Internet

Bantu Anak Jelajahi Dunia Online, Google Luncurkan Tangkas Berinternet

Di era seperti sekarang ini, internet tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Dari orang tua, remaja, hingga anak-anak, semua sudah menggunakan internet. Melihat fakta yang demikian itu, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google, telah meluncurkan program baru.

Program baru yang diluncurkan Google adalah program “Tangkas Berinternet.” Program Tangkas Berinternet adalah program global literasi digital dan keamanan online yang ditujukan untuk anak-anak agar mereka semakin paham atas konten yang beragam yang tersebar di internet.

Baca juga: Google Hadirkan Fitur Baru untuk Hilangkan Gangguan Fokus dari Smartphone

Tangkas Berinternet Gandeng Pemerintah

Program Tangkas Berinternet milik Google diluncurkan bertepatan dengan Hari Aman Berinternet Sedunia atau “Safer Internet Day.” Dan program tersebut juga sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah Indonesia.

Google turut menggandeng Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemen PPA), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), Siberkreasi, dan Yayasan Sejiwa dan Indonesia Online Child Protection.

“Program ini adalah salah satu bentuk gerakan bersama untuk membantu memaksimalkan yang terbaik dari teknologi untuk anak-anak dan keluarga, sekaligus meminimalisir risikonya,” ucap Putri Alam selaku Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia seperti yang dikutip dari Telset

, Kamis (13/02/20).

Baca juga: Google Amankan Play Store dengan App Defense Alliance, Apa Itu?

Program Sudah Bisa Diakses

Dalam pernyataannya, Putri Alam mengungkapkan ada lima topik penting (dasar-dasar) yang bisa membuat anak-anak menjadi pribadi yang cerdas, cermat, tangguh, bijak, dan berani berinternet. Dan berikut ini kelima topik penting yang dimaksud.

  • Hati-hati dalam berbagi.
  • Jangan mudah tertipu.
  • Jaga rahasia.
  • Jadi teladan kebaikan.
  • Tanya kalau ragu.

Program baru Google tersebut sudah bisa diakses. Untuk mengaksesnya, Anda cukup mengklik tautan Tangkas Berinternet. Terkait program tersebut, Google nantinya akan mengadakan pelatihan untuk guru dan orang tua di lima kota yang tersebar di Indonesia.

Baca juga: Google Rilis Fitur Originality Reports untuk Cegah Copas Karya Tulis

Apa yang dilakukan oleh Google ini patut diapresiasi. Bintang Puspayoga selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sendiri berharap program Tangkas Berinternet bisa membantu anak-anak untuk belajar dan mengembangkan diri.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close