Ulasan Bisnis

Intip Pola Pikir Pebisnis Sukses Dalam Membangun Kerajaan Bisnisnya

Anda pasti sering mendengar kisah-kisah inspiratif para pebisnis sukses yang berhasil membangun kerajaan bisnisnya. Apa yang bisa ditiru dari kisah para pebisnis sukses tersebut ? Strategi yang tepat, jaringan yang luas dan semangat yang kuat. Namun, sebenarnya ada hal yang lebih sederhana untuk kita ikuti, yaitu pola pikir mereka. Pola pikir pebisnis sukses hanya didasari optimisme terhadap bisnisnya sendiri.

Sebagai seorang newbie yang baru terjun ke dunia bisnis, pasti timbul rasa cemas, ragu dan takut dalam memulai…itu hal yang wajar. Semua orang pasti mengalaminya tidak terkecuali mereka yang telah sukses.

Pola pikir pebisnis sukses yang harus ditiru

Ketakutan kita untuk memulai dan menjalankan bisnis banyak dibelenggu oleh pola pikir kita sendiri yang cemas dan takut jika bisnis kita gagal. Ini yang membedakan dengan pola pikir pebisnis sukses. Para pebisnis sukses itu mampu mengalahkan semua perasaan tersebut dan akhirnya meraih kesuksesan.

Pola pikir inilah yang mendasari kesuksesan mereka. Dalam artikel kali ini, saya akan mengulas mengenai pola pikir pebisnis sukses yang saya rangkum dari tulisan AJ Hendro Sugianto dalam bukunya yang berjudul “Banyak Cara Menjadi Kaya”.

Dari buku tersebut saya merangkum pola pikir pebisnis sukses dalam empat poin penting, yaitu :

Sukses nggak ditentukan oleh nasib

Nasib seseorang sangat dipengaruhi oleh semua tindakan yang dilakukannya. Tentu saja tindakan-tindakan tersebut dimotori oleh pola pikirnya. Menjadi orang sukses dan kaya atau menjadi orang gagal dan miskin bukanlah karena nasib, melainkan karena pola pikir dan tindakannya yang berakibat pada keadaan sekarang.

Untuk menjadi sukses dan kaya, orang harus berkemauan keras dan berusaha konsisten dari waktu ke waktu. Untuk mencapai sukses yang besar, anda harus meniru cara berpikir dan cara kerja orang sukses, yaitu dimulai dengan sukses-sukses kecil. Setiap waktu dan dilandasi banyak kemampuan yang akan mempermudah jalan menuju sukses dan kaya.

pola pikir pebisnis
Sukses adalah suatu kebiasaan

Seorang pebisnis sukses menjadi sukses sebagai suatu kebiasaan yang harus dijalani. Baginya, sukses bukanlah suatu tujuan akhir, melainkan suatu proses perjalanan. Setiap keputusan dan tindakan jitu yang anda lakukan sudah merupakan sukses.

Dalam perjalanan kehidupan sehari-hari, anda akan banyak mendapatkan sukses-sukses yang terkumpul menjadi sukses besar.

Sukses besar nggak dihasilkan hanya dari satu keputusan dan satu tindakan saja, melainkan merupakan akumulasi dari setiap sukses yang anda peroleh sehari-hari. Dengan demikian, sukses adalah suatu kebiasaan positif di dalam kehidupan seseorang.

Kegagalan adalah bagian dari sukses

Pebisnis sukses memandang kegagalan yang dialaminya sebagai bagian dari kesuksesan, sehingga tidak seharusnya membuat dia jera dan menghalangi peluang sukses di masa yang akan datang. Kegagalan hanyalah suatu kesuksesan yang tertunda.

Justru dengan suatu kegagalan yang dialami dia akan bertambah pengalaman, dan bertambah matang. Dia bertambah gigih dan berhasil.

Sebaliknya, orang gagal akan memandang pengalaman gagalnya sebagai suatu trauma yang akan membuatnya jera dan takut untuk memulai lagi.

Baca juga : Lakukan 5 Kiat Sukses Usaha Ini Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Pebisnis sukses selalu berorientasi pada solusi

Dalam hidup, orang nggak akan pernah lepas dari masalah. Orang sukses meyakini bahwa dibalik suatu masalah pasti ada peluang dan solusinya. Pola pikir seperti inilah yang membuatnya tahan uji dan tidak mudah menyerah.

Sebaliknya, orang gagal akan memandang adanya masalah di setiap solusi yang dibuat. Akibatnya, dia cenderung pesimistis dalam menanggapi setiap peluang.

Dia lebih memilih status quo yang dirasa paling aman baginya. Orang gagal biasanya takut mencoba. Baginya lebih baik berdiam diri daripada mencoba dan gagal.

Dari 4 pola pikir yang saya uraikan di atas, semuanya bermuara pada mindset kita. Apabila mindset kita telah terbentuk dengan rasa cemas, takut, pesimis akan kegagalan maka selamanya kita akan terkungkung oleh mindset kita tersebut.

Jadi, sebelum anda memulai untuk berbisnis sebaiknya anda kaji ulang mindset anda.

Sudah berpikir positifkah anda ? sudah optimiskah anda ?

Silahkan anda bermimpi setinggi mungkin lalu kejar mimpi tersebut dengan mindset positif yang anda bangun dan tuangkan menjadi role mode dalam membangun bisnis anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close