Tekno

CEO Canalys: China Bakal Jadi Pemimpin Teknologi di Tahun 2023

Mary Meeker selaku analis di Morgan Stanley pernah menerbitkan tulisan di “Internet Trends Report” pada tanggal 31 Mei 2018 di mana ia memprediksi bahwa China dan Amerika Serikat akan memimpin teknologi AI dunia dalam lima tahun ke depan.

Prediksi Mary Meeker sendiri berdasarkan banyaknya perusahaan teknologi China dan Amerika Serikat yang mendominasi daftar “Top 20 Global Internet Leaders” di mana ada 11 perusahaan berasal dari Amerika Serikat dan 9 perusahaan sisanya berasal dari China.

Baca juga: Bikin Iri, Teknologi China Akan Pimpin Dunia Bersama dengan Amerika Serikat

CEO Canalys: China Akan Pimpin Teknologi di 2023

CEO Canalys Steve Brazier memprediksi jika dalam tiga tahun ke depan, perusahaan Cina akan menjadi pemimpin dunia dalam lima bidang teknologi utama. Kelima bidang teknologi utama yang dimaksud Steve Brazier adalah AI, smart city, 5G, komputasi exascale, dan keuangan mikro.

Menurut Steve, perselisihan China dengan AS dalam perang dagang menjadi penyebab utama China unggul di lima bidang teknologi yang sudah disebutkan karena perselisihan telah merangsang inovasi lokal.

Selain alasan di atas, China memang sudah mengambil inisiatif dalam lima bidang teknologi yang sudah disebutkan. Hasilnya, mereka pun diprediksi akan

mampu unggul di lima sektor tersebut di tahun 2023 meskipun saat ini Barat masih meremehkan teknologi asal China.

Baca juga: Tak Terbendung, Jumlah Unicorn China Lampaui AS

Inovasi China Telah Meningkat

Saat ini, inovasi China telah meningkat menurut Steve Brazier. Dari peningkatan tersebut, nantinya diprediksi pasar akan merasakan dampak penuhnya dalam 3 hingga 4 tahun. Brazier mengatakan, perang dagang internasional semakin memburuk dari hari ke hari, dia merasa para pemimpin bisnis dan perusahaan perlu lebih fleksibel untuk unggul di masa depan.

“Fleksibilitas dan kemampuan untuk merespon perubahan kini menjadi kebutuhan bisnis nomor satu,” ucap Brazier seperti yang dikutip dari Gizmochina.

Canalys sendiri juga sudah membuat prediksi bahwasanya semua perangkat, yaitu smartphone, kamera, dan robot di China jumlahnya akan hampir dua kali lipat dari 16,7 miliar pada 2018 menjadi sejumlah 32,3 miliar pada 2023.

Baca juga: Strategi China Dibalik Banyaknya Pemblokiran Situs dan Aplikasi

Apa yang disampaikan Steve Brazier besar kemungkinan memang akan terjadi mengingat saat ini China sudah menggemparkan dunia dengan pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang begitu luar biasa. Jadi, ketika di 2023 nanti China memimpin lima bidang teknologi utama, maka itu bukanlah sesuatu yang mengherankan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close