Review ProdukTekno

Perbandingan Xiaomi Mi8 vs ASUS Zenfone 5z, Mana yang Lebih Bagus?

Pilih Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z – Smartphone dengan desain flagship biasanya memiliki spesifikasi papan atas dengan harga banderol yang cukup mahal.

Solusi untuk pengguna yang ingin spesifikasi mumpuni namun harganya lebih terjangkau yaitu dengan membeli smartphone kelas menengah.

Dua rujukan varian smartphone middle-end yang sekarang cukup digandrungi yaitu Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z. Kedua varian ini mungkin wajib masuk ke dalam daftar buruan Anda saat ingin membeli smartphone berkualitas.

Dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 845, dua smartphone ini dipatok dengan kisaran harga sekitar Rp 6 jutaan.

Selain itu, Zenfone 5z dan Mi8 juga memiliki notch atau poni pada bagian atasnya, mirip seperti smartphone keluaran tahun 2018 kebanyakan.

Tak lupa, pada sisi depan dan belakang smartphone sudah dibalut dengan kaca yang membuat dua smartphone ini semakin elegan saja.

ASUS Zenfone 5z sebenarnya sudah dihelat ke pasar domestik, namun kabarnya baru akan dijual pada Juli mendatang. Sedangkan Mi 8, belum ada klarifikasi resmi apakah akan masuk ke tanah air atau tidak.

Beda dengan Mi 8 yang cuma mempunyai varian 6 GB RAM, Zenfone 5z ternyata siap hadir dengan dua varian RAM yakni 6 GB dan 8 GB.

Loading...

Kalau disuruh untuk memilih, mana yang lebih bagus? Mari kita bedah perbandingannya bersama-sama.

Desain

Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z - Xiaomi
Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z via androidauthority,com
  • Xiaomi Mi 8: 154.9 x 74.8 x 7.6 mm / 175gram; front/back glass (Gorilla Glass);
  • Asus Zenfone 5z: 153 x 75.7 x 7.9 mm / 155 gram; Front glass, aluminum body;

Mari kita mulai dari sisi desain yang ditawarkan, baik Mi 8 maupun ZenFone 5z sama-sama mengikuti pola ponsel dengan layar penuh yang menjadikan bezel tipis sebagai nilai jual utamanya.

Xiaomi Mi8 atau Zenfone 5z ini memiliki desain berlayar penuh dengan bezel tipis untuk menambah daya tarik. Dengan bahan aluminium seri 7000, Xiaomi mungkin lebih unggul dibanding Zenfone 5z.

Dari poninya, Mi 8 kelihatan lebih panjang daripada Zenfone 5z yang terlihat lebih sempit.

Sementara pada bagian bawah, bezel miliknya terukur sangat tipis yang tidak memungkinkan adanya pemindai sidik jari. Sehingga wajar bila Anda melihat kedua ponsel ini menempatkannya di sisi belakang.

Untuk sensor fingerprint terletak pada bagian belakang, mirip seperti smartphone kebanyakan. Sedangkan dari lensa kamera, keduanya mengusung desain vertikal dimana Mi 8 letaknya di tengah dan Zenfone 5 di bawah sensor kedua.

Layar dan OS

Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z - ASUS
Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z via banggood.com

Sekali lagi, Xiaomi Mi 8 lebih unggul dari sisi panel yang digunakan karena sudah mengusung panel Super AMOLED sedangkan Zenfone 5 masih menggunakan IPS LCD Capacitive Screen.

Oleh karena itu, brightness dan kontras yang dipancarkan Xiaomi Mi 8 juga menghasilkan kualitas layar yang lebih jernih dan super tajam.

Xiaomi Mi 8 seperti yang sudah disinggung memiliki poni yang lebih panjang karena memiliki fitur kamera  3D Face Unlock khusus yang dipisahkan dengan kamera selfie. Untuk Zenfone 5z hanya terdapat kamera depan dan celah earpiece.

Sebagai smartphone middle-end, kedua smartphone ini tentu mengusung OS Android terbaru yakni v8.0 Oreo dengan antarmuka grafis sesuai vendor masing-masing. Antarmuka Mi 8 menggunakan MIUI 9 dan ASUS memolesnya dengan Zen UI 5.0.

Pengguna bisa memilih antarmuka mana yang lebih cocok sesuai seleranya masing-masing. Dua smartphone gahar ini juga sudah dilengkapi dengan fitur gesture yang sangat memudahkan untuk bermain game.

Xiaomi Mi 8Asus Zenfone 5z
Super AMOLED capacitive touchscreenIPS LCD capacitive touchscreen
16M colors16M warna
6.21 inchi6.2 inchi
97.1 cm2 (screen to body ratio ~83.8%)96.9 cm2 (screen-to-body ratio 83.6%)
1080 x 2248 pixels1080 x 2246 pixels, 18.7:9 ratio (kerapatan ~402 ppi)
19:9 ratio ( kerapatan 402ppi)
600 nits brigtness550 nits brigtness
Corning Gorilla Glass (tidak disebutkan versinya)Corning Gorilla Glass (tidak disebutkan versinya)
DCI-P3 coverage95% DCI-P3 coverage
HDR10 compliantASUS ZenUI 5.0

Dari Performa, Mending Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z?

Untuk dapur pacunya sendiri, kedua smartphone ini sama-sama mengusung Snapdragon 845. Perbedaannya mungkin bisa kita lihat dari memori RAM dan penyimpanan internal yang digunakan.

Xiaomi Mi 8 tidak mengusung opsi lain pada sisi RAM, namun internal storagenya ada dalam tiga varian berbeda yang bisa dipilih, yaitu 64, 128 dan 256GB. Karena penyimpanan yang besar inilah, Xiaomi Mi 8 jadi tidak menyematkan slot kartu microSD.

Mari kita lanjut ke penyimpanan ASUS Zenfone 5z. Mereka mengusung internal storage 128 dan 256 GB beserta slot kartu Hybrid dimana mampu menampung SIM 2 sekaligus MicroSD.

Untuk menopang daya baterai, keduanya juga sudah memiliki kapasitas yang cukup bagus. Xiaomi Mi 8 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 3400 mAh. Sedangkan Zenfone 5z ukuran baterainya berkapasitas 3300 mAh.

Namun dalam teknologi pengisian daya, Zenfone 5z saya rasa lebih unggul. Smartphone ini mengusung AI charging yang bisa mempelajari kebiasaan pengguna ketika pengisian daya sehingga pemakaian smartphone bisa lebih awet hingga 2x lipat. Mantap!

Sedangkan pada Mi 8 nampaknya hanya mendukung pengisian daya Quick Charge 4.0+ sehingga baterai bisa lebih cepat terisi.

Xiaomi Mi 8Asus Zenfone 5z
Qualcomm SDM845 Snapdragon 845Qualcomm SDM845 Snapdragon 845
Prosesor Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)Prosesor Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPU Adreno 630GPU Adreno 630
RAM 6GBRAM 6GB/8GB
memory internal 64/128/256GBMemory internal 128/256 GB
No microSD card slotAda microSD, up to 400 GB (uses SIM 2 slot)
Baterai Non-removable Li-Po 3400 mAhBaterai Non-removable Li-Po 3300 mAh
Fast battery charging (Quick Charge 4.0+)Fast battery charging 9V/2A 18W

Kamera

Dari sisi kamera, baik Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z sama-sama memiliki kualitas yang cukup baik. Xiaomi Mi 8 mengusung kamera ganda dengan kamera utaman beresolusi12 MP serta dukungan fitur f/1.8, 4-axis OIS dan dual-pixel PDAF.

Sementara untuk sensor kedua yang tertanam di belakang sudah menggunakan resolusi 12MP beserta kemampuan 2x optical zoom, dual-pixel PDAF dan aperture f/2.4.

Kendati demikian, Asus Zenfone 5z juga hadir dengan kamera ganda yang tak kalah menariknya. Mereka memiliki kamera utama beresolusi 12MP berdiafragma f/1.8 dan fitur PDAF dan kamera kedua memiliki sensor  sudut lebar 120 derajat, beresolusi 8MP serta fitur bukaan lensa f/2.0, gyro EIS dan PDAF. Sama-sama komplit ya?

Mari kita lanjut ke kamera depannya. Xiaomi Mi 8 mengusung kamera beresolusi 20MP dengan bukaan lensa f/2.0. Di tambah lagi, ponsel besutan Xiaomi ini sudah memiliki fiutr AI portrait selfies dan AI beautify untuk memaksimalkan hasil jepretannya.

Bagaimana dengan Zenfone 5z? Ponsel pintar ini menggunakan  resolusi kamera 8MP serta bukaan lensa yang cukup bagus. ZeniMoji juga turut disertakan agar pengguna bisa lebih berimajinasi dan berekspresi.

Semua fitur kamera Zenfone 5z baik kamera depan maupun belakang, sudah menggunakan fitur AI untuk memaksimalkan hasil fotonya. Namun, pengaturan yang dipakai belum mempertimbangkan unsur kelamin penggunanya.

Baca juga:

Kesimpulan

Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z memang mengusung spesifikasi yang lumayan gahar. Dengan desain yang ada notch mirip iPhone X, dua varian ini memang kesannya cukup kekinian.

Dapur pacu yang ditawarkan juga hampir sama mumpuninya dengan disokong Snapdragon 845 dan sederet jeroan canggih lainnya.

Untuk kameranya sendiri, teknologi yang dihadirkan Xiaomi Mi 8 ternyata jauh lebih bagus dibanding Asus Zenfone 5z. Dengan teknologi Artificial Intelligence atau AI, ponsel pintar ini mampu mendeteksi hingga 200 objek gambar.

Sedangkan Zenfone 5z sudah mengusung fitur ZeniMoji dimana penggunanya bisa menambahkan animasi hewan dengan suara pengguna atau ekspresi. Meski tidak penting-penting amat, namun fitur ini bisa menghibur pengguna yang suka melakukan selfie.

Sayangnya, Asus Zenfone 5z masih belum rilis saat ini. Kabarnya, mereka akan meroket di pasaran pada Juli 2018 mendatang dengan harga banderol sekitar Rp6.499.000 dan Rp7.499.000 untuk varian 6GB/128GB dan 8GB/256GB.

Sementara itu, kita harap lebih bersabar menantikan keberadaan Xiaomi Mi 8 di pasar Indonesia. Pasalnya, tidak ada kejelasan resmi dari vendor apakah akan masuk ke tanah air atau tidak.

Kemungkinan besar, smartphone ini hanya akan tersedia melalui jalur distributor. Jadi, harganya mungkin akan lebih mahal dari yang sebenarnya.

Terlepas dari semua polemik yang ada, smartphone manakah yang Anda pilih? Xiaomi Mi 8 atau Zenfone 5z?

Tulis di kolom komentar ya…



Loading...

Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *