Cara Bermain Game Virtual Reality

Bagaimana Cara Bermain Game Virtual Reality di Smartphone?

Cara Bermain Game Virtual Reality di Smartphone – Kamu pasti sudah tahu Virtual Reality kan? Virtual Reality atau VR merupakan teknologi terbaru untuk memainkan game secara lebih nyata.

Kamu bisa memainkan game dengan lebih fleksibel karena bisa berinteraksi secara 3 dimensi virtual seperti sedang berada di dalam game tersebut. Tubuhmu juga bisa untuk menggerakkan sesuatu dengan lebih mudah, sensasinya juga terasa lebih menakjubkan.

Di awal kemunculannya, teknologi VR ini memerlukan perangkat atau helm khusus VR yang harus dihubungkan dengan laptop atau komputer PC.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu teknologi ini bisa diterapkan pada smartphone sehingga pengguna bisa memainkan game secara mobile. Uniknya lagi, konten virtual reality yang ada pada smartphone juga sudah variatif mulai dari game, aplikasi hingga videonya.

Karena keunggulan yang dimiliki, teknologi VR tentu sangat digandrungi masyarakat dunia, begitu juga dengan masyarakat Indonesia. Banyak vendor yang sudah merancang konsep untuk bermain Game Virtual Reality ini dan terus meningkatkan kinerjanya hingga sekarang.

Namun, masih banyak dari kita yang belum tahu detail lebih lengkap mengenai teknologi ini. Apakah kamu tahu, bagaimana cara bermain game virtual reality di smartphone?

Bagi yang sering bermain VR mungkin sudah tahu bagaimana cara memainkannya. Namun bagi yang belum? Mungkin saja akan kebingungan ketika ingin bermain game VR di smartphone untuk pertama kalinya.

Cara Bermain Game Virtual Reality di Smartphone Paling Mudah

Maka dari itu, kalau kamu ingin memainkan game Virtual Reality (VR) di smartphone maka cobalah perhatikan beberapa hal di bawah ini :

Loading...

Smartphone Memiliki Gyroscope

Sekadar informasi, fitur Gyroscope merupakan sensor untuk mengukur dan mempertahankan orientasi berdasarkan prinsip momentum sudut.

Fitur ini bisa memaksimalkan smartphone untuk mengenali perputaran atau gerakan 3D sehingga nantinya sistem bisa mengikutinya.

Kalau kamu ingin menjajal perangkat virtual reality di smartphone, maka fitur Gyroscope ini wajib dimiliki. Tanpa adanya Gyroscope, maka konten VR dan smartphone tidak sinkron ketika pengguna melakukan orientasi atau gerakan.

Kamu tentu saja tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak vendor yang sudah melengkapi smartphone dengan Gyroscope ini.

Dengan budget di kelas middle-end saja, kamu mungkin sudah mendapatkan fitur Gyroscope ini untuk memainkan game VR.

Misalnya saja vendor ASUS dan Xiaomi yang menghadirkan smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki Gyroscope seperti Xiaomi Redmi Note 5 dan Zenfone Max Pro M1.

Spesifikasi Hardware

Untuk game VR zaman sekarang, mayoritas video yang dibutuhkan ternyata harus cukup mumpuni.

Agar game bisa berjalan lancar dan mulus, perangkat smartphone harus memiliki spek middle-end ke atas seperti Asus Zenfone Max Pro M1 yang sudah mengusung chipset Snapdragon 636 Octa-core, storage internal 32GB/64GB dan memori RAM 3GB/4GB/6GB.

Meskipun spesifikasinya mantap, namun jangan khawatir. Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, smartphone besutan Asus tersebut memiliki harga yang pas di kantong kita kita.

Perangkat VR

Cara Bermain Game Virtual Reality di Smartphone

Smartphone saja nyatanya belum cukup untuk bermain Game Virtual Reality. Kamu perlu perangkat VR untuk ditaruh di kepala agar nantinya bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Perangkat ini tentu harus bisa dikendalikan melalui smartphone dan memiliki tombol tertentu untuk mengendalikan game secara virtual.

Tak perlu yang mahal untuk membeli perangkat VR, dengan Google Cardboard saja kamu sudah bisa menikmati sensasi bermain game dengan nuansa yang lebih hidup. Minimal, kualitasnya tidak kalah jauh dengan perangkat premium seperti Samsung GEAR VR.

Baca juga:

Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu kamu butuhkan untuk menjalankan game Virtual Reality. Dengan menggunakan perangkat yang sudah kami sebutkan tadi, kamu pasti bisa bermain Game Virtual Reality dengan lebih mulus dan nyaman.

Coba periksa terlebih dahulu spesifikasi smartphone kesayanganmu, kalau speknya memadai maka kamu bisa menjajal game VR ini. Caranya juga mudah kok. Tinggal atur, pasang dan mainkan. Sesimple itu!


Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Komentar

    Avatar

    Hamba Allah

    ( - 15:48)

    Baca panjang panjang, kirain di sebutin nama game nya. Tau nya cuma gitu doang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *