produknya sangat cepat.

Contohnya saja smartphone, dalam satu brand saja bisa terdiri dari aneka model dan seri. Sampai-sampai membuat calon konsumen menjadi bingung menentukan pilihan.

Meskipun dikatakan saat ini perekonomian cenderung lesu, tetapi kenyataannya transaksi produk gadget masih sangat ramai.

Memang secara offline penjualan produk gadget terlihat mengalami penurunan sampai pusat grosir gadget seperti Glodok dan Roxy akhirnya tutup, tetapi dalam penjualan online transaksi justru mengalami peningkatan yang signifikan.

Sebagian besar dari konsumen online yang mencari produk gadget ini adalah orang-orang pekerja kantor yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk pergi ke pusat perbelanjaan hanya untuk membeli gadget.

Mereka percaya produk yang dijual secara online maupun offline memiliki spesifikasi dan harga yang hampir sama.

3. Barang Elekronik

Barang-barang elektronik juga termasuk produk yang lumayan sering dibeli orang dari internet. Beberapa barang elektronik yang laris diminati adalah permainan video games seperti Playstation, kamera, televisi, handycam, dll.

Produk-produk elektronik memang secara model atau variannya tidaklah sebanyak dan secepat produk gadget jadai peminat dari peralatan elektronik ini tidak sebanyak peminat produk gadget, namun demikian berjualan peralatan elektronik secara online masih cukup menjanjikan.

4. Buku dan Majalah

Meskipun media cetak khususnya surat kabar harian mengalami penurunan dalam bisnis offline dan mulai beralih ke produk media online, tetapi ternyata minat orang untuk membeli buku dan majalah tetap besar.

Salah satu pertimbangan masaih diminatinya produk buku dan majalah karena isinya biasanya tidak lekang waktu, berbeda dengan surat kabar harian sehingga bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi.

Selain itu dengan membeli online orang akan fokus dengan buku atau majalah yang dibelinya. Lain halnya kalau Anda beli secara langsung di toko, terkadang kita menjadi gelap mata melihat daftar buku-buku yang menarik di deretan rak buku.

Alhasil budget membeli buku yang awalnya hanya sekian ribu bisa membengkak menjadi sekian ratus ribu, karena tidak bisa menahan diri ketika melihat buku-buku tersebut.

Lain halnya ketika kita membeli buku online. Ketika mengetikkan judul buku yang kita cari, yang muncul hanya detail mengenai buku yang akan dibeli. Tidak terlihat buku-buku yang lain, kecuali jika memang berniat window-book-shopping.

5. Produk Kecantikan

Produk kecantikan juga memiliki segmen pembeli yang cukup tinggi. Bukan rahasia lagi, selain fashion, produk kecantikan merupakan pos belanja yang wajib hukumnya bagi kebanyakan wanita.

Wanita mana yang tidak ingin selalu tampil cantik. Oleh karena itu, produk kecantikan wanita akan selalu menjadi kebutuhan rutin bagi kaum hawa.

Beberapa produk kecantikan yang cukup banyak peminatnya dan sangat laku dijual di internet ialah cream pemutih kulit, produk pelangsing, produk perawatan wajah seperti penghilang jerawat dan pemutih kulit wajah.

6. Bahan Pangan dan Kuliner

Sebenarnya tren penjualan produk pangan ini baru melejit pada beberapa tahun belakangan ini, seiring munculnya layanan delivery order seperti Go-Jek dan Grab.

Sekarang untuk membeli makanan ataupun bahan makanan sudah cukup mudah. Tinggal memilih produk yang diinginkan lalu order, maka tidak berapa lama produk yang diinginkan sudah datang.

Satu kendala dari jenis produk ini adalah ketahanan produknya yang perlu diperhatikan terutama dalam penyimpanan dan pengemasan.

7. Produk Digital

Semakin tingginya minat orang untuk mencari panduan atau tools membuat produk digital kian hari semakin tinggi peminatnya.

