cara membuat artikel yang baik

Cara Membuat Artikel Yang Baik Agar Blog Lebih Berkualitas

Cara membuat artikel yang baik – Mungkin artikel yang seperti ini sudah banyak yang menulis. Akan tetapi, tidak ada salahnya kan bila saya ikut mencoba memberi refrensi yang sedikit berbeda dari yang sebelumnya? Karena saya rasa, pandangan orang mengenai hal ini tidak selalu sama. Oleh karenanya, silahkan baca sampai habis bila menurut Anda ini penting. Jika tidak, boleh di abaikan.

Sebagai seorang penulis, khususnya blogger, tentu artikel sangat perlu di buat agar blog mereka tetap eksis di dunia internet. Dan juga mereka ingin membuat artikel yang baik, berkualitas, serta bermanfaat positif untuk pembacanya.

Hal ini sangatlah menarik untuk di bahas, mengingat akhir-akhir ini sangat jarang ditemukan blog baru dengan kualitas artikel yang bisa di nilai sangat berkualitas. Dan mungkin, tulisan saya di beberapa blog yang saya tulis adalah termasuk salah satunya.

Menurut analisa saya, hal itu terjadi karena blog-blog yang baru lahir itu hanya mengejar pendapatan dari AdSense, ataupun supaya cepat bisa mendaftar ke AdSense. Jika analisa saya benar, tentu Anda akan setuju dengan pernyataan saya tersebut. Benar begitu?

Namun, ada satu hal yang menarik di sini. Karena di sini saya hanya menilai sebagai pembaca, jadi saya berhak untuk menilai mana artikel yang berkualitas dan mana artikel yang kurang berkualitas? Dan karena itu pula, saya ingin memberi sedikit masukan ataupun gagasan untuk Anda yang sedang mencari referensi cara membuat artikel yang baik agar blog lebih berkualitas.

Seperti apa artikel yang berkualitas itu?

cara membuat artikel yang baik

Artikel berkualitas adalah, artikel yang isinya mengalir sesuai tema. Dan di setiap paragraf yang tertulis, tidak hanya memberikan kesan indah untuk pembaca. Tapi juga bisa dengan mudah di pahami oleh pembacanya. Sehingga pembaca akan merasakan relevansi yang dihadirkan di dalam artikel tersebut.

Selain itu, artikel yang berkualitas dapat memberi penyelesaian untuk pembaca mereka yang memang membutuhkan referensi dari apa yang mereka baca. Apa Anda sudah mendapat gambaran?

Jika kita sering berselancar di Google dengan kata kunci yang di inginkan, tentu kita akan mendapat hidangan artikel yang banyak dengan kata kunci yang kita tulis di Google. Sayangnya, meskipun artikel tersebut dari blog yang berbeda-beda dan juga dari penulis yang berbeda, masih saja kita sering menemukan titik penyelesaian yang sama dengan artikel lainnya.

Loading...

Dan itu membuat kita tidak bisa menyelesaikan masalah kita. Yang ada, hanya membuat kita menjadi malas untuk mencarinya lagi. Jika Anda pernah, pasti Anda akan mengangguk.

Saya sering menemui masalah yang sudah saya tulis di atas. Yaitu menemui banyak artikel dengan kata kunci yang sama, namun titik penyelesaiannya hampir sama. Dan kadang diberi beberapa tambahan.

Misalnya, ketika saya mencari artikel dengan kata kunci “cara mendapatkan uang dari internet”, di situ ada beberapa judul yang berbeda namun dengan kata kunci yang sama. Seperti “cara mendapatkan uang dari internet gratis” dan “10 cara mendapatkan uang dari internet dengan gratis”.

Dimana titik masalahnya?

Titik masalahnya terletak pada penyelesaian kasus. Saya ingin mencari referensi yang berbeda, tapi saya menemukan beberapa hal yang sama. Misalnya pada artikel pertama dengan judul “cara mendapatkan uang dari internet gratis”, di awal paragraf, itu membuat saya terpikat dan ingin terus membaca.

Akan tetapi pada penyelesaian ada 3 poin, yaitu main blog, bisnis online, dan main YouTube. Ok, saya anggap itu menyelesaikan masalah. Tapi, menurut saya itu hal yang biasa. Lalu saya baca artikel yang kedua, yaitu “10 cara mendapatkan uang dari internet dengan gratis”.

Saya baca terus artikel itu sampai titik penyelesaian. Awal mula memberi cara yang berbeda. Yaitu seperti main PTC (Pay To Click), menjadi penulis lepas, dan seterusnya. Namun saya mendapati 3 penyelesaian yang sama dengan artikel yang pertama. Yaitu main blog, bisinis online, dan main YouTube.

Ok, saya masih menganggap itu hal yang wajar. Karena ada beberapa tambahan. Namun, saya masih kurang puas. Lalu saya membaca artikel yang lainnya. Dan ternyata, poin penyelesaiannya hampir sama dengan artikel pertama, kedua, dan seterusnya.

Jadi kesimpulannya 10 artikel yang tersaji di halaman pertama Google itu, inti permasalahannya hampir sama semua. Cuman berbeda pada penulisan paragraf atau penyampainya saja. Tapi pada titik masalahnya hampir sama semua.

Apakah itu bisa di katakan artikel yang berkualitas?

Tentu saja itu artikel yang berkualitas, bagi orang yang menilainya dari tulisan sendiri dan bukan hasil copas atau rewrite. Tapi jika di nilai dari isinya, itu masih belum di katakan artikel yang berkualitas. Mungkin saya juga pernah melakukan hal yang sama. Jadi mari kita belajar bersama-sama.

Bila Anda sudah paham dengan apa yang saya tulis di atas, itu artinya Anda pun sudah tahu, seperti apa artikel yang berkualitas itu? Yaitu artikel yang isinya original dan berbeda dari yang lain, meskipun tema yang di buat sama, tapi tetap terlihat berbeda dan memberi kesan yang baik bagi pembacanya serta dapat menyelesaikan masalah mereka.

Baca : Kriteria dari Artikel Berkualitas Untuk Blog dan Website

Lalu, bagaimana cara membuat artikel yang baik agar blog lebih berkualitas?

Sebenernya untuk penyelesaian kasus ini ada banyak solusi. Dan saya yakin di artikel blog yang lain dengan tema yang sama pun, pasti memberi tahu caranya. Dan kemungkin juga, saya akan menuliskan solusi atau penyelesaian yang sama dengan artikel dari blog yang lainnya.

Namun itu hal yang wajar, bukan? Karena terkadang manusia selalu berpikir hal yang sama dengan manusia lainnya. Dan berikut caranya, semoga bisa membantu.

1. Pastikan pikiran Anda sedang rileks

Jika Anda menulis dengan keadaan pikiran Anda sedang kacau atau sedang memikirkan hal yang lain, maka sudah di pastikan Anda tidak bisa konsen saat menulis. Hal itu jelas akan membebani Anda ketika menulis. Jadi, cara membuat artikel yang baik dengan memastikan terlebih dahulu pikiran Anda sedang rileks atau nyaman dari hal yang ada di luar.

2. Pastikan mood Anda sedang naik

Seorang penulis, tidak akan pernah menulis ketika mood nya sedang turun. Karena mereka tahu, hasil tulisan mereka nantinya akan menjadi sesuatu yang buruk. Maka dari itu, untuk cara membuat artikel yang baik harus pastikan Anda sedang mood untuk menulis.

3. Pastikan Anda tidak sedang tertekan masalah

Hal ini mungkin tidak perlu di jelaskan lagi. Karena saya yakin Anda pun akan mengerti. Tapi ada yang ingin saya sampaikan di sini. Yaitu jangan sampai membuat artikel menjadi Anda tertekan dan menjadikannya sebuah masalah untuk hidup Anda. Karena artikel itu bukan sebuah masalah, melainkan sebuah karya.

4. Pastikan Anda berada di tempat yang menumbuhkan imajinasi Anda

Memilih tempat untuk menulis itu penting. Karena jika tempat itu sangat mengganggu, tentu akan membuat Anda terganggu pula. Dan akhirnya Anda tidak bisa menulis dengan baik. Nah, untuk tempat, pilihlah tempat yang banyak menumbuhkan imajinasi Anda untuk menulis. Entah itu di kamar ataupun di kamar mandi.

5. Pastikan Anda sedang merasakan kegelisahan tema yang ingin Anda tulis

Ketika kegelisahan itu muncul, segeralah untuk menulis. Karena tanpa Anda sadari, Anda akan menuangkan kegelisahan Anda itu dengan waktu yang cukup singkat dan bahkan Anda sendiri tidak menyadari kalau Anda sudah menulis sebanyak 1000 kata dalam waktu lima menit. Dan ketika dibaca ulang, hasilnya membuat Anda tersenyum.

Itulah mengapa Anda harus merasakan kegelisahan tema yang ingin Anda tulis terlebih dahulu? Karena untuk menyampaikan sesuatu yang ingin kita sampaikan, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang ingin kita katakan. Untuk itulah, merasakan atau menjiwainya itu sangat perlu.

Baca : Tips Membuat Artikel yang Human Friendly dengan Mudah

Dan itulah cara membuat artikel yang baik agar blog lebih berkualitas. Jika ada kesalahan dalam artikel saya, mohon di koreksi di kolom komentar. Agar kita bisa berdiskusi bersama dan belajar bersama. Dan di harapkan bermanfaat bagi orang banyak yang membaca artikel ini. Maka dari itu, tolong share artikel ini jika menurut Anda ini bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Ahaerudin13

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *