Blogging

Cara Menjadi Blogger yang Baik dan Bertanggung jawab

Menjadi salah satu orang yang ikut berjasa dalam memberikan sekaligus menyebarkan berbagai pengetahuan secara online, blogger juga memilki suatu etika tersendiri dalam hal menyebarkan informasi. Jadi bukan hanya wartawan dan penulis di berbagai media berita saja yang harus menulis sesuai dengan kaidah berita. Namun sebagai blogger hendaknya harus bisa memberikan artikel yang bisa dipercaya. Itu adalah cara menjadi blogger yang baik dan bertanggung jawab.

Sekarang ini sudah marak sekali terjadi beberapa kasus yang mana menggunakan media blog sebagai alat hanya untuk mendapatkan uang, namun mereka tidak memperdulikan konten dalam blognya. Bahkan sebagian dari mereka menggunakan berbagai cara yang bisa dibilang jauh sekali dari kebenaran. Jadi mereka pun tidak akan bisa mempertanggungjawabkan apa yang mereka tulis tersebut.

Memang, dalam suatu artikel ‘JUDUL’ adalah suatu hal yang sangat berpotensi untuk menjadi sasaran pengunjung. Kekuatan judul bahkan lebih memikat daripada kekuatan suatu gambar, walau beberapa orang memang ada yang tertarik untuk membaca artikel setelah mereka melihat gambar terlebih dahulu.

Dalam membuat artikel, membuat judul yang menarik pembaca merupakan salah satu faktor yang bisa menambah trafik, terutama dari search engine. Namun jangan sampai isi konten dan judulnya berbeda.

Bahkan sekarang pun bukan hanya blog, banyak dari media media baik media berita atau portal informasi mereka menggunakan judul yang booombastis untuk menarik visitors. Namun saat diklik pengunjung akan sangat kecewa dengan kontennya.

Hal tersebut karena mereka menggunakan judul tanpa berkaitan dengan isi konten. Ya, ini memang banyak yang melakukan, media-media besar juga seperti itu.

Ada berbagai macam cara yang bisa digolongkan sebagai cara yang kurang baik, karena tujuan utama mereka adalah untuk mendapatkan uang. Jadi berbagai cara apapun mereka lakukan, seperti berbuat kebohongan, berbuat sesuatu yang melenceng jauh, bisnis e hate, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, saya akan memberikan berbagai tips kepada anda semua mengenai cara menjadi blogger yang baik dan beretika.

Loading...

Ya walaupun gak ada etika khusus dan aturan baku seperti halnya mereka para wartawan dan media yang mana mereka harus melalui KKPI terlebih dahulu. Namun setidaknya sebagai seorang blogger, ada beberapa adab-adab yang memang harus kita taati.

Ini memang tidak ada yang mengatur dan membuat, namun yang menjadikan itu adalah masyarakat maya sendiri. Jadi anda benar benar harus memperhatikan hal tersebut.

Cara Menjadi Blogger yang Baik dan Bertanggung jawab

Ada beberapa hal yang bisa menjadi acuan untuk menjadi blogger yang bertanggung jawab.

Berikut ini diantaranya:

#Cari sumber terpercaya

cara menjadi blogger yang baik

Agar bisa menjadi seorang menjadi blogger yang baik dan profsional adalah dengan mencari sumber atau referensi yang terpercaya apabila anda tidak menulis dari ide diri sendiri. Misalnya punya blog dengan niche tekno, dalam dunia tekno pasti seringkali muncul berbagai rumor yang tidak jelas bukan?

Misalnya produk ini akan launching kapan dengan spesifikasi seperti ini itu. Nah disinilah yang harus diperhatikan, karena bisa saja ini tidak benar, maka akan berkibat terhadap kebenaran konten,

Apalagi blog dengan spesifikasi news, ini akan sangat berbahaya apabila mengutip informasi dari sumber yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Misalnya polisi saja belum bisa memastikan yang membunuh si A itu siapa baru ada beberapa tersangka, anda sudah mengatakan kalau mereka si pembunuh. Nah ini bisa berbahaya dan bisa terjadi kesalahpahaman nantinya.

Dalam dunia jurnalisme, mereka dari media menyebarkan beberapa wartawan dan jurnalis ke seluruh wilayah baik secara lokal maupun internasional. Mereka akan langsung datang ke lokasi kejadian berdasarkan lokasi terdekat.

Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi berbagai kesalahpahaman yang mungkin bisa berakibat buruk dari konten yang disajikan. Jadi mereka tidak hanya mengandalkan rumor ini dan itu, namun datang langsung dan mengidentifikasi kejadiannya di tempat tersebut.

#Jangan sekali kali copas

Mungkin bagi sebagian orang copas (copy paste) merupakan salah satu cara tercepat untuk membuat banyak artikel. Tetapi dengan tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membeli artikel ini dan itu. Bagi kalian yang baru terjun ke dunia blogging mungkin pernah copas sana dan sini agar blognya tidak kosong.

Nah yang perlu anda perhatikan adalah bahwa copas ini bisa berhubungan secara langsung dengan yang namanya hak cipta. Jadi harus benar-benar anda sadari bahwa ini bisa berakibat fatal dengan blog anda.

Jujur, dulu saya saat baru pertama kali ngeblog, saya suka copas sana dan copas sini secara utuh. Jadi ya copas bulat-bulat secara kesuluruhan gitu, gak di edit sedikitpun. Bahkan artikel tersebut sudah mengalahkan si blog yang memiliki artikel original tersebut.

Setelah itu saya mulai khawatir akan adanya berbagai tindakan dari si pemilik blog yang saya copas untuk melaporkan blog saya ke DMCA. Hal itu karena saya baru mengenal adanya copyright. Akhirnya saya hapus semua artikel di blog saya tersebut.

Copas artikel adalah hal yang tidak bisa di pertanggung jawabkan nantinya. Maka dari itu , hal yang harus anda lakukan adalah dengan membuat artikel yang sesuai dengan hobi anda sendiri. Itu merupakan cara menjadi blogger yang baik.

Dengan memiliki artikel yang bersumber dari hobi anda sendiri, maka serasa menulisnya akan sangat mudah tanpa ada hambatan. Karena dari sebuah hobi itu bisa timbul sebuah pengalaman, nah dari pengalaman tersebut kan bisa dijadikan sebuah.

Referensi lain : Tips Membuat Artikel yang Human Friendly dengan Mudah

#Memberi informasi, bukan mengelabuhi

cara menjadi blogger yang baik

Dengan menyediakan berbagai konten yang bagus dan berkualitas adalah cara menjadi blogger yang baik dan profesional. Ini akan menjadi daya tarik bagi pengunjung itu sendiri nantinya. Karena apabila membuat blog dengan tujuan hanya untuk membuat artikel yang bertujuan untuk mesin pencari, maka itu akan hangus dengan sendirinya.

Hal itu karena mesin pencari itu selalu mengupgrade kemampuannya. Mereka akan selalu mengadakan perubahan yang dilakukan secara berkala dengan mengatur agar algoritma bekerja lebih relevan dalam menampilkan hasil. Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan adalah tidak hanya mengandalkan mereka, tapi jadikanlah agar seolah olah mesin pencari yang membutuhkan blog anda.

Misalnya saja situs tentang teknologi, walau mereka tidak menggunakan berbagai teknik seo apapun, namun berisi artikel yang memang dibutuhkan pengguna, maka dengan sendirinya google akan menempatkan situs tersebut dihalaman pertamanya.

Jadi jika anda membuat artikel maka buatlah dengan mengutamakan human friendly, bukan hanya mengandalkan SEO friendly saja. Keduanya harus digunakan secara bersamaan dengan berkesinambungan. Misalnya menggunakan berbagai peletakan dan kepadatan kata kunci yang tepat, menggunakan internal link dan tak lupa artikel itu harus berisikan berbagai informasi yang memberikan suatu kesan tersendiri bagi si pembacanya.

Dengan berbasis human friendly, maka anda akan mendapatkan posisi yang baik di hati pengunjung dan juga di google. Karena pada dasarnya, google adalah mesin pencari yang selalu mengembangkan algoritma agar sesuai dengan yang disukai oleh human visitors.

#Jangan pernah membuat jebakan

Banyak sekali dari blogger yang membuat berbagai cara untuk menjebak orang agar mengunjungi blognya. Misalnya dengan membuat berbagai judul yang sangat kontroversial dan menipu, ini akan membuat kesal si pengunjung.

Cara menjadi blogger yang baik adalah dengan membuat artikel yang benar-benar memberi kesan pada pengunjung, dengan menggunakan berbagai hal yang berkaitan dengan isi konten. Misalnya membuat judul dan gambar yang sesuai, karena mereka akan puas membaca sampai selesai apabila mereka menemukan sesuatu yang unik di artikel tersebut.

