Review ProdukTekno

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Beli Realme C3, Smartphone Budget Rasa Midrange

Realme C3: Entry-Level Gaming Monster Smartphone

7 Alasan Kamu Harus Beli Realme C3 – Beberapa tahun yang lalu, saat kamu membeli smartphone kelas menengah/midrange, kamu harus siap untuk mengorbankan beberapa aspek terutama kamera, fitur, dan performa.

Namun, sekarang smartphone telah menjadi lebih baik dan smartphone kelas midrange sekalipun sudah mampu memberikan fitur dan spesifikasi yang terasa bagaikan smartphone flagship seperti Redmi Note 8 Pro dan Realme 6/Pro.

Akan tetapi, tidak hanya smartphone midrange saja yang mengalami peningkatan. Bahkan, smartphone kelas entry-level atau yang lebih dikenal dengan smartphone budget juga semakin membaik.

Salah satu diantaranya adalah C3 dari Realme. Dirilis pada bulan Februari 2020 lalu, Realme C3 merupakan smartphone budget yang dirilis untuk menyaingi Redmi 8.

Namun ternyata, performa dan fitur dari C3 mampu bersaing dengan smartphone midrange seperti Redmi Note 8 berkat triple camera setup dan Helio G70 chipset dari MediaTek.

Bahkan, Realme C3 mendapatkan julukan sebagai entry-level monster yang sanggup menjalankan game-game ternama dengan lancar.

Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa alasan mengapa kamu harus beli Realme C3 terutama jika budget yang kamu miliki kurang dari 2 juta rupiah.

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Beli Realme C3, Smartphone Budget Rasa Midrange

Sumber: Realme

1. Desain & Build Quality

Karena tergolong dalam kategori smartphone budget, Realme C3 menggunakan rangka dan back cover yang terbuat dari plastik.

Meskipun demikian, Realme masih sanggup memberikan lapisan perlindungan berupa Gorilla Glass 3 untuk layarnya. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot untuk layar Realme C3 dengan anti-gores.

Sumber: Realme

Namun seperti yang sudah dijelaskan, bagian belakang dari Realme C3 tidak dilindungi dengan lapisan apapun. Oleh karenanya, kami menyarankan agar pengguna untuk melindunginya dengan hard/softcase karena back cover Realme C3 juga terasa licin dan membuatnya mudah terselip saat digenggam.

Jika dibandingkan dengan Redmi 8, bagian depan smartphone ini memang menggunakan Gorilla Glass 5 yang secara teori lebih baik dari Gorilla Glass 3. Dan hal tersebut mungkin membuat Redmi 8 lebih unggul di aspek build quality.

Akan tetapi, Gorilla Glass 3 sudah cukup kuat untuk melindungi layar Realme C3 dari goresan dan benturan. Bahkan, beberapa smartphone midrange juga masih ada yang menggunakan Gorilla Glass 3.

2. Layar

Realme C3 mengusung layar berbasis IPS LCD display berukuran 6.5-inchi yang membuatnya lebih besar dari Redmi 8 (6.22-inchi).

Selain itu, layarnya juga memiliki resolusi dan nits of brigthness yang sedikit lebih tinggi yakni 720 x 1600 pixels, 480 nits (Realme C3), vs 720 x 1520 pixels, 400 nits (Redmi 8).

Sumber: Realme

Layar Realme C3 juga hadir dengan 20:9 aspect ratio yang membuatnya terlihat lebih tinggi dari layar Redmi 8 (19:9).

3. Performa

Di aspek inilah dimana Realme C3 jauh lebih unggul dari Redmi 8. Realme C3 dipersenjatai dengan entry-level gaming centric SoC dari MediaTek yakni Helio G70.

Helio G70 merupakan salah satu SoC di keluarga Helio G-Series yang telah di-optimisasikan untuk keperluan gaming. G70 difabrikasi menggunakan teknologi 12nm process dan mengusung 8x CPU Cores yang terdiri dari 2x 2.0 GHz Cortex-A75 dan 6x 1.7 GHz Cortex-A55 dengan Mali-G52 2EEMC2 GPU utuk menangani pekerjaan grafis.

Sumber: Realme

Untuk smartphone yang dijual seharga 1.7 hingga 1.8 juta’an, performa Realme C3 terasa seperti smartphone midrange.

Sumber: MediaTek

Bahkan Helio G70 mampu bersaing dengan Snapdragon 665 yang biasa digunakan untuk smartphone midrange seperti Oppo A92 yang dijual seharga 3 – 4 juta’an.

Sumber: GSMArena

Pastinya, Helio G70 jauh lebih cepat dari Snapdragon 439 yang digunakan oleh Redmi 8.

Sumber: Realme

Untuk gaming, Realme C3 mampu menjalankan game seperti PUBG Mobile dengan grafis ultra @40FPS Average.

Sedangkan untuk game yang lebih berat seperti COD: Mobile dan Asphalt 9, Realme C3 sanggup menjalankan game tersebut dengan lancar menggunakan grafis low-medium.

(Kiri) PUBG Mobile, (Kanan) COD Mobile

Tentunya, hal itu sudah cukup menakjubkan untuk sebuah smartphone budget dan akan sangat sulit untuk menemukan smartphone seharga 1,7 – 1,8 juta’an yang sanggup menyaingi performa Realme C3.

4. Kamera

Spesifikasi kamera Realme C3 bisa dibilang biasa-biasa saja, karena kelebihan Realme C3 lebih terletak pada performanya.

Realme C3 hadir dalam dua varian yakni dual-camera dan triple-camera setup. Namun untuk wilayah Indonesia, kita mendapatkan varian kedua dan sepertinya kita beruntung karena varian pertama tetap dijual dengan harga yang sama diluar Indonesia.

Sumber: Realme

Realme memakai gabungan sensor 12MP, 2MP Dept sensor, dan tambahan lensa Macro yang menggunakan sensor 2MP.

Dan untuk smartphone kelas budget, hasil foto yang ditangkap menggunakan kamera utama Realme C3 + Depth sensor nampak mengesankan.

(klik untuk memperbesar)

Realme C3 memiliki fitur ChromaBoost, HDR/non-HDR dan Bokeh/Background blur effect yang dapat diatur sesuai kemauan pengguna.

(klik untuk memperbesar)

C3 juga dilengkapi fitur 4x near-lossless digital Zoom yang dapat memberikan hasil akhir yang cukup baik selama kondisi cahaya cukup terang.

(klik untuk memperbesar)

Yang terakhir adalah lensa Macro. dan Lets be real, lensa dan sensor macro pada Realme C3 merupakan solusi budget yang dapat digunakan dan berfungsi dengan baik.

Namun, kamu harus mengendalikan ekspektasi kamu. Untuk mendapatkan hasil foto yang tajam dan jelas, subjek harus dalam kondisi yang cocok. Dalam arti, kondisi cahaya subjek dan sekitarnya harus terang.

Beli Realme C3
Sumber: Gizguide

Saat kondisi tersebut terpenuhi, kamera Macro Realme C3 dapat memberikan hasil foto yang cukup memuaskan. Namun jika kondisi cahaya di sekitar subjek sangat minim, kamera Macro Realme C3 akan mulai merasa kesulitan.

Beli Realme C3
Sumber: Gizguide

Secara keseluruhan, saya rasa kualitas kamera Realme C3 terlihat cukup baik. Terutama untuk smartphone yang dapat di beli seharga 1,7 – 1,8 juta’an dan mampu memberikan performa yang setara dengan smartphone midrange.

5. Fitur

Selain mengusung rear-mounted fingerprint scanner, Realme C3 juga dilengkapi fitur Face Unlock.

Sama seperti smartphone Realme lain-nya, fitur tersebut juga dapat bekerja dengan cepat meskipun sebenarnya, fitur Face Unlock merupakan solusi keamanan yang paling rendah.

Sumber: Realme

Untuk UI, out of the box, Realme C3 langsung menggunakan Realme UI versi 1.0 dengan OS berbasis Android 10. Dengan Realme UI, desain apps dan icon telah di-revamp agar terlihat baru dan segar.

Selain itu, Realme juga menambahkan fitur-fitur baru seperti double-tap yang akan secara otomatis mengunci C3 tanpa harus menekan tombol power.

Berkat digunakanya Helio G70, Realme C3 juga memiliki fitur HyperEngine yang berfungsi untuk mengoptimalkan performa smartphone saat menjalankan game.

Beli Realme C3
Sumber: Realme

Tak kalah lengkap, Realme C3 juga hadir dengan dedicated microSD card slot berupa triple slot card yang memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan dua SIM sekaligus.

6. Ketahanan Baterai

Realme C3 ditenagai oleh baterai 5,000mAh yang sama seperti Redmi 8. Namun sayangnya, Realme C3 hanya mendukung standar 10W charging dan masih menggunakan microUSB port.

Sumber: Realme

Meskipun demikian, Realme C3 memiliki daya tahan baterai yang luar biasa dan ditambah lagi, smartphone ini juga dilengkapi fitur Reverse Charging yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain layaknya sebuah power-bank.

Membahas daya tahan, Realme C3 sanggup memberikan waktu 727 jam standby, 43 jam telefon, 19 jam musik, 20 jam YouTube, dan 10 jam PUBG.

7. Realme C3 vs Smartphone Lain

Tentunya, banyak smartphone yang dapat di beli dan sanggup menyaingi Realme C3 terutama dalam aspek kamera dan fitur seperti Realme 5i dan Infinix Hot 9/Note 7.

Namun, smartphone tersebut dijual dengan harga yang lebih mahal yakni sekitar 2 hingga 2.3+ juta’an.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Realme C3 merupakan smartphone yang cocok untuk kamu yang memiliki budget kurang dari 2 juta rupiah.

Jika kamu tidak keberatan dengan kekurangan Realme C3 seperti microUSB slot, 10W charging, dan spesifikasi kamera yang biasa-biasa saja, tetapi kamu ingin mendapatkan performa seperti smartphone seharga 2 juta’an, Realme C3 adalah smartphone yang layak di beli.

Rangkuman Spesifikasi

Body 164.4 x 75 x 9 mm
195g
Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back, plastic frame
Prosessor Mediatek Helio G70 (12 nm)
Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55)
Mali-G52 2EEMC2
Memori 32GB 2GB RAM, 32GB 3GB RAM, 64GB 4GB RAM
microSDXC (dedicated slot)
Layar IPS LCD, 6.5-inchi, HD+ (720 x 1600 pixels), 20:9 aspect ratio, 480 nits of brightness
Gorilla Glass 3
Kamera Kamera Belakang:
12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8″, 1.25µm, PDAF
2 MP, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)Kamera Depan:
5 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1/5″, 1.12µm
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh
10W Charging
OS Android 10, Realme UI 1.0
Fitur Lain Rear-mounted fingerprint scanner, Face Unlock, Reverse Charging

 

 

 


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close