Peluang usaha

4 Tips Sukses Berbisnis Rumah Kost : Rezeki Terus Mengalir Lewat Aset Produktif

Pernahkah kalian membayangkan untuk bisa sukses berbisnis rumah kost dimasa depan. Jika jawabannya iya berarti kalian adalah orang yang berpikiran jauh kedepan. Saya mengatakan demikian karena pada usia kita yang telah menua pasti produktifitas kerja sudah menurun dan akan menghadapi masa pensiun.

Dengan usia yang terus menua dan produktifitas kerja yang terus menurun. Alternatif untuk mendapatkan penghasilan yang terus menerus adalah dengan memiliki aset produktif. Aset produktif adalah harta yang kita miliki dan berpotensi menghasilkan pendapatan terus-menerus tanpa mengharuskan kita untuk bekerja aktif.

Menyenangkan ?

Tentu menyenangkan memiliki aset produktif yang demikian. Salah satu aset produktif yang dapat kita manfaatkan untuk menghasilkan pendapatan pasif adalah dengan memulai untuk berbisnis rumah kost. Sukses mengelola bisnis kamar kost harus dimulai dengan persiapan yang matang.

Persiapan yang harus ditempuh adalah dengan mengetahui kiat-kiat yang diperlukan untuk memulai dan juga mengelolanya. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan bagi mereka yang berencana untuk memulai berbisnis rumah kost.

berbisnis rumah Kost

Lokasi Sangat Menentukan Sukses Berbisnis rumah Kost

Sukses tidaknya bisnis rumah kost yang akan dijalani selalu ditentukan oleh pemilihan lokasi berdirinya tempat kost. Hal ini dapat terjadi dikarenakan penyewa kamar kost mayoritas mahasiswa dan para pekerja baru yang bekerja diluar domisilinya.

Inilah faktor yang menyebabkan pemilihan lokasi harus strategis. Lokasi dikatakan strategis jika bangunan rumah kost berdiri dekat dengan banyak kampus dan lokasi perkantoran. Hal yang juga perlu diingat adalah lokasi yang dekat dengan tempat makan dan fasilitas publik seperti terminal, minimarket, dan fotokopi.

Hal selanjutnya yang juga penting diperhatikan para pebisnis rumah kost adalah lokasi yang jauh dari kemungkinan banjir dan bencana alam seperti longsor dan yang lainnya. Jika hal ini tidak diperhatikan maka faktor positif seperti disebutkan diatas akan menjadi sia-sia saja, karena para penghuni akan keluar dengan sendirinya.

Fasilitas yang Ditawarkan dan Kelebihan yang Dimiliki

berbisnis rumah Kost

Faktor kedua yang menentukan sukses berbisnis rumah kost adalah dengan fasilitas yang kita tawarkan kepada para penghuni kamar kost. Sebenarnya fasilitas seperti tempat tidur, lemari, dan meja belajar sudah menarik para mahasiswa dan pekerja untuk menyewa rumah kost. Namun memberikan nilai lebih kepada para penghuni rumah kost akan menjadi lebih baik karena akan menarik lebih banyak pelanggan.

Jika kita ingin memberikan nilai tambah kepada pemilik kamar kost namun tetap ingin menjaga harga sewa yang kompetitif, maka kita harus berpikir strategis untuk menerapkan hal ini. Menambah fasilitas kipas angin bisa diterapkan untuk menarik para pelangan, apalagi jika lokasi rumah kost berada di kota besar yang memiliki udara yang panas seperti Jakarta dan Surabaya.

Selanjutnya akses wifi gratis kepada semua penghuni kamar kost pasti akan sangat menarik bagi calon pelanggan, apalagi para mahasiswa. Hal ini dikarenakan penggunaan koneksi internet yang tidak bisa dihindari lagi pada zaman sekarang.

Tambahan dua fasilitas diatas dapat dengan mudah menarik pelanggan tanpa harus menaikkan biaya kamar kost kepada mereka, karena biaya listrik untuk penggunaan kipas angin relatif kecil dan biaya pemasangan wifi saat ini sudah sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Jika masih ingin memberikan fasilitas tambahan kepada para penghuni kost, kita dapat memberikan tambahan layanan seperti fasilitas laundry dan makanan dengan tambahan biaya. Kedua hal diatas pasti sangat dibutuhkan oleh para penghuni kamar kost mengingat mereka pasti sudah kelelahan dan tidak sempat untuk mencuci apalagi memasak makanan sendiri.

Pengelolaan yang Handal

Pengelolaan rumah kost yang baik sangat ditentukan oleh kemampuan individu pemiliknya. Sistem yang kita terapkan kepada para penghuni kamar kost akan mempengaruhi besarnya pelanggan yang akan anda dapatkan.

Sebagai contohnya, memberlakukan jam malam untuk kamar kost pria akan menjadi pertimbangan para penghuni untuk memilih rumah kost yang kita tawarkan. Hal ini dapat terjadi, karena pria lebih sering keluar malam untuk berkumpul dengan teman-temannya dan juga ada penghuni yang bekerja dengan sistem shift.

Selanjutnya tentang sistem pembayaran, apakah kita memberlakukan pembayaran per bulan, per semester, atau per tahun. Biasanya sistem pembayaran bulanan lebih disukai oleh para calon penghuni kamar kost, penyebabnya adalah adanya kemungkinan ketidakcocokan dengan penghuni yang lain dan juga masalah yang lainnya.

Dengan sistem pembayaran kamar kost per bulan akan menjadikan mereka dapat dengan segera pindah jika menemukan permasalahan dengan lingkungan rumah kost.

Kemudian yang perlu diperketat adalah kunjungan dari lawan jenis. Jangan sampai tempat kost yang kita miliki dicap sebagai rumah kost-kostan liar oleh masyarakat sekitar. Hal ini tentu akan mempengaruhi nama baik yang kita miliki. Aturan seperti ini pasti sangat dimaklumi oleh calon penghuni rumah kost yang memang berniat baik untuk tinggal disana.

Berikan juga aturan yang tidak memberatkan para penghuni kamar kost, jangan memberikan aturan untuk membersihkan kamar mandi karena ini dapat dipastikan membuat anda kehilangan pelanggan. Aturan yang ringan-ringan saja seperti kewajiban untuk membawa sampah masing-masing ke tempat sampah atau jangan membuang sampah sembarangan disekitar tempat kost.

Harga yang Kompetitif

Biaya kamar kost per bulan merupakan salah satu pengeluaran terbesar dari para mahasiswa dan pekerja yang merantau. Oleh sebab itulah biaya rumah kost menjadi hal yang sangat sensitif untuk dipertimbangkan bagi mereka. Jika kita menawarkan harga kamar kost yang mahal, disisi lain ada pesaing yang menawarkan harga yang jauh lebih murah, para pelanggan pasti akan lebih memilih yang lebih murah.

Jadi pertimbangkan secara matang dalam menentukan tarif rumah kost, karena pasar yang kita sasar adalah para mahasiswa dan pekerja pemula yang memiliki pemasukkan yang masih minim. Jangan hanya mengejar keuntungan semata namun tidak memikirkan dampaknya kedepan, karena tarif tempat kost yang mahal tidak akan menarik pelanggan di masa depan.

Sukses Berbisnis Rumah Kost Bisa Dengan Mudah Diraih

4 hal diatas merupakan hal dasar yang perlu diterapkan jika kita ingin sukses berbisnis rumah kost. Dengan menerapkan hal tersebut kita akan memiliki rezeki yang terus mengalir tanpa harus bekerja lebih.

Walaupun modal yang harus dikeluarkan relatif besar, itu bukanlah masalah besar karena modal bisa dicicil perlahan-lahan selama kita masih produktif bekerja. Sehingga pada masa tua, saat kita sudah tidak produktif lagi, pemasukkan dari bisnis rumah kost-kostan akan sangat bermanfaat bagi kita.

Baca juga : 10 Bisnis Kuliner Modal Kecil Berikut Bisa Menginspirasi Usaha Anda

Merencanakan untuk sukses berbisnis rumah kost dapat dimulai dari sekarang. Agar jika sudah terkumpul modal yang dibutuhkan dapat merealisasikan aset produktif yang akan bermanfaat bagi kita.


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

One Comment

  1. bisnis kos memang semakin menarik karena banyaknya pendatang yang mencari kerja

    kunjungi kita ya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close