Ulasan Bisnis

Tips Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pemula

Bicara soal bisnis tentunya menjadi suatu yang berbeda beda pada masing-masing pemikiran orang, karena ada yang beranggapan bahwa bisnis merupakan hal yang sangat beresiko. Karena kerugian yang sering dialami oleh mereka yang memulai bisnis.

Itu benar, memang semua bisnis memiliki resiko besar apabila bisnisnya semakin besar. Namun bukan berarti kita harus takut untuk memulai dalam berbisnis, karena bisnis itulah yang bisa menjadikan diri kita sukses atas pencapaiannya.

Sebenarnya apabila sudah berlalang buana dalam dunia bisnis, tentunya resiko yang ada didepan mata bukanlah suatu penghalang bagi mereka untuk bisa lebih sukses lagi kedepannya. Karena dengan resiko itulah seseorang justru bisa lebih hati-hati dan waspada terhadap apa yang dilakukannya. Jadi buat apa takut dengan resiko karena pada akhirnya resiko itulah yang menuntun diri kita pada sebuah keberhasilan yang nyata.

Alasan kenyamanan kadang dimilik oleh setiap orang yang memilih untuk bekerja menjadi seorang karyawan disuatu perusahaan tertentu. Daripada mereka harus memulai bisnis itu sendiri. ” mereka juga beralasan bahwa bisnis itu butuh modal yang besar”. Sehingga mereka tidak ingin terjun kedunia bisnis.

Maka dari itulah hanya sebuah kemantapan dan keberanian hatilah yang mampu membuat seseorang menjadi pebisnis sukses. Ya benar mereka itulah yang dapat mengendalikan diri mereka sendiri.

Salah satu perbedaan yang mendasar dari setiap orang dalam berbisnis adalah mereka berinvestasi uang, pikiran dan tenaga di masa depan. Sehingga suatu saat nanti mereka tidak perlu bekerja pun sudah punya banyak uang yang selalu mengalir kedirinya setiap saat. Jadi mereka tidak akan perlu bersusah payah dilain waktu.

Berbeda halnya dengan seorang karyawan, mereka selalu dituntut untuk selalu berusaha sekuat tenaga setiap waktu sebelum masa periode kerja mereka selesai. Hal inilah justru membuat banyak orang merasakan larut didalamnya.

Padahal harus selalu mematuhi perintah bos, selalu berangkat sesuai waktu yang telah ditentukan dan pastinya masih ada banyak sekali aturan-aturan yang harus dilakukan oleh seorang karyawan.

Loading...

Tips memulai bisnis yang dapat dilakukan oleh setiap pemula

memulai bisnis
Healthy person woman sport via https://www.pexels.com

Ya setidaknya ini bisa menjadi acuan dasar jika Anda ingin memulai bisnis untuk saat ini. Jadi jika Anda sukses maka nantinya beberapa tips ini memang mujarab untuk dilakukan oleh setiap orang. Langsung aja simak kelima macam pembahasan dibawah ini ya…

1. Tentukan bidang yang ingin anda tempuh

Jadi tips memulai bisnis yang pertama yaitu Anda harus bisa membuat sebuah tujuan terlebih dahulu. Ini bisa disesuaikan dengan bakat dan hobi Anda.  jika sesuatu hal di awali dari hobi, maka Andapun akan merasakan kenyamanan dan kebahagiaan dalam setiap tindakan.

Anda tidak perlu merasakan hal yang memang tidak disukai. Memang orang orang sukses dunia saat ini juga selalu memulai bisnis itu dulunya dari sebuah hobi. Dari hobi coding, hobi masak, hobi berkebun, hobi terhadap eksperimen sains, hobi menulis dan banyak lagi. Dari situlah segala pintu menuju kesuksesan akan terbuka walaupun diri kita tidak membuka pintu itu.

Awali dari hobi dan kesukaan

Mungkin Anda bingung memulai bisnis apakah yang ingin ditempuh, langkah awalnya coba pahami apa aktivitas kesukaan anda. Lalu pahami hobi diri sendiri dan lihatlah apakah ada peluang bisnis yang ada didalamnya.

Misalnya nih kalo Anda suka dengan dunia desain atau rancang merancang pakian. Anda suka menciptakan suatu model baru dalam setiap karyamu, maka Anda cobalah untuk menekuni bidang ini hingga mahir lalu membuatnya sebagai suatu peluang bisnis.

Jadi kalau Anda memang hanya suka membuat suatu rancangan tapi tidak pandai menjahit, maka sambil terus belajar menjahit, coba tawarkan desain pakaian Anda kepada mereka para penjahit profesional.

Anda bisa menjual rancangan itu mulai dari ratusan ribu rupiah, nah kalau sudah mahir dan banyak peminat dari karya Anda nantinya. Maka cobalah untuk menjualnya dengan nilai yang lebih besar lagi kedepannya. Ya antara jutaan hingga puluhan juta apabila desain Anda itu sangat luar biasa, maka itu harga yang pantas.

Misalnya dalam sebulan Anda bisa bikin 10 rancangan yang luar biasa maka penghasilan Anda pun akan fantastis bukan.? Nah maka dari itulah mulailah segala sesuatu dengan hobi, karena dengan hobi dan kesukaan Anda setiap sesuatu akan dirasakan banyak kemudahan didalamnya. Percayalah akan hal itu.

Memang sih kita belum tahu secara detail mengenai seberapa besar tingkat kesuksesan dari hobi itu sendiri. Namun bagaimanapun juga tetap ada pengaruh yang nyata. Walaupun mungkin pemahaman setiap orang berbeda beda antara yang satu dengan yang lain.

Jadi tidak ada salahnya apabila kita mengawali sebuah karier yang diawali dari hobi, selain mempermudah untuk melakukan setiap hal, kita pun akan selalu merasakan nyaman dan bahagia.

Apabila keputusan Anda sudah bulat untuk terjun kedalam dunia bisnis, maka jangan sampai menghiraukan tip memulai bisnis yang pertama , yaitu selalu menentukan bidang apakah yang pantas dan sesusai dengan minat dan hobi anda sendiri.

2. Belajar dulu tentang bisnis

Belajar merupakan salah satu kewajiban setiap manusia mulai dari lahir hingga mati kelak. Dengan belajar mampu membuat seseorang menjadi lebih tahu dari apa yang mereka sebelumnya tidak mengetahuinya. Salah satunya yaitu saat Anda mau berbisnis.

Anda harus belajar terlebih dahulu mengenai bisnis sampai benar-benar menguasainya, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan suatu saat nanti. Karena selain sebagai kewajiban, belajar adalah salah satu cara untuk membuat diri kita menjadi lebih banyak wawasan tentang suatu hal.

Kemauan untuk belajar

memulai bisnis
Woman reading via https://www.pexels.com

Ada berbagai macam tempat yang dapat Anda gunakan sebagai tempat belajar memulai bisnis. Diantaranya secara otodidak menggunakan berbagai sumber referensi yang ada seperti dari ebook, internet, buku dan belajar dari pengalam yang pernah dilakukannya.

Atau Anda dapat mengikuti berbagai forum yang ada untuk mendapatkan ilmu bisnis yang bagus. Namun apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal lagi kedepannya, maka gunakan pembelajaran secara langsung sehingga Anda bisa bertemu dengan guru Anda suatu saat nanti. Jadi misalkan ada sesuatu yang kurang dimengerti, Anda dapat segera bertanya kepada guru Anda sendiri.

Apabila Anda belum belajar tentang bisnis tetapi kita sudah terjun kedalamnya, maka akan timbul berbagai hal yang tidak kita inginkan. Seperti pengelolaan yang buruk, sehingga menimbulkan sesuatu yang kurang diinginkan.

Belajar sebelum kita terjun ke dunia yang sesungguhnya sangat vital peranannya, semisal Anda belum tahu mengenai seluk beluk bisnis yang hendak dijalankan. maka akan menimbulkan sesuatu yang kurang membahagiakan dan kurang memuaskan saat menerima hasil akhirnya nanti. Jadi mulai sekarang janganlah sungkan untuk belajar.

Dengan modal kemauan yang kuat saja sebenarnya Anda bisa mendapatkan banyak hal dari pembelajaran itu. Jadi sampai kapanpun juga hendaknya jangan pernah ragu untuk selalu meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan selalu menuntut ilmu.

Tua bukanlah saat yang terlambat untuk belajar banyak hal, karena hanya kematian sajalah yang memisahkan manusia dari pembelajaran. Jika memang Anda ingin lebih serius terhadap bisnis yang menjadi tujuan bagi anda seperti nomor pertama diatas, maka lakukanlah yang terbaik sampai kapanpun juga dan teruslah belajar sambil jalan.

3. Jadikan uang yang Anda miliki memperbanyak diri

Tips yang kedua ini bisa Anda lakukan apabila sudah memiliki tujuan yang kuat dan materi pembelajaran yang baik tentang bisnis. Jadikan uang yang Anda punya memperbanyak modal, tidak usah takut untuk mengeluarkan modal berupa uang yang Anda miliki.

Janganlah takut kalau uang ini tak dapat menggandakan diri, percayalah bahwa pengelolaan yang baik dalam bisnis adalah salah satu cara untuk menjadikan kita sukses. Sehingga uang yang kita keluarkan sebagai modal tidak perlu khawatir akan lenyap dan tidak kembali kepada kita suatu saat nanti.

Bisnis adalah investasi yang sangat pesat pertumbuhannya, tentunya apabila seseorang memiliki berbagai elemen yang bagus dalam tiap-tiap bidang di bisnis yang ia kelola. Namun investasi satu ini tak dapat diketahui seberapa kali lipat keuntungan akan kita dapatkan.

Berbeda dengan saat kita hanya menanam saham diperusahaan orang lain, walaupun kita tahu seberapa % keuntungan yang akan kita dapatkan. Namun kita tidak memiliki hak untuk bisa menambah pemasukan tentang seberapa besarnya.

Referensi lain : 6 Tips Sukses Berdagang yang Cocok untuk Pemula

Modal motivasi dan kerja keras

memulai bisnis
Construction wall via https://www.pexels.com

Sebenarnya modal dalam berbisnis itu bukanlah soal uang semata, melainkan butuh kerja keras, motivasi yang tinggi, pantang menyerah dan ide-ide yang penuh akan inovasi. Itu merupakan salah satu hal yang dapat Anda jadikan modal besar selain uang.

Tapi semuanya juga harus ada, sehingga mereka tidak akan dapat berguna tanpa adanya kesatuan dari seluruh modal itu sendiri.

Modal internal dari hati, motivasi, kerja keras, kegigihan dan modal eksternal berupa uang dan harta merupakan hal yang tak dapat Anda pisahkan untuk memulai bisnis.

Cobalah Anda menemukan sesuatu yang lebih baik daripada harus mengeluarkan banyak uang, seperti mengajak orang untuk menjadi investor diperusahaan Anda. Mereka bisa saja memberikan uang yang besar apabila mereka sudah mengetahui ada keseriusan dari bisnis yang Anda jalani. Ini bisa menghemat pengeluaran modal anda.

Namun uang dari investasi adalah uang perusahaan milik mereka yang dititipkan kepada kita untuk dikembangkan menjadi lebih banyak lagi, jadi kita jangan terlalu senang apabia ada investor yang memberikan banyak uang kepada kita, jangan justru buat bersenang senang saja ya!!!

4. Pahami kelebihan dan kekurangan Anda

Ini adalah poin untuk diri kita sendiri, bagaimanapun juga kita seharusnya melakukan sesuatu yang sesuai dengan batasan diri kita sendiri. Jangan mengurangi maupun melampauinya, jika kita merasa masih mampu ya lakukalah.

Namun apabila kita merasa kurang mampu walaupun telah belajar banyak hal, itu menandakan bahwa diri kita tidak berbakat disana. Kita juga harus bisa menerima kekurangan diri kita sendiri. Karena apabila tidak menerimanya dengan lapang dada, hanya kegundahan dalam hati saja yang selalu mengitari dan menyelimuti perasaan.

Setiap orang memang diciptakan dengan kemampuan dan kekurangan masing masing, jadi kita juga harus tahu bahwa semua itu diciptakan demi sebuah keharmonisan dalam hidup bersosial. Apabila suatu saat kita sedang membutuhkan sesuatu maka kita dapat meminta bantuan orang lain.

Referensi lain : Mengapa untuk Menggapai Sukses Butuh Kejujuran?

Disaat mereka membutuhkan , maka kita bisa membuatkan sesuatu untuk mereka, inilah suatu hubungan timbal balik yang didasarkan karena kelebihan dan kekurangan pada diri masing masing . Sehingga kita tak usah mengeluh apabila kita diciptakan berbeda orang lain. Justru sebenarnya dalam diri kita punya suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Selalu mampu berinovasi

memulai bisnis
Man wearing via https://www.pexels.com

Kelebihan dari diri sendiri seharusnya kita optimalkan agar dapat menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Jika kita memiliki kepandaian untuk berinovasi, maka yang harus kita lakukan adalah terus mengembangan sesuatu yang belum bisa dibuat oleh orang lain.

Karena dengan inovasi itulah yang mampu membuat suatu bisnis bisa bertahan disaat banyak pesaing yang mungkin akan mengalahkan kita suatu saat nanti. Inovasi ini fleksible selalu mengikuti perkembangan zaman sehingga tidak akan runtuh oleh kelarutan zaman itu sendiri.

Apabila kita hanya berbicara soal kekurangan diri sendiri, maka selamanya kita tak akan bisa bangkit. Tetapi jangan terlalu membanggakan diri kita dan mencintai produk yang kita buat. Karena disitulah inovasi akan mati yang akan berakibat sulit berkembang dan melawan para pesaing.

5. Lawanlah dirimu sendiri

Buatlah suatu rekor atas pencapaian dari diri Anda sendiri, lalu buatlah diri anda agar bisa selalu melebihi rekor dari hari sebelumnya setiap harinya. Ini lebih baik daripada Anda harus memata matai pesaing Anda.

Karena apabila mampu mengalahkan diri sendiri, maka kita tidak akan merasa bangga dengan pencapaian kita. Justru kita akan semakin terus berusaha agar bisa lebih baik daripada rekor yang pernah dicapai sebelumnya.

Marilah kita sama-sama mencoba untuk tidak cepat puas apabila kita menang melawan orang lain, tapi cobalah untuk mengalahkan diri sendiri dengan mencapai rekor baru setiap harinya.

Orang yang beruntung adalah mereka yang bisa berbuat lebih baik daripada hari kemarin, dan apabila hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, maka kita termasuk orang yang sangat-sangat merugi.

Melawan diri sendiri bukanlah dengan pemaksaan yang berlebihan, melainkan dengan cara yang tepat dan dilakukan diwaktu yang tepat. Dengan mencoba membuat suatu rekor baru dari setiap hal yang sebelumnnya kita lakukan.

Apabila kemarin kita dapat nilai 60, maka saat ini seharusnya kita mendapatkan nilai lebih dari 60. Jadi hari ini adalah perbaikan dar hari kemarin dalam berbuat. Belajar dari pengalaman hari kemarin agar saat ini bisa mencapai posisi yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Apabila kita sibuk dengan pesaing kita tanpa memperhatikan diri sendiri untuk berkembang menjadi lebih baik, maka itu tidak akan membuat Anda mencapai tujuan semula Anda. Hanya merasa puas saja apabila kita sudah bisa melawan pesaing.

Penutup

Perlu Anda tahu bahwa mereka tidak sendirian, banyak sekali pesaing yang akan bermunculan suatu saat nanti. Jadi yang kita perlukan dari sekarang adalah mempersiapkan diri kita sendiri, untuk melawan banyak pesaing.

Referensi lain : 10 Kebiasaan dan Sifat Orang Sukses yang Patut Anda Tiru

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai tips berbisnis untuk pemula Jadi jangan sampai Anda yang ingin memulai bisnis tapi tidak melakukan hal-hal seperti diatas. Dan tentunya semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi Anda semuanya. Jika serasa berguna buat orang lain, jangan lupa share ya! Thank you



Loading...

Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *