meningkatkan jangkauan fanpage facebook

Trik Cerdas Untuk Meningkatkan Jangkauan Fanpage Facebook

Cara Meningkatkan Jangkauan Fanpage Facebook – Fanpage Facebook atau sering disebut FP FB merupakan sebuah layanan yang diberikan pihak pengembang untuk berbagai macam kebutuhan pengguna. Fanpage memiliki pengertian sebagai “Halaman Penggemar” yang bertujuan untuk mempermudah penyampaian informasi kepada pengguna Facebook yang menyukai FP tersebut.

FP FB memiliki beberapa fitur unik yang akan membantu pengguna mengembangkan bisnisnya. Salah satu fitur unik tersebut adalah tingkat jangkauan sebuah postingan.

Jika kamu pernah membuat sebuah FP FB, meningkatkan jangkauan Fanpage Facebook ini sangat penting karena menunjukkan seberapa banyak orang yang melihat postingan kamu.

Trik Meningkatkan Jangkauan Fanpage Facebook

Seperti yang sering disebutkan dalam teori pemasaran oleh Kotler, bahwa sebuah produk akan memiliki nilai jual jika orang berminat untuk melihatnya. Dan oleh sebab itu Fanpage akan berguna untuk membuat produk kamu menjadi lebih bernilai.

Nah bagi kamu yang ingin meningkatkan nilai jangkauan FP FB, silahkan ikuti trik cerdas berikut ini. Tetapi sebelumnya kamu sudah harus memiliki Fanpage yah.

Menggunakan Nama dan Gambar Fanpage Yang Menarik

meningkatkan jangkauan fanpage facebook
Gambar Fanpage Yang Menarik

Jika kamu pernah mendengar istilah “Apalah arti sebuah nama?”, maka trik meningkatkan jangkauan fanpage facebook yang pertama adalah membuat nama semenarik mungkin.

Menarik bukan berarti harus lebay, tetapi enak dibaca dan sesuai dengan kategori fanpage kamu. Misalnya saja kamu ingin memanfaatkan Fanpage untuk menjual peralatan olahraga. Kamu bisa memilih Nama FP seperti “Sehat Dengan Mudah”.

Sesuaikan gambar profil dan cover fanpage dengan judul FP FB kamu. Sehingga dengan gambar ini, orang akan mengingat FP kamu dengan mudah. Sebaiknya kamu tidak menuliskan nama Fanpage secara tegas seperti “Toko Olahraga” karena akan membuat jangkauan orang semakin terbatas.

Loading...

Tidak semua orang menyukai olahraga, tetapi semua orang menyukai “Sehat Dengan Mudah”. Dengan menggunakan Judul fanpage seperti ini, target jangkauan Fanpage kamu akan lebih luas.

Menggunakan Artikel Yang Bersumber Dari Web/ Blog

Mungkin kamu bertanya apa hubungannya web/ blog dengan nilai jangkauan. Untuk meningkatkan nilai meningkatkan jangkauan fanpage facebook, kamu harus memiliki materi berupa informasi yang akan disebarkan pada FP FB. Memang kamu bisa saja langsung mengetik informasi pada kolom postingan.

Tetapi sebenarnya, informasi yang tidak dikemas dengan baik malah hanya akan mengurangi kualitas FP kamu. Postingan kamu hanya akan terlihat sebagai status biasa yang mungkin dianggap curhatan semata.

Berbeda halnya dengan melakukan postingan melalui artikel yang kamu buat di Web/ Blog. Dengan membuat sebuah artikel yang menarik dengan gambar yang sangat mengundang, seseorang akan mampir untuk membaca artikel yang berada didalam FP kamu.

Misalnya kamu membuat artikel dengan judul “Cara Tahu Baju Yang Palsu” dan menyelipkan produk kamu didalamnya. Kamu bisa menggunakan gambar yang mencolok untuk mendapatkan perhatian publik. Dengan memanfaatkan rasa penasaran orang, artikel kamu akan dibaca dan meningkatkan trafik nilai jangkauan FP FB kamu.

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengcopy tautan artikel kamu pada FP FB. Tunggu beberapa saat hingga gambar artikel muncul. Setelah itu publish dan berikan hastag untuk mempermudah pencarian atas informasi yang kamu bagikan.

Menggunakan Widget Fanpage Pada Web/ Blog

Untuk para Blogger istilah widget memang tidak asing lagi, tetapi bagi para kaum awam widget menjadi hal yang sangat membingungkan. Tentunya kamu sering melihat pada setiap website profesional ataupun blog amatiran yang menyematkan kolom Fanpage.

Hal ini berguna untuk menjaring para facebookers yang tidak terdeteksi secara manual. Biasanya kita selalu melakukan “Invitation Manual” atau mengundang teman-teman FB kita sendiri untuk ikut menyukai FP kita.

Padahal pengguna FB yang memberikan ‘Like’nya melalui web atau blog akan lebih memiliki antusiasme terhadap postingan yang kita buat di FP. Semakin banyak orang memberikan ‘Like’ berarti semakin tinggi jangkauan FP kita bukan?

Cara menambahkan widget inipun sangat mudah. Syarat utamanya adalah kamu harus memiliki web ataupun Blog dan pastinya Fanpage. Kunjungi situs pengembang facebook disini dan kamu akan diarahkan langsung pada plugin halaman.

Kamu cukup menyalin URL FP kamu di kolom “URL Halaman Facebook” dan kamu dapat memilih bentuk tampilan halaman yang kamu inginkan. Setelah itu klik tombol “Dapatkan Kode” dan salin kode pada kolom kedua pada Widget HTML/Javascript di Web atau blog kamu.

Bergabung Di Grup Facebook Yang Sesuai

meningkatkan jangkauan fanpage facebook
Grup Facebook Untuk Media Share

Trik meningkatkan jangkauan fanpage facebook paling efisien adalah dengan bergabung di beberapa grup facebook yang relevan. Misalnya kamu memiliki FP FB yang berjudul “Pencinta Kopi Indonesia”.

Dengan judul FP seperti ini berarti kamu membutuhkan Grup Facebook yang menjurus pada topik kuliner. Kamu bisa mencari grup tersebut di pencarian Facebook dengan mengetikkan kata kunci tersebut.

Fungsi dari grup ini sendiri adalah sebagai media promosi dari informasi yang ada dalam FP FB kamu. Seperti yang disampaikan pada awal penjelasan bahwa dengan menggunakan artikel dari Web atau Blog akan mengundang rasa penasaran orang untuk berkenan mengunjungi FP FB kamu.

Kamu dapat membagikan postingan FP FB pada grup yang sudah kamu ikuti. Tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui yaitu untuk tidak melakukan share terlalu banyak pada jarak rentang waktu yang bersamaan.

Kamu bisa membagikan kiriman dengan selang waktu 3 hingga 5 jam pada masing-masing grup. Hal ini untuk mencegah terblokirnya akun Facebook kamu karena dianggap Spam oleh pihak pengembang.

Meningkatkan Interval Penggunaan Username Fanpage Pada Postingan Pribadi

Saat ini setiap FP FB dapat menggunakan username yang akan otomatis terpaut jika digunakan dalam setiap postingan pribadi atau orang lain. Hal ini sama halnya ketika kita melakukan tag nama teman saat mengupdate status facebook.

Dengan mensetting username FP kita dan sering menggunakan dalam status Facebook, maka besar kemungkinan untuk meningkatkan jangkauan fanpage facebook akan semakin meningkat.

Sebagai contoh ketika kamu ingin mengupdate status pribadi kamu di FB, kamu memberikan tanda “@nama_Fanpage”. Maka secara otomatis orang yang mengklik nama fanpage kamu akan diarahkan langsung pada halaman FP FB.

Menggunakan Fitur Promosi Facebook

Trik meningkatkan jangkauan fanpage facebook bisa menggunakan layanan jasa Facebook itu sendiri. Dengan menggunakan layanan promosi Facebook Ads ini, Facebook akan menjadikan halaman kamu muncul pada beranda pengguna Facebook lainnya.

Hal ini dimaksudkan untuk menjangkau lebih banyak orang diseluruh dunia.

Namun fitur ini memerlukan dana yang lumayan relatif besar. Harga yang diberikan oleh facebookpun beragam sesuai dengan target capaian fanpage yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Trik meningkatkan jangkauan fanpage facebook yang sudah dijelaskan tersebut merupakan hasil pengalaman pribadi penulis yang benar-benar efektif. Masih banyak trik lainnya yang dapat kamu coba untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Namun perlu diketahui bahwa, jangkauan yang tinggi tidak selalu berarti diikuti dengan peningkatan penjualan. Jangkauan ini hanya dimaksudkan untuk memperkenalkan produk kita kepada orang lain.

Dengan dikenalnya produk kita dipasaran melalui media sosial ini, akan lebih mudah bagi kita untuk memasarkannya kepada konsumen.

 


Loading...

Bagikan

etrosinaga

Penulis

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *