Adsense Di Youtube

5 Hikmah di Balik Aturan Youtube Terbaru yang Ketat Terhadap Newbie

Aturan Youtube terbaru – salah satu situs berbagi video terbesar dunia kini telah memperketat aturan main bagi Youtuber baru. Jika sebelum-sebelumnya, Youtuber baru (newbie) akan dipermudah dalam proses penerimaan program Google Adsense, namun kayaknya saat ini akan berbeda cerita.

Yup, buat mereka yang baru saja mengunggah video di Youtube dan ingin langsung memonetisasinya melalui program Google Adsense, maka dengan adanya aturan baru kali ini, hal tersebut tak akan bisa dilakukan.

Youtuber baru nantinya tidak akan bisa menghasilkan uang sebelum memenuhi aturan Youtube. Adapun aturannya ialah mengharuskan Youtuber baru untuk mendapatkan 10 ribu tayangan dalam channel mereka.

Jika jumlah tayangan tidak melebihi aturan yang diterapkan, jangan harap pihak Youtube membolehkan Youtuber baru tersebut menampilkan iklan pada video yang mereka unggah.

Aturan Youtube terbaru

Dengan adanya aturan ketat ini, sudah pasti akan membuat beberapa Youtuber baru menjadi kesal dan kecewa. Tapi meskipun begitu, ternyata ada beberapa hikmah dibalik aturan Youtube yang ketat itu. Apa saja ya?

Hikmah dibalik Aturan Youtube terbaru

1. Meminimalisir konten duplikat

Salah satu alasan mengapa Youtube memberlakukan aturan ketat terhadap Youtuber baru adalah karena maraknya konten-konten duplikat (reupload) di Youtube.

Untuk meminimalisir hal ini Youtube dengan terpaksa harus melakukan berbagai cara dan upaya untuk menguranginya, mulai dari memberikan peringatan, banned akun adsense, hingga memberlakukan aturan terbaru ini.

Baca : Kategori Video yang Bagus untuk Youtube

2. Memicu produksi konten baru yang lebih orisinal

Kalau aktivitas duplikasi konten sudah terminimalisir, sudah pasti hal ini akan memicu terjadinya produksi konten video baru yang lebih orisinal.

Dengan demikian, penonton situs Youtube pun akan dimanjakan dengan berbagai macam video-video baru sehingga tidak mudah bosan kalau melihat video yang judulnya beda tapi videonya itu-itu saja.

3. Menghalangi Youtuber baru (saingan)

Hikmah lain dari adanya aturan Youtube terbaru ini adalah menghalangi atau melemahkan semangat Youtuber baru karena merasa gagal meraih 10 ribu tayangan.

Coba deh kamu bayangkan, apa jadinya kalau semua Youtuber baru tersebut bergabung dengan program Adsense Youtube secara masal. Mungkin ada yang bilang itu adalah hal yang baik, tapi apakah baik sepenuhnya? Tentu tidak, karena itu akan menambah jumlah pesaing.

Bagus sih kalau mereka membuat video secara mandiri dan orisinal, tapi bagaimana kalau mereka itu sangat berambisi mencari uang, sehingga menempuh cara yang mudah, yaitu dengan menduplikasi konten-konten video orang lain.

Ingatlah kota Jakarta atau Mumbai yang dulunya pernah menjadi sasaran untuk mengadu nasib! Semakin banyak orangnya, semakin susah buat nyari pekerjaan, apalagi tempat tinggal atau lahan kosong. Alhasil, banyak terjadinya tindak kejahatan di kota-kota padat tersebut.

Meskipun bukan sebuah kota, kamu tentu enggak mau Youtube menjadi tempat terjadinya berbagai tindak kriminal, entah itu duplikasi konten, boom click, report palsu atau sebagainya.

4. Mempertahankan nilai iklan

Apa jadinya kalau sepiring nasi dimakan oleh ratusan ribu orang? Sudah pasti semuanya enggak bakal kebagian bukan. Kalau pun bisa, maka dengan sangat terpaksa cara pembagiannya adalah dengan 1 butir nasi per orang. Bagaimana rasanya? Pasti enggak berasa apalagi mengenyangkan!

Ini sama halnya seperti kamu mencari uang di Youtube, dimana kalau jumlah pengiklannya cuma segitu-gitu saja atau bahkan malah stagnan, maka iklan yang tampil akan bernilai kecil. Coba kalau semua usaha yang ada di Indonesia, semacam warung, kedai, atau bahkan PKL beriklan di Adwordsnya Youtube, maka nilai atau harga iklan yang didapat pasti makin besar.

5. Melahirkan Youtuber baru yang lebih berkualitas dan teruji

Enggak diketahui secara pasti hikmah ini diuntungkan buat siapa, yang pasti ini lebih tertuju untuk Youtube dan penontonnya. Kalau buat Youtuber yang lama, ini mah bisa jadi ancaman keras.

Apalagi kalau Youtuber baru yang berkualitas ini mampu menghasilkan konten video menarik, sudah pasti penonton bakal lebih senang nongrong di channelnya. Dan yang jelas penonton bakal lupa atau ogah menonton video di channel Youtube lama, yang isinya konten-konten hasil reupload dari luar.

Enggak disangka ya ternyata lumayan banyak juga hikmah dibalik aturan Youtube terbaru yang diberlakukan akhir-akhir ini. Eits, Tapi kamu enggak boleh senang dulu, soalnya ternyata aturan ketat Youtube ini juga bisa punya kekurangan, yakni memberikan peluang besar bagi penjual akun Adsense untuk terus berkarya, eits berusaha maksudnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

7 Comments

  1. Hallo kak, mau nanya nih. Video ku udah di ampe 14k trs pas Aku cek video ku itu ada iklan, padahal Aku belum monetize ataupun buat Adsense itu maksudnya gimana ya kak? Pencerahan dong, thanks in advance! 🙂

  2. Ya memang bagus sih aturan youtube yang baru, males juga lihat video sama dengan judul beda, bahkan yang satu bombastis judulnya, yang lain biasa aja. Semoga youtuber lama makin eksis dan berkualitas, jadi kalau pun ada youtuber baru, memang kualitasnya ok.

  3. video saya sudah 10rb view. sudah sebulan . belom ada balasan email .. gmna yaaa ???

  4. ask gan, status akun saya sudah “Mitra Terverfikasi” (sudah ditautkan ke ads yang berbeda email), apakah video yang baru saya upload langsung bisa di monitezi, atau tunggu 10 rb view dulu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close