Internet

Bantu Mitra, Manajemen Senior Grab Sumbangkan 20 Persen Gaji

Ada banyak pekerjaan yang mengalami penurunan pendapatan akibat Corona (COVID-19), salah satunya adalah pekerjaan mitra pengemudi ojek online. Penurunan pendapatan jelas semakin terasa setelah pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Kabar baiknya, para penyedia aplikator ojek online tidak tinggal diam di mana mereka telah bergerak aktif membantu para mitranya agar tidak mengalami dampak yang lebih buruk dengan berbagai macam cara, dan salah satu cara yang diambil adalah dengan memberikan bantuan.

Baca juga: GrabFood Punya Layanan Baru, Pengiriman Tanpa Kontak

Grab Juga Sumbangkan Bantuannya ke Mitra

Raksasa ride-hailing asal Singapura, Grab, telah mengumumkan pada Senin (30/3/2020) bahwa para pemimpin seniornya, termasuk para pendiri, akan melakukan pemotongan gaji hingga 20 persen sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menangani dampak pandemi COVID-19.

“Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak ketidakpastian finansial yang besar bagi mitra pengemudi, mitra pengiriman, dan mitra merchant kami. Prioritas utama kami adalah untuk memastikan keselamatan dan keberlangsungan hidup setiap individu yang tergabung dalam platform kami dan kami berterima kasih bagi para mitra yang terus menyediakan layanan harian penting bagi masyarakat pada waktu yang sulit ini,” ungkap Anthony Tan, Group CEO and Co-Founder of Grab.

“Kami ingin menjalankan bagian kami untuk mendukung mitra kami. Oleh karena itu, kami telah memperluas Program Bantuan Mitra, untuk membantu para mitra yang terkena imbas secara langsung oleh krisis ini,” tambah Anthony.

Di laman resmi perusahaan, sumbangan 20 persen dari manajemen senior Grab itu akan ditampung di Program Bantuan Mitra. Dana sendiri tidak hanya berasal dari manajemen senior, karena dana juga berasal dari tunjangan seluruh karyawan Grab.

Baca juga: Peduli, Bos Gojek Donasikan Gaji Selama Satu Tahun

Rincian Program Bantuan Mitra

Pihak Grab mengaku bahwasanya Program Bantuan Mitra sudah mereka sediakan sejak Januari lalu dengan menggandeng pemerintah setempat. Adapun untuk menghadapi pandemi COVID-19 ini, Grab merinci apa saja bantuan yang akan mereka berikan kepada para mitra.

Berikut rinciannya:

  • Memberikan bantuan keuangan kepada para mitra yang positif COVID-19.
  • Membantu biaya rumah sakit mitra yang positif COVID-19.
  • Memberikan asuransi kepada para mitra.
  • Memberikan dukungan pendapatan bagi mitra pengemudi yang memenuhi syarat.
  • mendistribusikan lebih dari 1 juta masker dan hand sanitizer ke berbagai wilayah.
  • Mendanai bisnis para merchant yang mengalami kesulitan.

“Program Bantuan Mitra bertujuan untuk mengurangi dampak dari pandemi ini terhadap mata pencaharian mitra pengemudi, pengantaran, dan merchant kami. Sebagai ekosistem yang saling bergantung satu sama lain untuk sukses, kami selalu menempatkan kebutuhan mitra kami sebagai prioritas,” ungkap Russel Cohen, Regional Head of Operations.

“Bagi merchant, kami berharap program bantuan merchant ini akan mengurangi tekanan keuangan mereka dan membantu mereka untuk tetap dapat fokus melayani pelanggan. Dengan memastikan ketahanan merchant, kami tidak hanya memenuhi peningkatan permintaan dari pengantaran makanan selama masa krisis ini, tapi juga memberikan lebih banyak peluang penghasilan bagi mitra pengantaran kami,” tambah Russel.

Baca juga: Perangi Pandemi Corona, Grab Gelontorkan Dana Miliaran

Apa yang dilakukan pihak Grab ini sangat menenangkan. Pasalnya, pandemi Corona memang membuat sebagian besar mitra pengemudi, dan mitra-mitra yang lain kelimpungan karena pendapatan mereka mengalami penurunan secara drastis.

Sebelumnya, pihak Grab Indonesia juga sudah menggelontorkan dana sebesar Rp1 miliar untuk memerangi pandemi Corona yang ada di Indonesia. Dana sebesar Rp1 miliar sendiri akan diserahkan oleh pihak Grab kepada pemerintah, dalam hal ini adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI).


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close