Contohnya saja, berapa jumlah blogger baru setiap hari yang memerlukan panduan maupun tools untuk membantu dalam pembuatan website.

Maka lahirlah berbagai macam produk untuk kebutuhan pembuatan website entah itu ebook, tools, software maupun lainnya.

Bagi seorang blogger ini adalah peluang yang bagus untuk mulai menjual produk digital. Meskipun Anda tidak memiliki produk digital sendiri, Anda bisa menjual produk digital melalui program afiliasi, salah satunya di Ratakan.

Disana Anda bisa menjual berbagai macam produk digital yang tersedia dengan sangat mudah.

Kalau Anda tertarik, silahkan mendaftar dan mulai menjual produk di Ratakan.

Itulah 7 produk yang paling laris dijual secara online sampai saat ini. Anda bisa memilih salah satu dari produk-produk tersebut atau menjual semua produk itu sekaligus. Semua tergantung pada Anda sendiri untuk menjalankannya.

Setelah Anda memilih produk yang tepat, saatnya Anda pasarkan produk Anda tersebut dengan membuat online shop sendiri atau menjualnya melalui beberapa marketplace.

Gimana, apakah Anda sudah memilih kira-kira produk apa yang laku untuk jualan online ?

Memang untuk memulai jualan online sebenarnya semua orang bisa melakukannya. Tetapi membuat jualan online yang laris membutuhkan beberapa strategi, salah satunya dengan memilih produk yang tepat agar jualan online cepat laku.

Pada pembahasan diatas, telah saya ungkap 7 produk yang laku untuk jualan online saat ini di Indonesia. Tetapi belum tentu ketujuh produk itu bisa menjadi laris saat Anda jual secara online juga.

Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu kira-kira produk apa yang cocok dan mudah dijalankan oleh Anda.

Jangan sampai hanya karena melihat produk teman atau brand yang lain laris, Anda langsung ikut terjun dalam penjualan produk tersebut padahal Anda belum memahami produk itu secara utuh.

BacaCara Sukses Branding Produk di Era Digital

Kenali produk Anda terlebih dahulu saat kita memulai berjualan via internet, diperlukan riset produk yang akan kita jual karena tidak semua produk bisa dengan mudah dijual melalui internet.

Silahkan Anda memilih produk online shop Anda secara tepat baru Anda berjualan secara online agar Anda bisa meraih keuntungan secara maksimal dan meminimalisir resiko kerugian atas produk tersebut.

Tips Memilih Produk Online Shop yang Tepat

Tips Memilih Produk Online Shop yang Tepat

Setidaknya ada 7 tips jualan online untuk pemula yang bisa digunakan untuk mencari produk yang tepat agar jualan online bisa menguntungkan dan terus berkembang.

#1. Menjual Produk yang Sesuai dengan Hobi

Jika Anda bisa menemukan produk yang sesuai dengan hobi Anda, maka itu sangat memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis dengan baik.

Akan menyenangkan jika sebuah hobi bisa menjadi kegiatan yang menguntungkan (profitable).

Seperti misalnya, Anda memiliki hobi sepakbola, Anda bisa menjual produk-produk yang berkaitan dengan dunia sepakbola, mulai dari jersey/seragam sampai aksesoris atau merchandise klub-klub sepakbola.

Satu, keuntungan lagi jika Anda ikut dalam komunitas hobi Anda tersebut. Anda bisa mempromosikan produk jualan online Anda kepada anggota komunitas sehingga produk Anda akan lebih cepat dikenal.

#2. Pilih Produk yang Punya Banyak Aksesoris

Sebaiknya Anda memilih produk yang memiliki aneka aksesoris penunjang. Misalnya Anda bisa jualan online elektronik, misalnya produk pc dan laptop dengan mengambil persentase keuntungan yang tidak terlalu besar,.

Tetapi Anda bisa mengambil keuntungan lain dengan berjualan berbagai aksesoris pc dan laptop untuk meningkatkan penghasilan.

Contoh lainnya Anda bisa jualan online handphone, dimana kalau kita lihat di pasaran banyak sekali tools dan perangkat pendukung sebuah handphone yang dijual, seperti pelindung layar, earphone dan lain sebagainya

Produk-produk aksesoris ini dikenal dengan istilah Accessory-Rich Niches.

Jangan salah, persentase keuntungan dari penjualan aksesoris bisa jauh lebih tinggi dibandingkan harga produk utamanya itu sendiri.

#3. Menjual Produk yang Turn over-nya Rendah

Secara sederhana arti dari turn over adalah produk yang memiliki waktu tertentu untuk segera digantikan dengan produk yang lebih baru (up-to-date). Ketika hendak memulai bisnis, pilihlah produk yang mampu bertahan cukup lama di pasaran.

Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa setiap produk yang dijual, pasti ada suatu pembaharuan baik itu dari segi tren atau teknologinya, tetapi usahakan untuk memilih jenis produk yang memiliki masa turn over yang rendah.

#4. Menjual Produk yang Sudah Terkenal

Bagi Anda yang akan terjun ke bisnis online sebaiknya pilihlah produk yang sudah dikenal oleh konsumen supaya Anda lebih mudah melakukan promosi ke pasar.

Dengan begitu kita tidak perlu melakukan edukasi dan memberikan penjelasan secara detail tentang produk Anda.

Anda boleh saja menjual produk yang belum dikenal masyarakat tetapi bisa berpotensi akan meledak di pasaran, tetapi untuk memperkenalkan produk tersebut memerlukan biaya dan strategi yang matang.

Jadi, kalau Anda ingin jualan online tanpa modal sebaiknya hindari menjual produk yang belum dikenal konsumen secara luas.

#5. Menjual Produk yang Ringan dan Ringkas

Kenapa memilih produk yang ringan dan ringkas ?

Alasannya, karena apabila produk yang Anda jual memiliki bobot yang ringan, maka ongkos kirim jugaakan semakin murah. Dengan ongkos kirim lebih murah maka Anda bisa melakukan promosi jualan online gratis ongkir ke wilayah tertentu.

#6. Menjual Produk yang Sulit Ditemukan di Pasar Konvensional (Offline)

Ketika memilih produk untuk toko online Anda, pilihlah produk yang tidak banyak ditemukan di toko-toko konvensional.

Dengan begitu produk Anda akan dicari lewat internet dan cenderung akan lebih mudah mendapatkan konsumen yang potensial.

Namun yang perlu diperhatikan adalah permintaan (demand) dari produk tersebut di pasar. Apakah memang produk tersebut banyak dicari karena ketersediaannya yang masih terbatas? atau ternyata memang produk tersebut tidak terlalu laku di pasaran.

Jadi, Anda perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui kondisi sesungguhnya dari pasar produk yang Anda incar tersebut.

#7. Menjual Produk yang Memiliki Masa Pakai  / Mudah Habis

Memilih produk yang mudah habis atau memiliki masa pakai tertentu diharapkan konsumen akan mencari lagi produk yang sama.

Dengan catatan, Anda harus memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen, maka kemungkinan besar mereka akan kembali lagi kepada Anda untuk membeli produk yang sama (repeat order).

Pilihlah yang sesuai dengan kondisi dan kemudahan yang Anda miliki, apabila lebih mudah untuk mencari produk yang banyak aksesorisnya walaupun itu tidak sesuai dengan hobi Anda, maka hal itupun tidak masalah.

Dalam bisnis tidak perlu mencari produk yang ideal, yang diperlukan hanya fokus bagaimana kita mengemas produk itu sehingga banyak orang yang tertarik untuk memilikinya.

Anda bisa memulai jualan online gratis dengan cara jualan online sistem dropship bergabung di beberapa marketplace yang ada seperti jualan online di Bukalapak, Tokopedia, Shopee atau Lazada

Demikian informasi dan panduan singkat bagaimana memilih produk online shop yang tepat. Ketujuh tips yang dibahas diatas tidak harus Anda ikuti semua, namun cukup Anda jadikan sebagai pertimbangan.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close