Blogging

Tips Meningkatkan Penghasilan Adsense di Era Googleweblight

Halo sobat klikmania, gimana nih kabarnya, semoga tetap bisa melaksanakan aktivitasnya dengan baik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tips meningkatkan penghasilan adsense di era googleweblight.

Kita sama sama tahu, bahwa googleweblight merupakan salah satu produk dari google yang memiliki fungsi untuk membuat laman web di smartphone lebih cepat. Jadi laman dari blog kita akan dioptimalkan saat jaringan internet dari si pengunjung blog kita lambat.

Hal ini bisa berjalan apabila sambungan internet pengguna itu lambat serta masuk ke google dulu. Namun ini bisa berdampak pada penghasilan adsense, karena peletakan iklan akan diacak oleh google weblight.

Tapi kalau sambungan internet mereka lambat, blog kita tidak akan dioptimalkan apabila mereka mengunjungi langsung. Jadi kalau tidak melalui perantara google, maka blog kita pun akan tampil seperti apa adanya tanpa dioptimalkan. Ini akan berpengaruh pada laman ponsel saja, tidak akan berpengaruh pada tampilan di PC atau laptop.

Memang sekarang di negara Indonesia, sedang digalakan progam 4G dimana-mana. Walaupun sebenarnya belum ada sinyal di daerah tempat tinggal saya walau bukan di pelosok. Nah hal ini menandakan bahwa sebenarnya masih banyak koneksi internet yang lambat. Jadi hampir 35% blog saya itu sumbernya dari googleweblight.

Nah yang disayangkan itu, kalau yang mengakses blog seseorang saja koneksi internetnya lambat, berarti dia tidak menyempatkan untuk klik iklan. Berbeda dengan blog bahasa inggris saya, selain sangat sedikit sumber dari googleweblight, klik CTR iklan juga banyak. Mungkin koneksi internet di negara seperti AS itu cepat, jadi tidak ada yang ragu untuk klik iklan.

tips meningkatkan penghasilan adsense

Sebenarnya ada banyak hal yang harus anda pahami soal ini, karena sebenarnya googleweblight dibuat oleh google itu bertujuan untuk kenyamanan pengunjung. Jadi lebih cepat dan lebih irit data. Sama halnya dengan progam nonton pintar youtube, sebenarnya hal itu bisa membuat pendapatan menurun drastis. Karena ditonton saat online, sehingga tidak bisa tampil iklannya.

Loading...

Lalu bagaimana kiat dan tips meningkatkan penghasilan adsense di era googleweblight seperti ini?

Nah pembahasan dibawah ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Jadi silakan simak baik-baik ya.

Perlu anda tahu, fitur google weblight ini adalah pembaruan dari fitur transformasi google dengan subdomain icl.googleusercontent,com. Sejak pertengahan tahun 2015 yang lalu, google weblight ini memang sudah ada. Dan beberapa orang mengatakan bahwa trafik dengan bersumber dari icl.googleusercontent ini adalah dari iklan adwords. Tapi itu bukanlah dari iklan, tapi dari tranformasi ini.

Tips meningkatkan penghasilan adsense di era googleweblight

Sebenarnya kita tidak perlu takut akan hal ini. Termasuk mereka yang menggunakan akun adsense hosted. Karena menurut beberapa orang yang saya baca di blognya, bahwa apabila situsnya menggunakan akun adsense hosted maka iklan tidak tampil. Namun nyatanya setelah saya teliti, iklan pun tetap ada.

Jadi googleweblight tetap menampilkan iklan dari akun google adsense hosted dan akun non hosted. Lalu apa yang menyebabkan banyak publisher kehilangan 50% penghasilannya?. Dan bagaimana tips meningkatkan penghasilan adsense?

Banyak yang bilang, bahwa mulai adanya google weblight, pendapatan mereka hilang hingga 50%. ada yang kurang dan ada yang lebih. Jadi apa yang menyebabkan transformasi google ini menyebabkan penurunan penghasilan?

Google sendiri mengatakan bahwa dengan adanya google weblight akan berdampak postitif. Yaitu membuat 4 kali halaman lebih cepat, 80% menghemat penggunaan data, dan 50% lebih banyak urusan page views.

Jika seperti ini yang terjadi, maka seharusnya ini disenangi oleh pembaca dan juga oleh pemilik blog atau web. Karena fast loading adalah salah satu user experience yang bagus dan selalu diharapkan banyak orang. Dan page views yang bertambah adalah keuntungan tersendiri bagi pemilik blog karena akan meningkatkan penghasilan adsense.

Anda mengira Googleweblight ini mungkin bahwa pertama kali di Amerika. Namun sebenarnya, peluncurannya adalah di negara kita sendiri, ya di Indonesia. Jadi bagaimanapun juga negara kita katanya adalah negara dengan pengguna smartphone android terbesar.

Selain itu, dengan koneksi internet yang kurang baik, maka google mempertimbangkan untuk meluncurkannya di negara Indonesia.

Jadi saat anda membuka web dari smartphone, saat dialihkan ke googleweblight maka url nya akan seperti ini http://googleweblight.com/?lite_url=(domain anda disini).

Pengunjung dari smartphone yang semakin meledak adalah suatu ancaman bagi blogger. Jadi harus bisa mengikuti perkembangan zaman.

Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan yaitu dengan mengikuti beberapa tips meningkatkan penghasilan adsense berikut ini.

1. Buat blog dengan tema komputer

Dengan membuat blog dengan tema komputer atau dengan niche laptop, maka anda akan menghasilkan trafik dari non mobile. Ya walaupun hal ini mungkin tidak 100% dari mobile, namun hal ini lebih baik. Karena selambat-lambatnya koneksi dari web, tidak akan di transform ke googleweblight.

Dengan membuat blog yang memiliki tema komputer atau tentang aplikasi laptop ini membuat blog anda memiliki trafik dari laptop juga. Misalnya anda membuat blog dengan tema perbaikan komputer, tips aplikasi tertentu, tutorial tentang software tertentu, dan sebagainya. Maka otomatis, pengunjungnya itu berasal dari komputer juga.

Setidaknya nilai klik yang dihasilkan dari iklan adsense dari komputer itu lebih bak daripada yang berasal dari HP. Pada eksperimen saya memang demikian, blog dengan targetnya adalah smartphone memang lebih kecil.

Saat itu, blog saya dengan visitors 10 ribu lebih dibandingkan dengan blog tutorial komputer yang cuma 2000 pengunjung namun hasilnya lebih besar dengan blog niche komputer. Perbedaan penghasilan antara yang satu dengan yang lainnya hasilnya berbeda jauh. Blog niche komputer bisa sampai 4 kali lipat, padahal pengunjungnya jauh lebih kecil.

2. Pasang unit adsense yang banyak dan beragam

Ada beberapa kabar yang menyatakan bahwa saat ini boleh memasang unit iklan adsense secara maksimal di blog. Jadi tidak ada batasannya lagi. Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan iklan yang banyak dan beragam. Ya hal itu bertujuan untuk meningkatkan penghasilan adsense.

Pada tampilan googleweblight, iklan yang kita tempatkan itu juga disesuaikan posisinya. Jadi dari yang tadinya gak ada di header bisa ada di header, dari yang tadinya gak ada di sidebar jadi ada. Nah hal ini bisa mempengaruhi CTR. Jadi anda harus benar benar memperhatikan hal ini.

Memang sih, jumlah iklan yang ditampilkan itu tetap, namun karena peletakannya yang secara acak ini bisa menurunkan penghasilan adsense. Jadi tips untuk meningkatkan penghasilan adsense adalah dengan memasang yang banyak dan dari beragam jenis.

Misalnya dengan memasang iklan jenis teks dan gambar, memasang jenis unit link, dan juga memasang iklan khusus mobile. Walaupun iklan khusus mobile ini belum tentu bisa tampil pada jaringan yang lambat namun setidaknya anda bisa mencobanya, siapa tahu bisa meningkatkan penghasilan andsense.

tips meningkatkan penghasilan adsense

Dengan memasang iklan yang banyak maka pasti didalam artikel akan ada iklannya. Karena iklan di dalam artikel cenderung mendapat banyak klik. Berbeda dengan iklan di header atau sidebar.

Hal yang perlu anda perhatikan juga adalah, bahwa iklan yang sudah kefilter googleweblight ini bisa berubah ukuran. Misalnya anda memasang iklan dengan ukuran 336×280, nah yang akan tampil bisa menjadi ukuran 300×50. Jadi sangat responsive terhadap iklan, walaupun unit iklannya bukan reponsive, bisa berubah menjadi responsive sendiri nantinya.

Dengan memasang iklan yang beragam jenis dan jumlah yang banyak (asalkan tidak mengganggu pengunjung) merupakan tips meningkatkan penghasilan adsense anda di era googleweblight. Silakan berkeksperimen dengan hal ini bagi blog yang sering mendapatkan trafik dari googleweblight.

3. Percepat loading blog

tips meningkatkan penghasilan adsense

Kecepatan situs blog di era sekarang sangat penting sebagai tips meningkatkan penghasilan Adsense. Ini akan sangat mempengaruhi blog kit akan dikunjungi atau tidak. Hal ini karena di mesin pencari sendiri akan ditandai lambat dimuat, apabila blog lambat dimuat. Jadi pengunjung pasti menghindari blog yang lelet.

Dengan mempercepat loading, blog anda mungkin tidak akan kena googleweblight. Ya karena sudah banyak yang termuat jadi tidak di transform. Jadi yang bisa anda lakukan disini ialah dengan cara membuat blog dengan tampilan yang cepat.

Nah sekarang ini, anda bisa menggunakan metode AMP (accelerated mobile pages) project. Anda bisa membacanya disini Apakah perlu memasang AMP pada blog?. Memang dukungan untuk ini masih sangat sedikit, jadi bagi yang punya banyak waktu, anda bisa berkesperimen dengan halaman AMP ini.

Namun jika anda suka bereksperimen seperti pembuat template terkenal di Indonesia, yaitu kang ismet. Dia juga suka bereksperimen tehadap template dan themes AMP. Termasuk juga sudah ada template percobaan yang menggunakan versi AMP ini.

Untuk urusan SEO juga lebih powerfull. Karena saya sering melihat situs di google yang berada peringkat paling atas dan disampingnya ada simbol petir. Ini menandakan bahwa blog tersebut menggunakan AMP.

Intinya buatlah halaman web sebaik mungkin untuk meningkatkan penghasilan adsense. Terutama di era googleweblight ini.

4. Gunakan template yang responsive

Setelah adanya algoritma mobilegedon oleh google dan beberapa search engine seperti bing juga menerapkan hal ini, maka pengunaan template yang menggunakan mobile friendly ini sangat penting. Selain lebih mudah dalam urusan SEO, ini juga akan membuat pengunjung merasa nyaman dalam membaca. Jadi tidak perlu zoom in atau zoom out.

Memang sekarang saya lihat jarang sekali ada situs yang tidak mobile friendly. Karena dengan tampilan yang responsive ini juga membuat iklan lebih mudah dalam penempatan. Selain itu, CTR yang diberikan juga besar nantinya.

Dengan membuat tampilan blog anda responsive, maka akan membuat blog lebih baik saat diubah ke googleweblight. Jadi tidak akan mengakibatkan perubahan yang berarti. Sehingga penghasilan juga tidak terlalu banyak turun drastis.

5. Gunakan akun adsense non hosted

Banyak orang mengatakan bahwa dengan menggunakan adsense non hosted ini akan meningkatkan penghasilan adsense yang diakibatkan oleh googleweblight. Karena ada beberapa kondisi yang mana iklan tidak tampil di googleweblight.

Secara teori bisa jadi dan benar, yang namanya akun google adsense hosted gak bisa tampil di web dengan domain selain blogspot. Nah setelah halaman blog di transform oleh googleweblight ini akan membuat url laman menjadi : http://googleweblight.com/?lite_url=lamanartikelanda.

Jadi karena menggunakan domain tingkat atas sepereti diatas, maka ada yang mengatakan kalau hal itu membuat iklan tidak tampil. Namun setelah saya buktikan ternyata tetap tampil, ya mungkin saja google telah menyiasati untuk hal ini.

Namun saya tetap merekomendasikan kepada anda semua untuk mengupgrade akun hosted menjadi non hosted. Karena banyak yang sudah membuktikan bahwa hal dengan hal itu salah satu tips meningkatkan penghasilan adsense hingga 3 kali lipat.

6. Jadikan googleweblight sebagai situs terotorisasi

Di akun Adsense sendiri kita disarankan untuk mencantumkan siapa saja domain yang di otorisasi dan mana yang tidak. Sehingga hal itu tidak dianggap tidak sah saat terjadi klik adsense di situs tersebut. Apalagi menggunakan sistem tidak menampilkan disitus lain, maka itu lebih aman.

Dengan memasukan domain googleweblight di akun adsense ini adalah agar tidak terkena klik tidak syah pada adsense. Banyak juga yang merekomendasikan hal ini. Jadi bisa saja anda lakukan hal ini demi keamanan.

Semoga pembahasan mengenai tips meningkatkan penghasilan adsense untuk era googleweblight ini bermanfaat untuk kita semua. Jika bermanfaat silakan share artikel ini ya. Jika ada kekurangan dalam penulisan artikel ini mohon dimaafkan.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *