Internet

AppGallery Punya Pengganti Google Maps, Namanya HERE WeGo

Sejak pertengahan tahun 2019 lalu, Huawei tidak bisa menjalin kerja sama dengan pihak Google setelah mendapatkan sanksi dari pemerintah AS usai dianggap sebagai mata-mata dari pemerintah China oleh pemerintahan Donald Trump.

Akibat sanksi yang diterima itu, Huawei pun tidak bisa menggunakan semua layanan dari Google lagi seperti Search, Gmail, Drive, hingga Maps. Namun, larangan tersebut membuat Huawei memikirkan cara lain untuk bertahan hidup, hingga akhirnya mereka mampu membuat ekosistem sendiri bernama Huawei Mobile Services (HMS).

Baca juga: Huawei Tawarkan Pengembang 90 Persen Pendapatan dari AppGallery

AppGallery Punya HERE WeGo untuk Gantikan Maps

Huawei secara resmi menghadirkan aplikasi navigasinya sendiri di AppGallery. Nama aplikasi navigasi milik Huawei tersebut dinamai dengan HERE WeGo. Dengan adanya HERE WeGo, diharapkan para pengguna Huawei tidak dipusingkan lagi dengan kebutuhan aplikasi navigasi di perangkatnya.

“Kami memahami aplikasi layanan navigasi merupakan bagian yang penting bagi keseharian mobilitas pengguna. Dengan semakin berkembangnya HMS, hadirnya HERE WeGo merupakan wujud upaya kami untuk semakin memperkaya AppGallery,” ucap Lho King Seng, Deputy Country Director Huawei Indonesia seperti yang dikutip dari Tek id, (6/5).

Dilansir dari 9to5Google, HERE WeGo adalah aplikasi pemetaan kota pertama, yang menawarkan petunjuk arah belokan demi belokan dengan menggunakan berbagai bentuk transit termasuk berjalan, mobil, sepeda, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga memiliki informasi tentang angkutan umum di lebih dari 1.300 kota termasuk beberapa yang terbesar di AS (New York, San Francisco). Peta offline

juga tersedia di lebih dari 100 negara.

Baca juga: Aplikasi E-commerce Resmi Hadir, AppGallery Makin Bertaji

Sebelumnya, Huawei Sudah Punyai Aplikasi Peta

Peluncuran HERE WeGo memang sebuah terobosan yang besar mengingat Huawei akhirnya sudah mulai bisa bangkit dari ketergantungannya terhadap Google. Namun yang harus Anda ketahui adalah sebelumnya Huawei juga sudah memiliki aplikasi navigasi di AppGallery.

Aplikasi navigasi yang dimaksud adalah TomTom, sebuah aplikasi yang berasal dari Belanda. Dilansir dari Gizmochina, Pihak TomTom telah menjalin kesepakatan dengan Huawei di mana aplikasi navigasi mereka akan tersedia di AppGallery.

Kesepakatan antara TomTom dan Huawei sendiri menghasilkan sebuah kerja sama yang memungkinkan Huawei untuk menggunakan aplikasi navigasi TomTom di AppGallery. Namun kerja sama antara keduanya belum diketahui apakah masih berlanjut mengingat Huawei sudah memiliki aplikasinya sendiri.

Baca juga: Ditinggal Google, Huawei Gunakan Peta Digital Ini untuk Produknya

Perlahan namun pasti, Huawei mulai membangun toko aplikasinya dengan cara yang meyakinkan. Meski dalam beberapa wawancara para petinggi Huawei mengaku sulit untuk lepas dari Google, mereka tetap melaju dengan gagasan-gagasannya guna menjaga keberlangsungan bisnis yang sudah ada sebelumnya.

Sebelum Huawei menghadirkan HERE WeGo, mereka juga sudah menawarkan sistem bagi hasil yang begitu besar kepada para pengembang. Bahkan, mereka juga sudah meminta aplikasi-aplikasi populer seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk ikut menghiasi koleksi aplikasi yang ada di AppGallery.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close