Pada dasarnya pengunjung akan memberikan penghasilan ke blog anda adalah karena “tertarik”. Ya hal ini benar, mereka mengenal blog anda mungkin tertarik dari suatu artikel yang dishare orang lain baik di sosial media ataupun di blog.

Nah apabila mereka tertarik untuk membuka artikel anda dan menemukan sesuatu yang menarik di blog anda, maka akan membaca artikel lain. Disinilah mereka juga kan menemukan iklan yang membuat mereka tertarik. Jadi mereka klik, dan kita akan mendapatkan uang.

Jadi pada dasarnya, berbagai konten yang relevan antara satu artikel dengan artikel yang lain dengan tidak membuat suatu jebakan. Maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan didalamnya.

#No for AGC & AGK

Dengan tidak menggunakan berbagai hal yang berkaitan dengan AGC or AGK adalah cara menjadi blogger yang baik. Apa sih sebenarnya AGK dan AGC ini?

Secara singkat AGC (auto generated content) adalah suatu cara yang dilakukan menggunakan suatu plugin ataupun tanpa plugin untuk digunakan di blog dengan CMS wordpress. Yang mana cara kerjanya adalah dengan menyalin sebagian atau seluruh artikel dari suatu situs atau blog agar bisa disalin ke blog kita.

Ya, ini semacam scraper gitu, jadi memindahkan berbagai data dalam jumlah besar agar bisa tersalin ke blog kita. Dalam AGC ini dilakukan secara auto, ada yang langsung mengubah isi artikel agar unik dengan di spin terlebih dahulu. Namun ada juga yang langsung di salin mentah mentah.

Nah ini sebenarnya bukan hanya dilakukan untuk blog saja, namun juga bisa dilakukan untuk memindahkan data barang di market place. Misalnya kita buat akun di tokopedia, lalu kita bisa mengisinya dengan ratusan ribu produk untuk diletakan di toko online kita. Atau juga bisa di salin di akun tokopedia atau bukalapak.

Blog AGC & AGK sangat merugikan

Ini didapat dari menyalin datanya, jadi ini adalah perbuatan yang bisa dibilang merugikan si pemilik konten aslinya, karena akan menjadi banyak pesaing nantinya.

Kalo AGK (auto generated keyword) sebenarnya sistem kerjanya hampir sama dengan yang namanya AGC tadi. Namun ini basisnya bukan dari menyalin atau menspin artikel dari blog lainnya, melainkan dengan cara membuat suatu kata kunci yang berasal dari pencarian pengunjung. Dan biasanya ini menggunakan plugin dan digunakan dalam blog dengan CMS wordpress ditambah dengan auto submit ke bing dan google webmasters.

Misalnya ada pengunjung yang berasal dari search engine dan mampir ke blog AGK dengan menggunakan kata kunci “cara menjadi blogger yang baik”. Maka dibawah artikel, sidebar atau di footer langsung muncul kata tersebut, dan itu akan dirayapi oleh google dan akan tampil di halaman pertama sesuai dengan kata kunci “cara menjadi blogger yang baik” tersebut.

Nah biasanya anda tidak bisa melihat kata kunci tersebut secara langsung, karena mereka si pemilik blog tersebut menggunakan ukuran 0. Atau dengan menggunakan huruf yang warnanya sama dengan warna backgrund.

Saya sudah mengamati banyak sekali blog indonesia, yang menggunakan aAGK ini. Apalagi blog download, musik,blog lendir, situs film, wallpaper, dan game mereka banyak sekali menggunakan sistem AGK ini. Maka dari itulah kadang situs download yang hanya punya kurang dari 100 konten saja sudah punya puluhan ribu trafik perharinya.

Karena mereka menggunakan itu semisal ada orang yang mencari kata yang masih ada berhubungan dengan kata download dan mengklik blog anda di mesin pencari, maka itu dengan sendirinya akan membuat semacam artikel.

Jangan dicontoh

Jujur saya lebih kesal dengan blog AGK daripada menggunakan blog AGC, karena blog AGK benar benar mengecewakan. Saya sering kali sedang browsing ini dan itu di google dan tiba-tiba menemukan judul yang sama persis dengan yang saya maksud, namun apa yang terjadi saat diklik?

Tidak ada artikel yang berhubungan sama sekali. Mending kalau blog AGC masih ada bacaannya, tapi kalau blog AGK nggak ada artikel yang berhubungan, hanya keywordnya saja.

Cara menjadi blogger yang baik bukanlah seperti ini, karena walaupun dengan cara ini blog kita akan memiliki ribuan bahkan ratusan ribu trafik perharinya. Namun itu akan mengecewakan si pengunjung. Uang yang mungkin kita dapat nggak akan membawa keberkahan buat kita semua.

Jadi gunakan cara yang terbaik saja, yaitu menulis secara manual dan tidak menggunaka plugin semacam itu. Karena bagaimanapun walau google sekarang ini belum memusuhi blog semacam ini nanti bakalan memusuhi juga. Tunggu waktu aja.

Kalau ingin menggunakan prospek jangka panjang, maka jangan penah menggunakan cara blackhat seperti ini. Ini digunanakan bagi mereka yang ingin banyak uang saja tanpa memikirkan jangka panjang.

Referensi lain : Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Banyak Blog yang Jadi Pertimbangan

#Tidak menghujat, tidak membuat konten kekerasan, dan sopan

cara menjadi blogger yang baik

Kadangkala seseorang menggunakan blog pasti ada yang berisikan SARA. Itu tidak salah sama sekali. Namun saling menghujat ataupun membenci membuata konten saling mengejek dan berbau kekerasan serta memfitnah antar SARA, itulah hal yang tidak diperbolehkan.

Misalnya anda membuat blog dengan tema islam, walau itu blog menyangkut sara. Namun jangan sampai itu digunakan sebagai kebohongan dan menaruh kebencian terhadap orang yang beragama lain. Jangan sampai juga menghancurkan agama sendiri demi uang.

Selalu membuat artikel yang sopan dan bermakna adalah cara menjadi blogger yang baik. Jangan sampai membuat artikel yang menyindir, menghasut, atau berisikan berbagai konten konten yang dilarang,.

Misalnya jual beli berbagai jenis n*rkoba, minuman keras dan sebagainya. Bahkan jangan sampai menggunakan berbagai artikel yang berhubungan dengan senjata dan alat perang, ini bisa berbahaya.

Pasti anda tahu sendiri tentang artikel apa saja yang harus ditulis yang sesuai dengan etika dan norma di dunia maya maupun di dunia nyata. Jadi isilah dengan berbagai konten yang memberikan suatu manfaat, bukan memberikan mudharat atau keburukan bagi orang lain.

#Jangan sok tahu

Ini biasanya dilakukan dengan mereka yang menggunakan blog yang hanya ingin banyak artikel. Tanpa mempedulikan tentang kebenaran dari konten yang dimuat dalam blog. Mereka beranggapan bahwa yang penting itu semua bisa menjadi uang. Nah ini sangat berbahaya untuk anda lakukan, terutama yang berhubungan dengan obat dan kesehatan, jadi jangan sok tahu akan masalah ini.

Misal tentang masalah kanker, jantung, operasi, penggunaan suatu jenis obat obatan kimia, perlakuan terhadap suatu penyakit, dan semua yang berkaitan dengan hal tersebut. Ini bisa sangat berbahaya, karena bisa bisa mengancam nyawa orang yang membacanya.

Misal kalau artikel yang mungkin ringan dan tidak berdampak serius mengenai cara menghilangkan panu, ini kan tidak berisiko terlalu jauh kalau dipraktikan oleh si pembaca. Namun apa jadinya kalau anda memang blogger yang bukan lulusan kedokteran atau sekolah kesehatan, lalu membahas mengenai masalah kanker serviks, tumor otak dan sebagainya? Nah ini juga bisa sangat berbahaya.

Apalagi kalau anda menyajikan artikel yang berkaitan dengan obat obatan, kalau sampai salah resep dan tentang informasi obat, maka ini bisa berdampak terhadap nyawa si pemakai obat tersebut. Jadi hati hati aja deh kalau punya blog dengan tema kesehatan, jangan sampai membuat artikel dengan dasar pengalaman saja tanpa memiliki ilmu tentang itu, ini bisa berbahaya. Jadi buat suatu blog saja dengan yang memang anda memiliki ilmu tentang hal tersebut.

Demikian beberapa bahasan mengenai cara menjadi blogger yang baik dan bertanggung jawab. Jadi kalau anda membuat suatu konten, maka buatlah dengan banyak perhitungan, jadi kalau suatu saat ada suatu masalah anda bisa mempertanggungjawabkan artikel tersebut.

Semoga pembahasan tentang cara menjadi blogger yang baik ini bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa untuk selalu mendapatkan berbagai info terupdate di blog klikmania ini ya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, tunggu artikel terbaru lainnya ya.



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *